18 Makanan Penghilang Stres yang Bikin Anda ‘Ngeces’

Bila Anda merasa galau berkepanjangan ataupun merasa tertekan akibat dirundung masalah yang tak kunjung usai, maka bisa jadi itu adalah pertanda Anda sedang stres. Salah satu cara untuk menghilangkan stres adalah dengan mengonsumsi makanan penghilang stres. Apa saja jenis makanan yang dimaksud?

Stres merupakan suatu keadaan kejiwaan yang dialami seseorang terkait dengan kenyataan yang berbeda dengan apa yang diharapkan. Seseorang yang mengalami stres tidak dapat menerima kenyataan dan merasa tertekan. Stres disebabkan oleh berbagai faktor.

makanan penghilang stres

Oleh karena itu, sebelum kita beranjak ke bahasan daftar makanan penghilang stres, mari kita ketahui terlebih dahulu faktor-faktor penyebab stres, yaitu:

  • Faktor lingkungan. Meliputi tekanan di tempat kerja, lingkungan kerja yang tak menyenangkan, dan lain-lain.
  • Faktor organisasi. Meliputi: masalah dengan sesama anggota organisasi, dikejar deadline pekerjaan, dan lain-lain.
  • Faktor pribadi. Meliputi: masalah keluarga, ekonomi, sosial, dan lain sebagainya.

18 Daftar Makanan Penghilang Stres

Jika akhir-akhir ini Anda merasa stres, maka cobalah mengonsumsi makanan penghilang stres berikut ini:

1. Asparagus

asparagus penghilang stres

Tanaman bertangkai ramping ini memang diketahui membuat urin berbau aneh. Meskipun begitu, tanaman ini mengandung asam folat tinggi yang penting untuk menjaga agar Anda tetap dingin atau tenang dalam keadaan stres. Cara penyajian asparagus yang baik adalah dengan merebusnya sekitar 3-4 menit Anda sudah dapat menikmatinya, atau diolah menjadi sup.

 2. Alpukat

alpukat penghilang stres

Buah ini terbukti dapat menghilangkan stres pada tubuh. Alpukat kaya akan glutathione, zat yang secara khusus menghambat penyerapan usus dari lemak tertentu yang menyebabkan kerusakan oksidatif, alpukat juga mengandung lutein, beta karoten, vitamin B dan E, serta asam folat yang lebih banyak daripada buah lainnya.

Cara penyajian buah alpukat sebagai makanan penghilang stres pada umumnya bebas sesuai selera Anda. Sebagaii contoh megambil sekitar seperempat alpukat diiris tipis dan gunakan sebagai isian sandwich, mengolahnya menjadi jus, dan lain-lain.

Namun ingat, buah alpukat juga mengandung lemak, oleh karena itu kontrollah porsi yang Anda makan supaya tidak berlebihan.

3. Buah Beri

buah beri penghilang stres

Blueberry mengandung antioksidan tertinggi yang dikenal sebagai antosianin, dan digadang-gadang telah terbukti menyehatkan tubuh, termasuk mempertajam daya ingat. Semua buah beri, termasuk stroberi, raspberry, dan blackberry, kaya akan vitamin C, yang terbukti membantu memerangi stres.

Peneliti Jerman menguji buah ini dengan meminta 120 orang untuk memberikan pidato, lalu menyelesaikan masalah matematika. Mereka yang telah diberi vitamin C memiliki tekanan darah rendah dan kadar kortisol yang lebih rendah setelah mengalami stres.

4. Kacang Mete

Kacang mete adalah makanan ringan yang lezat, renyah dan sedikit asin, yang bermanfaat menghilangkan nafsu makan. Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, dianjurkan untuk mengonsumsinya dengan catatan tidak berlebihan.

Kacang mete adalah sumber seng (Zinc) yang sangat baik – 1 ons kacang mete memiliki 11 persen RDA Anda. Kadar seng dalam tubuh yang rendah dapat meredakan kecemasan dan depresi. Karena tubuh kita tidak dapat menyimpan seng, penting untuk mendapatkannya setiap hari. Kita bisa menggunakan kacang mete sebagai makanan penghilang stres dengan cara dikonsumsi sebagai camilan ataupun dicampurkan ke dalam tumis sayuran.

5. Teh Kamomile

teh chamomile penghilang stres

Teh kemomile telah menjadi salah satu alternatif obat tidur alami yang paling direkomendasikan. Alasan kenapa teh ini bisa dijadikan makanan penghilang stres dan juga obat tidur, telah dibuktikan melalui penelitian.

Sebuah studi dari University of Pennsylvania menguji suplemen chamomile pada 57 partisipan dengan gangguan kecemasan umum selama 8 minggu, dan menemukan bahwa dengan mengonsumsi teh kemomile menyebabkan penurunan gejala kecemasan yang signifikan. Selain menenangkan saraf, teh kamomile juga membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Tuangkan secangkir air mendidih ke dalam 2-3 penumpukan sendok makan teh kamomile dan aduk. Cobalah minum secangkir setiap malam. Jika tidak suka yang hangat, jangan malah jadi tambah stres ya, teh kamomile juga enak dinikmati dalam keadaan dingin.

6. Cokelat

coklat makanan penghilang stres

Molekul psikoaktif yang terkandung dalam coklat dapat menurunkan depresi. Cokelat hitam khususnya, yang diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan menambah rasa tenang. Cokelat mengandung lebih banyak polifenol dan flavonol – dua jenis antioksidan penting – dari pada beberapa jus buah.

Tidak diragugan lagi, kita bisa memanfaatka coklat sebagai cemilah sehat makanan penghilang stres. Nikmatilah cokelat hitam sebagai camilan minimal satu minggu sekali untuk menjaga Anda selalu bahagia.

7. Bawang putih

Seperti banyak tanaman lainnya, bawang putih penuh dengan antioksidan kuat. Bahan kimia ini menetralkan radikal bebas (partikel yang merusak sel kita, menyebabkan penyakit, dan mendorong penuaan) dan dapat mengurangi atau bahkan membantu mencegah beberapa kerusakan akibat radikal bebas dari waktu ke waktu.

Di antara senyawa bawang putih adalah allicin, yang telah dikaitkan dengan menangkis penyakit jantung, kanker, dan bahkan flu biasa. Karena stres melemahkan sistem kekebalan tubuh kita, kita membutuhkan teman seperti bawang putih, yang bisa menguatkan kembali. Selama Anda memasaknya dengan kaldu, bukan minyak, Anda bisa memperoleh manfaat bawang putih yang sehat dan sebagai penghilang stres.

8. Daging Sapi

daging sapi makanan oenghilang stres

Daging sapi yang dimaksud adalah daging sapi yang diberi makan rumput. Karena memiliki lebih banyak antioksidan – termasuk vitamin C dan E dan beta-karoten – dari pada daging sapi yang diberi makan biji-bijian, dan tidak mendapatkan suntikan hormon, antibiotik, atau obat lain secara berlebihan.

Sebuah studi di British Journal of Nutrition menemukan bahwa sukarelawan sehat yang makan daging sapi tersebut memiliki kadar asam lemak omega-3 dalam darah yang meningkat dan menurunkan kadar asam lemak omega-6 pro-inflamasi.

Perubahan ini dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari sejumlah gangguan, termasuk kanker, penyakit kardiovaskular, depresi (termasuk penghilang stres), dan penyakit inflamasi.

9. Teh hijau

teh hijau makanan penghilang stres

Tak hanya mengandung kafein, teh hijau juga memiliki asam amino yang disebut theanine. Peneliti di University of Illinois mengatakan bahwa selain melindungi terhadap beberapa jenis kanker, makanan pelangsing ini juga merupakan pendorong otak untuk meningkatkan kinerja mental. Minum dua cangkir setiap hari dan rasakan manfaat teh hijau sebagai minuman penghilang stres.

10. Havermut (Oatmeal)

harvermut makanan penghilang stres

Mengonsumsi oatmeal menyebabkan otak Anda menghasilkan serotonin, bahan kimia yang baik. Serotonin tidak hanya memiliki sifat antioksidan, namun juga menciptakan perasaan menenangkan yang membantu menghilangkan stres.

Studi telah menunjukkan bahwa anak-anak yang makan oatmeal untuk sarapan pagi tetap lebih fokus sepanjang pagi. Beta-glukan merupakan jenis serat larut yang ditemukan di oatmeal, telah terbukti memiliki nilai kenyang lebih besar daripada biji-bijian lainnya.

11. Jeruk

Buah jeruk terkenal sebagai sumber vitamin C yang bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga bertindak sebagai antioksidan pelawan radikal bebas. Namun banyak yang belum tahu, bahwa buah yang menyegarkan ini juga bisa dijadikan makanan penghilang stres.

Alasannya begini, kondisi stres cenderung akan meningkatkan radikal bebas pada tubuh. Sedangkan buah jeruk juga mengandung sebagian besar vitamin A dan B serta berbagai mineral yang berperan untuk menangkal radikal bebas sebagai efek dari stres pikiran.

12. Kerang Tiram (Oyster)

Tak hanya bermanfaat meningkatkan gairah seksual. Tiram juga bermanfaat menghilangkan stres. Penelitian Godzilla of zinc: enam tiram yang biasanya disajikan di restoran sebagai makanan pembuka, memiliki lebih dari separuh RDA untuk mineral penting ini. Paling baik disajikan di atas es bersama irisan lemon.

13. Kenari

Kenari mengandung asam alfa-linolenat, asam lemak omega-3 penting, dan polifenol lainnya yang telah terbukti membantu mencegah kehilangan ingatan. Periset di Tufts University menemukan bahwa hewan yang makan kenari mengurangi beberapa tanda penuaan otak. Penyajiannya yaitu dengan menambahkannya ke salad.

14. Bayam

Bayam memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi dibandingkan sayuran hijau lainnya. Zat besi dalam tubuh manusia sangat bermanfaat untuk meningkatkan hemoglobin atau sel darah merah. Hal ini memungkinkan sirkulasi oksigen dalam darah menjadi optimal. Baik transportasi oksigen ke paru-paru maupun dari paru-paru menuju seluruh tubuh.

Ketika sirkulasi oksigen ke jaringan saraf kita lancar, maka seseorang akan merasa lebih baik baik segi fisik ataupun fikiran. Alasan inilah yang membuat sayur bayam menjadi salah satu daftar makanan penghilang stres.

15. Blewah

Tak hanya berfungsi sebagai pelengkap minuman disaat berbuka, ternyata blewah juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, dan memperbaiki fungsi limpa dan ginjal. Karena blewah mengandung vitamin C, provitamin A, mineral kalium dan serat makanan yang cukup tinggi.

16. Mentimun

Mentimun mengandung mineral mangan, silika, kalium dan magnesium selain itu juga lengkap dengan kandungan vitamin B, vitamin A dan C. Kandungan itulah yang menjadikan mentimun memiliki efek ‘mendinginkan’ sehingga bermanfaat untuk menghilangkan stres berkepanjangan.

17. Jamur Tiram

Tak hanya lezat, jamur tiram juga mengandung zat bergizi yang bermanfaat untuk tubuh salah satunya adalah vitamin B1, Vitamin C dan Vitamin B2. Vitamin B1 yang terkandung dalam jamur tiram inilah yang sangat berguna untuk mengatasi radikal bebas yang banyak terdapat pada orang-orang yang sedang mengalami stress-oksidatif.

18. Anggur

Buah anggur mengandung banyak sekali zat-flavonoid dan senyawa aktif lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Zat aktif itulah yang berfungsi untuk meningkatkan atau melancarkan aliran darah dalam tubuh. Alasan inilah yang membuat anggur digadang-gadang menjadi cemilan buah yang masuk dalam daftar makanan penghilang stres.

Buah anggur juga bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung tetap stabil yang erat kaitannya dengan stres.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer