10 Macam Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes seringkali harus tersiksa dengan berbagai pantangan makanan yang ada, terlebih lagi ketika hasrat ngemil tiba-tiba datang menghampiri. Alih-alih memenuhi isi perut, salah memilih makanan berisiko tinggi menyebabkan lonjakan gula darah. Agar tak semakin bingung dan serba salah, ketahui beraneka camilan untuk penderita diabetes berikut ini.

Beraneka camilan untuk penderita diabetes yang aman dan bergizi

1. Edamame

edamame cemilan diabetes yang sehat

Edamame dapat menjadi pilihan camilan yang menyehatkan bagi para penderita diabetes, karena memiliki kandungan protein dan serat larut yang berkhasiat dalam mengontrol kadar glukosa darah dan filtrasi ginjal. Nikmati satu porsi (155 gram) edamame rebus atau kukus, maka hasrat ngemil pun akan terpuaskan tanpa rasa bersalah.

Lebih lengkap, simak: 12 Manfaat Edamame “Kedelai Jepang” Bagi Kesehatan

2. Puding Chia Seed

puding chia seed sebagai cemilan diabetes

Belakangan ini, puding chia seed begitu populer di kalangan para pelaku diet sehat lantaran memiliki rasa yang lezat sekaligus manfaat kesehatan yang lengkap, tak terkecuali bagi para pemilik gula darah tinggi. Proses pembuatannya pun sangatlah sederhana.

Cukup campurkan ¼ cangkir chia seed dengan 1 ½ cangkir susu murni atau susu almond ke dalam mangkuk besar. Kemudian aduk hingga rata dan tak menggumpal. Diamkan sekitar 20 menit atau lebih hingga mencapai konsistensi seperti puding. Simpanlah terlebih dahulu di dalam kulkas agar dapat dinikmati dalam kondisi segar.

Baca juga: 28 Manfaat Chia Seed Bagi Kesehatan Beserta Efek Sampingnya

3. Popcorn

pop corn untuk penderita diabetes

Seringkali dimanfaatkan sebagai kudapan saat menonton film, nyatanya popcorn juga mampu menghadirkan manfaat untuk penderita diabetes karena mengandung cukup serat dan rendah kalori.

Berbeda dengan popcorn pada umumnya, popcorn untuk penderita diabetes harus disajikan tanpa mentega, garam dan gula tambahan. Kalaupun butuh sentuhan rasa dan aroma, cukup bumbui dengan bubuk bawang putih, oregano, wasabi dan rempah-rempah bubuk lainnya.

4. Salad Tuna

salad tuna untuk cemilan penderita diabetes

Salad tuna biasanya merupakan perpaduan dua bahan utama, yakni ikan tuna dan mayones dengan bahan pelengkap lainnya seperti daun seledri, daun bawang maupun bawang bombay.

Namun, bila ingin menyantapnya sebagai camilan untuk penderita diabetes, maka gantilah mayones dengan keju cottage, yogurt murni atau saus alpukat sebagai dressing salad yang lebih menyehatkan.

5. Kacang Almond

kacang almond untuk diabetes

Kacang almond sangat bergizi dan memilki cita rasa khas yang lezat. Dalam satu porsinya (28 gram) terdapat lebih dari 15 vitamin dan mineral yang diketahui berperan penting dalam manajemen diabetes melalui sejumlah cara.

Diantaranya dengan mengurangi resistensi insulin, mengontrol kadar gula darah dan menjaga kesehatan jantung. Namun kacang almond memiliki kalori yang cukup tinggi, karena itu batasi konsumsinya segenggam sehari saja, jangan berlebih.

6. Yogurt dengan Buah Beri

yogurt camilan sehat diabetes mediskus

Kombinasi yogurt dan buah beri nampak sangat tepat dijadikan camilan bagi para penderita diabetes. Betapa tidak, dalam buah beri terkandung berbagai senyawa antioksidan yang mampu mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel-sel pankreas, tempat dimana hormon insulin dilepaskan.

Ditambah lagi dengan kehadiran protein dan probiotik dalam yogurt yang begitu tinggi dan pastinya sudah dikenal manfaatnya dalam menjaga kesehatan pencernaan. Maka dari itu, tak ada lagi alasan untuk penderita diabetes merasa kebingungan dalam memilih camilan yang tepat.

7. Keju Cottage

keju cottage untuk camilan diabetes

Keju cottage merupakan jenis keju segar berstekstur creamy yang terbuat dari dadih susu sapi. Keju ini lebih rendah lemak dan sodium. Proteinnya juga mudah dicerna dan termasuk salah satu jenis keju dengan kandungan protein terbaik. Karenanya sangat tepat dijadikan camilan saat melakoni program diet, baik untuk menurunkan berat badan atau kontrol gula darah.

8. Apel & Selai Kacang

apel cemilan sehat diabetes

Satu buah apel yang dipadukan dengan selai kacang dapat dijadikan camilan lezat nan sehat bagi penderita diabetes. Apel kaya akan sejumlah nutrisi, termasuk serat dan antioksidan polifenol yang mampu melindungi sel-sel pankreas dari kerusakan. Sementara selai kacang menyediakan protein dan lemak sehat yang sangat dibutuhkan tubuh.

Selain apel, selai kacang juga dapat dipadukan dengan roti gandum atau buah lain seperti pisang ataupun pir. Pilihlah selai kacang yang tidak mengandung gula tambahan dan konsumsilah maksimal 2 sdm/harinya.

9. Alpukat

buah alpukat cemilan untuk penderita diabetes mediskus

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung dan kontrol gula darah. Kandungan seratnya pun cukup tinggi. Rata-rata dalam 1 buah alpukat terkandung sekitar 13 gram serat atau setara dengan 50% kebutuhan serat harian untuk wanita dan 34% untuk pria.

Sebagai camilan untuk penderita diabetes, alpukat dapat dikonsumsi langsung atau di lumat halus untuk kemudian dijadikan sebagai dressing salad maupun selai sebagai pelengkap makan roti gandum.

Selain alpukat dan apel, masih banyak buah lainnya, simak: 25 Jenis Buah untuk Diabetes yang Disarankan Para Ahli

10. Telur Rebus

telur rebus baik untuk penderita diabetes

Telur rebus dapat dijadikan camilan sederhana yang menyehatkan. Selain murah dan mudah di dapat, nilai gizi yang terkandung didalamnya pun tak main-main, terutama bagi pemilik gula darah tinggi atau diabetes.

Didalamnya terkandung biotin dan asam lemak omega-3 yang mampu meredam peradangan dan mencegah komplikasi dari penyakit diabetes. Kandungan proteinnya pun begitu tinggi dan bermanfaat dalam memperlambat penyerapan glukosa sekaligus mengekang nafsu makan berlebih.

Bagaimana, ternyata ada banyak camilan yang bisa dinikmati bukan? Kuncinya, pilihlah camilan atau makanan yang tinggi protein, serat juga lemak sehat, karena kesemuanya berkhasiat dalam menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Sebaliknya, hindarilah makanan pantangan diabetes. Jadi, mulai sekarang tak perlu lagi bingung dan tersiksa dengan aturan diet sehat yang harus dijalani.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT