25 Manfaat Daun Salam dan Kandungannya, Terbukti Ilmiah!

Manfaat daun salam, siapa yang tak kenal dengan jenis dedaunan yang seringkali dimanfaatkan sebagai bahan tambahan memasak ini? Aroma khasnya yang mampu menggugah selera ini tentu sangat familiar di kalangan para pegiat dunia kuliner atau siapa saja yang gemar memasak.

Meski secara luas daun salam dipahami sebagai bahan tambahan untuk menambah aroma masakan, namun diluar itu ternyata daun salam memiliki manfaat yang sangat beragam secara khusus dalam dunia kesehatan.

kandungan manfaat daun salam

Daun salam merupakan dedaunan hijau yang tergolong ke dalam tanaman yang secara umum difungsikan sebagai tambahan bumbu masakan. Daun salam memiliki nama ilmiah yakni syzgium polyanthum yang juga dikenal dengan sebutan bay leaf. Daun ini memiliki bentuk fisik tidak terlalu lebar dan agak menguncup pada bagian unjungnya. Banyak orang yang memanfaatkan daun ini sebagai tambahan bahan masakan karena aromanya yang khas dan tentu saja mampu menggugah selera.

Kandungan Daun Salam

Banyaknya manfaat daun salam tidak terlepas dari kandungan zat-zat nutrisi yang terkandung di dalamnya. Agar lebih mudah mengetahuinya berikut kami sajikan zat gizi yang terkandung dalam 100 gram daun salam.

KandunganJumlah
Kalori313 kkal
Lemak Total 8 g
Lemak jenuh2,3 g
Lemak tak jenuh ganda2,3 g
Lemak tak jenuh tunggal1,6 g
Kolesterol0 mg
Karbohidrat75 g
Protein8 g
Serat pangan26 g
Vitamin A6.185 IU
Vitamin B61,7 mg
Vitamin B120 µg
Vitamin C46,5 mg
Vitamin D0 IU
Kalium529 mg
Kalsium834 mg
Zat besi43 mg
Magnesium120 mg

Kandungan daun salam lainnya:

  • Daun salam memiliki banyak komponen aktif yang mudah menguap seperti a-pinene, ß-pinene, myrcene, limonene, linalool, metil chavicol, neral, a-terpineol, geranyl asetat, eugenol, dan chavicol. Senyawa ini diketahui berkhasiat sebagai antiseptik, antioksidan, pencernaan, dan dianggap memiliki sifat anti-kanker.
  • Asam laurat dalam daun salam memiliki sifat obat nyamuk.
  • Komponen dalam minyak esensial juga dapat digunakan dalam banyak obat tradisional dalam pengobatan arthritis, nyeri otot, bronkitis, dan gejala flu.

Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa manfaat daun salam cukup banyak, diluar dari fungsi utamanya sebagai tambahan bumbu dalam kegiatan masak-memasak. Selain dari manfaatnya sebagai penambah aroma sedap pada masakan, daun salam ternyata juga memiliki beragam khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Khasiat dari daun salam bagi kesehatan dan beberapa fungsi lainnya diantaranya ialah:

Membantu Mengatasi Resiko Penyakit Diabetes

Daun salam memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengatasi penyakit diabetes. Kandungan nutrisi di dalamnya mampu membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah, trigliserida, dan kolesterol. Kandungan antioksidan yang terdapat pada daun ini juga dapat membantu dalam proses insulin secara efisien. Karenanya mengonsumsi daun salam sangatlah dianjurkan bagi para penderita diabetes dan para penderita resistensi insulin.

Membantu Mempengaruhi Kardiovaskuler

Manfaat daun salam yang satu ini tidak terlepas dari kandungan senyawa salisilat, fitonutrien, asam caffeic yang terdapat di dalamnya. Pasalnya zat-zat tersebut mampu membantu dalam pencegahan stroke dan peningkatan kesehatan jantung. Selain itu kandungan flavanoid pada daun salam secara efektif mampu membantu menormalkan tekanan darah bagi para penderita hipertensi.

Cara penyajiannya relatif mudah yakni dengan mencuci sebanyak 10 lembar daun salam. Selanjutnya rebus daun ke dalam panci yang berisi 3 gelas air! Setelah itu minumlah rebusan air tersebut setiap hari satu gelas secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal!

Membantu Meredakan Rasa Sakit

Kandungan anti inflamasi di dalam minyak hasil ekstraksi daun salam dapat membantu mengurangi rasa sakit karena strain, terkilir, arthritis, sakit kepala, dan nyeri. Khusus bagi keluhan terhadap nyeri sendi, daun salam jenis jarak dan salam tanah-lah yang cocok untuk keluhan tersebut.

Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan asam caffeic, euganol, catechin, dan quercetin pada daun salam secara efektif dapat melawan tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh manusia. Kandungan tersebut juga dapat memproteksi diri pertumbuhan sel kanker. Daun salam juga mengandung phytonutrient yang disebut sebagai parthenolide yang telah terbukti ampuh dalam menahan ploferasi terhadap sel kanker serviks.

Membantu Meredakan Batuk

Daun salam juga berkhasiat secara alami dalam mengatasi masalah batuk, gejala flu, serta infeksi. Untuk mendapatkan manfaat daun salam sebagai pereda batuk, maka cara penyajiannya adalah dengan merebus 2 atau 3 lembar daun salam dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu rendamlah kain ke dalam rebusan air daun salam! Kain yang telah direndam dengan rebusan air daun salam tadi selanjutnya akan digunakan sebagai pengusap bagian dada sebagai pereda batuk, pilek, dan flu.

Pengusir Serangga

Tak banyak yang mengetahui bahwa daun salam juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir serangga jenis nyamuk. Di dalam kandungan daun salam terdapat asam laurat yang dapat dimanfaatkan sebagai pengusir alami nyamuk. Khusus pada bagian ini adalah dengan menggunakan ekstrak daun salam yang telah diolah menjadi minyak.

Cara menghindari diri dari gigitan nyamuk dengan menggunakan ekstrak minyak daun salam ini adalah hanya dengan mengoleskan minyak tersebut pada bagian tubuh yang rentan terhadap gigitan serangga.

Membantu Mengobati Penyakit Ginjal

Daun salam secara ilmiah telah tebukti mampu mengatasi masalah infeksi penyakit ginjal dan batu ginjal. Cara penyajiannya sangatlah mudah, yakni dengan merebus daun salam ke dalam sebanyak 200 ml air. Rebus hingga air menguap sampai kurang lebih sebanyak 50 ml! pisahkan air dengan daun salam! Minumlah ramuan ini secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal!

Membantu Mengatasi Asam Urat

Daun salam dapat difungsikan sebagai obat alami dalam mengatasi asam urat. Di dalam tubuh manusia terkandung zat putin yang jika bertumpuk akan berdampak pada timbulnya asam urat.

Cara menyajikan ramuan daun salam adalah dengan memasukkan daun ke dalam air sebanyak 10 gelas. Rebuslah air berisi daun salam tersebut sampai air meguap dan menyisakan hanya setengah dari jumlah kadar air sebelumnya. Selanjutnya anda dapat meminum air rebusan daun salam ini sebanyak dua kali dalam sehari.

Membantu Mengurangi Stress pada Kulit

Kulit juga dapat mengalami stress akibat pengaruh cuaca dan pemakaian produk tertentu. Karenanya dibutuhkan bahan alami untuk mengatasi stress pada kulit salah satunya adalah dengan memanfaatkan khasiat dari daun salam. Daun salam secara efektif mampu mengatasi stress pada kulit dan dapat mencegah penuaan dini serta keriput.

Cara penyajian untuk mendapatkan manfaat daun salam yang satu ini adalah dengan memasukkan sebanyak 5 lembar daun salam ke dalam air mendidih sebanyak 3 gelas. Diamkan selama 2 menit dalam proses perebusan! Setelah itu tuangkan air rebusan ke dalam sebuah wadah mangkuk atau lainnya! Dalam keadaan matang dengan suhu tersebut tentu air rebusan akan mengeluarkan uap. Uap tersebut-lah yang akan digunakan untuk mengurangi stress pada kulit anda.

Membantu Mengatasi Masalah Kerontokan dan Ketombe pada Rambut

Daun salam yang telah diekstrak menjadi minyak sangat baik untuk kesehatan rambut dan secara efektif membantu dalam mengatasi masalah kerontokan dan ketombe. Minyak dari daun salam sangat berguna jika difungsikan sebagai tonik untuk melawan dua masalah rambut dan kulit kepala tersebut.

Membantu Mengurangi Kutu pada Rambut

Daun salam juga ternyata mampu menghilangkan kutu pada rambut dengan cara mengoleskan ramuan daun salam pada kulit kepala dan rambut. Cara penyajian ramuan ini adalah dengan mencampurkan daun salam seberat 50 gram ke dalam air mendidih sebanyak 400 ml. Biarkan hingga air menguap kira-kira menjadi 100 ml. Setelah selesai, pisahkan air rebusan dengan daun salam dengan menggunakan saringan!

Air rebusan langsung dapat digunakan sebagai pengusir kutu dengan cara mengolesinya pada kulit kepala dan rambut. Selanjutnya diamkan selama 3 – 4 jam lalu bilas dengan air! Lakukan hal tersebut berulang hingga kutu kepala benar-benar hilang.

Demikianlah aneka manfaat daun salam yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber tercpercaya. Semoga bermanfaat!

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer