Segarnya 13 Buah yang Mengandung Asam Folat Berikut Ini

Ada banyak alasan mengapa kita harus mengonsumsi buah yang mengandung asam folat dalam jumlah cukup. Beberapa di antaranya adalah karena nutrisi ini tak hanya berjasa dalam merangsang pertumbuhan dan regenerasi sel tubuh, namun juga mencegah depresi.

Di samping itu, asam folat juga berjasa dalam mencegah anemia, memproduksi sel darah merah, memperbaiki DNA, serta menjauhkan resiko Alzheimer maupun kanker. Dan bukan rahasia lagi kalau asam folat juga baik untuk perkembangan janin sejak dalam kandungan.

Banyak orang menyamakan asam folat dengan vitamin B9. Hal ini tidak sepenuhnya benar ataupun salah, mengingat asam folat sendiri sebenarnya merupakan bentuk sintetis dari vitamin B9 (folat). Ketika tubuh kekurangan vitamin B9, maka ketimbang mengonsumsi suplemen berupa pil atau tablet, Anda dapat memilih cara yang lebih sehat dan menyegarkan. Salah satu cara mudah untuk mendapatkan asupan asam folat yang cukup tentunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang memuat vitamin B9 tersebut.

Berikut adalah beberapa nama buah yang mengandung asam folat, yaitu:

  1. Jeruk
  2. Pepaya
  3. Grapefruit
  4. Strawberry
  5. Raspberry
  6. Alpukat
  7. Bit
  8. Pisang
  9. Peach
  10. Mangga
  11. Delima
  12. Jambu Biji
  13. Kiwi

Untuk lebih jelasnya mengenai seberapa banyak kandungan folat dalam tiap buah tersebut, simak penjelasan detilnya berikut ini.

  1. Jeruk

Dari sekian deret buah yang mengandung asam folat, jeruk menduduki peringkat tertinggi. Menurut USDA, sebutir jeruk memuat sekitar 30-50 mcg asam folat. Coba bayangkan kalau Anda membuat jus dari beberapa buah sekaligus, betapa banyaknya asam folat yang akan diperoleh tubuh saat Anda meminumnya.

  1. Pepaya

Selain jeruk, pepaya juga mengandung asam folat dalam dosis yang cukup tinggi karena sanggup memenuhi AKG hingga 29%. Sebuah pepaya diperkirakan mengandung 115 mcg asam folat. Tak hanya asam folat, tubuh pun jadi lebih kuat dan sehat berkat tingginya kandungan vitamin C dari pepaya.

  1. Grapefruit

Dalam 1 buah yang boleh dibilang masih tergolong awam bagi penduduk Indonesia ini ternyata memuat 21-30 mcg asam folat. Jumlah ini dapat memenuhi 8% dari AKG manusia.

  1. Strawberry

Dibutuhkan secangkir penuh buah strawberry, jika Anda ingin memperoleh asam folat sebanyak 25 mcg, yang setara dengan 6,5% AKG. Ingin lebih? Maka jadikan saja buah pereda nyeri haid ini sebagai salah satu menu cemilan sehat Anda sehari-hari.

  1. Raspberry

Tak ada strawberry di rumah? Well, raspberry-pun jadi. Meski kadar asam folat dalam secangkir raspberry masih di bawah strawberry, yakni 14 mcg, namun jumlah ini sudah mampu memenuhi 4% AKG.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan salah sumber folat yang paling terkenal di masyarakat. Tentunya kepopuleran tersebut didukung oleh kadar asam folat yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi 1 cangkir potongan alpukat, tubuh diperkirakan mendapat asupan folat sebanyak 90 mcg atau setara dengan 22% AKG.

Tak hanya handal dari segi kandungan folatnya, namun buah yang berbiji besar ini juga kaya akan serat, asam lemak sehat, dan vitamin K. Selain itu, cara mengolah alpukat yang beraneka ragam menjadikan buah ini harus selalu ada di lemari dapur kita.

  1. Bit

Buah yang menjagokan kandungan antioksidannya ini ternyata termasuk dalam salah satu buah pembersih liver terbaik sedunia. Tentu saja ini bisa menjadi alasan mengapa sebaiknya Anda mulai menggemari buah yang mengandung 136 mcg asam folat (34% AKG) tersebut.

  1. Pisang

Satu buah pisang berukuran besar mampu memberikan sumbangsih asam folat sebanyak 27 mcg. Selain itu, Anda akan mendapatkan bonus lain ketika mengonsumsi buah kesukaan monyet tersebut, yaitu serat tinggi dan mood yang lebih baik.

  1. Peach

Walau tidak menduduki posisi pertama sebagai buah yang mengandung asam folat terbanyak, namun jangan pandang remeh peach. Sebutir peach berukuran besar memang hanya memuat 7 mcg asam folat saja, tapi buah ini juga memiliki banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah menurunkan darah tinggi dan baik untuk penderita diabetes.

  1. Mangga

Tak cuma dipadati dengan serat dan vitamin C, mangga ternyata dapat diandalkan sebagai salah satu buah yang mengandung asam folat. Dengan mengonsumsi 1 buah mangga saja, diperkirakan tubuh sudah memperoleh asupan asam folat sebanyak 36% dari AKG hariannya. Betapa lebihnya lagi kandungan asam folat yang akan kita dapatkan kalau kita mengonsumsi lebih dari 1 buah mangga setiap harinya.

  1. Delima

Buah yang memerlukan ketelatenan tingkat tinggi untuk mengonsumsinya ini tak hanya menonjol dari segi muatan antioksidannya, namun juga asam folat. Mengonsumsi 1 buah delima dapat memenuhi 27% AKG manusia akan asam folat.

  1. Jambu biji

Hampir sama dengan peach, 1 butir jambu biji memuat 7% AKG asam folat. Bonusnya, Anda juga akan memperoleh tambahan vitamin C yang baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  1. Kiwi

Jumlah asam folat yang sama (7% AKG) juga terdapat dalam buah yang kulitnya berbulu tersebut, yaitu kiwi. Dan saat makan buahnya, ingat juga untuk menggosokkannya sesekali ke permukaan gigi agar tampilannya lebih putih.

Di samping deretan buah di atas, Anda juga dapat memperoleh asam folat dari makanan lain seperti lentil, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, hingga asparagus. Lebih lengkapnya silahkan baca di sini: Sumber Makanan yang Mengandung Asam Folat

Jadi, dari sekian banyak buah yang mengandung asam folat di atas, manakah yang menjadi favorit Anda selama ini?

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer