Apa itu Diet GM? Dan Bagaimana Melakukannya?

Dari sekian banyak program diet yang beredar di masyarakat, ada 1 cara yang didapati sangat ampuh untuk menurunkan berat badan. Tak tanggung-tanggung diet GM, demikian namanya, bisa menyusutkan berat badan seseorang hingga 8 kg dalam kurun waktu seminggu saja. Apa itu diet GM? Dan bagaimana melakukannya? Simak liputannya berikut ini.

GM sebenarnya merupakan singkatan dari General Motors. Dari namanya saja kita pasti sudah bisa menduga kalau diet ini dicetuskan oleh perusahaan yang berkecimpung di dunia otomotif tersebut.

menu diet gm

Apa itu diet GM?

Berbeda dari kebanyakan metode diet lainnya (misalnya diet mayo), diet GM mengharuskan dan membatasi peminatnya untuk mengonsumsi makanan tertentu selama 1 minggu. Setiap harinya, akan ada menu yang berbeda untuk dikonsumsi.

Tak hanya rendah garam, gula, dan lemak, diet ini juga tinggi karbohidrat kompleks dan serat sehingga bisa mengurangi kadar kolesterol, resistansi insulin, diabetes, dan hipertensi. Berita yang beredar menyebutkan bahwa pihak GM sudah melakukan uji coba dengan menggandeng USDA dan FDA di Johns Hopkins Research Center sebagai lokasinya.

Apa Dampak Negatif dan Efek samping diet GM?

Walau menu yang dipilih tergolong sehat, namun banyak pihak ahli tidak menyarankan diet ini dilakukan dalam jangka waktu lama atau terus-menerus. Alasannya beragam mulai dari tidak adanya olahraga yang diikut-sertakan di dalamnya, hingga minimnya gizi yang diperoleh oleh pelakunya. Oleh karena kedua alasan tersebut, seseorang hanya boleh melakukan diet ini 1 kali sebulan, atau setiap 2-3 bulan sekali.

Saat melakukan diet GM, massa otot juga pasti akan mengalami penyusutan sehingga membuat pelakunya merasa lemah secara fisik.

Melambatnya proses metabolisme ketika melakukan diet rendah kalori tersebut juga memungkinkan Anda kesulitan untuk mempertahankan berat badan di masa yang akan datang. Saat kembali makan normal, maka berat badan mungkin akan naik lagi dengan mudahnya, apalagi kalau pelakunya tidak mengontrol nafsu makan.

Efek samping diet GM lainnya adalah meningkatnya rasa haus yang memicu dehidrasi bila tak segera di atasi. Selama beberapa hari pertama, pelakunya mungkin juga akan mengalami sakit kepala atau perut karena tubuhnya masih beradaptasi dengan pola makan baru.

Lantas, Apa Dampak positif diet GM?

Meski berpotensi mengakibatkan malnutrisi, namun diet GM bisa membantu mendetoksifikasi tubuh dari racun. Selain itu, pelakunya juga jadi terbiasa mengonsumsi makanan alami dan bukan makanan olahan selama 1 minggu penuh.

Siapa yang tidak boleh melakukan diet GM?

Dikarenakan faktor gizi tadi, maka diet ini tidak direkomendasikan untuk ibu hamil atau anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan. Mereka yang mengidap penyakit baik ringan seperti radang sendi hingga jantung juga tidak disarankan melakukannya. Tubuh sebaiknya juga berada dalam kondisi sehat ketika melakukan diet yang tergolong agresif tersebut.

Bagaimana melakukan diet GM?

Kita sudah menyimak apa itu diet GM, dan bagaimana melakukannya merupakan hal yang akan kita bahas berikutnya. Selain diwajibkan minum banyak air setiap harinya, Anda juga perlu mematuhi aturan menu berikut agar hasilnya maksimal.

  • Hari ke-1

Anda hanya boleh makan buah-buahan saja (kecuali pisang) pada sepanjang hari itu. Pilihlah buah yang kaya air seperti melon atau semangka. Kalau tak mungkin memotong buah di kantor, Anda bisa mengolahnya dalam bentuk jus (tanpa tambahan gula).

  • Hari ke-2

Menu hari ini adalah serba sayuran, baik yang mentah maupun yang sudah dimasak. Anda bisa membuka hari dengan kentang panggang untuk menu sarapan. Dan bila ingin mengonsumsinya dalam bentuk salad, maka gunakan cuka putih, cuka anggur, lemon, atau rempah-rempah lainnya sebagai penambah rasa. Anda dilarang menggunakan salad dressing karena bisa merusak program diet keseluruhan.

  • Hari ke-3

Saatnya mengombinasikan antara buah dan sayur jenis apapun dalam jumlah tak terbatas, asal tanpa pisang atau kentang di dalamnya.

  • Hari ke-4

Setelah 3 hari Anda hanya diizinkan minum air, club soda, kopi hitam tanpa gula, teh hitam atau herbal, maka inilah hari untuk menikmati susu. Menu hari ini dikhususkan pada kombinasi antara susu dan pisang. Anda boleh makan hingga 8 buah pisang dan 3 gelas susu (tanpa gula). Kunci menu makan hari ke-4 diet DM ini terletak pada kandungan potasium dari pisang dan kalsium dari susu.

Jika mengonsumsi 8 buah pisang terlalu eneg rasanya, maka mulai hari ini Anda sudah bisa mengisi perut dengan sup spesial ala diet GM.

Berikut Resep sup spesial GM:

Bahan-bahan:

  • 6 siung bawang bombay, cincang
  • 3,5 cangkir air
  • 2 buah paprika merah, cincang
  • 4 buah tomat
  • 1 bungkul kubis, cincang kasar
  • 1 ikat seledri, cincang kasar
  • Rempah-rempah sesuai selera

Cara membuatnya cukup mudah, Campurkan dan didihkan semua bahan yang ada di atas api kecil selama 30-45 menit hingga sayuran lunak namun tidak lembek.

  • Hari ke-5

Saatnya merayakan datangnya hari ke-5 dengan daging tanpa lemak (total 556 gr) dan tomat (6 buah). Anda harus meningkatkan konsumsi air untuk membantu tubuh mengeluarkan asam urat yang diproduksi pada hari ini.

  • Hari ke-6

Pada hari ini Anda bebas mengonsumsi makanan tinggi protein (tetap tanpa lemak) dan sayuran sebanyak mungkin.

  • Hari ke-7

Akhirnya hari terakhir tiba. Maka kini saatnya untuk makan brown rice, sayur, jus buah tanpa gula, dan tanpa daging.

Lantas, bagaimana dengan mereka yang vegetarian? Anda bisa memodifikasi menu yang ada, yakni 4 hari pertama hanya mengonsumsi buah dan sayur. Dan pada hari ke-5, Anda dapat mengganti daging tanpa lemak dengan brown rice.

Untuk makanan kaya protein yang dapat menggantikan daging adalah tahu atau kacang chickpea. Kacang-kacangan lain seperti kacang merah, pinto, atau lima (kacang katrok berbiji besar) tidak disarankan karena kalorinya terlalu tinggi.

Apa yang terjadi pada hari ke-8 diet GM?

  1. Bobot tubuh mungkin akan menyusut 5-8,5 kg.
  2. Jika selama ini Anda menahan diri untuk tidak minum alkohol, maka kini Anda boleh merayakannya dengan 1-2 gelas bir, sampanye, atau anggur putih. Hindari mengonsumsi alkohol jenis lain seperti vodka, rum, atau bourbon.

Dengan demikian terjawab sudah pertanyaan mengenai apa itu diet GM, dan bagaimana melakukannya.

 

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer