13 Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi

Jika wanita usia tiga puluhan ditanya soal kandungan apa yang harus ada dalam produk kecantikan yang mereka beli, maka salah satu jawabnya pasti kolagen. Namun ketika ditanya soal makanan yang mengandung kolagen, pasti banyak yang belum tahu.

Kolagen sebenarnya sudah ada dalam tubuh kita. Protein inilah yang membuat kulit senantiasa kencang dan elastis. Sayangnya, produksi kolagen dalam tubuh semakin menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini tentu menyebabkan kulit jadi lebih tipis, melorot, kendur, dan mengeriput.

Karenanya ketika usia mulai bertambah, banyak yang kemudian mencari tambahan kolagen dari luar. Masalahnya, tak semua orang rela merogoh kocek mahal demi mendapatkan produk atau suplemen kolagen. Nah bila Anda termasuk salah satu yang ingin tetap awet muda tanpa biaya mahal, maka solusinya adalah rutin mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

makanan yang mengandung kolagen tinggi

Daftar makanan yang merangsang produksi kolagen dalam tubuh

Makanan-makanan berikut ini mengandung berbagai zat, terutama vitamin C, vitamin A, tembaga, anthocyanidins, omega 3, dan proline yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

1. Ikan

Penggemar ikan patut bersorak gembira karena seafood satu ini termasuk makanan yang mengandung kolagen tinggi. Ikan mengandung asam omega-3 yang berguna untuk melindungi selaput lemak yang mengelilingi sel kulit. Selaput inilah yang mempertahankan struktur kulit agar tetap kencang.

Contoh ikan terbaik untuk dikonsumsi adalah salmon. Bayangkan, 85 gramnya saja sudah mengandung antara 1,1-1,9 gram omega-3 (dalam keadaan segar maupun beku). Jenis ikan lain yang juga mengandung omega-3 adalah makarel, haring, dan tuna.

2. Sayuran berwarna merah

Sayuran berwarna merah kaya akan likopen, antioksidan yang berfungsi sebagai sunblok alami dan pendongkrak produksi kolagen. Jadi kalau ingin awet muda, seringlah makan tomat, strawberry, semangka, grapefruit, atau paprika merah jika ingin dapat bonus vitamin C kadar tinggi. Antioksidan ini juga penting untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh.

3. Sayuran berdaun hijau

Makanan yang merangsang produksi kolagen berikutnya adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam. Selain kaya vitamin C, sayuran yang daunnya hijau juga sarat vitamin A, nutrisi yang membantu meningkatkan produksi kolagen.

4. Sayuran dan buah warna oranye

Vitamin A ternyata tak hanya dapat mendongkrak produksi kolagen saja, tapi juga meningkatkan elastisitas kulit dan sirkulasi darah. Vitamin inipun dapat ditemukan dalam sayuran berwarna oranye seperti ubi manis yang ternyata mengandung 1836 mcg per cangkirnya (lebih dari 200% AKG). Sayuran oranye lain yang juga tinggi vitamin A adalah wortel, serta buah mangga dan pepaya.

5. Jeruk-jerukan

Bicara soal buah berwarna oranye, tentu saja jeruk-jerukan seperti grapefruit, lemon, dan jeruk nipis, termasuk di dalamnya. Apalagi jeruk-jerukan juga kaya vitamin C, yang artinya buah ini mampu mengubah asam amino lisin dan prolin menjadi kolagen.

Manfaat vitamin C lainnya yang tak kalah penting adalah membantu menetralkan radikal bebas yang seringkali menyerang dan merusak kolagen. Sebuah ungkapan mengatakan, “sebutir jeruk setiap hari mungkin dapat menjauhkan kerutan”. Hmm, coba saja!

6. Berry

Makanan yang merangsang produksi kolagen berikutnya adalah buah berry seperti strawberry, blueberry, raspberry, atau blackberry. Kandungan Anthocyanidins tak hanya meningkatkan produksi kolagen, tapi juga berjasa dalam menangkal radikal bebas.

7. Bawang putih

Bawang putih mengandung taurine serta asam lipoat, dan keduanya bermanfaat untuk membangun ulang serat kolagen yang rusak. Lebih dari itu, bawang putih juga mengandung sulfur alami yang diperlukan tubuh untuk memproduksi kolagen.

8. White tea

White tea mungkin tak setenar green tea atau varian teh lainnya. Akan tetapi, white tea ternyata bisa melindungi kulit dari kerusakan lebih jauh – caranya dengan menghambat aktivitas enzim penuaan.

Fakta bahwa “white tea dapat melindungi protein kulit terutama kolagen” ini diperoleh dari hasil riset yang diadakan Universitas Kingston dan Neal’s Yard Remedies.

9. Alpukat

Makanan yang merangsang produksi kolagen selanjutnya adalah alpukat. Buah sumber asam omega-3 ini kaya vitamin E yang berguna untuk menangkal radikal bebas.

10. Protein

Karena tubuh membutuhkan asam amino untuk memproduksi kolagen, maka otomatis nutrisi satu ini juga tak boleh terlewatkan. Daging kalkun salah satunya, tak hanya bebas lemak, tapi juga mengandung lisin (salah satu asam amino penting yang memfasilitasi produksi kolagen).

Sumber protein lain yang bikin awet muda adalah hewan ternak pemakan rumput yang sama seperti ikan, juga mengandung asam omega-3.

11. Kedelai

Anda yang vegetarian tak perlu bersedih hati karena kolagen juga bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi kacang kedelai. Selain kaya protein dan lisin, kedelai juga mengandung hormon tumbuhan genistein yang mampu meningkatkan kolagen, menguatkan kulit, serta menghambat enzim penuaan. Sumber protein dan lisin bagi kaum vegetarian lainnya adalah kacang-kacangan seperti mede dan kacang tanah, serta putih telur.

12. Biji-bijian

Selain sumber protein, biji-bijian sarat akan zinc dan hyaluronic acid. Kedua nutrisi ini penting karena membuat kulit tetap terhidrasi, kenyal, padat, serta bebas kerut karena produksi kolagen dipertahankan tetap optimal.

13. Flax seed

Sumber asam omega-3 jempolan lainnya adalah flax seed. Bayangkan 2 sdm (mentah) sudah mengandung 3,19 asam omega 3 (133% AKG). Karenanya, selalu tambahkan biji rami tersebut dalam makanan atau minuman.

Itulah tadi daftar makanan yang mengandung kolagen tinggi, meningkatkan produksi kolagen tubuh. Bagaimana, tidak sulit untuk menemukannya bukan?!

DISKUSI TERKAIT

Baca juga