Manfaat Jeruk Lemon dan Kandungannya, Terbukti Ilmiah!

Ada banyak sekali manfaat jeruk lemon yang tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan tetapi juga bagi kecantikan. Maka dari itu, tidak heran jika buah lemon seringkali dimanfaatkan dalam berbagai keperluan, misalnya sebagai bahan campuran dalam pengobatan tradisional, minuman kesegaran, infused water ataupun bahan kosmetik.

Sekarang pasti timbul rasa penasaran, apa sajakah kandungan yang terdapat di dalam jeruk lemon sehingga memiliki manfaat yang banyak?. Lantas apa saja manfaat jeruk lemon untuk kesehatan dan kecantikan? Semua akan di bahas dalam artikel yang kami sajikan khusus di bawah ini.

kandungan buah lemon

Buah lemon adalah kerabat dari keluarga sitrus berkulit kuning cerah dengan rasa masam yang khas. Buah ini dikenal dengan kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi. Buah lemon memiliki batang pohon dengan ukuran sedang (ketinggian maksimal 6 meter) dan tumbuh di wilayah dengan iklim sub-tropis.

Pohon buah lemon banyak ditemukan dan dibudidayakan di beberapa negara di dunia seperti misalnya di Portugal, Spanyol, Brasil, Amerika Serikat, Argentina, serta di negara-negara sekitar Laut Tengah. Suhu ideal bagi pohon jeruk lemon agar dapat tumbuh dengan baik adalah pada suhu antara 15-30 derajat Celcius (60-85 derajat Farenheit).

Kandungan Jeruk Lemon

Sebelum membahas mengenai ragam manfaat jeruk lemon, sebaiknya terlebih dahulu kita ketahui kandungan gizi yang terdapat dalam buah ini. Kandungan gizi yang ada pada buah lemon secara lebih jelasnya disajikan dalam tabel berikut ini :

GiziJumlah / 100 gram
 Vitamin C27 mg
 Vitamin B10,04 mg
 Protein0,9 gram
 Lemak0,2 gram
 karbohidrat11,4 gram
 Mineral0,5 gram
 Kalsium33 mg
 Fosfor23 mg
 Zat besi0,4 mg
 Asam askorbat49 mg
 Energi51 kal
 Air86 gram

Manfaat Buah Lemon

Berdasarkan kandungan gizi yang terdapat dalam buah lemon sebagaimana tertera pada tabel, buah ini mampu mengatasi berbagai masalah dalam cakupan kesehatan dan juga kecantikan. Berikut beberapa manfaat jeruk lemon yang telah diketahui:

  • Membantu Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi secara rutin buah lemon dapat membantu meningkatkan gerak peristaltik di dalam perut sehingga berimbas pada kelancaran pencernaan dalam tubuh manusia. Buah lemon juga secara efektif mampu membantu mengatasi mual pada saat asam lambung naik. Akan tetapi perlu diperhatikan juga bahwa lemon tak cocok jika disajikan bersama dengan susu. Lemon lebih tepat disajikan dalam bentuk jus atau dicampurkan ke dalam air hangat di pagi hari.

  • Membantu Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Lemon mengandung senyawa kalium yang baik dikonsumsi untuk pengidap penyakit jantung. Sama halnya dengan senyawa kalium yang terdapat pada buah pisang, buah lemon juga dapat membantu menstabilkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Kalium mampu memberikan efek tenang bagi pikiran manusia sehingga buah ini banyak dimanfaatkan sebagai terapi stres, depresi, dan masalah gangguan mental.

  • Membantu Menghentikan Pendarahan Internal

Manfaat jeruk lemon yang satu ini diperantarai oleh antiseptik dan juga zat-zat tertentu yang mampu menghentikan terjadinya pendarahan internal di dalam tubuh manusia. Jika pendarahan terjadi pada hidung, maka celupkanlah kain atau kapas kecil ke dalam air perasan lemon! Selanjutnya sumbat pendarahan pada hidung dengan kapas perasan lemon tersebut hingga darah berhenti keluar!

  • Membantu Mengatasi Sakit Tenggorokan

Lemon juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman herbal yang ampuh dalam mengatasi masalah penyakit tonsilitis (tenggorokan). Cara penyajiannya sangatlah mudah, yakni cukup berkumur dengan campuran satu sendok teh jus lemon dan air hangat.

  • Membantu Merawat Kesehatan Mulut

manfaat buah lemon

manfaat buah lemon untuk kesehatan gigi dan mulut

Buah lemon dapat dimanfaatkan sebagai pembersih mulut dan gigi. Lemon juga dapat membantu menyegarkan nafas dan menghilangkan bau mulut. Untuk mendapatkan manfaat lemon yang satu ini, maka Anda harus menggunakannya dengan benar. Cara penggunaannya ialah dengan berkumur menggunakan air perasan lemon setelah usai menyikat gigi. Tapi ingat, tidak boleh ditambahi gula ya.

  • Sebagai Detoksifikasi Racun dalam Tubuh

Buah lemon secara aktif mampu mengurangi racun dari dalam tubuh dengan cara mengeluarkannya bersama dengan sisa metabolisme. Karenanya mengonsumsi buah lemon sangat dianjurkan agar dapat memelihara dan menjaga kesehatan tubuh dengan adanya fungsi detoksifikasi pada kandungan buah tersebut.

  • Membantu Meredakan Batuk, Pilek, dan Asma

Buah lemon juga sangat efektif dalam meredakan batuk, pilek, dan juga asma. Cara penyajiannya adalah dengan mencampur perasan jeruk lemon secukupnya ke dalam air hangat setiap hari sebelum makan. Selengkapnya baca di sini: Mengobati Flu, Batuk Pilek Secara Tradisional dan Manjur

  • Membantu Menghambat Pertumbuhan Sel Tumor dan Kanker

Di dalam kandungan buah lemon terdapat sebanyak 22 senyawa anti kanker yang mampu menghambat laju pertumbuhan tumor kanker di dalam tubuh manusia. Manfaat buah lemon lainnya, yaitu mampu membantu membersihkan darah serta menghilangkan sisa-sisa sel kanker pasca kemoterapi.

  • Membantu Mengatasi Masalah Kulit Kering pada Tumit dan Lutut

Jeruk lemon sangat baik untuk mengatasi masalah pada kulit kering. Cara penggunaannya ialah dengan mengoleskan beberapa irisan lemon pada sisi-sisi kulit yang kering dan biarkan sampai cairannya meresap ke dalam kulit! Diamkan hingga beberapa saat dan tidak perlu dibilas!

  • Membantu Mencerahkan Kulit

manfaat buah lemon untuk kecantikan

manfaat jeruk lemon untuk kecantikan

Salah satu masalah umum yang dihadapi oleh sebagian besar orang mengenai kulit wajah adalah kulit yang berminyak. Sari jeruk lemon dapat membantu menyelesaikan masalah ini. Cara penggunaannya terbilang mudah yakni dengan mencampurkan perasan jeruk lemon ke dalam madu. Selanjutnya fungsikan ramuan tersebut sebagai masker pada kulit wajah!

  • Membantu Mengecilkan Pori-pori Kulit

Bagi anda yang memiliki wajah dengan pori-pori yang melebar, tentu sangat mengganggu penampilan. Untuk masalah kulit yang satu ini, perasan jeruk lemon dapat menjadi solusi altrenatif dalam mengatasi masalah ini. Cara pemakaiannya sangatlah mudah yakni dengan mengoleskan perasan jeruk lemon pada wajah dan biarkan hingga terasa meresap. Setelah mengering bilaslah dengan air bersih secukupnya!

  • Mengatasi Masalah Kulit Ketombe

Buah lemon ternyata juga mampu membantu mengatasi permasalahan pada kulit kepala terutama pada kulit kepala berketombe. Untuk mendapatkan manfaat jeruk lemon yang satu ini, maka mencampurkan perasan sari jeruk lemon ke dalam wadah berisikan minyak zaitun yang telah dihangatkan. Selanjutnya pijat kulit kepala secara perlahan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas rambut dengan air dan diamkan hingga mengering. Pemakaian secara teratur akan membawa dampak berkurangnya ketombe dan menjaga kelembapan rambut.

  • Membantu Menyembuhkan Penyakit Kudis

Sejak jaman dahulu masyarakat meyakini akan manfaat sari buah lemon sebagai tanaman obat yang mampu mengatasi masalah penyakit kulit terutama kudis. Penyakit kulit yang satu ini disebabkan oleh kurangnya kolagen akibat diet rendah vitamin C. Kekurangan kolagen berakibat pada kerusakan dinding sel sehingga terjadi pendarahan dalam tubuh. Meskipun demikian, tetap berkonsultasi dengan dokter untuk pengobatan terbaik.

  • Membantu Memutihkan Gigi

Air perasan lemon mengandung kalsium yang dapat membantu memutihkan gigi yang telah menguning. Cara penggunaannya ialah dengan mengoleskan campuran air perasan lemon ke dalam wadah berisi backing soda pada gigi yang menguning. Biarkan selama kurang lebih satu menit! Selanjutnya menyikat gigilah sebagaimana biasa dan jika sudah berkumurlah dengan air bersih!

Meskipun cara ini mampu mengembalikan warna putih alami pada gigi, namun sebaiknya jangan dilakukan terlalu sering karena sifat asam dalam air perasan lemon dapat merusak email gigi. Penjelasan lebih lanjut telah kami bahas di sini: Cara Memutihkan Gigi Alami, Mudah dan Murah

Demikianlah beberapa manfaat buah jeruk lemon yang sangat baik jika dikonsumsi rutin, semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer