15 Khasiat Biji Mahoni dan Efek Sampingnya

Di atara kita mungkin banyak sudah mengenal pohon mahoni. Pohon yang terkenal memiliki tubuh yang besar ini sering dimanfaatkan kayunya untuk berbagai keperluan. Seperti tumbuhan lainnya, pohon kekar ini juga memiliki bunga, buah, dan biji untuk berkembang biak. Tahukah Anda, ternyata ada banyak khasiat biji mahoni bagi kesehatan tubuh kita, dan inilah yang akan kita bahas kali ini.

Sekilas pohon mahoni… 

Mahoni adalah pohon besar dengan tinggi mencapai 35-40 meter, diameter batang kayunya mencapai 125 cm. Pohon ini memiliki batang silinder dan lurus. Kulit bagian luar berwarna coklat kehitam-hitaman, sementara saat masih muda, kulitnya berwarna keabu-abuan dan halus. Mahoni yang baru ditanam akan berbunga kira-kira saat berumur 7 tahun.

khasiat biji mahoni

Tanaman ini berasal dari Hindia Barat, bisa tumbuh di pasir payau yang dekat dengan pantai. Saat ini, pohon mahoni ( Swietenia macrophylla ) tumbuh di sebagian besar negara Asia.  Bukan hanya khasiat biji mahoni yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita, kayu mahoni juga sering digunakan untuk berbagai keperluan tekstil, dan juga membuat lemari, kursi, meja atau aneka ukiran indah.

Di hampir semua negara di mana mahoni tumbuh, biji mahoni biasanya digunakan sebagai obat herbal yang membantu memperbaiki sirkulasi darah, mengobati diabetes, dan menyembuhkan impotensi. Meski bukti ilmiah yang menegaskan khasiatnya sebagai obat herbal masih lemah, banyak orang yang mengaku sudah merasakan khasiat biji mahoni ini.

Kandungan Biji Mahoni

Setidaknya ada tiga kandungan bahan aktif dalam biji buah mahoni yang bermanfaat bagi kesehatan: flavonoid, saponin dan alkaloid. Mari kita cermati satu-persatu khasiat dari masing-masing zat tersebut:

# Flavonoid

Flavonoid adalah senyawa fenolik yang banyak mengandung pigmen tumbuhan. Flavonoid bermanfaat bagi manusia terutama karena merupakan antioksidan yang bisa membasmi radikal bebas dan racun serta memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Sifat anti-oksidasi yang ada dalam kandungan flavonoid menciptakan khasiat biji mahoni yang efektif untuk melawan berbagai penyakit, seperti penumpukan LDL, tekanan darah tinggi dan masalah jantung.

  • Flavonoid dapat memperlancar peredaran darah, membantu meningkatkan sistem kardiovaskular, membersihkan pembuluh darah dari penyumbatan oleh kolesterol, dan mencegah arteriosklerosis.
  • Flavonoid memiliki sifat anti-inflamasi yang mencegah peradangan jaringan.
  • Flavonoid bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit saat terjadi cedera ringan.

# Saponin

Khasiat biji mahoni selanjutnya yaitu didapat dari Saponin, saponin adalah glukosida yang membentuk busa sabun saat dicampur dengan air. Saponin ini adalah sabun alami yang berasal dari tumbuhan dan memiliki sifat hipoglikemik bila dijadikan panganan.

Kandungan saponin dari biji buah mahoni membuat nya menjadi obat alami yang ampuh bagi penderita diabetes mellitus. Meski saponin adalah sabun, tidak akan meracuni pada hewan berdarah panas saat tertelan, termasuk pada manusia.

Berdasarkan studi yang telah dilakukan oleh Smith et al dari Ekiti State University, Nigeria, dan diterbitkan dalam Journal of Drug Delivery & Therapeutics, mengungkapkan bahwa efek hipoglikemik dari saponin bahkan lebih kuat daripada obat antidiabetes generik, terutama metformin. Oleh karena itu kita bisa menyimpulkan salah satu khasiat biji mahoni yang terbukti adalah sebagai obat diabetes alami untuk mempertahankan kadar gula dalam darah tetap normal.

Selain membantu melawan diabetes, khasiat lain dari biji mahoni diantaranya:

  • Penelitian yang diterbitkan oleh National Institutes of Health menyatakan bahwa saponin mengandung efek anti-alergi dan antihistamin, membuat biji buah mahoni ini sebagai obat yang ampuh untuk berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan alergi, terutama asma.
  • Penelitian juga menunjukkan bahwa saponin berpotensi mengatasi disfungsi ereksi, terutama yang berkaitan dengan diabetes. Percobaan pada tikus telah menunjukkan bahwa pemberian saponin dosis tinggi pada tikus berhasil meningkatkan rasio tekanan intracavernous tikus itu. Banyak ramuan yang mengandung saponin, terutama ginseng, telah dikonsumsi secara teratur oleh pria untuk meningkatkan maskulinitasnya.
  • Saponin adalah obat yang efektif untuk pembekuan darah dan insomnia.

# Alkaloid

Khasiat biji mahoni yang penting lainnya diperantarai oleh kandungan alkalinya. Telah umum diketahui bahwa kebanyakan penyakit terjadi ketika tingkat pH tubuh terlalu rendah atau asam. Segala sesuatu yang mencemari tubuh, termasuk racun dan radikal bebas, bersifat asam. Kandungan alkaloid biji buah mahoni efektif untuk mendetoksifikasi tubuh dan mencegah oksidasi dan efek merusak dari sifat asam tersebut.

Mengonsumsi biji buah mahoni secara teratur akan membuat tubuh lebih kebal terhadap kanker, ditambah pula sistem kekebalan tubuh akan meningkat secara signifikan.

Manfaat Khasiat Biji Mahoni untuk Kesehatan

Penjelasan mengenai kandungan dan manfaat biji buah mahoni di bawah ini, bagaimanapun, masih terbatas pada konsep teoritis, dan sejauh ini, petunjuk yang menegaskan khasiat biji mahoni  semata-mata didasarkan pada laporan anekdotal. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengklarifikasi efek menguntungkan dari biji mahoni ini dan juga efek sampingnya.

1. Hipertensi

Khasiat biji mahoni yang pertama yaitu mampu mengobati hipertensi. Cukup dengan mengumpulkan 8 gram biji mahoni, lalu seduh dengan 2 gelas air panas. Setelah dingin kemudian saring dan bagi menjadi dua bagian/gelas.
Minumlah di pagi hari dan sore hari.

2. Mengendalikan Gula Darah

Manfaat lainnya adalah biji mahoni bisa digunakan untuk mengobati diabetes atau kadar gula darah tinggi. Konsumsilah 1/2 sendok teh bubuk mahoni dengan air hangat sebelum makan, akan membantu Anda mengurangi dan menstabilkan gula darah. Zat saponin di mahoni, adalah yang paling berperan dalam membantu menurunkan kadar darah menjadi normal.

3. Penolak serangga

Khasiat biji mahoni ketiga yaitu sebagai penolak serangga. Apabila biji mahoni ini dibuat menjadi bubuk, bisa berfungsi sebagai obat semprot serangga. Bagi mereka yang tinggal di daerah tropis atau yang cukup abanyak terdapat serangga, bisa menggunakan bedak mahoni sebagai tambahan asupan untuk membantu memperkuat tubuh melawan penyakit yang disebabkan oleh serangga atau ditularkan oleh serangga.

4. Mengobati Sembelit

Biji mahoni juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sembelit. Konsumsi buah ini (tumbuk) lalu campurl dengan air hangat untuk menghilangkan sembelit.

5. Nyeri Haid

Salah satu cara untuk mengatasi rasa sakit saat haid adalah dengan menggunakan obat herbal dari biji buah mahoni. Mengonsumsi biji buah mahoni pada awal siklus haid, akan mengurangi rasa sakit.

6. Membuat Wanita Lebih Subur

Entah bagaimana, mengkonsumsi 1 biji mahoni setiap hari, akan meningkatkan kesuburan Anda. Apalagi jika Anda seorang wanita yang belum mempunyai anak dan ingin sekali merasakan kehamilan.

7. Meningkatkan Nafsu Makan

Jika Anda sering kehilangan nafsu makan Anda, maka mahoni bisa dijadikan solusi. Cukup konsumsi 1 biji setiap hari, sampai mendapatkan kembali nafsu makan Anda lagi.

8. Menyembuhkan Demam dan Pilek

Khasiat biji mahoni diantaranya juga bisa untuk menyembuhkan flu (pilek) dan demam. Ambil 1/2 sendok teh bubuk mahoni campur dengan air panas 1/4 gelas beserta satu sendok makan madu. Minum selagi masih hangat, minumlah 2-3 kali sehari.

9. Eksim dan Rematik

Ambil 1/2 sendok teh bubuk mahoni lalu masukkan ke dalam 1/2 cangkir air panas, tambahkan satu sendok makan madu. Minumlah selagi masih hangat. Lakukan tiga kali sehari.

10. Manfaat lain dari Mahoni

Ekstraksi buah mahoni dan bijinya adalah suplemen kesehatan yang kaya nutrisi. Khasiat biji mahoni yang lainnya adalah:

  • Membuang radikal bebas dengan antioksidan
  • Mengurangi lemak dalam aliran darah
  • Mampu mengurangi tingkat kolesterol, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengonsumsi biji buah mahoni secara teratur akan membantu untuk meningkatkan kesehatan,
    yang membuat hidup menjadi lebih berkualitas.

Efek Samping Biji Mahoni

Kunci agar terhindar dari efek samping adalah mengonsumsi dengan kadar aman yang direkomendasikan.

  • Saponin, terlalu banyak mengonsumsi saponin akan menyebabkan batu empedu. Saponin juga bertindak sebagai steroid.
  • Flavonoid, konsumsilah flavonoid dalam jumlah yang tidak lebih dari 200 mg.

Umumnya, menurut tradisi dan adat kebiasaan mengonsumsi biji buah mahoni cukup 1 biji setiap hari. Dari situ saja sudah cukup untuk mendapatkan efek bagi kesehatan seperti yang diharapkan. Selalu konsultasikan dengan dokter kesehatan untuk informasi, keluhan dan bantuan kesehatan lebih lanjut.

Karena relatif tidak adanya penelitian yang konklusif mengenai buah mahoni dan efek kesehatannya, maka efek samping buah mahoni ini sama tidak jelasnya dengan manfaatnya. Memang saat ini tidak ada laporan konsumen yang mengatakan bahwa buah ini menyebabkan efek samping, namun, berdasarkan teori ilmiah yang telah teruji, memang ada efek yang tidak diinginkan yang mungkin terjadi jika ramuan flavonoid aktif dikonsumsi secara berlebihan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Free Radical Biology and Medicine, flavonoid memiliki kecenderungan untuk memiliki sifat mutagenik dan genotoksik. Pada dosis normal, sifat berbahaya tersebut tidak akan muncul dan flavonoid tetap bermanfaat. Jika diminum secara berlebihan, antioksidan ini akan berubah menjadi pro-oksidan dan mutagen.

Konsumsi flavonoid yang berlebihan akan menyebabkan terjadinya bumerang yang lebih berbahaya bagi tubuh. Mengenai bibit mahoni untuk menstruasi, kami belum mendapatkan referensi yang tepat mengenai dampaknya terhadap kesehatan. Meski saat ini belum ada penelitian tentang buah mahoni yang mengadopsi teori ini, lebih baik berhati – hati saat mengonsumsi biji buah mahoni ini.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer