15 Manfaat Green Coffee untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut

Di jaman modern seperti sekarang minum kopi di kafe seperti sudah menjadi tren yang tak boleh dilewatkan, tua, muda, pria maupun wanita semua gemar sekedar nongkrong di kafe menghabiskan waktu mereka. Ada yang hanya ngobrol, cuci mata bahkan rapat kerja. Kopi seakan sudah menjadi suatu gaya hidup, tapi alangkah baiknya kalau tidak asal memilih kopi, pilihlah yang jelas manfaatnya, seperti kopi hijau atau green coffe. Familiarkah Anda dengan green coffee? tahu apa saja manfaat green coffee?

Green coffee adalah biji kopi arabika yang tidak dipanggang. Apabila dipanggang terlebih dulu, antioksidan alami yang ada di biji kopi akan hilang, dimana justru zat itulah yang bermanfaat dari biji kopi hijau ini. Asam Chlorogenic dalam biji kopi hijau lebih banyak dibandingkan dengan yang ada dalam kopi biasa (biji kopi yang di panggang).

manfaat green coffee

Simak juga: Manfaat Kopi Hitam Bagi Pria dan Wanita

Mari kita ketahui apa saja manfaat green coffee (kopi hijau) ini. let’s check this out!

Manfaat Green Coffee untuk Kesehatan

1. Kaya Anti Oksidan

Manfaat green coffee pertama yaitu dapat mengurangi kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Hal ini karena dalam biji kopi hijau sangat kaya antioksidan sehingga kesehatan akan tetap terjaga. Sejumlah penelitian telah memastikan bahwa biji kopi hijau mentah dan belum diolah memiliki 100% Asam Chlorogenic (CGA) murni, yang pada dasarnya merupakan ester asam caffeic yang memiliki sifat antioksidan kuat.

Antioksidan Ini bisa menjaga tingkat glukosa dalam aliran darah kita dan mencegah sel kulit agar tidak rusak.

Menurut penelitian yang diterbitkan Juli 2004 dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, antioksidan asam chlorogenic dalam biji kopi hijau mampu mencegah perkembangan empat jenis sel kanker, sehingga dapat mencegah beberapa jenis kanker.

2. Meningkatkan Metabolisme

Manfaat green coffee yang kedua dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Asam Chlorogenic dalam biji kopi hijau diketahui mampu meningkatkan fungsi metabolisme. Tingkat Metabolisme Basal (BMR) dalam tubuh akan mengalami peningkatan signifikan, yang meminimalkan pelepasan glukosa berlebihan dari hati ke dalam darah.

Ketika kekurangan glukosa, tubuh mulai membakar sel lemak yang tersimpan untuk memenuhi kebutuhan glukosanya. Dengan demikian, biji kopi hijau yang murni mampu meningkatkan kemampuan membakar lemak dan menurunkan berat badan jadi lebih mudah.

3. Membantu Membakar Lemak Berlebih

Manfaat green coffee yang ketiga yaitu mempemudah pembakaran lemak tubuh. Biji kopi hijau ini mengandung rumput laut dalam jumlah besar. Ini adalah jenis rumput laut tertentu yang sarat dengan vitamin dan mineral penting. Karena itu, dapat membantu menjaga kadar nutrisi di tubuh kita. Secara bersamaan juga akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran lemak dan kalori  dapat berlangsung dengan cepat.

4. Menekan Nafsu Makan

Manfaat green coffee tak terduga selanjutnya yaitu dapat menekan nafsu makan. Jika Anda termasuk orang yang selalu merasa lapar, dan kesulitan mengatur pola makan Anda, kopi hijau sangat disarankan untuk menekan nafsu makan yang berlebihan.

Memiliki nafsu makan memang baik, namun kalau sudah berlebihan akan berubah menjadi “senjata makan tuan” dan efeknya Anda bisa kelebihan berat badan dan segudang penyakit lain akan mudah datang.

Jika Anda sering merasa lapar, mengonsumsi kopi hijau adalah opsi terbaik. Selain mengendalikan hasrat atau keinginan untuk makan secara berlebihan, tubuh akan mulai membakar timbunan lemak dan menyingkirkan berat badan berlebih.

5. Mengobati Diabetes

Manfaat green coffee kelima yaitu mampu mengobati Diabetes Tipe 2 dengan baik. Zat ekstrak dalam biji kopi hijau diketahui dapat menurunkan kadar gula tinggi di aliran darah, sekaligus mempercepat penurunan berat badan. Kedua hal ini (penurunan kadar gula darah dan berat badan) krusial untuk menyembuhkan Diabetes Mellitus Tipe 2.

6. Mengurangi Tingkat Kolesterol Jahat

Manfaat green coffee keeenam yaitu mampu mengurangi tingkat kolestreol jahat dalam tubuh. Kadar kolesterol dapat terkontrol apabila sering mengonsumsi biji kopi hijau. Low density lipoprotein (LDL), juga dikenal sebagai ‘kolesterol jahat’, adalah penyebab utama yang membuat kita rentan terhadap gangguan kardiovaskular yang mematikan termasuk serangan jantung. Studi telah menunjukkan bahwa hal itu dapat dicegah dengan mengkonsumsi ekstrak biji kopi hijau secara teratur.

7. Membantu Meningkatkan Sirkulasi Darah

Tekanan darah tinggi dapat berdampak pada timbulnya beberapa penyakit fatal seperti stroke, gagal jantung, gagal ginjal kronis, dan lain-lain. Namun, para peneliti telah menemukan adanya kandungan aspirin yang sangat aktif dan kuat dalam biji kopi hijau yang memberi dampak positif pada darah kita. Pembuluh darah dapat mencegah trombosit agar tidak berkerumun atau berkumpul menjadi satu. Akibatnya, arteri tidak mengeras dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh meningkat.

8. Sebagai Detoksifikasi Alami

Siapa sangka ternyata manfaat green coffee juga sebagai penghilang racun alami yang tergolong efektif. Ekstrak biji kopi hijau akan membersihkan organ hati (liver/empedu) dari racun seperti, kolesterol jahat, dan lemak berlebih. Ketika hati sudah bersih dari racun, maka akan dapat berfungsi secara normal dan kesehatan tubuh dapat terjaga. Detoksifikasi akan memperbaiki banyak hal, diantaranya meningkatkan metabolisme dan kesehatan secara keseluruhan.

9. Meningkatkan Energi

Mengingat kandungan dalam biji kopi hijau juga terdapat jumlah kafein yang tinggi, biji kopi hijau bisa digunakan sebagai penambah energi yang sangat baik. Energi yang meningkat berkat kafein dalam kopi hijau akan membuat kita aktif sepanjang hari, jadi tidak perlu lagi mengonsumsi minuman berenergi yang tak jelas merek dan manfaatnya.

Manfaat Green Coffee untuk Kulit

10. Mengurangi Efek Radikal Bebas

Asam Chlorogenic dalam biji kopi hijau dapat mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh hingga 10 kali lipat dari teh hijau biasa. Ketika biji kopi ini tidak dipanggang, maka ada beberapa zat antioksidan yang tidak terbuang akibat dari proses pemanggangan itu, yaitu keluarga polifenol, seperti asam ferulic dll, yang dapat memperlambat proses penuaan dan membuat kulit tampak lebih awet muda.

11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Biji kopi hijau sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini diperantarai oleh efek antioksidan yang berhasil mengusir radikal bebas sehingga membantu tubuh menghilangkan semua jenis unsur beracun dan bersifat merusak. Akibatnya, kulit kusam dan berjerawat bye bye deh.

12. Membantu Memperlambat Tanda Penuaan

Biji kopi hijau juga diketahui dapat mempertahankan kadar bahan volatil tinggi karena tidak perlu menjalani prosedur pemanggangan. Asam Gamma Aminobutyric (GABA), Theophylline, Epigallocatechin Gallate, dan sebagainya adalah beberapa bahan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kita dan mencegah munculnya keriput.

13. Membantu Melembabkan Kulit

Selain antioksidan, biji kopi hijau juga kaya akan asam lemak dan ester termasuk Asam Arahat, Asam Linoleat dan Asam Oleat, yang memberi nutrisi dan melembabkan kulit kita untuk menghindari proses pengenduran, berubah warna dan kerusakan parah lainnya.

Manfaat Biji Kopi Hijau untuk Rambut

14. Menghilangkan Zat yang Merusak Rambut

Kandungan antioksidan dalam biji kopi hijau juga bermanfaat untuk rambut kita. Antioksidan ini membantu melawan segala sesuatu yang beracun dan merusak, rambut akan tetap kuat, sehat dan indah.

15. Melawan Kebotakan

Androgenetic alopecia, yang juga disebut ‘female pattern hair loss‘ juga bisa disembuhkan dengan biji kopi hijau. Ekstrak biji kopi hijau ini dapat meningkatkan pertumbuhan serta ketebalan helai rambut secara signifikan.

Ketahui juga efek bahaya minum kopi.

Secara keseluruhan, biji kopi hijau patut dicoba jika Anda ingin merawat kesehatan, kulit dan rambut Anda dengan optimal.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer