22 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan

Manfaat daun suji sebagai obat herbal alami mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Selama ini banyak orang yang keliru terhadap daun suji dan daun pandan. Memang secara kasap mata, keduanya memiliki bentuk yang hampir sama. Namun, sebenarnya daun suji memiliki beberapa karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan daun pandan. Daun suji memiliki ukuran yang lebih pendek jika dibandingkan dengan daun padan, serta tekstur daun suji sedikit bergerigi dan agak tajam.

Daun suji mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu, polifenol, saponin, tannin, flavonoid, alkaloid, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut, maka sudah tidak dapat diragukan lagi manfaat daun suji untuk membantu mengobati berbagai penyakit. Berikut ini akan kami jelaskan berbagai manfaat daun tersebut.

manfaat daun suji

Inilah Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan Tubuh

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, manfaat daun suji dapat membantu mengobati berbagai penyakit, mulai dari penyakit yang sederhana sampai penyakit yang berbahaya. Mari, kita simak penjalasannya sebagai berikut.

1. Membantu Meredakan Batuk

Daun suji bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit batuk, baik batuk kering atau berdahak. Cara yang dapat Anda lakukan juga sangat lah mudah, yaitu cukup dengan merebus daun suji dan minum air rebusannya. Pengobatan alami tersebut akan lebih efektif apabila diminum pada pagi hari dan menjelang tidur. Hal tersebut bertujuan agar obat alami tersebut dapat bekerja maksimal saat tubuh sedang beristirahat.

2. Mengobati Sipilis

Manfaat daun suji juga dapat membantu mengobati infeksi menular seksual (IMS), seperti penyakit sipilis. Penyakit ini ditandai dengan keluarnya cairan nanah saat buang air kecil. Penyebabnya adalah bakteri atau virus yang menyebar akibat hubungan intim yang tidak aman.

Cara mengobati sipilis menggunakan daun suji, yaitu dengan meminum 1 sampai 2 gelas air rebusan daun suji secara rutin, maka akan membantu menghentikan nanah yang keluar ketika buang air kecil.

3. Mengobati Leukemia 

Leukemia atau disebut juga kanker darah putih merupakan kanker yang menyerang sumsum tulang yang memproduksi sel darah merah. Penyakit berbahaya ini ternyata dapat juga disembuhkan dengan menggunakan daun suji. Caranya pun tidak sulit, yaitu dengan meminum air rebusannya secara rutin.

4. Mengobati Penyakit Beri-beri

Penyakit beri-beri adalah penyakit kekurangan vitamin B dan dapat memengaruhi sistem tubuh. Kandungan saponin yang terdapat dalam daun suji dapat membantu mengatasi penyakit tersebut. Cara mengobatinya, yaitu dengan meminum air rebusan daun suji setiap hari.

5. Meredakan Nyeri Saat Haid

Sebagian wanita mengalami rasa nyeri  di bagian perut saat masa menstruasi. Untuk meredakan nyeri tersebut, Anda dapat meminum air rebusan daun suji sebanyak 2 kali sehari, yaitu saat pagi dan malam hari.

6. Mengobati Disentri

Manfaat daun suji lainnya adalah mampu mengobati masalah disentri. Hal tersebut dikarenakan kandungan saponim yang terdapat dalam daun suji. Dengan meminum air rebusan daun suji sebanyak 1 atau 2 gelas sehari, maka dapat membantu  mengobati penyakit disentri. Untuk hasil yang maksimal minumlah air rebusan tersbut pada pagi atau malam hari menjelang tidur.

7. Sebagai Penawar Racun

Daun suji juga bermanfaat sebagai penawar racun dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan alkaloid dalam daun suji yang berfungsi untuk menangkal racun. Jadi, daun ini sangat efektif untuk membantu mengatasi masalah keracunan makanan atau lain sebagainya.

8. Menurunkan Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, seperti stroke dan penyakit jantung. Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh banyaknya mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena manfaat daun suji dapat membantu mengatasi hal tersebut. Kandungan zat saponin dalam daun suji dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

9. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit  yang sederhana sampai yang berbahaya, seperti kanker. Untuk menangkal radikal bebas, anda dapat meminum air rebusan daun suji sebagai penetralisir dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.

10. Menurunkan Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti diabetes. Namun, hal tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi air seduhan dari daun suji. Ramuan tersebut berfungsi untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, minumlah air seduhan daun tersebut  minimal 2 kali dalam sehari dan diminum saat pagi dan malam hari.

11. Mengatasi Masalah Pencernaan

Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan seperti sembelit, gunakanlah daun suji sebagai obat alami untuk mengatasinya. Kandungan tannin yang terdapat dalam daun suji bermanfaat untuk melancarkan dan mengatasi masalah pencernaan.

12. Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gigi berlubang, gigi keropos, atau infeksi bakteri dalam mulut. Untuk mengobati sakit gigi, Anda dapat menggunakan air rebusan daun suji sebagai obat kumur.

Alternatif pengobatan lainnya adalah dengan menumbuk daun suji, lalu hasil tumbukan tersebut dicampur dengan yang air. Gunakan air daun suji tersebut minimal 3 kali dalam sehari, maka sakit gigi akan segera reda dan mempercepat proses penyembuhan.

13. Meredakan Sakit Perut

Manfaat daun suji selanjutnya adalah meredakan sakit perut. Sakit perut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perut kembung atau masuk angin. Untuk mengatasi hal tersebut minumlah air rebusan daun suji sebanyak 1 atau 2 kali dalam sehari.

14. Mengobati Gusi Berdarah

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan gusi berdarah, diantaranya adalah disposisi gigi, infeksi bakteri. Hal tersebut dapat menjadikan gusi terasa sakit bahkan terjadi peradangan. Gunakanlah air rebusan daun suji untuk mengatasi hal tersebut. Cukup dengan berkumur degan air rebusan tersebut, maka akan membantu menghilangkan rasa sakit dan mengobati peradangan pada gusi.

15. Mencegah Kerusakan Sel Tubuh

Kerusakan sel pada tubuh manusia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain pola hidup yang tidak sehat, dan radikal bebas. Kandungan flavonois dan polifenol membuat manfaat daub suji dapat digunakan untuk mecegah kerusakan sel dan membantu memperbaikinya lagi.

16. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat daun suji juga dapat dirasakan bagi Anda yang memiliki masalah pada kulit. Kandungan polifenol dan flavonoid yang terdapat dalamnya berfungsi untuk memberikan kelembaban dan juga mengontrol kadar minyak pada kulit wajah.

Anda dapat menggunakan daun suji sebagai masker atau lulur. Caranya dengan menumbuk daun suji hingga halus atau menjadi bubuk, kemudian dioleskan pada wajah atau bagian kulit lainnya untuk menjaga dan mengembalikan kesehatan kulit akibat sinar UV atau paparan sinar matahari langsung.

17. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu cara agar terhindar dari berbagai penyakit adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan cara mengonsumsi air rebusan daun suji sebanyak 1 sampai 2 kali dalam sehari.

18. Melancarkan Aliran Darah

Salah satu manfaat daun suji yang utama adalah membantu melancarkan aliran darah. Hal tersebut dikarenakan kandungan spolifenol yang terdapat didalamnya mampu memperlebar pembuluh darah sehingga melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Apabila aliran darah berjalan lancar, maka tubuh Anda akan terasa sehat dan bugar.

19. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Daun suji ternyata bermanfaat untuk membantu mengobati tekanan darah tinggi. Caranya dengan meminum air rebusan atau air seduhan daun suji minimal 1 kali sehari dapat menurunkan tekanan darah. Apabila tekanan darah sudah kembali normal, maka sebaiknya untuk mengurangi konsumsi air rebusan tersebut.

20. Mengatasi Sesak Nafas

Sesak nafas dapat juga disebabkan oleh penyakit paru-paru atau polusi udara. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun suji untuk membantu mengatasi sesak nafas dan membuatnya lebih lega.

21. Baik untuk Jantung

Menyehatkan jantung adalah manfaat daun suji berikutnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa daun sji dapat melancarkan aliran darah, maka hal tersebut berdampak bagi kesehatan jantung. Selain itu, mengonsumsi air rebusan daun suji pasca operasi jantung juga dapat membantu memulihkan kondisi seperti sebelumnya.

22. Mengobati Penyakit Stroke

Penyakit stroke dapat disebabkan oleh tekanan darah atau kadar kolesterol yang yang tinggi. Penyakit tersebut dapat menyebabkan  penderitanya mengalami kelumpuhan.

Untuk membantu mengatasi hal tersebut, minumlah air rebusan daun suji sebanyak 2 kali sehari, maka dapat membantu mengembalikan fungsi anggota tubuh yang mengalami kelumpuhan mempercepat proses penyembuhan.

Tak disangka, ternyata manfaat daun suji sangat banyak untuk membantu mengobati berbagai penyakit. Namun, sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter dan ceritakan terkait pilihan obat herbal yang akan Anda gunakan untuk membantu mengatasinya. Walau bagaimana pun masih diperlukan data-data ilmiah untuk menerapkan daun suji sebagai pengobatan.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer