22 Makanan yang Bikin Melek Maksimal

Jangan konsumsi makanan yang bikin melek kalau Anda sering sulit tidur di malam hari. Dan sebaliknya, jika Anda masih bergelut dengan tugas kantor yang tak kunjung kelar, maka makanan berikut ini sangat cocok untuk Anda konsumsi.

Insomnia atau gangguan tidur dapat disebabkan oleh banyak hal seperti faktor psikologis, efek samping obat, gaya hidup, hingga ketidaknyamanan lingkungan kamar. Namun selain itu, beberapa makanan tertentu ternyata juga bisa jadi penyebab mengapa Anda susah memejamkan mata. Apa sajakah makanan yang bikin melek itu?

makanan yang bikin melek

Berikut ini 22 Daftar makanan yang bikin melek:

1 | Makanan manis 

Makanan manis dapat mendongkrak kadar energi dalam tubuh. Oleh sebab itu, kalau waktu tidur  sudah dekat, hindari mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah ini. Contoh makanan manis yang bikin melek diantaranya selai kacang dan kraker gandum, yogurt dan kacang atau buah, hingga baby carrot yang dicocol dalam krim keju rendah lemak.

Ketimbang mengonsumsi makanan yang bikin melek ini saat malam hari, Anda bisa mengalihkannya sebagai menu sarapan keesokan harinya.

2 | Makanan hasil fermentasi/ proses

Para ahli mengatakan makanan seperti bacon, keju, gula, ham, dan tomat mengandung asam amino tiramin yang dapat melepas substansi tertentu sehingga merangsang otak tetap aktif. Otak yang aktif akan memerintah mata untuk tetap melek dan selalu siaga.

3 | Makanan yang mengandung kafein

Stimulan lain yang bisa membuat Anda begadang semalaman adalah makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti coklat, cola, kopi, dan teh hijau. Kalau Anda sangat menggemari kopi, namun tubuh tidak tahan dengan efek kafeinnya, maka jangan minum kopi 2-6 jam menjelang tidur.

Namun bagi ingin segera menyelesaikan tugas yang menumpuk, maka makanan yang bikin melek ini sangat cocok untuk menemani Anda.

4 | Nikotin

Sama seperti kafein, nikotin juga bisa menstimulasi otak agar tetap terjaga. Oleh karenanya, hindari merokok sebelum tidur.

5 | Alkohol

Alkohol sebenarnya memiliki sifat menenangkan. Anda mungkin dapat beristirahat dengan nyenyak beberapa jam setelah meminumnya. Namun para ahli mengingatkan bahwa tubuh memerlukan waktu sebentar saja untuk memproses alkohol, sehingga efeknya pun juga cepat terasa. Karena minum alkohol sebelum tidur dapat membuat Anda terbangun beberapa kali, maka batasi konsumsinya minimal 2 jam sebelum tidur.

6 | Terlalu banyak minum

Menjelang tidur, ada baiknya Anda tidak minum terlalu banyak air (termasuk air putih) karena ini bisa membuat Anda bolak-balik terjaga hanya untuk buang air kecil.

7 | Memicu batuk

Beberapa makanan dapat memicu batuk selagi tidur, misalnya seperti jeruk-jerukan, coklat, makanan berlemak, gorengan, bawang-bawangan, makanan pedas, serta makanan berbahan dasar tomat. Maka makanan jenis ini sangat tidak dianjurkan apabila Anda ingin tidur nyenyak.

8 | Salmon

Ikan yang sarat dengan asam omega-3 ini merupakan sumber energi. Oleh karenanya, salmon tidak cocok dimakan sebelum tidur. Namun sangat baik untuk hidangan sarapan ataupun makan siang, supaya Anda tetap terjaga.

9 | Telur

Adalah kandungan kolin, nutrisi penting dalam telur yang dapat mendongkrak energi dalam tubuh. Zat yang terlibat dalam proses metabolisme tubuh ini juga merangsang sistem saraf pusat agar tetap aktif.

10 | Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang juga dapat menyuplai energi berkat kandungan protein serta karbohidrat kompleksnya. Makanan yang bikin melek ini tentu sudah sangat populer digunakan sebagai cemilan ketika nonton.

11 | Walnut

Walnut juga mengandung omega-3 sehingga dapat memberikan energi ekstra pada penggemarnya.

12 | Sereal berbahan dasar padi-padian

Makanan yang lebih cocok dikonsumsi saat sarapan ini juga dapat memberikan limpahan energi berkat kandungan vitamin B kompleks dan karbohidratnya. Energi terpenuhi, maka Anda akan siap terjaga.

13 | Coklat hitam

Yang dimaksud di sini adalah coklat hitam yang benar-benar hitam. Tak seperti coklat lainnya, kandungan kakao yang tinggi dalam coklat hitam dapat menangkal stres sekaligus meningkatkan fokus serta energi seseorang. Di samping itu, coklat hitam biasanya juga memuat kafein sehingga sangat cocok menjadi salah satu makanan yang bikin melek.

14 | Buah-buahan

Kebanyakan buah mengandung gula sehingga dapat dijadikan sumber energi seperti permen. Namun beberapa buah yang kaya vitamin C seperti jeruk dan nanas ternyata memiliki dampak bikin melek yang lebih cepat ketimbang lainnya.

15 | Sumber protein

Mengudap dada ayam tanpa lemak di malam hari ternyata juga bisa bikin mata melek karena kandungan triptofan yang dapat mendongkrak energi.

16 | Makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak seperti pizza bisa membuat perut tidak nyaman ketika dicerna. Karena alasan inilah Anda akan sulit untuk tertidur sebelum perut benar-benar memproses makanan ini.

17 | Makanan pedas

Tak sedikit dari kita doyan ngemil saat malam tiba. Namun kalau tak ingin kualitas tidur terganggu, maka tahan diri untuk tidak mengonsumsi makanan yang bercita rasa pedas. Selain berpotensi memicu batuk, makanan pedas juga bisa memicu heartburn atau sensasi panas/ terbakar di perut.

Namun bagai Anda yang ngantuk dan sulit untuk melek, maka makanan pedas akan membuat Anda melek seketika.

18 | Soda

Beberapa jenis soda mengandung kafein. Namun jika tidakpun, maka sifat karbonasi (CO2) dalam minuman ini dapat membuat perut kembung dan dipadati dengan gas sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

19 | Brokoli

Pikir 2 kali kalau ingin mengudap brokoli sebelum tidur karena muatan seratnya yang tinggi akan memaksa tubuh bekerja ekstra saat mencernanya. Oleh sebab itu makanan yang bikin melek ini cocoknya dikonsumsi saat sarapan atau makan siang.

20 | Semangka

Buah yang 92% bagiannya terdiri dari air inipun sebaiknya tidak dimakan saat makan malam karena dapat membuat Anda ingin buang air kecil saat tidur. Namun kalau hanya 1 – 2 potong ya tak mengapa.

21 | Seledri

Banyak orang menggunakan seledri sebagai snack karena sayuran ini dapat menurunkan berat badan. Akan tetapi, sama seperti brokoli, seledri juga kaya serat dan air sehingga dapat membuat sistem pencernaan lembur untuk mencernanya.

22 | Es krim

Makanan yang bikin melek berikutnya adalah es krim. Kadar gula es krim yang tinggi tak hanya dapat mengganggu tidur, namun juga membuat Anda lebih lelah keesokan harinya. Lagi pula, cemilan dingin ini memang cocoknya dikonsumsi di siang hari.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer