Cemilan Sehat untuk Anak yang Juga Sehat Bagi Orang Dewasa

Ada begitu banyak jajanan yang dijual di luar sana. Namun sayangnya tak semuanya benar-benar sehat. Kali ini kita akan melihat makanan apa saja yang dapat dijadikan alternatif cemilan sehat untuk anak, dan juga para dewasa tentunya.

Setiap ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Salah satu wujud cinta kasih yang diberikan adalah dengan menyediakan cemilan sehat, entah itu di rumah maupun untuk dibawa pergi ke sekolah.

cemilan sehat untuk anak

Tak seperti orang dewasa yang dapat menahan diri untuk tidak ngemil, tidak demikian dengan anak-anak. Besarnya kebutuhan mereka akan asupan nutrisi seringkali membuat ibu bingung harus membuat menu apa lagi.

Baca juga: Penyebab Anak Susah Makan dan Tips Ampuh Menyiasati

Beban ibupun jadi lebih berat karena harus membuat menu yang tak cuma sehat, namun juga dapat menarik minat anak, sehingga mereka tak sampai jajan di luar. Nah, kalau Anda adalah salah satu yang kerap kehabisan ide, maka beberapa cemilan sehat untuk anak berikut mungkin bisa jadi pertimbangan.

Cemilan Sehat untuk Anak:

# Sate ayam saus kacang

Menu yang kaya protein ini dapat dijadikan sebagai lauk ataupun cemilan. Cara membuatnya sangat mudah, tinggal siapkan daging ayam (bagian dada), sunduk, lalu panggang sehingga mirip sate. Sajikan itu dengan saus kacang sebagai alternatif cemilan sehat untuk anak saat ia pergi ke sekolah.

# Ketela manis panggang

Anda pasti tahu bahwa kentang goreng bukanlah cemilan sehat. Karena ketika digoreng dalam minyak panas, kentang berpotensi menjadi karsinogen (pemicu kanker). Namun kalau buah hati atau anggota keluar lain sangat menggemari kentang goreng, maka Anda dapat menyiasatinya.

Ganti kentang dengan ketela manis yang merupakan sumber karbohidrat komplek, lalu potong-potong sehingga bentuknya mirip dengan kentang goreng. Setelah itu, panggang, dan sajikan dengan kecap bila perlu.

# Sate buah

Buah yang dipotong-potong biasa dan dihidangkan dalam piring mungkin takkan terlalu menarik perhatian buah hati untuk memakannnya. Namun Anda dapat membuat tampilannya lebih memikat, misalnya dengan membuat sate warna-warni yang buahnya macam-macam dan dipotong dengan bentuk tertentu.

# Es krim smoothie buah

Untuk membuatnya, blender buah mangga, blueberry, raspberry, atau nanas, bersama dengan yogurt rendah lemak. Setelah itu, tuang jus ke dalam cetakan es, tancapkan stik es krim, dan bekukan. Resep ini dapat menjadi alternatif es krim yang lebih murah dan menyehatkan.

# Es lolipop jeruk

Kalau ingin membuat sajian es yang lebih mudah, Anda tinggal menyampurkan jus jeruk yang kaya vitamin C dengan yogurt Yunani (tanpa lemak) sebagai sumber kalsium.

# Menara apel dan pear

Potong apel dan pear tipis-tipis lalu olesi tiap potongan dengan mentega almond. Tumpuk mulai dari ukuran besar (di bawah) hingga kecil sehingga terbentuk sebuah menara.

# Polong beku dan jagung

Anda selaku orang dewasa mungkin tak menyukainya, namun belum tentu dengan si kecil. Coba sajikan keduanya dengan parutan keju.

# Milkshake pisang

Solusi cemilan sehat untuk anak yang cukup menyegarkan adalah milkshake yang terbuat dari campuran pisang beku, susu (gunakan whole milk untuk anak usia 1-2 tahun, dan low fat untuk yang di atas itu), dan mentega kacang.

# Salad korek api

Kalau anak kurang suka makan sayur atau buah, maka itu bukan berarti Anda harus berhenti menyajikannya. Ketimbang memaksa mereka menghabiskan sayurnya ketika makan berat, Anda dapat berkreasi dengan membuat salad korek api.

Caranya potong wortel dan apel sehingga sekecil batang korek api, lalu masukkan dalam mangkuk. Beri topping cincangan kacang almond atau walnut yang sudah dipanggang.

# Salad tuna

Kalau ibu punya tuna kalengan di rumah, maka campurkan untuk dengan cranberry beku, sedikit mayones, dan yogurt Yunani. Taburkan cincangan seledri di atasnya, dan hidangkan salad tuna itu pada buah hati.

# Pizza roti pita gandum

Tak ada salahnya sesekali mengajak anak berkreasi membuat cemilan sehat ala mereka di rumah. Anda tinggal menyiapkan roti pita yang terbuat dari gandum, dan biarkan si kecil memilih sayur favoritnya sendiri sebagai topping. Setelah selesai, taburi dengan keju, panggang, dan sajikan seperti pizza.

# Pisang kraker

Potong 1 buah pisang menjadi 4 bagian, celupkan ke dalam yogurt tawar, lalu gulirkan pisang di atas kraker gandum yang telah ditumbuk sebelumnya. Sajikan segera, atau bekukan agar rasanya lebih nikmat.

# Apel gula merah

Panggang potongan apel yang dicampur dengan oat, bubuk kayu manis, dan sedikit gula merah, hingga renyah, lalu sajikan dengan yogurt rendah lemak sebagai sausnya.

# Popcorn

Popcorn merupakan salah satu sahabat anak-anak. Cemilan sehat untuk anak ini bisa Anda buat sendiri di rumah, dan dapat disajikan dengan berbagai topping sehat seperti parutan keju, bubuk kayu manis, atau gula.

# Kue

Saat ingin membuat kue sendiri, gantilah tepung terigu dengan tepung gandum yang lebih kaya serat. Dan pada beberapa resep, Anda dapat mengganti mentega dengan saus apel agar asupan lemak jenuhnya dapat diminimalisir. Lalu sajikan kue bikinan Anda dengan susu rendah lemak sehingga tercipta cemilan sehat untuk anak yang gizinya seimbang.

# Mentega kacang

Mentega kacang sering kita sebut di poin-poin sebelumnya. Yang harus diperhatikan saat membelinya adalah carilah produk yang tidak diberi gula atau pemanis tambahan. Cek pula kadar lemaknya. Kalau Anda sudah menemukan produk yang tepat, maka sajikan mentega kacang dengan buah atau roti gandum panggang.

# Keju

Rasanya enak dan bikin perut kenyang. Selain itu, keju juga merupakan sumber protein serta kalsium yang dibutuhkan anak-anak. Hanya saja hindari membiarkan anak mengonsumsinya secara berlebihan.

# Coklat

Kalau Anda ingin sajian buah atau kacang lebih memikat, maka gunakan coklat hitam sebagai sausnya.

Pilihlah diantara cemilan sehat untuk anak di atas yang menjadi favorit anak Anda. Memilih makanan tidak masalah asalkan bergizi seimbang, sesuai kaidah makanan 4 sehat 5 sempurna.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer