Diet Golongan Darah B : Anjuran dan Pantangan Makan

Beberapa ahli berteori bahwa jenis makanan yang hendak dikonsumsi perlu disesuaikan dengan golongan darah. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh. Ada empat jenis golongan darah yang memiliki jenis dietnya masing-masing, A, B, AB, dan O. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas diet golongan darah B.

Mungkin Anda salah satu dari sedikit orang yang tidak mengetahui golongan darahnya. Kebanyakan dari mereka ini, baru berinisiatif memeriksakan golongan darahnya ketika dalam keadaan darurat. Biasanya, seperti ketika kerabat atau keluarga tiba-tiba meminta untuk mendonorkan darah, atau ketika Anda sakit, dan perawat bertanya tentang golongan darah, yang mau tidak mau dalam kondisi ini membuat Anda “terpaksa” melakukan pengecekan.

diet golongan darah B

Jangan menganggap darah hanya sekedar cairan yang mengalir di pembuluh darah saja, sehingga seringkali membuat Anda tidak terlalu memperdulikan golongan darahnya. Ketahuilah, dengan mengetahui golongan darah, dapat menjadi kunci untuk menentukan cara terbaik memberi asupan makanan ke dalam tubuh agar kesehatan Anda optimal.

Seperti telah disinggung sebelumnya, bahwa ada empat golongan darah utama, yakni A, B, AB, dan O. Penggolongan tersebut berdasarkan atas antigen yang dimiliki dari masing-masing darah. Antigen adalah zat yang dapat yang menentukan golongan darah Anda, menariknya seseorang dengan golongan darah O tidak memiliki antigen. Pelejari lebih lanjut tentang sistem golongan darah ABO.

Di kutip dari doctorshealthpress, bahwa pada tahun 1996, dokter naturopati Dr. Peter J. D’Adamo menulis sebuah buku yang sangat populer, Eat Right for Your Type. Dalam buku ini Sang dokter berkata bahwa makanan yang dikonsumsi tergantung pada golongan darah Anda, dan setiap daftar menu untuk keempat golongan darah yang utama ini sangatlah berbeda.

Namun perlu dicatat, bagaimanapun klaim dari Dr. D’Adamo belum dapat dibuktikan oleh komunitas medis, dan kaitan antara golongan darah dan timbulnya penyakit dianggap lemah. Sebaiknya selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, sebelum Anda memulai perubahan pola makan dengan diet ini.

Selanjutnya, mari kita lihat pedoman diet beserta menu-menu apa saja yang baik untuk Anda pemilik golongan darah B menurut Dr. D’Adamo!

Pedoman Diet untuk Golongan Darah B

Menurut Dr. D’Adamo, mereka yang memiliki golongan darah B dianggap sebagai “Nomad”, yaitu jika dilacak dari garis keturunannya pemilik golongan darah ini berasal dari suku nomaden kuno dan karenanya memiliki kebutuhan makanan yang spesifik. Orang-orang ini memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, sistem pencernaan yang toleran, dan pilihan dietnya pun paling fleksibel di antara golongan darah lainnya. Satu lagi, pemilik golongan darah ini juga bisa mengonsumsi banyak susu.

Pada diet ini, pemilik golongan darah B diperingatkan agar tidak makan jagung, soba (mie jepang), kacang lentil, tomat, kacang tanah, dan biji wijen karena akan menyebabkan penambahan berat badan. Berikut adalah dua tabel yang menguraikan makanan yang harus dihindari dan yang dibolehkan untuk dimakan, jika golongan darah Anda B.

Makanan yang Harus Dihindari:

SayuranBuahSusuUnggasDaging
ArtichokeAlpukatAmerican cheeseAyamJeroan
JagungKelapaBlue cheeseBurungKuda
LabuKesemekEs krimBebekBabi
LobakDelimaString cheeseAngsaDaging di kelenjar perut
RhubabBuah kaktusPuyuhPenyu
TomatBelimbing

Makanan yang Diperbolehkan:

SayuranBuahSusuUnggasDaging
Bit hijauPisangCottage cheeseKalkunDaging sapi
BitKranberiSusu sapiHati sapi
BrokoliAnggurKeju fetaKambing
Kubis BrusselPepayaGoat cheeseDomba
Kubis/kolNanasSusu kambingDaging domba
WortelPlum/premKeju mozzarellaKelinci
Kembang kolSemangkaYogurtDaging sapi muda
TerongKeju paneer
Paprika

Sayuran yang Diperbolehkan dan Dihindari

Hanya sedikit sayuran yang tidak diperbolehkan untuk dimakan oleh orang dengan golongan darah B. Jadi Anda bebas untuk mengonsumsi tiga sampai lima porsi sayuran segar setiap harinya.

Sayuran yang Diperbolehkan

ArugulaKembang kolAdas
AsparagusSeledriBawang putih
RebungKetumbarJahe
Bit hijauSawiKubis
BitMentimunDaun bawang
Pok choyDaun dilSelada
KubisTerongPeterseli
WortelAndewiParsnip
Jamur shitakeUbi jalar

Sayuran yang Harus Dihindari

  • Artichoke
  • Jagung
  • Tomat
  • Labu
  • Lobak
  • Rhubab

Buah-buahan yang Diperbolehkan dan Dihindari

Seperti sayuran, hanya ada sedikit buah untuk orang-orang dengan golongan darah B yang harus dihindari, jadi pastikan Anda untuk mengonsumsi buah-buahan setidaknya dua porsi sehari.

Buah yang Boleh dalam Diet Golongan Darah B

ApelGrapefruitRaspberi
AprikotAnggurStroberi
PisangJambu bijiJeruk keprok
BlueberiKiwiSemangka
BlewahMelonBuah pir
CeriPepayaNanas
KranberiPeachPlum
KurmaTin

Buah Pantangan dalam Diet Golongan Darah B

  • Alpukat
  • Kelapa
  • Melon
  • Kesemek
  • Delima
  • Buah kaktus
  • Belimbing

Produk Olahan Susu yang Diperbolehkan dan Dihindari

Hanya ada sedikit batasan makanan dari produk olahan susu yang boleh dikonsumsi dalam diet golongan darah B. Kandungan gula primer pada antigen tipe B sama dengan kandungan gula yang ditemukan dalam susu, yang membuat produk olahan susu mudah dicerna untuk pemilik golongan darah ini.

Produk Olahan Susu yang Diperbolehkan

Cottage cheeseSusu kambing
Susu sapiKefir
Keju fetaKeju paneer
Goat cheeseKeju ricotta
Yogurt

Produk Olahan Susu yang Harus Dihindari

  • American cheese
  • Blue cheese
  • Es krim
  • String cheese

Unggas, Daging yang Diperbolehkan dan Dihindari

Sayangnya berkenaan dengan unggas, pemilik golongan darah B harus menghindari ayam. Terlebih karena ayam sangat umum dikonsumsi di Indonesia. Ini berlaku juga untuk unggas lain seperti bebek atau pun angsa.

Daging yang Diperbolehkan

Daging sapiDaging domba
KerbauKelinci
Hati sapiKalkun
KambingDaging rusa
Domba

Daging yang Harus Dihindari

AyamJeroan
BurungKuda
BebekPuyuh
AngsaBabi

Rekomendasi Gaya Hidup untuk Golongan Darah B

Diet golongan darah dan rekomendasi gaya hidup sebagian besar berkaitan dengan pengelolaan dan penghindaran dari stres atau situasi yang penuh dengan tekanan.

  • Tai chi dan yoga sangat bagus untuk pemilik golongan darah ini, karena berguna untuk menyeimbangkan watak mereka yang cenderung lebih aktif; Aktivitas fisik yang intens harus dilakukan tiga kali seminggu.
  • Pastikan waktu tidur Anda tercukupi dan gunakan teknik visualisasi untuk lebih mengurangi stres.

Hasil dari diet golongan darah B ini tidak dijamin dan mungkin berbeda-beda pada setiap orang. Sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum menerapkannya.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer