Kandungan dan Manfaat Buah Manggis yang Terbukti Ilmiah

Tak hanya memiliki rasa manis yang khas serta digemari banyak orang, buah manggis ternyata juga memiliki ragam manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Sebagian masyarakat belum mengetahui apa saja manfaat buah manggis dan dampak positif bagi kesehatan yang dihasilkan dari mengonsumsi buah ini. Padahal dibalik rasa manis keasaman dari buah ini tersimpan kandungan gizi dan nutrisi yang melimpah.

Manggis atau biasa dikenal dengan sebutan ilmiah Garnicia Mangostana L ini merupakan suatu jenis tanaman tropis yang berasal dari kepulauan nusantara. Buah ini memiliki ukuran tinggi pohon mulai dari 7 hingga mencapai 25 meter. Buah manggis juga dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi.

manfaat buah manggis

Menilik Kandungan Gizi Buah Manggis

Ragam manfaat buah manggis tentu saja tidak terlepas dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Buah manggis memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi pada buah manggis per-100 gram mengandung nilai gizi sebagaimana tertera pada tabel berikut:

KandunganNilai giziPersentase RDA
Energi73 Kcal3,5%
karbohidrat17,91 g14%
protein0,41 g1%
Lemak total0,58 g3%
Kolesterol0 mg0%
Serat makanan1,8 g4,5%
Vitamin
folat31 ug8%
niacin0,286 mg2%
asam pantotenat0,032 mg<1%
pyridoxine0,041 mg3%
riboflavin0,054 mg4%
thiamin0,054 mg4,5%
vitamin A35 IU1%
vitamin C2,9 mg5%
 Elektrolit
Sodium7 mg0,5%
Kalium48 mg1%
Mineral
Kalsium12 mg1,2%
Tembaga0,069 mg7%
Besi0,30 mg4%
Magnesium13 mg3%
manggan0.10 mg4%
Fosfor9.21 mg1%
Seng0,21 mg2%

*RDA = Recommended Dietary Allowance, perkiraan jumlah gizi (atau kalori) per hari yang dibutuhkan tubuh untuk pemeliharaan kesehatan yang baik.

*Sumber: USDA National Nutrient data base
Sekilas manfaat dari kandungan buah manggis:

Rendah kalori (63 kalori per 100 g) dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Meskipun demikian, kaya akan serat makanan (100 g menyediakan sekitar 13% dari RDA).

Sumber vitamin C yang baik. Mangggis menyediakan sekitar 12% dari RDA per 100 g. Vitamin C adalah antioksidan yang larut air yang kuat. Konsumsi buah-buahan kaya vitamin C membantu tubuh manusia meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus flu dan sebagainya serta menangkal radikal bebas.

Sumber vitamin B kompleks. Buah manggis mengandung beberapa vitamin B seperti thiamin, niacin, dan folat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor bantuan tubuh memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Sumber mineral penting. Selanjutnya, manggis juga mengandung sejumlah mineral seperti tembaga, mangan, dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh dan membantu mengontrol detak jantung, dan tekanan darah, dengan demikian, buah manggis bermanfaat untuk perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner.

Mengenal Manfaat Buah Manggis Lebih Jauh

Berdasarkan kandungan nutrisi dalam buah manggis serta pengalaman secara turun-temurun terhadap pemanfaatan buah ini, maka dapat dirumuskan mengenai manfaat buah manggis sebagai berikut :

1. Membantu Melancarkan Peredaran Darah dalam Tubuh

Kandungan nutrisi pada buah manggis dapat membantu proses regenerasi sel-sel darah merah, sehingga peredaran darah dapat meningkat dengan lancar. Pembuluh darah juga mengalami suatu pelebaran, maka dengan ini tubuh akan tetap terjaga dari segala serangan penyakit seperti kolesterol dan aterosklerosis.

2. Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat buah manggis yang satu ini diperantari oleh kandungan senyawa xamthone. Zat ini mampu memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker yang terdapat pada usus besar. Selain itu juga mampu memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker hati dan dapat menjaga keutuhan sel darah putih dari kerusakan.

3. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Kadar air yang terkandung dalam buah manggis ini cukup banyak, sehingga tidak heran ketika seseorang telah mengonsumsi buah manggis sering mengeluarkan urin. Di samping itu, kebiasaan inilah yang mampu mencegah serangan penyakit ginjal pada seseorang. Dengan mengonsumsi buah manggis secara rutin maka akan sangat membantu dalam upaya pencegahan penyakit batu ginjal.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah manggis adalah buah dengan kandungan kalori yang terbilang cukup rendah dan kaya akan serat. Buah ini juga tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh, sehingga sangat baik bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

5. Sebagai Asupan Vitamin C yang Cukup Tinggi bagi Tubuh

Pada tiap 100 gram buah manggis mengandung vitamin C dengan kisaran sebanyak 5% total kebutuhan harian. Dalam tubuh peran vitamin C sangat membantu untuk menjaga sistem imun dan mencegah radikal bebas, sehingga tubuh tidak rentan terkena serangan bakteri dan virus yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

6. Membantu Perkembangan Janin dalam Kandungan

Senyawa folat yang terdapat pada buah manggis sangat baik bagi pembentukan sel-sel janin di dalam kandungan. Sangat disarankan bagi para ibu hamil untuk rutin mengonsumsi buah manggis agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan asupan gizi yang baik serta menjaga kondisi kebugaran tubuh sampai proses melahirkan.

7. Membantu Mengatasi Penyakit Tuberculosis (TBC)

Manfaat buah manggis ini perantarai oleh kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu melawan bakteri dan virus dengan kuat. Mengonsumsi buah manggis secara rutin dapat membantu penderita TBC dalam menjalani proses penyembuhan. Tapi harus tetap menjalani pengobatan dari dokter.

8. Membantu Meredakan Rasa Linu Saat Mengalami Peradangan

Gejala ini dapat diatasi dengan menggunakan ramuan minuman segar dari buah manggis. Perlu kita ketahui bahwa buah manggis ini memiliki sifat anti-inflamansi, sehingga dapat meredakan rasa linu saat terjadinya peradangan.

9. Membantu Mencegah Gangguan Mata dari Katarak

Katarak merupakan suatu gangguan pada penglihatan disebabkan oleh radiasi yang menghilangkan protein di lensa mata. Gejala ini dapat di atasi dengan rutin memakan buah manggis untuk memulihkan penglihatan dengan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya.

10. Membantu Melancarkan Siklus Menstruasi

Sering sekali wanita mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, sehingga salah dalam cara menanganinya. Tidak perlu khawatir, ekstra buah manggis ini dapat dijadikan solusi untuk melancarkan menstruasi. Caranya adalah dengan meminum jus buah manggis minimal 3 kali dalam sehari untuk lebih mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Membantu Mengurangi Resiko Stroke

Buah manggis memiliki khasiat melindungi pembuluh darah dan jantung. Efek ini juga berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap resiko terjadi stroke. Tentu saja Anda harus menjaga pola hidup yang sehat lainnya.

12. Membantu Mengatasi Penyakit Diabetes

Untuk penderita gejala diabetes ini dapat diatasi dengan memanfaatkan buah manggis dalam proses penangananya. Buah ini diyakini mampu menetralkan kembali kadar gula darah dalam tubuh pada penderita diabetes.

13. Membantu Mencegah Serangan Penyakit Jantung

Pada buah manggis terdapat kandungan zat antioksidan alami dan antimikorbial yang sangat berfungsi untuk menstabilkan kerja pembuluh darah. Ketika pembuluh darah itu dapat bekerja dengan baik, maka hal ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

14. Membantu Menangkal Radikal Bebas

Manggis merupakan buah yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Kandungan Catechins yang terdapat pada daging buah manggis mampu menandingi kadar vitamin C dan vitamin E yang terdapat dalam tubuh kita. Untuk menangkal radikal bebas tersebut kita dapat memanfaatkan zat alami pada buah manggis ini.

15. Membantu Menurunkan Tekanan Darah pada Penderita Darah Tinggi

Salah satu manfaat buah manggis yang istimewa yaitu membantu menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi buah manggis setiap hari dengan rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah secara signifikan.

16. Membantu Mencegah Penuaan Dini

Ekstra buah manggis mengandung berbagai zat antioksidan yang mampu menjaga dan membangun sel-sel yang rusak, sehingga dapat mempertahankan regenerasi sel baru. Baca juga: Mencegah Penuaan Dini, Mengatasi Penyebabnya

17. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengonsumsi buah manggis dengan rutin dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Buah manggis juga mampu membantu menstabilkan tingkat trigliserida dan memperlancar sistem kerja pada hati.

Demikian penjelasan serta penjabaran mengenai manfaat buah manggis untuk menjaga kesehatan tubuh, semoga bermanfaat dan sehat selalu!

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer