Manfaat Jeruk Nipis dan Kandungannya, Terbukti Ilmiah!

Anda pasti sudah kenal ya dengan buah yang berukuran kecil, berwarna hijau kekuningan, dan rasanya yang masam ini? Buah mungil dengan segudang manfaat ini biasa disebut dengan jeruk nipis. Mungkin kita juga telah mengetahui beberapa manfaat jeruk nipis. Namun apakah sudah tahu sepenuhnya mengenai kandungan dan manfaatnya?

Beberapa manfaat jeruk nipis yang sudah banyak orang tahu, misalnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, obat batuk tradisional, campuran jamu tradisional, dan lain-lain. Buah ini juga terkenal dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi. Nah, pada artikel kali ini kita akan sepenuhnya mengetahui kandungan jeruk nipis lainnya beserta manfaatnya, baik bagi kesehatan maupun kecantikan.

kandungan manfaat jeruk nipis

Jeruk nipis (Lat Citrus Aurantifolia; Famili : Rutaceae) adalah satu jenis tetumbuhan dari suku jeruk-jerukan. Jeruk nipis tersebar di berbagai negara di wilayah Asia dan Amerika Tengah. Tumbuhan ini memiliki tinggi batang pohon mulai dari 3 sampai 6 meter, memiliki cabang yang banyak, berduri tajam, dan daun berbentuk lonjong. Di Indonesia tanaman ini hidup di wilayah dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter dari permukaan laut.

Kandungan Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah buah dengan berbagai kandungan nutrisi yang melimpah ruah di dalamnya. Tak heran jika buah ini telah banyak dimanfaatkan dalam segala keperluan terutama dalam hal kesehatan.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi buah ini, terlebih dahulu kita akan mengetahui beberapa kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat pada jeruk nipis. Agar lebih memudahkan, perhatikan tabel berikut ini!

GiziJumlah / 100 gram
Kalsium40 mg
Fosfor22 mg
Zat besi1 mg
Vitamin A0 IU
Vitamin B10,04 mg
Vitamin C27 mg
Lemak0,1 gram
Karbohidrat12,3 gram
Kalsium40 mg
Energi37 kkal

Berdasarkan kandungan gizi di atas, maka tentu saja jeruk nipis memiliki banyak manfaat.

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika kita mengonsumsi buah jeruk nipis:

Membantu Melancarkan Pencernaan

Buah yang memiliki aroma khas ini dapat membuat rongga mulut menghasilkan air liur yang secara aktif membantu proses pencernaan makanan yang pertama. Mengingat semua makanan tentu pertama kali mengalami proses pencernaan awal secara mekanik yakni melalui gigi di dalam mulut.

Disamping itu, senyawa flavonoid yang terkandung dalam jeruk nipis mampu merangsang sistem pencernaan serta membantu meningkatkan sekresi cairan pencernaan dan membantu perangsangan gerak peristaltik usu. Itulah mengapa jeruk nipis sangatlah baik untuk dikonsumsi secara rutin setiap harinya terutama setelah makan siang dan malam.

Mengurangi Resiko Penyakit Diabetes

Jeruk nipis sejak dahulu dikenal sebagai buah yang sangat baik bagi para penderita diabetes. Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah ini dapat membantu dalam proses pengaturan penyerapan gula ke dalam aliran darah dan secara efektif mampu mengurangi resiko lonjakan kadar gula dalam darah.

Jeruk nipis mempunyai indeks glikemik yang cukup rendah. Hal ini tentu saja dapat dimaknakan bahwa buah ini tidak akan menjadi sebab terhadap melonjaknya kadar glukosa dalam darah.

Membantu Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Serat larut yang terkandung dalam jeruk nipis tak hanya sangat baik untuk menjaga kadar gula dalam darah. Serat tersebut juga dapat membantu mengurangi adanya kolesterol LDL dalam tubuh manusia dan mengurangi resiko peradangan yang seringkali terjadi pada pembuluh darah yang berdampak pada serangan jantung dan stroke. Karenannya mengonsumsi jeruk nipis secara rutin sangat baik untuk mencegah timbulnya penyakit jantung dan stroke.

Mengatasi Gangguan Pernapasan

Jeruk nipis juga dapat dimanfaatkan sebagai pereda gangguan pernapasan, yakni dengan menghirup aroma yang ada pada buah tersebut. Dalam ilmu pengobatan, jeruk nipis juga banyak difungsikan sebagai bahan dasar obat-obatan anti-kongestif (alat penguap, inhaler, dan balm).

Mengatasi Radang Sendi

Secara umum buah jeruk dan jenis lainnya mempunyai sifat anti inflamasi yang bermanfaat bagi segala jenis keluhan peradangan, terutama terhadap radang sendi. Mengonsumsi jeruk nipis secara rutin dapat membantu meredakan radang sendi dan mencegahnya datang kembali.

Membantu Meredakan Demam

Perasan jeruk nipis dapat dimanfaatkan sebagai pereda demam pada tubuh. Pada umumnya semua jenis buah jeruk termasuk jeruk nipis dipercaya mampu menurunkan suhu tubuh pada saat demam. Selain itu kandungan vitamin C yang terdapat pada buah ini. Anda dapat mengonsumsi jeruk nipis dengan cara memeras sari-sarinya dan dijadikan jus atau lainnya.

Membantu Mengatasi Masalah Asam Urat

Penyakit asam urat dapat terjadi karena sebab dua hal, diantaranya ialah akumulasi dari radikal bebas serta racun dalam tubuh. Mengonsumsi secara rutin buah jeruk nipis dapat membantu mencegah dua sebab terjadinya penyakit asam urat tersebut.

Manfaat jeruk nipis ini diperantarai oleh kandungan antioksidan dan pendetoks alami yakni flavonoid dan vitamin C yang secara aktif dapat membantu mengurangi kadar radikal bebas dan mampu mendetoksifikasi tubuh.

Mengatasi Gangguan Kemih

Di dalam kandungan jeruk nipis terdapat zat kalium yang cukup tinggi. Kandungan zat tersebut mampu mengurangi zat beracun yang tersimpan di dalam kandung kemih dan ginjal.

Secara alamiah jeruk juga memiliki sifat desinfektan yang dapat membantu meredakan infeksi pada sistem kemih. Di samping itu, jeruk nipis juga dapat membantu melancarkan air seni yang tersumbat dari adanya endapan kalsium di dalam saluran kemih.

Sebagai Bahan Alami Anti Penyakit Kanker

Manfaat jeruk nipis yang satu ini diperantarai oleh adanya zat flavonoid yang secara alamiah mampu membunuh sel-sel kanker pada tubuh. Zat tersebut juga dapat mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan pada sel tubuh manusia. Maka dari itu mengonsumsi jeruk nipis secara rutin sangat baik bagi anda yang ingin tetap sehat dan terbebas dari resiko penyakit kanker.

manfaat jeruk nipis

Sebagai Bahan Dasar Obat-obatan Herbal

Sejak dahulu jeruk nipis dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit. Buah ini juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan dasar ramuan herbal. Beberapa pemanfaatan jeruk nipis sebagai bahan dasar pengobatan alami diantaranya ialah :

  • Sebagai Pereda Batuk

jeruk nipis dikenal buah yang sangat ampuh dalam mengatasi permasalahan batuk. Cara penyajian atau peramuan obat alami ini adalah dengan mengambil sari jeruk atau perasan airnya, selanjutnya campurkan dengan gula batu secukupnya dan aduk sampai merata! Minumlah ramuan alami ini setiap hari sampai batuk anda benar-benar reda.

  • Sebagai Obat Alami untuk Mengatasi Keluhan Datang Bulan

Jeruk nipis juga ternyata telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi prosesi datang bulan yang terhambat atau kurang lancar. Cara penyajiannya adalah dengan mencampurkan sebanyak 3 sendok teh jeruk nipis dengan satu sendok makan madu ke dalam dua gelas air panas. Minumlah dalam keadaan hangat sebanyak 3 kali dalam sehari sampai haid benar-benar lancar.

  • Membantu Mengurangi Vertigo

Cara penyajian ramuan jeruk nipis untuk keluhan vertigo adalah dengan mencampurkan sebnayak 1 sendok air perasan jeruk nipis dengan setengah genggam daun jeruk nipis yang telah dihaluskan. Setelah itu olehskan pada bagian dahi, tengkuk, dan pelipis sebanyak dua kali dalam sehari.

  • Membantu Mengatasi Masalah pada Kulit (Panu dan Kurap)

Jeruk nipis juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami yang mampu mengatasi masalah pada kulit seperrti panu dan kurap. Cara penyajian racikannya adalah dengan cara menambahkan perasan air jeruk nipis ke dalam wadah berisikan akar landep yang telah ditumbuk halus.Setelah itu oles dan gosokkan ramuan tersebut ke dalam bagian kulit yang terkena panu dan kurap! Lakukan hal tersebut secara berkala sampai keluhan anda benar-benar telah teratasi!

Simak juga: Kandungan dan Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jeruk Nipis bagi Kecantikan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa perasan jeruk nipis dapat berperan sebagai pemutih alami. Hal tersebut dikarenakan sifat ringan pada kulit yang ada pada jeruk nipis. Perasan air jeruk nipis juga dapat digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik gelap pada wajah.

Cara penyajian untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis di atas adalah dengan menyiapkan kapas dan serap air perasan jeruk nipis! Kemudian oleskan pada bagian kulit wajah dan biarkan selama kurang lebih 30 menit! Setelah itu bilas dengan air bersih dan lakukan hal ini setiap hari secara rutin!

Cara penyajian serta penggunaan perasan air jeruk nipis tersebut juga berpengaruh pada manfaat terhadap beberapa keluhan terhadap masalah penampilan lainya seperti masalah pada jerawat, bekas noda, penuaan dini, mengencangkan pori-pori, menghapus kulit mati, kulit gelap, menghilangkan flek hitam, membantu mengatasi pori-pori yang membesar, kulit kering, dan lain sebagainya.

Jadi kesimpulannya, manfaat jeruk nipis amalah banyak, tidak hanya berguna sebagai bahan campuran makanan tertentu dan sebagai pelengkap makanan saja. Namun lebih dari itu di dalamnya terkandung berbagai zat gizi dan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer