25 Jenis Makanan Pelancar BAB yang Lezat dan Sehat

Buang air besar merupakan aktivitas rutin harian yang tak bisa dihindari. Meski demikian, pada sebagian orang hal ini seakan hanya sekedar ‘impian’ lantaran BAB yang didapatnya begitu jarang, itupun harus dibantu dengan obat pencahar. Agar keluhan ini cepat berakhir, cobalah rutin konsumsi beberapa makanan pelancar BAB berikut ini.

Beberapa makanan yang terbukti dapat melancarkan BAB

makanan pelancar BAB buah-buahan

makanan pelancar BAB dari jenis buah-buahan

1. Buah Berry

Buah dari keluarga berry yang sering kita jumpai seperti strawberry, blackberry, blueberry dan raspberry ternyata tidak hanya lezat, namun kaya akan serat yang berperan besar terhadap kelancaran BAB. Menikmatinya setiap hari sebagai camilan atau pelengkap salad menjadi cara praktis agar BAB dapat dijadikan aktivitas rutin harian.

2. Apel

Selain mengandung serat yang cukup, apel juga mengandung senyawa pektin yang terbukti dapat mempercepat waktu transit yang diperlukan untuk pembuangan kotoran melalui anus, mengurangi gejala sembelit hingga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dengan menggandakan jumlah bakteri baik dalam usus.

3. Kiwi

Buah kiwi tinggi akan serat, dimana satu buah kiwi berukuran sedang mengandung 2,3 gram serat. Suatu studi juga telah membuktikan khasiat buah dengan rasa unik ini yang diketahui dapat merangsang gerakan usus sehingga membantu menginduksi buang air besar.

Manfaat buah kiwi lainnya ada disini : Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan yang Begitu Menakjubkan

4. Pir

Ada banyak alasan yang membuat buah pir patut dipilih sebagai salah satu makanan pelancar BAB. Pertama, buah pir kaya akan serat yang mampu memenuhi 24% kebutuhan serat harian. Kedua, kandungan fruktosanya mampu berperan sebagai pencahar alami.

Terakhir, buah pir dibekali dengan senyawa sorbitol yang bertindak sebagai agen osmotik dengan meningkatkan jumlah air dalam feses sehingga akan terbentuk tekstur feses yang ideal. Lantas masih meragukan kemampuannya sebagai salah satu makanan pelancar BAB?

5. Buah Tin

Setengah cangkir (75 gram) buah tin kering mengandung 7,5 gram serat yang dapat memenuhi hingga 30% dari kebutuhan serat harian yang disarankan. Berbagai penelitian pun telah banyak membuktikan khasiatnya, baik pada sistem pencernaan maupun kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selengkapnya baca : Manfaat Buah Tin Si “Buah Surga” yang Luar Biasa (#terbukti)

6. Jeruk

Dalam satu buah jeruk berukuran besar menawarkan 4 gram serat dengan jumlah kalori yang terbilang kecil, hanya sebesar 86 kkal saja. Karena itu, selain cocok dijadikan makanan pelancar BAB, buah jeruk wajib pula dicoba bagi yang berniat menurunkan berat badan.

Baca juga: Daftar Makanan untuk Diet Menurunkan Berat Badan

7. Prune

Buah prune atau plum bukanlah buah lokal Indonesia. Kesediaannya pun masih begitu jarang, dengan harga yang relatif mahal. Meski begitu, jika menilik berbagai manfaatnya, banyak orang akan dibuatnya jatuh hati.

Betapa tidak, selain dibekali serat, sorbitol dan isatin yang mampu mengatasi sembelit, buah ini juga kaya akan berbagai senyawa antioksidan yang dapat memperkuat sistem imun tubuh dan mencegah kedatangan berbagai penyakit mematikan seperti kanker.

Selengkapnya baca : 20 Manfaat Buah Plum untuk Diet dan Kesehatan Tubuh

makanan pelancar bab dari jenis sayuran

makanan pelancar BAB dari jenis sayuran

8. Buncis

Bagi para pelaku diet, buncis sangat amat familiar lantaran tinggi serat dan termasuk dalam kelompok makanan dengan indeks glikemik rendah. Bahkan kabarnya, kandungan folat dalam buncis terbukti dapat membantu mengurangi stres juga depresi.

9. Bayam

Sayuran yang identik dengan salah satu tokoh kartun berotot ini rupanya tak hanya kaya akan zat besi saja, namun mengandung serat yang cukup mumpuni. Kombinasi berbagai mineral juga serat dalam bayam mampu merangsang kontraksi usus besar dan melunakkan feses sehingga akan lebih mudah dikeluarkan.

10. Rhubarb

Rhubarb adalah sayuran sejenis pohon keladi atau talas. Meski daunnya beracun dan tak layak konsumsi, batangnya dapat dijadikan bahan makanan yang lezat nan menyehatkan. Kandungan seratnya juga cukup melimpah dan bersifat pencahar sehingga patut dicoba guna melancarkan BAB.

11. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran kaya serat yang baik bagi sistem pencernaan. Kandungan vitamin C nya pun begitu tinggi, mampu menjamin kesehatan kulit dan meningkatkan imunitas. Masaklah brokoli dengan cara di kukus selama 5 menit untuk memaksimalkan semua nutrisinya.

12. Ubi Jalar

Sumber makanan pelancar BAB satu ini tentunya sudah tak asing bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Selain mudah diperoleh, harga murah dan rasanya yang lezat membuat banyak orang gemar mengonsumsinya.

Bagi yang mengalami kesulitan BAB, ubi jalar menawarkan manfaat berkat kandungan seratnya yang tak sedikit, bahkan lebih tinggi dibandingkan kentang. Di tambah lagi dengan berbagai vitamin juga mineral didalamnya yang akan semakin memikat hati.

makanan pelancar bab dari jenis biji-bijian

Biji-bijian untuk melancarkan BAB

13. Chia Seed

Bicara tentang makanan pelancar BAB, nampaknya chia seed menjadi salah satu sumber yang paling direkomendasikan. Betapa tidak, hampir 40% dari total bobot tanaman bernama ilmiah Salvia hispanica ini terdiri dari serat.

Bahkan, asam lemak omega-3 yang terkandung didalamnya terbukti mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol yang terkait erat dengan kesehatan jantung. Lebih jauh baca : 28 Manfaat Chia Seed Bagi Kesehatan Beserta Efek Sampingnya

14. Flaxseed

Serupa dengan chia seed, flaxseed pun dibekali dengan kandungan serat yang melimpah. Dalam satu sendok flax seed (10 gram), terkandung 3 gram serat, baik serat larut maupun tidak larut. Selain mampu mengobati sembelit, makanan yang berasal dari biji bunga flax ini pun terbukti dapat mengatasi diare dengan tingkat keberhasilan hingga 84%.

15. Oatmeal 

Kandungan serat yang tinggi pada oatmeal tak hanya menawarkan solusi terhadap sejumlah masalah pencernaan, para praktisi medis dan ahli gizi pun saat ini gencar menyarankan pada penderita diabetes dan jantung agar mengonsumsi oatmeal secara rutin.

Hal tersebut tak lain karena serat larut didalam oatmeal terbukti mampu mengendalikan glukosa darah dan kadar kolesterol agar tetap dalam batas normal.

16. Popcorn

Siapa sangka, ternyata cemilan yang kerap dinikmati saat nonton film ini termasuk makanan sehat. Popcorn kaya akan serat, bergizi dan rendah kalori. Dalam tiga cangkirnya terkandung 3 gram serat dan hanya mengandung 93 kalori. Namun semua itu hanya bisa didapatkan apabila popcorn di olah tanpa bahan tambahan, seperti minyak, mentega, garam juga gula.

kacang-kacangan untuk melancarkan BAB

kacang-kacangan untuk melancarkan BAB

17. Kacang Merah

Serat yang terkandung pada kacang merah diketahui mampu merangsang pergerakan usus besar dan mendorong pengeluaran feses. Di samping itu, kemampuannya dalam memperlambat penyerapan karbohidrat juga sangat berguna dalam membantu mencegah terjadinya lonjakan gula darah selepas makan.

18. Kacang Mete

Rasanya yang gurih nan lezat membuat kacang mete banyak digemari. Sebagai salah satu makanan pelancar BAB, kacang mete dibekali dengan kandungan serat yang mumpuni. Tiap 100 gramnya terkandung 3,3 gram serat. Jadi pastikan untuk menikmati kelezatannya setiap hari.

19. Almond

Ingin cemilan sehat yang sekaligus dapat melancarkan BAB? Almond jawabannya. Meski harganya cukup mahal, almond kaya akan nutrisi juga serat. Kandungan kalorinya pun terbilang rendah, hanya 98 kalori untuk sekitar 13-14 almond yang dikonsumsi.

20. Lentil

Si mungil yang kerap dijumpai dalam berbagai masakan India dan Timur Tengah ini kaya akan serat. Sangat cocok untuk para vegetarian, yang berniat menurunkan berat badan dan tentunya yang mengalami masalah pada kelancaran BAB-nya.

Beberapa Minuman Pelancar BAB

minuman pelacar BAB

1. Air Putih

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, feses akan mengeras dan sulit dikeluarkan. Oleh karena itu, minumlah sekitar 8 gelas air putih per hari guna memastikan tubuh selalu terhidrasi dan menjaga kelancaran BAB setiap hari.

2. Kopi

Menikmati secangkir kopi sebelum memulai aktivitas di pagi hari menjadi salah satu cara yang dapat diterapkan agar BAB lancar. Si hitam pahit ini dapat merangsang kontraksi otot di usus besar, membantu feses terdorong ke rektum untuk kemudian dikeluarkan melalui anus.

3. Yoghurt

Selain dapat melawan berbagai mikroorganisme jahat pada usus dan sistem pencernaan lain, kandungan probiotik dalam yoghurt juga sangat efektif dalam membantu melancarkan buang air besar. Konsumsilah satu porsi yoghurt setiap hari guna memetik berbagai manfaatnya.

4. Jus Lidah Buaya

Selama ini khasiat lidah buaya begitu identik dengan dunia kecantikan, seperti menghaluskan kulit dan menjaga kesehatan rambut. Namun mengolahnya menjadi jus, memiliki khasiat penting lainnya. Ramuan ajaib dari jus lidah buaya ini ternyata terbukti dapat mengatasi keluhan susah buang air besar dan diare. Cobalah dan buktikan.

5. Kefir

Kefir adalah minuman yang terbuat dari susu sapi atau kambing yang difermentasi. Karena difermentasi, kefir banyak mengandung bakteri baik yang berperan besar dalam mendukung kesehatan sistem pencernaan dan penyerapan berbagai nutrisi dari makanan. Seseorang dengan intoleransi laktosa pun kabarnya dapat mengonsumsi kefir tanpa masalah.

Selain mengonsumsi beberapa makanan pelancar BAB dan memastikan tubuh selalu terhidrasi, terapkan pula gaya hidup aktif dengan rutin berolahraga setidaknya 3 kali seminggu. Jika kebiasaan-kebiasaan baik ini diterapkan secara konsisten, niscaya buang air besar dapat dilakukan rutin setiap harinya.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT