5 Jenis Makanan Pantangan Bagi Pengidap Gondongan

Ketika seseorang mengidap gondongan, ada diet atau makanan khusus yang dianjurkan dan dipantang guna membantu mempercepat penyembuhan. Jika pantangan gondongan dilanggar, penyakit akan menjadi lebih parah dan penyembuhan akan lebih lama.

Kenapa ada pantangan makanan bagi gondongan? Mumps atau gondongan itu sendiri merupakan infeksi virus pada kelenjar liur yang terletak di dekat tulang rahang bagian belakang kanan dan kiri. Pembengkakan kelenjar liur dapat menimbulkan rasa nyeri dan kesulitan dalam mengunyah.

‘Air liur dan pengunyahan’, itulah dua hal yang sangat erat kaitannya dengan makanan. Oleh sebab itu, penderita gondongan harus menghindari makanan tertentu yang merangsang air liur dan yang membutuhkan banyak pengunyahan.

makanan pantangan gondongan

Jeruk ‘citrus’, menjadi pantangan gondongan karena rasanya yang asam

Inilah jenis-jenis makanan pantangan bagi pengidap gondongan:

1. Makanan dan minuman asam

Kita pasti pernah merasakan makanan atau minuman yang terasa asam. Sesuatupun terjadi pada mulut kita, ya,, air liur akan terangsang untuk keluar dan terkadang daerah pipi terasa sedikit nyeri atau tertekan.

Lantas, apa yang terjadi jika pantangan yang satu ini dikonsumsi oleh pengidap gondongan? Bisa dibayangkan bahwa kelenjar penghasil air liur sedang mengalami peradangan, ketika rangsangan asam hadir di mulut, maka kelenjar ini dipaksa untuk ‘bekerja’. Jadi tak heran, apabila rasa sakit dan pembengkakan akan semakin parah.

Nah, sudah jelas ya, kenapa pengidap gondongan tidak boleh mengonsumsi makanan atau minuman yang terasa asam. Beberapa contoh makanan asam yang harus dihindari seperti buah jeruk, cuka, dan buah-buahan lain yang terasa asam (mengandung citrus).

2. Makanan Pedas

Sama halnya dengan makanan asam, makanan pedas juga dapat merangsang air liur. Maka dari itu, pantangan gondongan selanjutnya yang harus dihindari adalah semua jenis makanan ataupun minuman yang terasa pedas.

Terlebih lagi, pengidap gondongan umumnya jarang makan akibat ketidaknyamanan saat mengunyah. Jika perut yang kosong malah diisi dengan sesuatu yang asam ataupus pedas, maka asam lambung pun ikut terangsang yang pada akhirnya dapat menambah penderitaan.

3. Makanan Keras

Bengkaknya kelenjar parotis penghasil air liur yang terdapat di dekat tulang rahang belakang, membuat aktifitas mengunyah menjadi sulit, bahkan menyakitkan. Jika dipaksakan, tidak diragukan lagi pembengakakan dan rasa sakit akan semakin parah.

Jadi satu-satunya solusi adalah menghindari makanan keras, alot, atau apapun yang membutuhkan banyak pengunyahan. Sebaliknya, pilihlah makanan lunak seperti bubur, nasi lembek, sup, kentang, telur orak-arik, tahu putih, dan sebagainya.

4. Makanan olahan pabrik

Pantangan gondongan selanjutnya yaitu makanan olahan pabrik. Jenis makanan ini harus dihindari karena tidak hanya sulit untuk dicerna, tetapi juga mengandung zat aditif yang mungkin berpotensi berbahaya pada saat kekebalan tubuh terganggu akibat sakit mumps.

5. Makanan berlemak

Selain itu, makanan berminyak dan berlemak cenderung memperburuk gejala gondongan. Oleh sebab itu, para pakar menganjurkan pengidap gondongan untuk menghindari semua makanan yang mengandung minyak berlebihan.

Selanjutnya, adakah jenis makanan yang dianjurkan? Seperti telah disinggung di awal, selain pantangan ada juga jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi bagi para pengidap gondongan.

Berikut beberapa makanan yang dianjurkan selama sakit gondongan:

  • Perbanyak asupan cairan, terutama air putih.
  • Makanan lunak seperti oatmeal, kentang, telur orak-arik, tahu putih, makanan berkuah, dan bubur nasi.
  • Buah non-sitrat dan jus sayuran (tidak asam).
  • Makanan yang berbahan dasar sup dan kaldu, khususnya sup ayam atau sayuran.
  • Makanan yang kaya akan vitamin C, misalnya melon, sayuran hijau, dan mangga yang tidak asam.
  • Rempah-rempah seperti lada hitam, jahe dan bawang putih juga sangat efektif dalam pengobatan gondongan asalkan tidak sampai menimbulkan sensasi pedas berlebihan di dalam mulut.

Tips lain agar lekas sembuh: 5 Cara Mudah Menyembuhkan Gondongan Tanpa Perlu Ke Dokter

Itulah beberapa jenis makanan anjuran dan pantangan bagi penderita gondongan. Dengan menerapkannya dalam menu sehari-hari, maka di harapkan penyembuhan bisa lebih cepat.

DISKUSI TERKAIT

Baca juga