Terbukti Ilmiah! Inilah 26 Manfaat Buah Jambu Biji yang Menakjubkan

Jambu biji yang memiliki segudang manfaat ini di kenal dengan ciri khas adanya biji-biji keras kecil di tengah daging buahnya. Bentuknya bulat atau oval dengan warna hijau terang atau kulit kuning muda, dan warna dagingnya bervariasi dari putih atau merah muda sampai merah tua. Tahukah Anda manfaat buah jambu biji?

Selain rasa dan wangi yang unik, jambu biji yang bernama amrood dalam bahasa Hindi ini, telah dikenal sebagai salah satu buah super karena berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkannya. Buah sederhana ini sangat kaya akan vitamin C, lycopene dan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit. Jambu biji juga kaya akan mangan yang membantu tubuh menyerap nutrisi penting lainnya dari makanan yang kita makan.

manfaat jambu biji

Jambu biji juga mengandung asam folat, mineral yang membantu meningkatkan kesuburan. Kalium dalam jambu biji membantu menormalkan tekanan darah.

Itu hanya beberapa saja dari sekian banyak manfaat buah jambu biji, sayangnya sebagian besar dari kita belum mengetahuinya secara keseluruhan. Oleh karena itu simak terus artikel berikut di bawah, semoga dapat lebih menambah pengetahuan Anda tentang dunia kesehatan.

Nilai Gizi dan Kandungan Buah Jambu Biji

Buah ini adalah sumber serat makanan larut yang sangat kaya (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari RDA), yang membuatnya menjadi obat pencahar massal yang hebat. Kandungan serat membantu melindungi mukosa usus besar dengan mengurangi waktu paparan racun dan juga mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

Dalam 100 g buah jambu biji merah menyediakan 5204 mcg lycopene, hampir dua kali lipat dari pada tomat. (100 g tomat mengandung 2573 mcg lycopene). Studi menunjukkan bahwa lycopene dalam jambu biji merah mencegah kerusakan kulit dari sinar UV dan menawarkan perlindungan terhadap kanker prostat.

Selanjutnya, buah ini juga merupakan sumber vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, niasin, vitamin B6 (piridoksin), vitamin E dan K, serta mineral seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Tubuh manusia menggunakan mangan sebagai co-factor untuk enzim antioksidan, superoxide dismutase . Tembaga juga dibutuhkan untuk produksi sel darah merah.

Dalam 100 gram buah jambu biji, terkandung  zat-zat gizi sebagai berikut (Sumber: USDA National Nutrient data base):

KandunganNilai GiziPersentase RDA
Energi68 Kkal3,5%
Karbohidrat14,3 g11,5%
Protein2,55 g5%
Lemak total0,95 g3%
Kolesterol0 mg0%
Serat makanan5.4 g14%
Vitamin
Folat49 mcg12,5%
Niasin1,084 mg7%
Asam pantotenat0,451 mg9%
Piridoksin0.110 mg8,5%
Riboflavin0,040 mg3%
Thiamin0,067 mg5,5%
Vitamin A624 IU21%
Vitamin C228 mg396%
Vitamin E0,73 mg5%
Vitamin K2,6 mcg2%
Elektrolit
Sodium2 mg0%
Kalium417 mg9%
Mineral
Kalsium18 mg2%
Tembaga0,230 mg2,5%
Besi0,26 mg3%
Magnesium22 mg5,5%
Mangan0.150 mg6,5%
Fosfor11 mg2%
Selenium0,6 mcg1%
Seng0,23 mg2%
Phyto-nutrient
Carotene-ß374 mcg
Crypto-xanthin-ß0 mcg
Likopen5204 mcg

*RDA = recommended daily allowance, jumlah nutrisi harian yang direkomendasikan untuk kesehatan tubuh optimal.

Manfaat Kesehatan Buah Jambu Biji

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Anda ingin menurunkan berat badan tanpa harus mengorbankan asupan protein, vitamin dan seratnya? Anda harus mencoba buah yang satu ini. Karena salah satu manfaat jambu biji ini adalah dapat membantu Anda menurunkan berat badan, sangat cocok untuk Anda yang sedang melakukan diet atau sedang mengurangi konsumsi makan.

Jambu biji sangat kaya akan vitamin, protein dan mineral, namun tidak mengandung kolesterol dan kandungan karbohidratnya mudah dicerna. Kandungan gula pada jambu biji juga jauh lebih sedikit dibandingkan dengan apel, jeruk, anggur, dan buah lainnya. Sangat cocok menjadi pendamping makanan atau camilan yang dapat mengenyangkan dan menyehatkan.

2. Baik untuk Penglihatan

Jambu biji memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A sangat bermanfaat untuk kesehatan mata atau penglihatan. Di samping itu juga dapat membantu memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula, penurunan penglihatan dan mencegah gangguan kesehatan mata lainnya.

3. Bermanfaat untuk Penderita Diabetes

Mengonsumsi jambu biji juga dapat membantu pasien yang menderita diabetes. Tingginya serat makanan dalam jambu biji membantu mengatur penyerapan gula oleh tubuh, sehingga dapat menurunkan kemungkinan lonjakan kadar gula, serta penurunan insulin dan glukosa dalam tubuh. Studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi jambu biji dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe-2.

4. Sebagai Antioksidan

Kadar vitamin C alami yang tinggi dalam jambu biji, lima kali lebih tinggi daripada jeruk, sehingga dapat memberikan sistem kekebalan tubuh yang sangat besar melalui antioksidan. Antioksidan adalah jalur pertahanan utama melawan proliferasi radikal bebas di dalam tubuh, yang merupakan salah satu penyebab utama kondisi serius seperti kanker dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, menambahkan buah ini ke daftar menu makanan Anda, maka Anda akan mendapatkan manfaat jambu biji yang pada akhirnya berdampak baik untuk kesehatan.

5. Pengobatan Penyakit Scurvy

Mungkin sebagian besar dari kita belum pernah mendengar mengenai penyakit yang satu ini.

Scurvy adalah gagalnya sintesis kolagen dan pembentukan osteoid di dalam tubuh. Indikasi penyakit ini adalah pendarahan pada badan, lebam-lebam, gusi berdarah, dan gigi mudah tercabut yang disebabkan oleh defisiensi (kekurangan) vitamin C di dalam tubuh.

Asupan vitamin C yang tepat adalah satu-satunya obat yang diketahui untuk penyakit berbahaya ini. Nah hebatnya, jambu biji ini bahkan dapat mengalahkan banyak buah lainnya, termasuk jeruk dan buah-buahan citrus lainnya dalam hal konsentrasi vitamin C.  Dan faktanya, jambu biji mengandung 5X lebih banyak vitamin C daripada jeruk, yang sering digembar-gemborkan sebagai sumber terbaik dari vitamin C ini.

6. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat jambu biji yang paling terkenal dan penting untuk menambahkan jambu ke makanan Anda adalah kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan dan metastasis sel kanker. Ada banyak penelitian yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir pada buah ini, efeknya terutama pada kanker prostat, kanker payudara, dan kanker mulut.

Bahkan minyak daun jambu biji pun dapat menjadi zat anti-proliferatif, dan sebenarnya terbukti lebih efektif daripada beberapa obat modern terkemuka dalam mengurangi pertumbuhan kanker. Jambu biji juga kaya akan lycopene, antioksidan kuat yang terbukti sangat berhasil dalam mengurangi risiko kanker prostat . Antioksidan yang sama juga terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

7. Membantu Penyembuhan Diare & Disentri

Jambu biji sangat kaya akan astringents (senyawa yang membuat gusi Anda terasa lebih kencang dan segar). Setelah Anda mengunyah daun jambu biji, makan jambu mentah, atau menggunakan pasta gigi berbasis jambu biji, mulut Anda akan terasa lebih sehat, dan dapat mengurangi gejala diare.

Zat ini bersifat basa dan memiliki sifat desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan disentri dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan mengeluarkan lendir ekstra dari usus.

8. Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Adanya manfaat jambu biji yang satu ini, tidak lain diperantarai oleh kandungan mineral tembaga. Tembaga merupakan bagian penting untuk mengatur metabolisme tiroid dengan membantu mengontrol produksi hormon dan penyerapan. Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar terpenting dalam tubuh untuk mengatur hormon dan fungsi sistem organ, sehingga jambu biji dapat membantu menyeimbangkan kesehatan Anda dengan berbagai cara.

9. Mengobati Sembelit

Jambu biji mengandung serat yang sangat tinggi. Bijinya jika di cerna utuh atau di kunyah, dapat berfungsi sebagai obat pencahar yang sangat baik sehingga melancarkan buang air besar. Jambu biji juga membantu membersihkan usus dan sistem ekskretoris Anda secara menyeluruh. Menurut penelitian, sembelit dapat menyebabkan 72 penyakit sehingga mencegah sembelit adalah hal yang sangat penting.

Tidak ada yang bisa menyangkal jika kesehatan dipengaruhi oleh pencernaan yang tepat, dan yang lebih penting lagi, ekskresi yang tepat. Maka dari itu seringlah mengonsumsi jambu biji agar kesehatan pencernaan Anda senantiasa terjaga.

Selain buah jambu, buah lain yang juga memiliki efek kuat dalam mengobati sembelit adalah pepaya. Selangkapnya, baca: 20 Manfaat Buah Pepaya yang Terbukti Secara Ilmiah

10. Baik untuk Kesehatan Otak

Manfaat lain dari jambu biji yang luar biasa adalah adanya vitamin B3 dan vitamin B6. B3 (juga dikenal sebagai niacin ) dapat meningkatkan aliran darah dan merangsang fungsi kognitif. B6 adalah nutrisi yang hebat untuk fungsi otak dan saraf. Karena itu, mengonsumsi jambu biji bisa membantu Anda meningkatkan fungsi otak dan mempertajam fokus Anda.

11. Mengobati Batuk & Pilek

Jus jambu biji atau pun ramuan daunnya sangat membantu dalam meredakan batuk dan pilek dengan mengurangi lendir, mendisinfeksi saluran pernapasan, tenggorokan dan paru-paru, dan menghambat aktivitas mikroba dengan sifat zatnya. Jambu biji merupakan salah satu sumber vitamin C dan zat besi yang tertinggi di antara buah-buahan lainnya, dan keduanya terbukti menjadi pencegahan terhadap pilek dan infeksi virus.

12. Perawatan Kulit

Siapa yang menyangka jika jambu biji dapat memperbaiki tekstur kulit dan membantu Anda menghindari masalah kulit yang lebih baik daripada krim kecantikan atau toner kulit tingkat tinggi.

Manfaat jambu biji ini terutama disebabkan oleh berlimpahnya astringen pada buah (lebih banyak terkandung pada jambu muda) dan di daunnya. Melakukan treatment dengan ramuan jambu biji atau daunnya akan menghasilkan banyak keuntungan, salah satunya dapat membantu mengencangkan kulit Anda.

Jambu biji juga sangat kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan potassium yang merupakan antioksidan yang baik, yang menjaga kulit Anda tetap bersinar dan terbebas dari tanda-tanda penuaan dini, keriput dan gangguan kulit lainnya.

13. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Jambu biji membantu mengurangi kolesterol dalam darah dan mencegah pengentalan darah, sehingga mempertahankan fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah. Studi telah menunjukkan bahwa makanan yang sedikit serat (seperti tepung halus) dapat menambah tekanan darah, karena konversi cepat ke gula. Jambu biji, yang sangat kaya akan serat dan hipoglikemik dapat membantu mengurangi tekanan darah.

14. Mengurangi Stres Oksidatif

Jus jambu biji  kaya akan vitamin C dan sejumlah fitonutrien penting lainnya yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan memperlambat stres oksidatif dalam tubuh. Selain itu, jus jambu biji juga bermanfaat untuk membantu mengatur fluktuasi gula darah, sehingga menurunkan risiko terkena diabetes.

15. Perawatan Gigi

Selain buahnya, jus daun jambu biji juga telah dikenal untuk menyembuhkan sakit gigi, gusi bengkak atau sariawan, dan dapat mempercepat proses penyembuhan luka saat dioleskan secara eksternal.

16. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat jambu biji yang satu ini diperantarai oleh kandungan asam folat. Zat inilah yang membantu meningkatkan kesuburan pada manusia, baik pria maupun wanita.

Baca juga:

17. Salah Satu Sumber Mangan

Mangan adalah salah satu mineral kelumit yang diperlukan di dalam tubuh dan dalam jumlah yang relatif sedikit. Jambu biji kaya akan mangan yang membantu tubuh menyerap nutrisi penting lainnya dari makanan yang kita makan. Ketika kita mengonsumsi jambu biji, maka makanan lain yang kita konsumsi akan dimanfaatkan dengan benar. Kita pun bisa mendapatkan semua nutrisi penting dari makanan tersebut seperti biotin, vitamin, dan lain-lain.

18. Mengendurkan Otot dan Saraf

Jambu biji kaya akan magnesium yang berperan membantu untuk mengendurkan otot dan saraf tubuh. Jadi setelah bekerja keras atau dihinggapi banyak pikiran, mengonsumsi jambu biji bisa menjadi alternatif Anda untuk mengendurkan otot, saraf dan menenangkan pikiran.

19. Membantu ‘Membersihkan’ Tubuh

Dengan kekayaan seratnya, jambu biji merupakan ‘pembersih’ tubuh alami yang sangat baik. Bagi Anda yang seringkali sembarang dan berlebih dalam mengonsumsi makanan, jambu biji dapat membantu dalam membuang racun dari tubuh Anda dan membantu Anda membakar lebih banyak lemak.

20. Sebagai Antibakterial

Jus jambu biji juga memiliki khasiat sebagai antibakterial yang dapat membersihkan bakteri beserta racun yang dihasilkannya yang berbahaya bagi tubuh.

21. Membantu Mengobati Demam Berdarah

Manfaat jambu biji yang satu ini tidak asing lagi di kalangan masyarakat sebagai minuman yang memiliki khasiat mempercepat penyembuhan demam berdarah. Untuk tujuan yang satu ini, maka dianjurkan untuk minum jus jambu setidaknya tiga kali dalam sehari untuk hasil yang efektif.

Bisakah obat ini meningkatkan trombosit? Baca: Cara Menaikkan Trombosit dengan Cepat dan Alami

22. Meningkatkan Sirkulasi

Jambu biji bisa memperbaiki fungsi otak karena meningkatkan sirkulasi di tubuh Anda. Hal ini tidak lain dikarenakan kandungan potasium tingkat tinggi, yang membantu dalam mengatur tekanan darah. Penelitian menyatakan juga bahwa mineral ini dapat membantu dalam membalikkan efek sodium yang berlebihan di dalam tubuh. Sodium sendiri memiliki efek meningkatkan tekanan darah.

23. Memerangi Rambut Rontok

Sangat kaya akan vitamin C, jambu biji merupakan salah satu buah yang mendorong pertumbuhan rambut sehat, sekaligus membantu dalam memerangi masalah rambut rontok.

24. Menghilangkan Komedo dan Gatal Kulit

Jika di wajah Anda terdapat banyak komedo, Anda bisa memadukan daun jambu biji dengan sedikit air dan menerapkannya sebagai scrub pada hidung atau bagian wajah lainnya untuk menghilangkan komedo. Daun jambu biji juga bisa menyingkirkan gatal pada kulit karena mengandung senyawa penghambat alergi.

25. Membantu Mengatasi Jerawat dan Bintik Gelap

Jika wajah Anda berjerawat dan terdapat bintik-bintik gelap, Anda bisa mengambil beberapa daun jambu biji dan menumbuknya sampai halus seperti pasta. Bersihkan wajah Anda dan oleskan pasta daun jambu biji tersebut pada jerawat dan bintik hitam. Lakukan hal ini setiap hari, untuk membantu mengatasi jerawat serta bintik hitam di wajah.

26. Bermanfaat untuk Wanita Hamil

Kandungan asam folat, atau vitamin B-9 pada jambu biji direkomendasikan untuk wanita hamil karena dapat membantu dalam perkembangan normal sistem saraf bayi dan melindungi bayi dari gangguan neurologis.

Baca juga: Sumber Makanan yang Mengandung Asam Folat

Ada banyak cara untuk merasakan manfaat dari buah jambu biji, mulai dari jus buah dan meminumnya sebagai minuman, mengonsumsinya langsung, mengirisnya dan meletakkannya di atas es krim, dan banyak cara lainnya.

Dan bagi Anda yang memiliki tingkat stres yang tinggi, ingin melakukan perawatan pada kulit, atau pun ingin merasakan tubuh yang lebih sehat lagi, buah jambu biji ini sangat disarankan untuk rutin di konsumsi. Karena begitu banyak manfaat yang terkandung pada setiap buahnya.

Selalu jalani pola hidup sehat, dan jangan pernah bosan untuk terus menggali ilmu di dunia kesehatan. Salam.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer