Nulacta adalah suplemen untuk ibu hamil dan menyusui yang sangat dianjurkan untuk mencukupi asupan nutrisi yang sulit diperoleh melalui konsumsi makanan pada umumnya. Nulacta terbagi menjadi 2 jenis yaitu Nulacta dan Nulacta plus. Pada umumnya, kedua jenis Nulacta ini memiliki kandungan yang sama, hanya saja dalam Nulacta plus ada sedikit tambahan nutrisi khusus untuk memperoleh hasil dan manfaat yang lebih baik dibandingkan Nulacta biasa.

Mengenal Obat Nulacta

Nulacta mengandung asam lemak tak jenuh ganda omega-3. Asam lemak tak jenuh ganda Omega-3 ditemukan dalam minyak dari beberapa jenis ikan, sayuran, dan sumber tanaman lainnya. Asam lemak ini tidak dibuat oleh tubuh dan harus dikonsumsi dalam makanan.

Nulacta

Asam lemak tak jenuh ganda Omega-3 bekerja dengan menurunkan produksi trigliserid tubuh. Trigliserida tingkat tinggi dapat menyebabkan penyakit arteri koroner, penyakit jantung, dan stroke. Nulakta digunakan bersamaan dengan diet dan olahraga untuk membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Nulakta juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan ini.

Nulacta tersedia dalam bentuk kapsul. Setiap satu kapsul Nulacta seberat 5 gram mengandung bahan sebagai berikut:

  •  Fish Oil 18/12 EPA/DHA 373 mg.
  • Peppermint Oil 3 mg.
  • Vitamin E 4 mg.

Sedangkan Nulacta Plus mengandung :

  • Fish Oil 10/50 EPA/DHA 373 mg.
  • Peppermint Oil 3 mg.
  • Vitamin E 4 mg.
  • Asam Folat 400 mcg.

Berikut penjelasan mengenai kandungan obat:

Penelitian menunjukkan bahwa dua omega-3 paling bermanfaat adalah EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid). EPA mendukung jantung, sistem kekebalan tubuh, dan respon inflamasi. DHA mendukung otak, mata, dan sistem saraf pusat, itulah sebabnya mengapa ini sangat penting bagi wanita hamil dan menyusui.

Minyak peppermint digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan dan dapat dikonsumsi secara oral dalam suplemen makanan atau secara topikal seperti krim kulit atau salep. Beberapa bukti menunjukkan bahwa minyak peppermint dapat membantu meringankan gejala sindrom iritasi usus besar dan gangguan pencernaan, seperti mual dan kembung. Namun meski ada penelitian yang menjanjikan, tidak ada bukti yang jelas untuk mendukung penggunaannya untuk kondisi kesehatan lainnya.

Vitamin E adalah antioksidan yang melindungi jaringan tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh zat yang disebut radikal bebas. Radikal bebas dapat membahayakan sel, jaringan, dan organ tubuh. Mereka diyakini berperan dalam kondisi tertentu terkait penuaan.

Asam folat sangat penting. Konsumsi vitamin prenatal dengan 400 mikrogram (mcg) asam folat sebelum dan selama kehamilan dapat membantu mencegah cacat lahir pada otak bayi dan sumsum tulang belakang Anda. Ambillah setiap hari dan teruskan juga semangkuk sereal yang diperkaya.

Indikasi dan Kegunaan

Nulacta obat apa? Berdasarkan mekanisme kerjanya, obat ini berguna untuk:

  • Membantu mengoptimalkan pertumbuhan otak janin, sehingga ia tumbuh menjadi calon bayi yang cerdas sejak dalam kandungan. Manfaat ini diperoleh dari kandungan minyak ikan (Omega 3), EPA, dan DHA-nya.
  • Meredakan mual yang sering terjadi selama kehamilan awal. Manfaat ini diperoleh dari kandungan pepermint-nya.
  • Menjaga kesehatan kulit ibu hamil yang sering kali mengalami masalah jerawat, kulit kering, dan gatal-gatal. Manfaat ini diperoleh dari kandungan Vitamin E nya.
  • Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil agar tidak mudah sakit.

Kontraindikasi

Tak semua orang dapat mengonsumsi Nulacta, bagi orang yang memiliki alergi atau hipersensitif terhadap zat-zat yang terkandung dalam Nulacta, maka tidak diperbolehkan mengonsumsinya.

Dosis Nulacta dan Cara Pemakaian

Dosis yang dianjurkan dokter dalam mengonsumsi Nulacta yaitu 2 kapsul perhari, pada pagi dan malam hari.

Petunjuk pemakaian:

  • Gunakan persis seperti yang diarahkan pada kemasan, atau seperti yang dianjurkan oleh dokter Anda.
  • Nulacta biasanya diberikan kepada ibu hamil sejak kandungannya memasuki trimester kedua, yaitu usia kandungan 12 minggu keatas atau sesuai petunjuk dokter.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang tinggi lemak atau kolesterol.
  • Hindari minum alkohol.
  • Apabila Anda lupa mengonsumsinya maka ambillah dosis yang terlewat begitu Anda ingat. Jangan minum obat tambahan untuk mengganti dosis yang terlupa.

Efek Samping Nulacta

Pada umumnya suplemen ibu hamil ini ditolerasni baik oleh tubuh dan jarang menimbulkan efek samping. Namun, bagi yang alergi terhadap zat yang terkandung dapat mengalami gatal-gatal, kemerahan pada kulit, sulit bernafas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan. Hentikan penggunaan jika hal ini terjadi.

Efek samping lain terkait kandungan minyak ikan seperti rasa tidak biasa atau tidak enak di mulut, sakit perut, bersendawa, jarang terjadi.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama mengonsumsi nulacta ini, perhatikan hal-hal berikut:

  • Jangan gunakan obat ini tanpa nasehat dokter. Tidak diketahui apakah asam lemak tak jenuh ganda omega-3 masuk ke dalam air susu ibu atau jika hal ini bisa membahayakan bayi yang sedang menyusui.
  • Jangan berikan obat ini kepada siapapun yang berusia di bawah 18 tahun.
  • Simpan nulakta dalam suhu dingin (15-25 ° C) dan tempat yang kering.

Interaksi Obat

Beritahukan dokter Anda tentang obat lain yang Anda gunakan, terutama:

  • Estrogen (pil KB atau penggantian hormon).
  • Pengencer darah seperti warfarin (Coumadin, Jantoven).
  • Beta-blocker seperti atenolol (Tenormin, Tenoretic), carvedilol (Coreg), labetalol (Normodyne, Trandate).
  • Metoprolol (Dutoprol, Lopressor, Toprol), nadolol (Corgard), propranolol (Inderal, InnoPran), sotalol (Betapace).
  • Diuretik (klorida) seperti klorothiazide (Diuril), hydrochlorothiazide (HydroDIURIL, Microzide), chlorthalidone (Hygroton, Thalitone), indapamide (Lozol), metolazone (Mykrox, Zaroxolyn), dan lain-lain.

Obat-obatan tersebut berpotensi menimbulkan reaksi interaksi dengan minyak ikan yang terkandung dalam Nulacta.