Jenis Makanan untuk Menurunkan Lemak Darah dengan Cepat

Selain menggunakan obat-obatan, lemak darah yang tinggi dapat diturunkan dengan jenis makanan tertentu. Lantas, makanan apa yang harus dikonsumsi supaya lemak dalam darah berkurang? Inilah yang akan kita bahas dalam kesempatan kali ini.

Jika Anda baru saja mengetahui bahwa lemak dalam darah Anda berkadar tinggi, maka pasti ada rasa was-was. Betapa tidak, lemak atau lipid dalam darah bisa menyebabkan masalah kardiovaskuler seperti serangan jantung dan stroke. Jadi tak perlu banyak berfikir lagi, yang harus kita lakukan adalah menurunkan lemak darah supaya normal kembali.

makanan penurun lemak darah

Apa itu lemak darah?

Lemak atau lipid dalam darah seringkali digunakan untuk menamai trigliserida, namun karena ini istilah awam maka sebenarnya untuk segala jenis lipid seperti kolesterol juga masuk di dalamnya. Lemak dalam darah yang tidak normal disebut dengan dislipidemia.

Lebih tahu mengenai jenis-jenis dan kadar normal dari masing-masing lemak darah, baca disini ya:

Menjaga kadar trigliserida di dalam aliran darah biasanya memerlukan obat-obatan farmasi (baca: Obat Trigliserida Tinggi), yang tentu saja tidak berbebas dari efek samping yang menyebalkan. Untungnya, ada cara alami untuk menurunkan lemak jahat ini, termasuk menjaga pola makan sehat dan perubahan gaya hidup sederhana yang tidak hanya membuat Anda merasa lebih sehat namun tetap menjaga pembuluh darah dan otot jantung agar berkinerja sebaik mungkin.

Jenis makanan yang dikonsumsi oleh seseorang sangat mempengaruhi kadar lemak darah, baik trigliserida maupun kolesterol. Oleh sebab itu, cara paling rasional untuk mengatur nilai lemak darah ini adalah dengan mengatur pola makan. Jadi Anda perlu tahu makanan apa yang harus dikonsumsi dan dihindari agar lemak darah berkurang hingga mencapai kadar normalnya.

Apa Saja Makanan Penurun Lemak Darah (Trigliserida)?

Pada prinsipnya makanan berkalori tinggi dan tinggi lemak menjadi penyebab utama tingginya lemak dalam darah. Jadi, tidak hanya makanan berlemak, tetapi, terlalu banyak makan, makan-makanan manis juga akan menyumbang banyak kalori. Jika jumlahnya sampai melebihi yang tubuh butuhkan, maka tubuh akan mengubah kalori tersebut menjadi trigliserida yang bergentanyangan dalam darah, dan sebagiannya tersimpan sebagai lemak tubuh.

Berikut beberapa tips mengatur menu makan yang dapat menurunkan lemak darah:

  • Kurangi lemak jenuh dan lemak trans. Ini biasa ditemukan pada produk hewani, makanan cepat saji, makanan panggang, dan makanan kemasan dan olahan lainnya. Selengkapnya: Jenis Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh dan Tak Jenuh dan 18 Makanan yang Mengandung Lemak Trans (Jahat)
  • Gunakan lemak tak jenuh yang sehat. Ditemukan dalam minyak goreng zaitun atau canola.
  • Makan lebih banyak buah dan sayuran. Sebagian besar kalori  sebaiknya bersumber dari buah dan sayur. Jenis makanan ini akan membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah tubuh kelebihan kalori.
  • Alkohol secukupnya. Jenis minuman ini penuh dengan ‘kalori kosong’, hanya mengandung kalori tanpa zat gizi lainnya.
  • Hindari gula pasir. Biasanya ditemukan pada makanan olahan yang manis-manis.
  • Konsumsilah protein ikan satu atau dua kali semingg . Asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan dapat membantu menurunkan kadar trigliserida
  • Makan banyak serat. Serat meningkatkan rasa kenyang, dan juga membantu mengurangi penyerapan kolesterol di usus.
  • Batasi total kolesterol dalam makanan hingga 200mg per hari.

Jenis-jenis makanan alami yang dapat menurunkan lemak darah:

Salmon

Ikan air dingin seperti salmon, tuna, dan cod memiliki asam lemak omega-3 tinggi. Jika rajin dikonsumsi, maka dapat menurunkan trigliserida secara signifikan. Sejauh ini ikan terbaik adalah salmon.

Suplemen minyak ikan juga bisa digunakan karena kaya omega 3. Ikan yang kaya omega-3 adalah beberapa jenis makanan terbaik yang dapat  menurunkan lemak datah trigliserida dan kolesterol.

Biji-bijian

Ini termasuk roti, pasta, dan sereal yang terbuat dari gandum, dan beras merah. Makanan yang berasal biji-bijian utuh kaya akan karbohidrat kompleks dan serat. Biji-bijian utuh juga menyediakan beberapa protein dan umumnya rendah lemak jenuh, kolesterol, dan lemak total.

Kacang polong

Kacang polong merupakan sumber protein nabati yang baik dan kaya akan serat. Jadi gunakanlah makanan ini sebagai pengganti untuk makanan yang tinggi lemak jenuh, kolesterol, dan lemak total.

Flaxseed (Biji Rami)

Kaya akan asam lemak omega-3, biji rami yang hanya dua sendok makan sudah mengandung hampir 133 persen kebutuhan harian omega-3. Namun konsumsilah biji rami ini setelah melalui proses penggilingan atau penghalusan agar efek menguntungkannya lebih mudah diserap oleh tubuh.

Minyak zaitun

Inilah minyak sehat dengan kadar trigliserida rendah pengganti lemak jenuh. Minyak zaitun membantu menurunkan kolesterol LDL ( kolesterol jahat) dan membantu menjaga kolesterol HDL (kolesterol baik). Namun, minyak zaitun dianggap tinggi kalori, jadi disarankan untuk tidak mengkonsumsi lebih dari dua sendok makan sehari.

Putih telur

Berbeda dengan kuning telur, putih telur tidak mengandung kolesterol sehingga bisa dimakan secara rutin. Tapi Anda harus hati-hati dengan kuning telur, karena mengandung 215 mg kolesterol.

Makanan apa yang harus dihindari agar lemak darah cepat turun?

Mengetahui makanan apa yang tidak boleh dikonsumsi untuk menjaga kadar trigliserida tetap terkendali sama pentingnya dengan mengetahui makanan apa yang harus dikonsumsi. Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari saat Anda berusaha menurunkan lemak darah trigliserida dan kolesterol.

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi agar lemak darah berkurang: 

Produk daging berlemak

Makanan ini sering mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang berkontribusi terhadap peningkatan kadar trigliserida. Contoh makanannya termasuk daging merah, kulit unggas, mentega, lemak babi, dan kerang.

Makanan olahan

Lemak trans juga dapat meningkatkan kadar trigliserida, dan banyak makanan buatan yang diproduksi melalui proses yang disebut hidrogenasi sehingga mengandung lemak trans yang tinggi. Sumber lemak trans ini meliputi margarin, daging kalengan, hot dog, kentang goreng, keripik, kerupuk, dan makanan ringan seperti kue, donat, dan kue kering.

Karbohidrat sederhana

Hindarilah sumber karbohidrat sederhana seperti roti putih, nasi putih, dan makanan atau minuman manis karena gula pasir. Karbohidrat sederhana diketahui dapat meningkatkan gula darah dengan cepat dan merangsang produksi insulin, yang menyebabkan kenaikan kadar trigliserida.

Beralihkan ke sumber karbohidrat “whole grain”, misalnya daripada mengonsumsi produk yang terbuat dari tepung putih, gantilah dengan butir gandum utuh.

Kurangi Jumlah Kalori

Kehilangan berat badan dapat mengurangi kadar trigliserida lebih lanjut. Dengan menargetkan pengurangan kalori 500 kalori dari asupan makanan normal biasanya, Anda akan kehilangan sekitar satu pon berat badan per hari atau lebih.

Di samping itu, tunjang dengan olahraga yang menguras energi supaya membantu penurunan berat badan lebih lanjut. Saran terbaik adalah dengan memulainya secara perlahan, menjalani latihan dan perubahan gaya hidup secara bertahap agar hal ini menjadi kebiasaan gaya hidup sehat tanpa membebani diri sendiri.

Menurunkan lemak darah trigliserida dan kolesterol hingga mencapai kadar ideal memang merupakan perjuangan berat, namun dengan tip dan rekomendasi yang tercantum di sini, Anda akan berada di jalur yang benar untuk sukses.

Hal terpenting, tetaplah waspada dan tidak berkecil hati selama mengusahakannya, karena kesehatan adalah sesuatu yang harus diprioritaskan. Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter tentang perubahan pola makan dan gaya hidup lainnya yang mungkin dapat membantu menurunkan lemak jahat dalam darah Anda.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer