8 Jenis Makanan Terbaik untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

makanan untuk kulit sehat

Apa yang kita konsumsi setiap hari akan sangat memengaruhi kesehatan organ tubuh, termasuk kulit. Diet yang tidak sehat akan membawa dampak buruk pada kesehatan kulit sehingga menjadi kendur dan nampak tua. Berikut ini tersaji daftar dari berbagai makanan terbaik untuk kulit sehat yang dapat dinikmati setiap hari.

Konsumsilah setiap hari berbagai makanan terbaik untuk kulit sehat ini

Setiap orang tentunya mendambakan kulit sehat yang nampak cerah, halus dan awet muda. Namun, buang jauh dambaan kulit seperti itu bila saja kebiasaan mengonsumsi sembarang makanan tak juga ditinggalkan.

Memang perawatan dari luar seperti pemakaian tabir surya, krim anti penuaan, eksfoliasi dan beragam jenis perawatan kecantikan lainnya dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Namun asupan dari dalam memiliki pengaruh yang lebih besar bagi kesehatan kulit keseluruhan.

Dengan demikian, perhatikan dengan benar asupan harian makanan sehari-hari. Konsumsilah beragam makanan terbaik untuk kulit sehat berikut ini dan mulailah beralih menuju gaya hidup yang lebih baik.

1. Ikan Berlemak

Jenis ikan berlemak tinggi seperti salmon, makarel dan tuna merupakan salah satu makanan terbaik untuk kulit sehat lantaran kaya akan asam lemak omega-3 yang diperlukan untuk menjaga kulit tetap kencang, lembap dan awet muda. Bahkan dapat mengurangi peradangan seperti pada kulit berjerawat dan sensitif terhadap sinar UV.

Selain itu, ikan berlemak juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi, vitamin E dan mineral seng yang kesemuanya berperan penting dalam produksi sel kulit baru, melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan kesehatan kulit secara keseluruhan.

2. Brokoli

Brokoli tinggi akan vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan kulit. Tak hanya itu, sayuran yang berasal dari daerah Laut Tengah ini juga mengandung lutein dan karotenoid yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput.

Bahkan berdasarkan hasil dari beberapa penelitian, diketahui bahwa brokoli mengandung senyawa khusus yang disebut dengan sulforaphane. Suatu senyawa yang memiliki berbagai manfaat mengesankan, seperti memiliki efek anti-kanker, mampu menetralisir radikal bebas berbahaya hingga mampu mengaktifkan sistem pelindung lain di dalam tubuh.

3. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat, serat dan beberapa vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi banyak fungsi tubuh, termasuk kesehatan kulit. Menariknya lagi, buah ini mengandung senyawa unik, yakni Polyhydroxylated Fatty Alcohols (PFAs) yang mampu melawan peradangan, melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan membantu memperbaiki DNA yang rusak di sel kulit.

4. Kacang-kacangan dan Biji-Bijian

Secara umum, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber nutrisi yang begitu penting bagi kesehatan kulit. Walnut, flaxseeds dan biji bunga matahari adalah beberapa contohnya. Jenis sumber makanan ini begitu kaya akan asam lemak esensial seperti omega-3 dan 6, vitamin E dan C, mineral seng dan selenium, protein serta asam linoleat yang kesemuanya dibutuhkan kulit agar tetap sehat.

5. Ubi Jalar

Siapa sangka, jenis makanan yang begitu ekonomis dan melimpah di Indonesia ini nyatanya memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan kulit. Ubi jalar adalah sumber beta-karoten yang sangat baik dan mampu bertindak sebagai tabir surya alami guna melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari sekaligus memberikan kontribusi untuk tampilan kulit yang lebih sehat secara keseluruhan.

6. Kedelai

Kedelai mengandung isoflavon yang terbukti dapat mengurangi kerutan, meningkatkan produksi kolagen, menjaga elastisitas kulit, melindungi kulit dari kekeringan dan bahaya sinar UV bahkan dapat membantu mencegah perkembangan beberapa jenis kanker kulit.

Pada wanita pascamenopause, berbagai kandungan yang terdapat di dalam kedelai diketahui dapat membantu memperbaiki masalah kulit kering dan meningkatkan kolagen sehingga kulit akan tetap halus dan nampak muda.

7. Tomat

Tanaman dengan warna dan bentuk yang beragam ini termasuk ke dalam daftar makanan terbaik untuk kulit sehat. Pasalnya tomat merupakan sumber vitamin C dan mengandung semua karotenoid utama termasuk beta karoten, lutein dan lycopene yang sudah barang tentu dapat diandalkan dalam menjaga kesehatan kulit.

Namun karotenoid membutuhkan lemak untuk dapat diserap. Jadi pastikan untuk memadukan tomat dengan makanan berlemak seperti keju, minyak zaitun atau ikan-ikan berlemak seperti salmon maupun tuna.

8. Paprika

Paprika tinggi akan senyawa beta-karoten dan vitamin C, dimana keduanya merupakan antioksidan yang penting bagi kesehatan kulit. Selain itu, vitamin C juga diperlukan untuk menciptakan kolagen – suatu protein struktural yang diperlukan tubuh guna memelihara keremajaan dan elastisitas kulit.

Beberapa makanan terbaik untuk kulit sehat lainnya berdasarkan rekomendasi para ahli diantaranya, yakni dark chocolate, kaldu tulang, rempah-rempah, buah delima, minyak zaitun, teh hijau dan beberapa sayuran juga buah-buahan dengan segala kandungan nutrisinya. Pastikan untuk menghadirkan berbagai jenis makanan ini ke dalam menu makanan sehari-hari demi menunjang kesehatan kulit.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT