Khasiat Madu untuk Wajah Sehat Nan Cantik

Madu sudah dikenal sejak dulu sebagai bahan makanan kaya nutrisi serta bahan obat alami. Bahan ini juga kerap digunakan sebagai kosmetik untuk mempercantik wajah. Beragam khasiat madu untuk wajah bahkan sudah dimanfaatkan sejak jaman mesir kuno.

Penelitian modern sebagian besar juga sudah mengamini khasiat madu yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Demikian juga untuk wajah, madu tidak kalah ampuhnya untuk perawatan kulit yang cukup sensitif ini.

Apa Saja Khasiat Madu untuk Wajah?

khasiat madu untuk wajah

1. Madu membantu menghilangkan jerawat

Salah satu khasiat madu untuk wajah yang paling sering dimanfaatkan adalah kemampuannya menghilangkan jerawat. Jerawat diketahui dapat muncul pada kulit saat terjadi sumbatan pada pori-pori kulit, kemudian ada bakteri yang ikut menginfeksi.

Sifat antibakteri dan antijamur pada madu dapat membantu mencegah dan menghilangkan jerawat serta komedo secara alami. Selain itu sifat anti inflamasinya juga akan membantu meredakan kulit kemerahan dan bengkak akibat jerawat.

Untuk menghilangkan jerawat, gunakan madu murni pada area kulit yang berjerawat. Diamkan selama 15-20 menit lalu bersihkan dengan air. Lakukan secara rutin untuk hasil terbaik.

2. Madu menghidrasi kulit

Madu merupakan senyawa humektan alami yang bersifat menarik air dari dermis ke lapisan epidermis. Ia bertindak seperti magnet yang menarik air, sehingga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan membuatnya tetap lembut dan lentur.

Pada kulit kering dan pecah-pecah, madu sangat baik digunakan untuk menghidrasi kulit dan meringankan iritasi yang muncul akibat kulit kulit kering. Penggunaan langsung dalam bentuk madu murni atau menggunakan produk masker berbahan madu adalah cara yang baik untuk menjaga kulit tetap sehat terhidrasi.

3. Madu sebagai pelembab kulit wajah kering

Sebagai humektan alami, madu dapat menghidrasi kulit dan menjaga kelembabannya. Selain itu enzim yang terdapat di dalam madu membuatnya lebih mudah meresap di kulit sehingga efeknya tetap terasa meskipun sudah dibersihkan.

Aplikasikan 1 sendok madu sebagai pelembab wajah kering dan biarkan selama 15 –  20 menit kemudian bilas dengan air dingin. Cara ini akan membuat kulit kering jadi lembab lebih lama.

4. Madu sebagai eksfoliator ringan yang alami

Bahan eksfoliator sintetis tidak hanya mahal harganya namun terkadang juga buruk efeknya pada kulit, terutama jenis kulit sensitif. Alternatifnya adalah menggunakan eksfoliator alami, madu salah satunya. Meskipun madu sendiri sebenarnya bukan bahan eksfoliator namun kombinasinya dengan baking soda ternyata sangat ampuh.

Untuk membuat eksfoliator alami campurkan dua sendok madu dengan satu sendok baking soda. Aplikasikan pasta ini pada kulit wajah yang sudah dibasahi sebelumnya, kemudian pijat dengan arah melingkar dan cuci bersih setelahnya.

5. Madu menyamarkan bekas luka

Bekas luka di wajah tentu ingin segera dilenyapkan. Alih-alih menggunakan bahan kimia, lebih baik gunakan bahan alami yang lebih aman. Gunakan madu untuk membantu menyembuhkan luka sekaligus menyamarkan bekasnya.

Sifat antiseptik dan pelembab alami dari madu dapat menyembuhkan dan merawat luka. Kemampuan anti inflamasinya membantu penyembuhan luka lebih cepat dan antioksidannya membantu meremajakan kulit yang rusak.

Cara menyamarkan bekas luka dengan madu:

Campurkan satu sendok madu dan satu sendok minyak kelapa murni atau minyak ziatun murni. Aplikasikan campuran tadi pada area wajah yang ingin disamarkan bekas lukanya dan lakukan pijatan dengan arah melingkar. Tambahkan handuk hangat di area kulit tadi hingga handuk dingin. Ulangi beberapa kali untuk hasil terbaik.

6. Madu mengobati kulit yang terbakar matahari

Manfaat madu untuk kulit lainnya adalah untuk pengobatan, salahsatunya untuk mengobati kulit kemerahan akibat lama terpapar sinar matahari. Sifat anti inflamasi, antioksidan dan sebagai pelembab alami dari madu dapat mempercepat penyembuhan dan menutrisi kulit.

Campurkan dua sendok gel lidah buaya dan satu sendok madu kemudian aplikasikan pada kulit yang terbakar matahari. Lakukan setiap hari dalam beberapa hari untuk hasil yang maksimal.

7. Madu mencerahkan kulit wajah secara alami

Salah satu khasiat madu untuk wajah lainnya adalah untuk mencerahkan kulit kusam. Kondisi ini umumnya muncul akibat tumpukan sel-sel kulit mati, bekas luka, atau sering terpapar sinar matahari. Madu adalah solusi alami yang cukup ampuh untuk masalah itu.

Madu yang kaya akan antioksidan tidak hanya membantu meremajakan kulit namun juga melindunginya dari bahaya sinar UV. Sifat madu yang melembabkan kulit secara alami juga membantu kulit tetap sehat dan cerah.

Untuk mencerahkan kulit wajah, campurkan putih telur dengan satu sendok minyak zaitun dan madu. Aplikasikan campuran tadi pada wajah secara merata kemudian diamkan 15 menit. Cuci bersih dengan air dingin setelahnya.

8. Madu membantu mengurangi keriput di wajah

Kandungan antioksidan alami yang tinggi pada madu dapat digunakan untuk mengurangi kerutan di wajah. Vitamin dan mineralnya juga akan meresap, menutrisi dan melembabkan kulit wajah sehingga kulit akan terlihat lebih muda dan sehat.

Gunakan madu dalam bentuk madu murni atau masker madu untuk menjauhkan kulit dari keriput tanda penuaan. Namun pastikan menggunakan madu murni atau masker madu dengan kualitas baik.

Baca juga: Ciri-ciri madu asil, ujilah dengan 8 cara ini.

9. Madu sebagai pembersih wajah

Kulit kusam atau setelah menggunakan kosmetik sebaiknya dibersihkan segera dengan cleanser. Daripada menggunkan yang cleanser dari bahan kimia yang berisiko, cobalah gunakan madu. Madu ternyata juga dapat digunakan sebagai membersihkan wajah.

Campuran madu dengan bubuk kayu manis sangat cocok untuk membersihkan wajah berminyak. Bahan lain seperti jus lemon dan minyak lavender dapat juga dijadikan campuran madu untuk pembersih wajah.

10. Madu melembabkan bibir kering

Cuaca panas dan kering serta paparan polusi membuat bibir lebih cepat kering dan pecah-pecah. Lip balm umumnya jadi solusi cepat mengatasi ini, padahal bahan kimia yang terkandung didalamnya bisa saja tidak baik untuk bibir. Nah, Madu bisa jadi solusi alternatif alami untuk bibir kering.

Madu dengan sifat antiseptik, antibakteri dan pelembabnya dapat membantu bibir kering kembali segar dan tentunya tanpa risiko efek samping. Madu juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka pada bibir.

Kesimpulannya, wajah merupakan bagian kulit yang cukup sensitif sehingga untuk perawatannya sebaiknya gunakan bahan yang alami ataupun yang sudah teruji keamanannya. Kumpulan khasiat madu untuk wajah di atas bisa dijadikan panduan untuk merawat wajah agar tetap sehat.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

Baca juga