31 Fungsi dan Manfaat Asam Folat untuk Wanita dan Pria

Asam folat disebut juga dengan istilah folat atau vitamin B9. Ada banyak sekali fungsi dan manfaat asam folat bagi kesehatan tubuh, diantaranya penting dalam perkembangan sel, pertumbuhan jaringan, dan perkembangan otak. Selain itu, asam folat juga berperan dalam pembelahan sel dan produksi DNA.

Anda dapat mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan kadar asam folat dalam tubuh. Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Hal tersebut dikarenakan mengonsumsi suplemen asam folat secara berlebih dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti kram perut, ruam, diare, mudah tersinggung, insomnia, mual, kebingungan, gangguan perut, kejang, reaksi alergi, dan efek samping berat lainnya.

fungsi dan manfaat asam folat

Cara yang lebih baik dan aman yaitu mendapatkan cukup asam folat dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti kacang polong, dan kacang polong, buah jeruk, sayuran hijau, brokoli, bayam, tomat, melon, pisang, asparagus, jamur, kerang, daging unggas, hati, dan lain sebagainya. Lebih lanjut, baca disini: Sumber Makanan yang Mengandung Asam Folat

Asupan asam folat yang disarankan setiap hari adalah sebagai berikut:

  • Laki-laki berusia di atas 13 tahun, 400 mikrogram;
  • Perempuan lebih dari 13 tahun, 400-600 mikrogram;
  • Kehamilan, 400-600 mikrogram;
  • Menyusui, 500 mikrogram.

Asupan maksimal asam folat untuk orang berusia 19 tahun ke atas (termasuk wanita hamil atau menyusui), 1.000 mikrogram perhari.

Agar Anda lebih yakin tentang fungsi dan manfaat asam folat. Berikut ini kami sajikan berbagai fungsi asam folat yang bermanfaat bagi tubuh Anda.

Fungsi dan Manfaat Asam Folat

Asam folat merupakan jenis vitamin yang larut dalam air, sehingga tidak dapat bertahan lama di dalam tubuh dan dikeluarkan bersamaan dengan urin. Oleh sebab itulah, Anda harus sering mengkonsumsi asam folat setiap hari. Ada beberapa fungsi dan manfaat asam folat, yaitu:

1.  Mencegah Masalah Kehamilan

Manfaat asam folat yang pertama mencegah masalah kehamilan. Masalah pada kehamilan dapat terjadi pada siapa saja. Itulah sebabnya saat hamil dan menyusui, seorang ibu harus meningkatkan asam folat dalam makanannya.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari asam folat pada kehamilan, disarankan untuk mengkonsumsi suplemen asam folat, namun hal tersebut harus berdasarkan rekomendasi dari dokter. Adapun manfaat asam folat untuk mencegah masalah kehamilan, diantaranya meningkatkan kemungkinan untuk hamil, mencegah bayi cacat lahir, dan meningkatkan perkembangan janin.

Jadi, jika Anda ingin segera hamil, maka Anda perlu mengkonsumsi suplemen asam folat yang adekuat setiap hari. Begitu pula selama trimester pertama kehamilan, ibu hamil harus cukup mengonsumsi asam folat dalam makanannya.

Adapun jumlah asam folat yang baik dikonsumsi saat hamil, yaitu:

  • Bagi wanita yang ingin segera hamil, jumlah asam folat yang harus dikonsumsi sebanyak 400 mcg setiap hari.
  • Bagi ibu hamil trimester pertama, jumlah asam folat yang harus dikonsumsi sebanyak 400 mcg setiap hari.
  • Pada bulan keempat sampai kesembilan masa kehamilan, jumlah asam folat yang harus dikonsumsi sebanyak 600 mcg setiap hari.
  • Bagi ibu menyusui, jumlah asam folat yang harus dikonsumsi sebanyak 500 mcg setiap hari.

Selengkapnya mengenai Manfaat Asam Folat Bagi Wanita yang Sangat Penting

2.  Mengatasi Masalah Pencernaan

Malnutrisi atau kekurangan asam folat dapat menyebabkan gangguan pencernaan, penurunan berat badan, dan kehilangan nafsu makan. Hal tersebut dikarenakan asam folat berperan penting dalam proses pencernaan protein dalam tubuh. Manfaat asam folat dan vitamin B lainnya seperti B1, B3, B6, biotin, dan B12 sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk meningkatkan asupan asam folat dan vitamin B lainnya dengan mengonsumsi daging unggas, daging sapi, ikan, susu dan makanan olahan dari susu setiap hari.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Crohn

Penyakit Crohn merupakan jenis penyakit radang usus yang memengaruhi proses pencernaan, dari mulut hingga anus. Kekurangan asam folat diyakini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit Crohn. Hal tersebut dikarenakan nutrisi diserap di ileum dan jejunum usus kecil.

Orang yang memiliki sistem imun yang buruk akan mudah sekali terkena penyakit tersebut. Defisiensi asam folat tidak hanya menyebabkan penyakit Crohn, tetapi juga disertai diare. Pasien dengan defisiensi asam folat dan penyakit Crohn juga bisa kehilangan nafsu makan.

Oleh karena itu, obat yang dikonsumsi harus dapat mengatasi gejala dan komplikasi yang ditimbulkan akibat penyakit crohn. Penderita penyakit tersebut juga harus meningkatkan asupan asam folat melalui makanan dan suplemen. Penderita penyakit Crohn harus minum suplemen asam folat sebanyak 1 mg sehari dan atas rekomendasi dari dokter.

4.  Membantu Mengobati Jerawat

Manfaat asam folat tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga untuk masalah kecantikan. Mengonsumsi makanan dengan asam folat tinggi dapat membantu mengurangi jerawat dan mencegahnya timbul kembali.

Asam folat memiliki sifat antioksidan yang mampu menangkal dan mengeluarkan racun yang berlebih di dalam tubuh. Namun, penting bagi Anda untuk memerhatikan jumlah asam folat yang Anda konsumsi guna menghindari overdosis asam folat yang dapat menyebabkan kelesuan, kulit kering, dan jerawat.

5.  Mengobati Depresi

Kesibukan dan rutinitas pekerjaan yang berat, terkadang membuat orang mudah sekali mengalami stres dan depresi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan pola hidup yang sehat.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di “University of York” dan “Hull York Medical School” menyatakan bahwa, kadar asam folat rendah dalam makanan dapat menyebabkan depresi, serangan kecemasan, dan gangguan mood. Beberapa bukti percobaan menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen asam folat dapat membantu mengatasi hal tersebut. Oleh karena itu, manfaat asam folat dalam mengobati depresi sudah tidak dapat diragukan lagi.

Asam folat berperan penting dalam melindungi kesehatan mental dan emosional. Asam folat mampu merangsang bahan kimia yang masuk ke dalam otak Anda. Selain itu, asam folat juga mampu meningkatkan produksi neurotransmiter, seperti dopamin, serotonin, dan norepinephrine. Itulah sebabnya, mengapa asam folat sering ditambahkan ke dalam resep obat antidepresan.

Asam folat hadir dapat Anda dapatkan dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi,  seperti bayam, selada, brokoli, asparagus, melon, pisang, kacang-kacangan, lemon, jus jeruk, jus tomat, dan jamur.

6. Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah masalah mental yang ditandai dengan penurunan daya ingat. Beberapa perubahan gaya hidup sehat juga diyakini mampu mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Salah satunya adalah dengan meningkatkan asupan asam folat dalam makanan.

Asam folat bermanfaat bagi kesehatan mental, meningkatkan daya ingat, dan konsentrasi Anda. Untuk mencegah penyakit Alzheimer, Anda perlu mengonsumsi makanan kaya asam folat, seperti susu, produk olahan susu, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Penderita Alzheimer yang disertai anemia, harus mengkonsumsi minimal 800 mcg asam folat setiap hari dengan rekomendasi dari dokter. Selain asam folat, vitamin B12 dan B6 juga bisa membantu mengatasi hal tersebut.

7.  Meningkatkan Kesuburan Rambut

Manfaat asam folat lainnya, yaitu mampu membantu meningkatkan kesuburan rambut. Itulah sebabnya, mengapa orang dengan rambut tipis dan rontok  disarankan untuk meningkatkan asupan asam folat dalam makanan.

Asam folat berperan penting dalam pertumbuhan jaringan dan sel pada rambut, kuku, kulit, dan organ tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan asam folat dapat menyebabkan rambut rontok. Asam folat dan vitamin B lainnya bermanfaat bagi kesehatan rambut. Manfaat asam folat bagi kesehatan rambut bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah jeruk, sayuran hijau, dan kacang kering, nasi, pasta, roti, sereal, tepung, dan produk olahan gandum.

8.  Mengobati Penyakit Diabetes

Tahukah Anda?, bahwa manfaat asam folat dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes. Ternyata, kekurangan asam folat mampu menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.

Menurut studi epidemiologi, menyatakan bahwa kadar homosistein asam amino dalam darah mampu meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Nah, asam folat mampu berperan penting dalam mengurangi kadar homosistein asam amino dalam darah. Oleh karena itu, dengan memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh mampu menurunkan risiko penyakit diabetes dan penyakit kardiovaskular lainnya.

9.  Mengatasi Menstruasi yang Berlebih

Bagi sebagian wanita, mungkin pernah mengalami menstruasi yang berlebih bahkan lebih lama dari biasanya. Hal tersebut juga biasanya disertai dengan rasa nyeri, dan bahkan kelelahan.

Gangguan menstruasi tersebut mungkin disebabkan oleh kekurangan asam folat dan zat besi. Asam folat bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat dan zat besi selama masa menstruasi. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen asam folat dan harus berdasarkan rekomendasi dari dokter.

10.  Mencegah Anemia

Anemia adalah penyakit yang dapat menyerang semua orang dengan berbagai usia, mulai dari anak-anak sampai lansia. Namun, wanita lebih rentan terkena penyakit ini dibanding pria. Penderita anemia, biasanya terlihat pucat dan sering mengalami pusing. Adapun gejala lainnya, seperti nyeri dada, sesak napas, jantung berdebar, dan sakit kepala. Penyakit tersebut disebabkan oleh kekurangan asam folat dan zat besi.

Memang, asam folat tidak bisa mengobati anemia secara keseluruhan. Namun, mengonsumsi makanan kaya asam folat bisa mencegah dan membantu mengurangi gejala anemia. Kandungan zat besi dan asam folat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, penting bagi penderita anemia untuk memenuhi asupan zat besi dan asam folat dalam tubuh.

11.  Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Manfaat asam folat, ternyata mampu mengurangi risiko penyakit kanker. Berdasarkan beberapa penelitian dan bukti medis menunjukkan bahwa asupan asam folat yang adekuat dapat melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit kanker, seperti kanker esofagus , pankreas, kolorektal, kolon dan kanker kulit.

Untuk pencegahan kanker, jumlah asam folat yang disarankan bagi orang dewasa adalah sebanyak 400 mcg setiap hari. Orang tua atau ibu hamil bahakan membutuhkan asupan asam folat lebih dari 400 mcg per hari. Namun, pastikan tidak mengonsumsinya lebih dari 1000 mcg asam folat per hari.

12.  Melindungi Kesehatan Gigi

Mengonsumsi asam folat dapat membantu mencegah masalah kesehatan gigi dan mulut. Berdasarkan beberapa penelitian, kekurangan asam folat selama kehamilan bisa menyebabkan defek kraniofasial, seperti sumbing pada bibir atau celah langit-langit mulut.

Seorang anak dengan kondisi medis tersebut perlu mendapatkan berbagai pengobatan, seperti perawatan gigi, terapi bicara, dan operasi selama bertahun-tahun. Untuk mencegah penyakit tersebut, sang ibu harus cukup mengonsumsi asam folat sebelum dan selama masa kehamilan.

Asam folat juga efektif dalam mencegah penyakit gusi. Hal tersebut dikarenakan asam folat membantu pertumbuhan sel-sel dalam mulut. Selain mengonsumsi makanan dan suplemen tinggi asam folat, Anda bisa menggunakan obat kumur dan pasta gigi yang mengandung asam folat untuk melindungi kesehatan gigi dan mulut Anda.

13. Meningkatkan Kualitas Sperma

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa asam folat sangat baik dikonsumsi oleh pria dewasa. Hal tersebut dikarenakan manfaat asam folat sebagai peningkat kualitas sel sperma dan menurunkan jumlah sel sperma yang tidak normal . Untuk terjadinya kehamilan, tidak hanya dibutuhkan sperma yang banyak, namun juga kulaitas sperma yang baik.

14. Meningkatkan Jumlah Sperma

Selain meningkatkan kualitas, manfaat asam folat juga mampu meningkatkan jumlah sel sperma. Asam folat mampu meningkatkan sperma sampai dengan 74 persen. Peningkatan jumlah tersebut berguna untuk meningkatkan terjadinya kehamilan.  Hal tersebut dikarenakan dibutuhkan ribuan sel sperma untuk bisa membuahi sel telur.

15. Menyuburkan Kandungan

Manfaat asam folat berikutnya berguna bagi pasangan suami istri yang ingin segera memiliki buah cinta. Hal tersebut dikarenakan asam folat dapat digunakan untuk menyuburkan kandungan atau sel telur. Jadi, bagi Anda yang belum dikaruniai anak, sebaiknya banyak mengonsumsi makanan dan suplemen yang mengandung asam folat tinggi.

16. Menguatkan Sel Telur

Tidak hanya menyuburkan kandungan, asam folat juga dapat digunakan untuk membantu menguatkan sel telur yang menempel di dinding rahim. Salah satu faktor penyebab wanita susah hamil dikarenakan sel telur yang gugur dari dinding rahim, bahkan sebelum berkembang.

17. Mengurangi Bayi Lahir Cacat

Bagi ibu hamil, sangat penting untuk mengonsumsi makanan dan suplemen yang kaya akan asam folat. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi risiko bayi lahir cacat atau bahkan cacat sejak dalam kandungan.

Dalam kasus ini, tidak hanya ibu yang harus mengonsumsi asam folat, tetapi juga sang ayah. Hal tersebut dikarenakan bayi lahir cacat dikarenakan kualitas sperma yang buruk yang berhasil membuahi sel telur.

18. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Manfaat asam folat lainnya adalah mampu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Sel darah merah sangat penting bagi ibu hamil, karena kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan ibu hamil terken penyakit anemia. Ibu hamil yang menderita anemia akan merasakan lemas, pusing, lesu, dan gejala lainnya. Selain itu, sang ibu juga dapat menularkan penyakit tersebut pada janinnya.

Apabila janin terkena anemia, maka kemungkinan janin mengalami kelainan darah dan kekurangan oksigen. Akibatnya hal tersebut berdampak pada menurunkan fungsi otak dan kecerdasan bayi.

19. Meningkatkan Perkembangan Saraf pada Otak

Banyak sekali manfaat asam folat bagi ibu hamil, salah satunya adalah meningkatkan perkembangan saraf pusat pada otak bayi. Apabila saraf tersebut tidak berkembang, maka janin rentan terkena cacat mental. Selain itu, perkembangan saraf pusat juga memengaruhi saraf penglihatan, pendengaran dan lain sebagainya.

20. Meningkatkan Perkembangan Saraf Motorik

Sama halnya seperti saraf pusat, saraf motorik pada janin juga berkembang. Syaraf motorik merupakan syaraf yang memberikan sinyal dari otak kepada otot sumsum tulang belakang. Saraf motorik termasuk saraf yang penting dalam otak karena saraf yang mengatur pergerakan tubuh bayi. Apabila syaraf motorik janin terganggu, maka saat lahir bayi bisa saja mengalami masalah dengan gerak tubuhnya, seperti susah berjalan bahkan kelumpuhan.

21. Mencegah Penyakit Jantung

Asam folat bermanfaat mencegah penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan fungsi asam folat yang bisa mampu memproduksi sel darah merah, sehingga mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan tidak adanya penggumpalan darah, maka aliran darah yang menuju ke jantung pun berjalan lancar dan terhindar dari penyakit jantung yang berbahaya.

22. Mencegah Terjadinya Keguguran

Seperti yang telah diketahui, bahwa manfaat asam folat mampu menguatkan sel telur. Itulah sebabnya, ibu hamil yang memiliki kandungan asam folat yang cukup dapat terhindar dari keguguran. Begitu juga sebaliknya ibu hamil yang kurang asupan asam folat lebih berisiko untuk mengalami keguguran.

23. Mencegah Penyakit Stroke

Penyakit stroke bisa juga terjadi karena adanya gangguan pada sistem saraf pusat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa manfaat asam folat mampu meningkatkan perkembangan saraf pusat. Itulah sebabnya, dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat dapat membantu Anda terhindar dari penyakit stroke.

24. Meningkatkan Daya Ingat

Faktor usia biasanya dapat menyebabkan penurunan fungsi otak dan menjadi mudah lupa. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena manfaat asam folat mampu membantu meningkatkan daya ingat Anda. Hal tersebut dikarenakan asam folat mampu memproduksi dan meningkatkan jumlah sel darah merah sehingga memperlancar aliran darah dan oksigen ke otak.

25. Menghilangkan Racun

Fungsi asam folat selanjutnya yaitu menghilangkan racun dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan, asam folat bersifat antioksidan yang mampu menangkal dan menghilangkan racun. Selain itu, asam folat juga berfungsi untuk media detox yang merupakan media yang dapat digunakan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

26. Meningkatkan Perkembangan Plasenta

Plasenta merupakan jaringan pembuluh darah yang menghubungkan janin dengan dinding rahim. Melaui plasenta tersebut janin mendapatkan nutrisi, oksigen, dan eksresi. Oleh karena itu, perkembangan plasenta sangat penting. Namun, kekurangan asam folat dapat menyebabkan pertumbuhan dan fungsi plasenta menjadi tidak sempurna. Jadi, selama hamil, pastikan ibu mendapatkan asupan asam folat yang cukup.

27. Bayi Lahir Prematur

Ibu hamil yang kurang dalam mengonsumsi asam folat, berisiko tinggi melahirkan bayi prematur. Bayi prematur memiliki biasanya banyak kelemahan. Hal tersebut dikarenakan usia kandungannya yang masih muda dan organ-organ tubuhnya pun belum dapat berkembang dengan sempurna. Angka hidup pada bayi prematur pun tergolong rendah.

28. Berat Badan Lahir Rendah (BBLR)

Asam folat merupakan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Itu sebabnya, ibu hamil yang kurang mengonsumsi makanan tinggi asam folat berisiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah. Berat badan bayi lahir rendah (BBLR) juga bisa dikarenakan malnutrisi atau kurangnya asupan vitamin dan nutrisi dari ibu kepada janin selam dalam kandungan.

29. Mencegah dan Menghilangkan Nyeri Otot

Anda sering nyeri otot? Itu bisa jadi pertanda  tubuh Anda kekurangan asam folat. Asam folat merupakan vitamin B9 yang tergolong dalam vitamin neurotropik, yaitu vitamin yang bermanfaat bagi otot. Itulah sebabnya, manfaat asam folat mampu mencegah dan menghilangkan nyeri otot.

30. Mencegah Osteoporosis

Manfaat asam folat yang terakhir, yaitu mampu mencegah penyakit osteoporosis. Hal tersebut dikarenakan asam folat mampu mengubah homosistein menjadi metionin serta menurunkan kadar homosistein di dalam tubuh. Homosistein itu merupakan asam amino yang dapat menyebabkan penyakit osteoporosis.

31. Mencegah Down Syndrome

Kualitas sperma yang baik, juga mampu mencegah penyakit Down Syndrome. Penyakit kelainan kromosom tersebut disebabkan oleh kualitas sperma yang buruk yang berhasil membuahi sel telur. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penting bagi pria untuk mendapatkan asupan asam folat yang cukup agar kualitas dan kuantitas sel sperma dapat terjaga.

Waw! Banyak sekali ternyata fungsi dan manfaat asam folat bagi tubuh. Jadi, mulai sekarang perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi. Ingat! Selalu berkonsultasi dengan dokter terkait penggunaan suplemen asam folat. Dokter akan menyarankan jumlah dan langkah yang terbaik bagi Anda untuk mendapatkan asupan asam folat yang cukup.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer