Sederet Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan yang Menakjubkan!

Mengkudu (morinda citrifolia) merupakan buah yang banyak ditemukan di daerah beriklim tropis dan subtropis. Buah ini berwarna kehijauan dan memiliki benjolan di bagian luar. Buah mengkudu memiliki rasa yang  pahit, namun tahukah anda bahwa ada banyak manfaat buah mengkudu bagi kesehatan kita?

Buah mengkudu telah digunakan selama ribuan tahun sebagai obat tradisional di beberapa negara Asia Tenggara dan sekarang telah dipopulerkan di belahan dunia lainnya. Untuk menambah keyakinan kita akan manfaat dari buah ini. Mari kita lihat kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya!

manfaat buah mengkudu

Kandungan Nutrisi  dalam Buah Mengkudu

Manfaat buah mengkudu tidak terlepas dari kandungan zat-zat nutrisi yang ada di dalamnya. Dalam 15000 mg (15 ml) mengandung zat-zat dibawah ini:

NutrisiJumlah Tiap Sajian% DV
Kalori3,5 Kcal
Proteinnol
Total Karbohidrat0,9 g<1%
Gula0,9 g
Sodium1 mg<1%
Vitamin C1,5 mg2%
Niasin170 mcg<1%
Folat12 mcg<1%
Kalsium2 mg<1%
Magnesium800 mcg<1%
Besi35 mcg<1%
Kalium10 mg<1%
Seng300 mcg2%

*%DV didasarkan pada diet 2000 kalori

Manfaat Buah Mengkudu yang Terbukti Ilmiah

Berdasarkan zat-zat yang terkandung, bukti-bukti ilmiah dan juga pengalaman penggunaan secara turun-temurun, maka dapat dirumuskan manfaat buah mengkudu  sebagai berikut:

1. Menurunkan Berat Badan

Jika anda punya masalah dengan berat badan atau anda memiliki berat badan berlebih, maka manfaat buah mengkudu dapat membantu anda dari hal tersebut dikarenakan kandungan oksida nitrat di dalamnya. Oksida nitrat digunakan oleh otot untuk melakukan metabolisme energi. Energi tersebut diambil oleh oksida nitrat dari sel-sel lemak di tubuh. Hal ini menyebabkan berkurangnya trigliserida yang ada dalam sel lemak, sehingga terjadi penurunan berat sel lemak.

Konsumsi juga buah lainnya, Buah untuk Diet : Cara Sehat Menurunkan Berat Badan

2. Bermanfaat bagi Penderita Diabetes

Manfaat buah mengkudu juga dapat dirasakan oleh penderita diabetes. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh “Journal of Hospital Medicine Nigeria” menyatakan bahwa jus mengkudu mampu membantu dalam mengendalikan gula darah. Hal tersebut dikarenakan buah mengkudu mengandung senyawa seperti triterpen dan saponin yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

3. Menurunkan Kolesterol

Buah mengkudu mengandung air dan etanol yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida. Peningkatan kadar kolesterol dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, manfaat buah mengkudu mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke, serangan jantung, dan sebagainya.

4. Membantu Sistem Pencernaan

Bagi anda yang memiliki masalah pencernaan atau susah buang air besar, mengonsumsi buah mengkudu adalah pilihan yang tepat. Hal tersebut dikarenakan manfaat buah mengkudu juga mampu melancarkan proses pencernaan. Kandungan serat yang tinggi di dalamnya berfungsi sebagai pencahar untuk mengatasi sembelit.

5. Mencegah Terjadinya Stroke

Manfaat buah mengkudu selanjutnya adalah mencegah terjadinya stroke. Hal itu dikarenakan kandungan asam nitrat yang sangat penting dalam membuat pembuluh darah lebih elastis dan juga membantu sirkulasi darah yang lebih baik. Selain itu, sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang terkandung juga dapat melindungi anda dari kerusakan saraf akibat stroke.

6. Meredakan Nyeri Sendi

Kandungan analgesik dan sedatif yang terdapat pada buah mengkudu sangat bermanfaat dalam mengurangi berbagai jenis nyeri di tubuh, seperti kram menstruasi, radang sendi, nyeri sendi, dan kondisi peradangan lainnya.

7. Membantu Penyembuhan Kanker

Manfaat buah mengkudu yang tak kalah menakjubkan adalah dapat membantu penyembuhan penyakit kanker. Hal tersebut dikarenakan mengkudu banyak mengandung zat polisakarida yang mampu menekan pertumbuhan sel kanker baru.

Buah ini juga mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi tingkat oksidatif dalam tubuh. Sifat anti-tumor dan imunomodulator yang terkandung di dalamnya juga berguna untuk mengobati beberapa bentuk kanker.

8. Meningkatkan Energi

Meningkatkan energi merupakan salah satu dari berbagai manfaat buah mengkudu. Hal tersebut dikarenakan kandungan karbohidrat dan gula alami yang terkandung di dalamnya mampu menggantikan energi yang telah terpakai sebelumnya. Asalkan jumlah konsumsinya mencukupi tentunya.

9. Mencegah Katarak

Katarak merupakan  masalah penglihatan yang ditandai dengan kekeruhan lensa mata. Dengan mengonsumsi jus buah mengkudu dapat membantu menjaga lensa mata anda tetap bersih dan jernih, sehingga jauh dari penyakit katarak.

10. Mempercepat Penyembuhan Luka

Beberapa orang sering bermasalah dengan penyembuhan luka yang buruk. Hal tersebut dikarenakan kadar gula darah yang tinggi. Dengan mengonsumsi buah mengkudu, anda dapat mengendalikan kadar glukosa dalam darah sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka.

11. Melindungi Hati

Manfaat buah mengkudu yang lain adalah dapat melindungi hati (liver). Terutama bagi penderita diabetes, risiko penyakit hati berlemak sangat tinggi. Dengan rajin mengonsumsi jus buah mengkudu, maka itu dapat membantu mengendalikan kadar gula darah, mengurangi degenerasi lemak pada sel hati, sehingga melindungi dan mencegah kerusakan hati.

12. Mencegah Ulkus (Tukak) Lambung

Manfaat buah mengkudu dapat menurunkan jumlah asam dalam lambung dan meningkatkan lendir yang melapisi permukaan lambung. Oleh karena itu, mengonsumsi buah mengkudu dapat membantu anda mencegah luka atau tukak pada lambung dan usus.

13. Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi

Buah mengkudu merupakan buah yang mengandung scopoletin, proxeronine, dan triptofan yang bekerja sama menormalkan tekanan darah yang tinggi serta menjaganya agar stabil.

14. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan phytosterol dalam buah mengkudu mampu mencegah penyerapan kolesterol dalam jumlah tinggi. Hal tersebut memungkinkan sirkulasi darah yang lebih baik, sehingga membuat otak lebih sehat, meningkatkan  konsentrasi, dan melindungi otak dari risiko tersumbatnya arteri (pembuluh darah).

15. Meredakan Radang Sendi

Praktisi perawatan Ayurveda menyarankan mengonsumsi buah mengkudu untuk menghilangkan rasa sakit dan peradangan, termasuk artritis. Anda juga bisa  menumbuk buah mengkudu dan dioleskan langsung ke bagian yang nyeri.

16. Membantu Masalah Menstruasi

Bagi wanita yang mengonsumsi buah ini secara teratur, maka manfaat buah mengkudu dalam mengatur siklus haid dapat dirasakan. Selain itu, sifat analgesik yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi rasa sakit yang dialami selama masa menstruasi.

Hal tersebut menjadi salah satu penyebab utama dokter tidak menyarankan untuk mengonsumsi buah mengkudu saat hamil, karena dapat menyebabkan pendarahan dan keguguran.

17. Mengurangi Depresi

Kurangnya serotonin di dalam tubuh dapat menyebabkan perubahan mood, gangguan kecemasan, dan depresi. Dengan mengonsumsi jus buah mengkudu secara teratur dapat membantu anda dalam mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.

18. Antibakteri

Bubuk buah mengkudu telah digunakan secara tradisional untuk menyembuhkan berbagai infeksi bakteri di kulit. Zat-zat yang memiliki sifat antibakteri antara lain Acubin, L. Asperuloside, Alizarin, dan beberapa zat antraquinone.

19. Mencegah Infeksi Mulut

Seperti buah pada umumnya, jus buah mengkudu juga dikenal sebagai obat penawar yang efektif untuk berbagai infeksi mulut, seperti peradangan gusi, sakit tenggorokan, dan sakit gigi. Anda cukup berkumur-kumur menggunakan jus buah mengkudu untuk menghilangkan infeksi, karena buah mengkudu memiliki sifat antibakteri. Jadikan buah mengkudu sebagai makanan harian anda agar terhindar dari infeksi dan bau mulut.

20. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat buah mengkudu juga dapat dirasakan oleh penderita insomnia. Hal tersebut dikarenakan kandungan scopoletin yang dapat membuat Anda untuk tidur lebih nyenyak. Hal tersebut akan meningkatkan kinerja dan semangat Anda di tempat kerja serta mengurangi kelelahan sepanjang hari.

21. Membantu Mencerahkan Kulit

Kulit kusam disebabkan oleh kurangnya vitamin C dalam tubuh. Oleh karena itu dengan rutin mengonsumsi buah mengkudu dapat membantu mencerahkan kulit anda karena banyaknya vitamin C yang terkandung di dalamnya.

22. Sebagai AntiAging

Buah mengkudu memiliki kandungan antioksidan vitamin C yang bermanfaat untuk memberi nutrisi pada sel, jaringan dan organ tubuh, menangkal radikal bebas, dan mencegah penuaan dini. Buah ini juga mengandung selenium yang merupakan unsur antioksidan penting untuk menjaga elastisitas kulit.

23. Sebagai Anti-Inflamasi

Buah mengkudu memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengobati masalah pada kulit. Kandungan tersebut menghambat histamin (agen penyebab alergi), sehingga mengobati gatal-gatal, alergi kulit, dan dermatitis dengan bekerja pada tingkat sel.

24. Mengatasi Rambut Rontok

Kerontokan rambut dapat disebabkan karena faktor usia, keturunan, gizi buruk, dan masalah kulit kepala. Rambut rontok dikarenakan kurangnya nutrisi dalam makanan dengan jumlah yang cukup. Vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah mengkudu meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala.

25. Menghilangkan Kutu dan Ketombe

Khasiat buah mengkudu untuk menghilangkan kutu dan ketombe sudah digunakan sejak dahulu kala. Gigitan kutu sering memicu infeksi pada kulit kepala. Sifat antibakteri dan antivirus dari buah mengkudu mampu mengatasi infeksi dan menghilangkan kutu dan ketombe.

26. Mencegah Penyakit Degeneratif

Manfaat buah mengkudu lainnya, yaitu mampu mencegah timbulnya penyakit degeneratif tertentu, seperti diabetes, gangguan kadiovaskular, dan gangguan hati.

27. Mencegah Gangguan Penglihatan

Buah mengkudu yang dijus memiliki potensi untuk mengatur kadar gula dalam darah. Hal tersebut dapat membersihkan lensa mata anda dari dalam dan mencegah gangguan penglihatan.

28. Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat buah mengkudu juga baik untuk kesehatan kulit anda. Jus buah mengkudu merupakan sumber vitamin C sehingga dapat membantu mengobati beberapa masalah kulit seperti jerawat, kulit kering, dan noda hitam di kulit.

Anda dapat menjadikan buah mengkudu sebagai referensi makanan harian anda karena banyak manfaatnya bagi kesehatan. Namun, yang harus anda ingat, bahwa buah mengkudu tidak baik untuk ibu hamil karena dapat mengakibatkan keguguran.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer