Kandungan Buah Alpukat yang Kaya Manfaat

kandungan buah alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang populer dan digemari banyak orang di seluruh dunia lantaran rasanya yang unik juga lezat. Kandungan nutrisi didalamnya pun begitu beragam dan menawarkan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk lebih memahami, simak berbagai kandungan buah alpukat dan manfaatnya berikut ini.

Sekilas tentang buah alpukat dan kandungan didalamnya

Alpukat (Persea americana) adalah buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Memiliki ciri-ciri daging buah berwarna hijau di bagian bawah kulit dan menguning ke arah biji dengan tekstur yang agak creamy ketika sudah matang. Warna kulitnya bervariasi, ada yang hijau karena kandungan klorofil atau hitam karena pigmen antosiasin.

Bentuk pohonnya sendiri nampak seperti kubah dengan ketinggian umumnya berkisar antara 5 hingga 10 meter. Batangnya berkayu berwarna coklat dan memiliki banyak ranting yang dihiasi dengan dedaunan hijau juga bunga berwarna putih kekuningan yang akan mekar sebanyak dua kali setahun.

Di dalam buah alpukat, terkandung berbagai macam senyawa yang berperan penting bagi tubuh manusia. Diantaranya seperti folat, vitamin A, C, E, K, protein, lemak, serat, mineral serta beberapa fitonutrisi seperti alfa karoten, lutein dan zeaxanthin.

Berikut adalah sejumlah nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah alpukat:

KandunganNilai GiziPersentase RDA
Energi160 Kkal8%
Karbohidrat8,53 g6,5%
Protein2,0 g3,5%
Lemak total14,66 g48%
Kolesterol0 mg0%
Serat makanan6,7 g18%
Vitamin
Folat81 mcg20%
Niasin1,738 mg11%
Asam pantotenat1,389 mg28%
Piridoksin0,257 mg20%
Riboflavin0,130 mg10%
Thiamin0,067 mg5,5%
Vitamin A146 IU5%
Vitamin C10 mg17%
Vitamin E2,07 mg14%
Vitamin K21 mcg17,5%
Elektrolit
Sodium7 mg0,5%
Kalium485 mg10%
Mineral
Kalsium12 mg1%
Tembaga0,190 mg21%
Besi0,55 mg7%
Magnesium29 mg7%
Mangan0,142 mg6%
Fosfor52 mg7%
Selenium0,4 mcg<1%
Seng0,64 mg6%
Fitonutrisi
Alfa Karoten24 mcg
Beta Karoten62 mcg
Beta-kriptoxantin28 mcg
Lutein & zeaxanthin271 mcg

*RDArecommended daily allowance, jumlah nutrisi harian yang direkomendasikan untuk kesehatan tubuh optimal.

Manfaat Masing-masing Kandungan Buah Alpukat

1. Serat

Serat yang terkandung di dalam buah alpukat terbilang cukup tinggi, yakni sekitar 6,7 gram/100 gram. Dengan kata lain, mampu memenuhi sekitar 18% dari kebutuhan serat harian yang disarankan.

Sekitar 25% dari serat didalamnya termasuk serat larut, sedangkan 75%-nya merupakan jenis serat tidak larut. Asupan serat sendiri sangatlah dibutuhkan oleh tubuh sebagai penunjang kesehatan metabolik, menjaga kontrol berat badan dan membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

2. Lemak

Lemak menempati puncak tertinggi dalam kandungan buah alpukat. Namun jangan salah duga, lemak di dalam buah alpukat merupakan asam lemak tak jenuh tunggal, khususnya asam oleat yang berperan penting bagi kesehatan.

Diantaranya untuk membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan otak, menurunkan kadar kolesterol LDL sekaligus meningkatkan kadar kolesterol HDL juga sebagai perlindungan terhadap penyakit jantung dan stroke.

3. Protein

Alpukat memiliki kandungan protein dalam jumlah cukup dan hanya mengandung sedikit gula – sekitar 0,5 gram gula/68 gram alpukat. Jadi dapat membantu membangun masa otot dan membakar lemak tanpa takut terjadi lonjakan gula darah.

4. Vitamin

Di dalam buah alpukat terkandung begitu banyak vitamin, antara lain sebagai berikut:

  • Vitamin A. Bermanfaat dalam melindungi kesehatan mata dari degenerasi makula terkait usia dan mencegah katarak.
  • Vitamin C dan E. Antioksidan yang memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.
  • Vitamin K. Berperan penting dalam proses pembekuan darah dan kesehatan tulang.
  • Vitamin B kompleks. Terlibat dalam pembentukan sel darah merah, DNA, sintesis asam lemak, produksi energi serta fungsi normal otak dan sistem saraf. 

5. Mineral

Selain tinggi akan vitamin, buah alpukat juga dibekali oleh sejumlah mineral penting, yakni:

  • Kalsium. Menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Besi dan Tembaga. Diperlukan tubuh untuk produksi sel darah merah.
  • Magnesium. Berperan dalam memperkuat tulang dan melindungi kesehatan jantung.
  • Mangan. Digunakan oleh tubuh sebagai co-factor untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
  • Fosfor. Berfungsi dalam produksi energi, menjaga kesehatan tulang dan gigi, sintesa DNA dan RNA serta penyerapan dan pemakaian kalsium.
  • Kalium. Bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, mengontrol tekanan darah dan menjaga fungsi normal jantung.

6. Fitonutrisi

Di dalam daging buah alpukat terkandung berbagai macam senyawa fitonutrisi seperti alfa dan beta karoten, kriptoxantin, lutein dan zeaxanthin dimana kesemuanya berperan sebagai zat antioksidan yang berfungsi dalam menangkal efek buruk radikal bebas.

Radikal bebas sendiri merupakan molekul yang memiliki sekelompok atom dengan elektron yang tidak berpasangan dan bertanggung jawab terhadap timbulnya berbagai penyakit kronis dan degeneratif seperti penyakit jantung, Alzheimer, stroke hingga kanker.

Simak juga: Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil: Mencegah Cacat Lahir, dll

Berdasarkan fakta di atas, tak heran rasanya bila alpukat digolongkan ke dalam salah satu superfood. Buah ini seakan menjadi satu paket lengkap bagi yang ingin menikmati makanan dengan cita rasa lezat, mengenyangkan dan memiliki nilai gizi yang tinggi. Dengan demikian, jangan pernah lupa untuk memasukkan buah alpukat ke dalam daftar menu makanan sehari-hari sebagai salah satu penunjang kesehatan tubuh.

Lihat sumber
#