Daftar Buah untuk Darah Rendah yang Lezat dan Sehat

Ternyata darah rendah dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan, namun tidak semua buah dapat diandalkan. Buah untuk darah rendah setidaknya harus mengandung banyak air dan natrium. Buah apa saja yang dimaksud?

Darah rendah terjadi ketika tekanan darah turun hingga di bawah 90/60 mmHg, biasanya ditandai dengan rasa lelah dan pusing. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti dehidrasi, kelelahan, kurang nutrisi, anemia, stres, gangguan tiroid, gula darah rendah atau kehilangan banyak darah.

Untuk jenis darah rendah yang tidak dilatari oleh kondisi yang parah. Beberapa cara sederhana dapat dilakukan untuk memgembalikannya ke level normal. Diantaranya dengan meningkatkan konsumsi cairan, makan makanan tinggi vitamin B12, mencukupi kebutuhan garam atau mengonsumsi kopi.

Dengan mengonsumsi buah, maka setidaknya ada dua keuntungan, yakni mendapatkan asupan cairan dan natrium alami. Bahkan jenis buah tertentu sangat baik untuk meningkatkan tekanan darah. Beberapa jenis buah berikut ini bisa Anda jadikan pilihan.

Buah yang baik dikonsumsi penderita darah rendah

1. Semangka

semangka buah untuk darah rendah

Buah dengan rasa segar dan manis ini merupakan salah satu buah dengan kandungan air yang cukup tinggi hingga 92%. Buah semangka bisa jadi pilihan untuk meningkatkan cairan tubuh sekaligus membantu meningkatkan tekanan darah yang turun. Selain itu, kandungan antioksidan likopen pada daging buah semangka dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang biasanya juga terkonsentrasi di darah.

2. Lemon

air lemon untuk darah rendah

Buah dengan rasa asam ini merupakan salah satu buah yang baik untuk darah rendah. Dengan mengonsumsinya dalam bentuk segelas sari lemon akan membantu tubuh memenuhi kekurangan cairan. Kandungan vitamin C yang tinggi dari sari lemon juga dapat bertindak sebagai antioksidan yang baik untuk sirkulasi darah.

3. Melon kuning

melon kuning untuk darah rendah

Buah yang mirip dengan melon namun dengan warna yang lebih kuning ini ternyata kaya akan natrium, yaitu sekitar 9 mg/ 100 gram daging buahnya. Buah ini juga kaya akan kandungan air sekitar 90% yang akan membantu merehidrasi tubuh dan mencegah turunnya tekanan darah.

4. Timun

timun untuk darah rendah

Buah yang lebih sering dikonsumsi sebagai lalapan atau acar ini termasuk yang mudah dijumpai dalam menu makanan di Indonesia. Buah yang kaya akan kandungan air hingga 96% ini bisa dijadikan salah satu pilihan buah untuk darah rendah. Selain dikonsumsi dalam bentuk segara, timun juga dapat dikonsumsi dalam bentuk acara. Kandungan natrium yang tinggi pada acar timun juga bisa membantu meningkatkan tekanan darah.

5. Jeruk

jeruk untuk darah rendah

Buah yang sering dijadikan pencuci mulut ini merupakan buah yang kaya kandungan air, sekitar 87%. Kandungan vitamin C di dalamnya juga cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Mengonsumsi beberapa buah jeruk manis akan membantu meningkatkkan cairan tubuh sehingga membantu meningkatkan tekanan darah.

6. Wortel

wortel untuk darah rendah

Buah yang lebih sering dijadikan bahan sayuran ini ternyata memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi sekitar 70 mg/ 100 mg, sehingga bisa digunakan sebagai buah untuk darah rendah. Kandungan air dari buah ini juga cukup tinggi sekitar 87%. Apalagi jika dikonsumsi dalam bentuk sup ayam tentu akan lebih cepat memulihkan darah rendah.

7. Strawberi

strawberry buah untuk darah rendah

Buah jenis beri-berian berwarna merah ini masuk sebagai daftar buah untuk darah rendah karena kandungan airnya yang cukup tinggi sekitar 87%. Buah ini juga kaya akan serat yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

8. Nanas

nanas untuk darah rendah

Buah dengan rasa manis segar berwarna kuning ini ternyata juga mengandung banyak air, hampir 87% daging buahnya terdiri dari air. Tak heran jika buah ini masuk dalah daftar buah untuk darah rendah. Selain itu kandungan bromelain pada bonggol buahnya yang bersifat anti-inflamasi sangat baik untuk membantu menyehatkan pencernaan dan meningkatkan imunitas tubuh.

9. Buah kering atau kalengan

buah kismis kering

Buah-buahan yang dikeringkan seperti buah kismis, buah plum kering, buah apel kalengan, banyak mengandung garam natrium agar buah lebih tahan lama. Konsumsi natrium dari buah kering atau kalengan ini juga dapat membantu meningkatkan tekanan darah.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT