Benarkah Vitamin Dapat Meningkatkan Nafsu Makan?

Meskipun banyak orang yang mengonsumsi multivitamin melaporkan efek peningkatan nafsu makan, namun hanya ada sedikit bukti ilmiah yang mendukung fakta bahwa vitamin memiliki fungsi dalam meningkatkan nafsu makan. Lantas, apakah benar vitamin dapat meningkatkan nafsu makan?

vitamin menambah nafsu makan

Setelah diselidiki, ternyata kekurangan banyak vitamin memang dapat menyebabkan penurunan nafsu makan. Jadi, rasa lapar yang meningkat ketika mengonsumsi vitamin mungkin karena kekurangan sebelumnya yang ketika dikoreksi nafsu makan kembali normal.

Selanjutnya timbul persepsi di masyarakat, banyak diantaranya yang ingin mengonsumsi vitamin agar menjadi ‘lebih sehat’, akan tetapi menjadi khawatir jika suplemen vitamin tersebut menyebabkan nafsu makan meningkat sehingga dapat menambah berat badan. Padahal tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa kekhawatiran tersebut benar-benar akan terjadi dan jika ada peningkatan nafsu makan yang dialami, itu hanya efek dari penggantian nutrisi yang sebelumnya kurang, menjadi ideal dan sehat.

Namun, jika Anda mengalami peningkatan nafsu makan yang dramatis (karena alasan apa pun), yang sedang berlangsung, Anda harus menghubungi dokter untuk menyelidiki penyebabnya.

Bukti Vitamin Meningkatkan Nafsu Makan

Kurangnya bukti dalam penelitian terbaru di bidang ini, membuat sulit untuk membentuk kesimpulan yang pasti. Satu studi menemukan bahwa diet yang kaya vitamin B menyebabkan nafsu makan yang lebih stabil pada anak-anak, namun karena penelitian ini diterbitkan pada tahun 1938, kemungkinan bukti ini sudah ketinggalan zaman.

Di lain pihak, American Academy of Paediatrics ‘Committee on Nutrition’ menerbitkan sebuah pernyataan pada tahun 1958 tentang penggunaan vitamin B1 dan B12 sebagai perangsang nafsu makan bagi anak-anak. Dinyatakan dalam laporan bahwa tidak ada bukti meyakinkan yang menunjukkan bahwa B1 ataupun B12 merangsang nafsu makan ketika diberikan untuk tujuan ini.

Namun bukti tersebut menujukkan sebuah fakta bahwa kedua vitamin ini memainkan peran penting dalam metabolisme tubuh dan suplementasi diperlukan ketika tubuh kekurangan. Jika defisiensi berlanjut selama periode waktu yang panjang, mungkin ini dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan atau nafsu makan yang buruk.

Baca: Suplemen Vitamin untuk Anak Susah Makan

Kekurangan vitamin yang dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan

Kekurangan vitamin berikut dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, bersama dengan berbagai gejala lainnya.

Jika seseorang diduga mengalami kekurangan vitamin, maka sebaiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mengidentifikasi jenis vitamin mana yang menyebabkannya sehingga pemberian suplemen untuk mengatasinya menjadi tepat.

Satu hal yang harus Anda tahu, bahwa kekurangan vitamin dapat disebabkan oleh berbagai kondisi atau penyakit, juga akibat asupan makanan yang tidak cukup. Pada kenyataannya defisiensi vitamin cukup langka pada orang dengan asupan makan yang cukup sehat.

Baca: Suplemen Vitamin Penambah Berat Badan

Suplemen yang dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan

Di sisi lain, ada beberapa pendapat bahwa suplemen seng (zinc) dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, tetapi hal ini diduga akibat perubahan rasa yang ditimbulkan oleh zinc itu sendiri.

Tips Meningkatkan Nafsu Makan

Sudah jelaslah bahwa vitamin memang dapat meningkatkan nafsu makan, hanya jika penyebab berkurangnya nafsu makan sebelumnya akibat kekurangan vitamin yang telah disebutkan di atas. Jadi, tidak semua masalah kekurangan nafsu makan dapat diatasi dengan suplemen vitamin.

Berikut beberapa tips tambahan yang dapat meningkatkan nafasu makan.

1. Olahraga

Salah satu penyebab utama peningkatan nafsu makan adalah peningkatan tingkat aktivitas fisik. Jika Anda berolahraga lebih banyak, tubuh Anda umumnya akan beradaptasi untuk menggantikan sejumlah energi yang terpakai oleh tubuh. Caranya dengan merangsang hormon yang meningkatkan nafsu makan.

2. Jenis Makanan

Jenis makanan yang Anda makan juga dapat memengaruhi selera makan. Makanan lezat kesukaan Anda tentu akan menggugah selera makan. Di samping itu, jika Anda mengonsumsi makanan tinggi kadar gula sederhananya atau makanan manis, akan menyebabkan kadar gula darah cepat naik dan cepat turun, sehingga menjadi cepat lapar lagi.

Jenis makanan seperti ini cocok bagi mereka yang kurus atau dalam masa penyembuhan, namun tidak cocok bagi mereka yang ingin menjaga berat badannya, juga bagi penderita diabetes.

3. Warna

Warna juga dapat mempengaruhi nafsu makan. Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa warna merah bertindak sebagai stimulan nafsu makan, sementara warna biru memiliki efek penekan. Jadi, tempatkanlah makanan dalam wadah atau piring merah atau mungkin mengatur nuansa merah pada ruang makan Anda.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi nafsu makan, jadi penting untuk menentukan penyebabnya sehingga cara meningkatkan nafsu makan tidak melulu mengandalkan vitamin. Senantiasa penuhi selera makan Anda dengan makanan sehat dan bergizi untuk menjaga kesehatan tanpa menyebabkan berat badan berlebih.

DISKUSI TERKAIT