8 Buah untuk Sakit Maag yang Aman dan Dianjurkan

Tidak semua buah dapat dikonsumsi penderita maag. Untuk itu, ketahui beberapa jenis buah untuk sakit maag yang aman dikonsumsi setiap hari tanpa perlu khawatir akan memperburuk kondisi yang telah ada.

buah untuk maag

Sakit maag sebenarnya merupakan bahasa awam yang dipergunakan untuk menggambarkan berbagai gejala atau ketidaknyamanan seperti nyeri ulu hati, mual, kerap bersendawa dan sebagainya.

Bila merujuk pada masalah lambung saja, maka sakit maag bisa kita sebut dengan gastritis, yakni suatu kondisi yang ditandai dengan adanya peradangan pada lapisan lambung yang dilihat secara langsung oleh alat endoskopi.

Lebih luas, terdapat pula sindroma yang disebut dengan dispepsia. Memiliki gejala serupa dengan penyakit yang disebut dengan maag, namun lebih universal. Dimana dispepsia ini mencakup semua gejala dari sistem pencernaan yang buruk, termasuk gastritis, GERD, tukak lambung, pankreatitis, batu empedu, penyakit celiac dan lainnya.

Apabila gangguan pencernaan tersebut tidak diketahui secara jelas penyebabnya, maka disebut dengan dispepsia fungsional atau dispepsia non-ulkus.

Karena terkait erat dengan sistem pencernaan, seorang penderita maag tentunya harus benar-benar memperhatikan makanan yang hendak dikonsumsinya, tak terkecuali buah. Ada buah yang sebaiknya dihindari dan tentunya ada pula yang layak dikonsumsi guna menunjang kesehatan tubuh yang optimal.

Berikut beberapa pilihan buah untuk sakit maag yang aman dikonsumsi

1. Apel

Apel memiliki efek sedatif dan kaya akan pektin yang terbukti dapat diandalkan dalam membantu melapisi dinding lambung dengan mengurangi asam lambung. Kandungan seratnya yang cukup tinggi dan kehadiran senyawa sorbitol didalamnya semakin menegaskan manfaat buah bernama Latin Malus domesticaa ini terhadap kesehatan sistem pencernaan.

2. Pir

Pir direkomendasikan sebagai salah buah untuk sakit maag lantaran memiliki efek antibakteri dan terdiri dari vitamin, mikroelemen serta asam lemak yang sangat bermanfaat. Meski demikian, penderita maag disarankan untuk tidak mengonsumsi buah pir dalam keadaan perut kosong. Mengingat serat kasar didalamnya dikhawatirkan dapat melukai mukosa lambung yang sudah meradang.

3. Alpukat

Selain dikenal dapat mencegah janin cacat berkat kandungan asam folat dan lemak baiknya, buah alpukat juga ternyata menawarkan manfaat penting bagi kesehatan gastrointestinal keseluruhan lantaran kaya akan serat dan bersifat antimikroba.

Bahkan dalam sejumlah temuan penelitian diketahui bahwa alpukat bermanfaat dalam pengobatan juga pencegahan kanker usus besar, kanker perut, kanker pankreas dan kanker serviks.

4. Pisang

Pisang kaya akan serat, pektin, senyawa antioksidan dan beragam nutrisi penting lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan, termasuk lambung. Pisang juga merupakan salah sumber terbaik dari mineral potasium dan magnesium yang berperan dalam mengontrol tekanan darah.

5. Pepaya

Buah tropis satu ini mengandung enzim papain yang mampu memecahkan molekul protein dan bermanfaat dalam mengurangi gejala dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, maag hingga sindrom iritasi usus besar.

Pepaya juga diketahui dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini berkat kandungan vitamin C dan likopen didalamnya.

6. Air Kelapa Muda

Selain dapat memulihkan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang selepas beraktivtias, air kelapa juga nyatanya berkhasiat dalam membantu mengurangi peradangan pada lambung juga usus.

Hal ini ditenggarai oleh kandungan tannin dan asam laurat pada air kelapa yang bersifat antibakteri. Daging buahnya pun mengandung serat yang dapat melancarkan gerakan usus dan bertindak sebagai pencahar alami.

7. Semangka

Kandungan airnya yang begitu tinggi, serat, rasa manis dan berbagai nutrisi didalam buah semangka diketahui dapat membantu mengurangi peradangan pada lambung ketika asam lambung menyerang.

Bagi pria dengan disfungsi ereksi, buah semangka mampu berperan sebagai “viagra alami” berkat kandungan asam amino citrulline didalamnya yang dapat merilekskan pembuluh darah sehingga mendukung ereksi yang lebih baik.

Lebih lengkap baca: Manfaat Buah Semangka, Kandungan Gizi, dan Efek Samping

8. Buah Beri

Blueberry, blackberry dan raspberry merupakan beberapa contoh dari keluarga beri-berian yang begitu kaya akan antioksidan, serat dan berbagai nutrisi penting yang tak hanya menawarkan manfaat mengesankan bagi kesehatan gastrointestinal saja, namun organ tubuh secara keseluruhan.

Berbagai bukti ilmiah menyebutkan bahwa konsumsi secara rutin buah beri-berian terkait dengan meningkatnya kinerja sistem pencernaan, memori otak dan menurunnya risiko terhadap penyakit jantung serta jenis kanker tertentu.

Itulah beberapa buah untuk sakit maag yang dapat dikonsumsi setiap hari dalam jumlah cukup. Untuk mendapatkan manfaat lebih sekaligus membantu mengelola gejala maag yang mungkin timbul, terapkan beberapa tips sederhana berikut:

  1. Makanlah dalam porsi kecil namun lebih sering.
  2. Hindari makan terlalu dekat dengan waktu tidur.
  3. Minumlah air putih rata-rata 8 gelas/hari.
  4. Jauhkan diri dari stres.
  5. Berhenti merokok dan minum minuman beralkohol.

Di samping itu, berolahragalah secara teratur 3 kali seminggu dan konsultasikan segera dengan dokter ahli untuk mencari tahu penyebab utama dan pengobatan yang tepat dari sakit maag yang dialami. Terlebih bila sudah disertai dengan gejala lain seperti sering muntah, sulit menelan dan penurunan berat badan yang cukup drastis.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT