23 Makanan yang Bikin Gemuk Tapi Juga Sehat

Deretan makanan yang bikin gemuk berikut ternyata bisa melebarkan lingkar pinggang kalau Anda tidak berhati-hati saat mengonsumsinya. Ya, kunci dari semua masalah kesehatan yang terkait dengan makanan adalah ketika seseorang berlebihan dalam mengonsumsinya.

Umumnya, makanan yang bikin gemuk bersifat kurang baik bagi kesehatan. Namun jangan salah, ragam makanan yang akan kita bahas pada ulasan kali ini bukanlah junk food. Kita semua pasti sudah tahu kalau junk food tak hanya memicu obesitas, namun juga buruk bagi kesehatan.

makanan yang bikin gemuk

Baca juga:

Yang mengherankan adalah semua makanan di bawah ini menyandang embel-embel sehat, hanya saja mereka juga tinggi kandungan lemak dan kalorinya sehingga bikin gemuk badan. Bagi Anda yang ingin gemuk tetapi juga sehat, maka berikut adalah daftar makanan yang bikin gemuk dan menyehatkan:

1 | Alpukat

Makanan super yang diperkaya dengan ragam antioksidan, nutrisi, serat, dan asam lemak tak jenuh ini bisa mengandung lebih dari 350 kalori per buahnya. Oleh sebab itu buah ini bisa membuat Anda cepat gemuk.

2 | Anggur merah

Bila diminum dalam jumlah secukupnya, anggur merah dapat membantu menurunkan resiko sakit jantung, Alzheimer, beberapa jenis kanker, dan juga menambah berat badan. Agar tetap sehat kunci utamanya adalah Anda sebaiknya tidak minum berlebihan, karena 140 ml anggur merah mengandung 130 kalori.

3 | Buah kering

Buah kering hanyalah buah normal yang sudah diambil airnya. Hal ini membuatnya memiliki kadar kalori dan gula 5-8 kali lebih banyak ketimbang buah segar. Jadi bila 1 porsi buah segar mengandung 60 kalori saja, maka 1 porsi buah segar bisa memuat 460 kalori. Oleh sebab itu buah kering menjadi makanan yang bikin gemuk namun tak disadari oleh konsumennya.

Bagi yang ingin mempertahankan program dietnya, maka tetaplah mengonsumsi buah segar sebagai cemilan. Dan gunakan buah kering untuk penghias makanan saja, bukan snack.

4 | Dark chocolate

Kandungan antioksidan polifenol dalam coklat hitam membuatnya ampuh menangkal beragam penyakit serta obesitas… kalau Anda makan secukupnya. Satu ons coklat hitam diperkirakan memuat 155 kalori, 9 gr lemak dan 5 gr di antaranya adalah lemak jenuh.

Namun bila ingin berat badan tetap stabil, pilihlah dark chocolate yang tinggi kadar kakaonya karena itu berarti kandungan gulanya juga sedikit. Kudap 1 potong kecil saja pada sekali waktu.

5 | Makanan bebas gluten

Jika Anda mengalami intoleransi terhadap gluten, maka Anda mungkin kerap membeli produk makanan yang memuat label gluten-free. Masalahnya sekarang, tidak semua produk bebas gluten itu rendah kadar kalorinya. Alasannya makanan bebas gluten kerap menggunakan tepung jagung atau tepung beras coklat yang padat kalori sehingga bisa bikin gemuk.

6 | Smoothies

Bagi yang sedang menjalani progra diet, tak ada yang salah kalau Anda hanya memblender buah, sayur, dan es batu saja. Namun bagi yang ingin gemuk, tambahkanlah coklat, yogurt beku, atau sirup ke dalam smoothies yang Anda buat.

7 | Trail mix

Cemilan sehat yang terdiri dari aneka kacang, buah kering, maupun oat ini sebenarnya tidak bikin gemuk kalau tidak diberi bahan tambahan lainnya. Hanya saja kebanyakan produsen sudah menambahkan madu, gula tambahan, atau bahkan coklat yang dapat melipatgandakan kandungan kalorinya. Lagipula, Anda pasti sudah tahu kalau kacang-kacangan juga tinggi muatan lemaknya.

8 | Kopi

Kandungan kafein dalam kopi memang bisa melindungi sel otak  dari kerusakan sehingga demensia dapat dicegah. Namun kalau yang Anda pesan adalah kopi latte dengan susu full cream, maka itu berarti Anda sedang memasukkan 300 kalori dan 15 gr lemak ke dalam tubuh. Dan jadilah itu menjadi minuman yang bikin gemuk.

Namun bagi yang tidak ingin gemuk dan agar angka di timbangan tidak bergerak naik, maka pilihlah kopi hitam yang hanya mengandung 5 kalori saja. Kalau ingin menambahkan perasa, pilih susu bebas lemak atau 1 sdt gula yang hanya memuat 30 kalori.

9 | Yogurt

Satu botol yogurt tawar hanya mengandung 100 kalori dan banyak kalsium. Lain halnya dengan yogurt yang sudah dibubuhi rasa buah di dalamnya; 1 cup kecil saja bisa memuat 150 kalori dan 26 gr gula. Kabar baik bagi Anda yang ingin cepat gemuk.

Namun bagi yang tidak ingin gemuk, lebih baik Anda membeli yogurt tawar, dan tambahkan potongan buah segar atau madu ke dalamnya sebagai perasa.

10 | Sushi

Mengonsumsi ikan mentah takkan berdampak buruk pada lingkar pinggang, tapi lain halnya dengan sajian sushi yang biasanya dijual di pasaran. Tambahan krim keju, mayones pedas, adonan tempura atau udang, maupun beras putihnya jelas bisa membuat sushi menjadi makanan yang bikin gemuk. Belum lagi dengan bumbu kecap asin tinggi sodium yang dapat membuat tubuh semakin bengkak saja.

Solusi yang lebih sehat adalah dengan memilih sashimi yang disajikan dengan beras coklat, atau simple roll tanpa bumbu tambahan.

11 | Teh

Teh memang mengandung ragam antioksidan yang bisa mengurangi resiko demensia dan sakit jantung. Namun tambahan gula di dalamnya bisa merusak khasiat baiknya, apalagi kalau yang Anda minum adalah teh kemasan.

12 | Burger sayur

Meski kandungan lemak dan kolesterolnya lebih rendah ketimbang burger daging, namun kalau Anda menambahkan keju, saus, dan mayones dalam burger sayur, maka itu bisa memuat 1000 kalori lebih. Dan jadilah ia makanan yang bikin gemuk.

13 | Tahu

Tahu memang dipadati dengan zat besi, kalsium, dan protein. Setengah cangkir tahu mentah memang hanya mengandung 94 kalori saja, namun kadar tersebut dapat berlipat kali ganda kalau Anda menggorengnya.

Bagi yang ingin tetap langsing tapi ingin tahu goreng, maka batasi jumlah minyaknya hanya 1 sdm saja, atau cobalah mengolah tahu menjadi sajian yang lebih sehat lainnya.

14 | Salad

Makanan yang bikin gemuk berikutnya adalah salad. Selama isi salad hanyalah sayuran dan buah segar, maka itu tak masalah untuk ingin tetap langsing. Namun bagi yang ingin gemuk cobalah untuk menambahkan parutan keju, kacang, atau mayones ke dalamnya.

15 | Energy bar

Meski digadang-gadang sebagai cemilan sehat, namun energy bar dipadati dengan gula dan karbohidrat yang tinggi indeks glikemiknya. Solusinya adalah jangan mengonsumsinya untuk cemilan. Anda boleh mengonsumsinya sebagai sumber energi dadakan bila sudah berolahraga kurang lebih 1 jam.

16 | Sereal

Memulai hari dengan semangkuk sereal memang bisa meningkatkan energi, serat, dan protein yang diperlukan tubuh. Namun kalau Anda tak berhati-hati dalam membaca kemasan serealnya, maka kandungan gula dan sodium di dalamnya dapat merusak rencana diet. Jalan keluarnya adalah dengan memilih sereal yang bahan utamanya adalah gandum, serta mengandung lebih dari 3 gr, namun gulanya tidak lebih dari 10 gr/ porsi.

17 | Roti gandum

Tak semua roti gandum memakai gandum utuh sebagai bahan dasarnya. Beberapa merupakan hasil olah dari roti putih biasa.

18 | Buah beku

Sebenarnya buah beku sama baiknya dengan buah segar, hanya saja beberapa produsen kerap membubuhkan gula tambahan di dalamnya. Dan hal itulah yang menjadikannya makanan yang bikin gemuk.

19 | Keju

Keju merupakan sumber protein dan kalsium yang dapat diandalkan, namun produk susu ini juga kaya kalori dan lemak. Anda tak perlu memilih keju rendah lemak karena sepotong kecil keju berlemak lebih mengenyangkan dan juga lezat. Yang terpenting adalah batasi konsumsinya, atau pilihlah keju dari susu kambing yang lebih kaya asam lemaknya.

 20 | Saus tomat

Saus tomat memang bebas lemak, rendah kalori, dan kaya vitamin A maupun C. Namun biasanya saus tomat kemasan juga dipadati dengan gula dan garam tambahan. Untuk itu, batasi konsumsinya hanya 1 sdm saja per sajian jika tidak ingin gemuk.

21 | Susu

Susu sangat dibutuhkan tubuh karena merupakan sumber kalsium, vitamin A, D, dan protein. Susu berlemak juga mengandung 150 kalori dan 8 gr lemak sehingga dapat membantu mereka yang ingin cepat gemuk.

Kalau Anda ingin tetap langsung tetapi tetap ingin minum susu, maka pilihlah yang rendah atau tanpa lemak sama sekali.

22 | Sup

Meski menyehatkan karena berisi sayur mayur, namun kalau ada banyak garam di dalamnya (khususnya sup kalengan), maka itu bisa mengancam program diet seseorang dan membuat siapa saja yang mengonsumsinya menjadi bertubuh melar.

23 | Buah

Buah baik, namun ternyata terlalu banyak makan buah juga bisa tidak baik. Tak hanya mengandung ragam vitamin, air, serat, antioksidan, beberapa buah juga memuat gula yang banyak seperti ara, mangga, anggur, pisang, dan ceri. Walau buah sejatinya bukanlah makanan yang bikin gemuk, namun kalau jumlah konsumsinya banyak ya bisa saja.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer