Anda Kurus? Coba Makanan Penggemuk Badan Ini

Bertubuh kurus sebetulnya sah-sah saja, bahkan menjadi dambaan bagi sebagian orang. Namun, ketika berat badan sampai di bawah berat ideal, maka itu kondisi yang tak sehat yang harus diatasi. Makanan penggemuk badan bisa jadi solusinya, nutrisi alami yang tepat dapat jadi penunjang kenaikan berat badan.

Menaikkan berat badan bukan hanya soal makan banyak dan tidur banyak. Makanan yang sehat dan efektif menggemukkan badanlah yang harus jadi pilihan. Selain itu pola hidup sehat seperti olahraga teratur, istirahat cukup dan jauhi stres juga harus ditegakkan.

Beberapa contoh bahan makanan penggemuk badan

Beberapa contoh bahan makanan penggemuk badan

Pada prinsipnya, menaikkan berat badan itu mudah, hanya perlu menambahkan kalori lebih banyak dari yang dihabiskan oleh tubuh perharinya. Untuk itu, makanan penggemuk badan setidaknya harus memiliki kalori yang tinggi. Ada juga yang menggunakan obat, 6 Obat Penggemuk Badan

Inilah Makanan Sehat Penggemuk Badan

1. Susu

Susu sudah sejak lama dijadikan bahan makanan sehat yang dapat menggemukkan badan. Kandungan protein dan kalsiumnya yang tinggi serta vitamin dan mineral penting didalamnya membuat bahan makanan hewani ini jadi menu wajib bagi yang ingin menggemukkan badan.

Penelitian menunjukkan bahwa susu murni merupakan kaya akan kasein dan whey protein yang sangat baik untuk perkembangan otot. Penelitian juga menemukan bahwa konsumsi susu ditambah dengan latihan beban akan meningkatkan kemampuannya membentuk masa otot.

Jadi jika Anda ingin tubuh yang lebih berisi sebaiknya perbanyak konsumsi susu murni dan latihan beban yang rutin.

2. Smoothies protein

Smoothies merupakan bahan makanan yang di blender dan biasanya berisi buah, es, pemanis serta produk susu. Makanan ini sedang trend dan memang sangat menyegarkan.

Untuk mereka yang sedang ingin gemuk smoothies juga bisa jadi pilihan sebagai makanan penggemuk badan. Namun komposisi smoothies yang biasanya lebih banyak buahnya harus diubah menjadi lebih banyak kandungan proteinnya.

Smoothies protein biasanya menggunakan whey protein sebagai bahan dasarnya. Campurannya bisa beragam sesuai selera mulai dari pisang, coklat, alpukat, madu serta beberapa buah es batu sesuai selera. Rata-rata dalam segelas smoothies protein ukuran 200 ml mengandung 400 – 600 kalori.

3. Nasi

Nasi yang merupakan makanan pokok wajib orang indonesia ini bisa dijadikan makanan penambah berat badan. Pasalnya dari satu mangkuk kecil nasi (165 gram) dapat memberikan 190 kalori, 43 gram karbohidrat dan sedikit lemak.

Untuk lebih memaksimalkan fungsinya nasi dapat disantap dengan beberapa lauk yang mengandung protein dan lemak sehat seperti daging ayam atau ikan.

4. Kacang-kacangan dan produk olahannya

Kacang-kacangan seperti kacang hijau, almond, kedelai, koro dan kacang merah merupakan bahan makanan dengan kandungan kalori tinggi sehingga bisa dijadikan bahan makanan penggemuk badan. Selain itu bahan makanan ini juga padat kalori, yang berarti dalam sejumlah kecil saja kalorinya sudah cukup tinggi.

Tidak hanya kacang-kacangan utuh, produk olahannya pun baik untuk meningkatkan berat badan. Cara menikmatinya pun cukup mudah hanya dengan menambahkannya pada smoothies atau dibuat cemilan kacang-kacangan sudah dapat dijadikan penambah asupan kalori.

5. Daging merah

Daging merah merupakan bahan makanan yang paling dianjurkan untuk meningkatkan masa otot. Kandungan kalori dan lemaknya yang lebih besar dari jenis daging lainnya membuat bahan makanan ini sangat baik untuk menggemukkan badan.

6. Kentang atau makanan mengandung pati

Kentang dan umbi-umbian lain yang kaya kandungan pati merupakan bahan makanan yang murah namun sangat baik untuk menambah kalori. Beberapa contohnya bahan makanan tinggi pati seperti :

  • Jagung
  • Gandum
  • Ubi jalar
  • Labu

Selain tinggi kalori bahan makanan ini juga dapat meningkatkan penyimpanan glikogen di otot. Glikogen merupakan sumber energi utama untuk pergerakan dan aktivitas tubuh.

7. Ikan Berlemak/Berdaging Merah

Beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna, teri, makarel dan belut, tinggi kandungan lemak. Terutama kandungan asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan proteinnya yang tinggi serta lemak yang sehat tentu sangat baik untuk program menggemukkan badan.

8. Suplemen protein

Suplemen protein merupakan hal yang lumrah bagi para binaragawan yang ingin membangun otot mereka. Oleh karena itu suplemen protein juga bisa Anda jadikan makanan penggemuk badan yang efektif apalagi jika ditambah dengan porsi latihan beban.

Sebagian orang mungkin menganggap suplemen protein tidak sehat dan kurang natural. Padahal suplemen protein umumnya mengandung whey protein sebagai bahan utamanya. Sementara whey protein ini merupakan bahan alami yang diperoleh dari olahan susu yang sudah dikenal manfaatnya untuk kesehatan dan mengurangi risiko penyakit.

9. Buah kering

Buah-buahan kering merupakan bahan makanan yang yang tinggi kalori dan kaya kandungan antioksidan dan mikronutrisi. Untuk mereka yang suka manisnya buah sangat cocok menambahkan bahan makanan ini sebagai menu makanan penggemuk badannya.

Buah kering salah satu bahan makanan penggemuk badan

buah kering salah satu bahan makanan penggemuk badan

Orang mungkin beranggapan bahwa buah yang dikeringkan akan kehilangan banyak kandungan nutrisi. Namun penelitian menemukan buah kering tetap mengandung banyak serat dan sebagian besar vitamin dan mineralnya tetap utuh. Beberapa contoh buah kering yang dapat ditemukan dipasaran seperti kismis, prune (buah plum kering), kurma, aprikot, cranberry, cherry, dan kiwi.

10. Roti gandum utuh

Makanan penggemuk badan lainnya dari jenis olahan serealia adalah roti gandum utuh. Bahan makanan ini terkenal sehat karena tinggi serat dan kalori. Roti gandum akan lebih baik jika dikonsumsi bersamaan dengan sumber protein seperti telur, daging dan keju.

11. Alpukat

Alpukat salah satu buah dengan kandungan lemak sehat yang melimpah. Tidak seperti buah-buahan lainnya yang umumnya mengandung sedikit kalori bedahalnya dengan alpukat, 200 gramnya saja sudah mengandung 322 kalori, 29 gram lemak dan 17 gram serat.

Selain itu alpukat juga tinggi kandungan vitamin, mineral dan mikronutrisi lainnya. Oleh karena itu cobalah untuk mengonsumsi alpukat secara rutin jika ingin menaikkan berat badan.

12. Coklat hitam

Coklat hitam dengan kualitas yang baik merupakan sumber makanan kaya antioksidan dan manfaat lain untuk kesehatan. Coklat hitam yang direkomendasikan adalah yang mengandung 70% kakao atau lebih.

Bahan makan ini sangat baik untuk menggemukkan badan karena bersifat padat kalori. Dari setiap 100 gram coklat hitam mengandung sekitar 600 kalori, ditambah lagi dengan mineral dan mikronutrisi lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti serat dan magnesium.

13. Keju

Keju sudah terkenal sebagai bahan makanan sejak lama dan salah satu yang tinggi kandungan protein dan lemak. Oleh karena itu keju dijadikan salah satu yang direkomendasikan sebagai makanan penggemuk badan. Dari setiap 100 gram keju dapat diperoleh sekitar 400 kalori ditambah manfaat lain serta rasanya yang lezat.

14. Telur

Telur merupakan salah satu makanan terbaik di alam untuk pembentukan otot dan meningkatkan masa tubuh. Makanan ini menyediakan kombinasi protein berkualitas tinggi serta lemak sehat. Meskipun ada juga mitos yang berkembang, menganggap bahwa telur tidak baik untuk jantung.

Konsumsi telur sebagai makan penggemuk badan umumnya tidak dibatasi dalam segi jumlah. Hal ini karena nutrisi pada telur sebagian besar bermanfaat untuk tubuh, terutama yang ada pada kuning telurnya. Namun jika anda memiliki intoleransi terhadap telur, konsumsilah maksimal 3 butir telur per harinya.

15. Yogurt

Yogurt dikenal sejak lama sebagai makanan sehat dari olahan susu dengan kandungan protein, karbohidrat dan lemak yang seimbang. Yogurt juga sering digunakan sebagai tambahan smoothies protein yang dicampurkan dengan coklat hitam, kacang almond dan buah kering seperti kismis kurma dan prune.

16. Makanan tinggi lemak sehat

Beberapa bahan makanan memiliki kandungan lemak sehat yang tinggi seperti minyak zaitun murni, minyak alpukat atau minyak kelapa murni sangat baik sebagai makanan penggemuk badan. Bahan makan ini juga bisa dikonsumsi dalam bentuk pelengkap makanan seperti minyak untuk memasak dan campuran salad.

Baca juga: Lemak Jenuh, Tak Jenuh, dan Trans, Apa Bedanya?

Demikian 16 makanan sehat yang bisa dijadikan pilihan untuk memulai program penggemukan badan yang Anda lakukan.

Lihat sumber