Makanan untuk Darah Rendah, Anjuran dan Pantangan

Ketika Anda mengalami darah rendah (Hipotensi), dimana tekanan darah jauh dibawah nilai normal, maka gejala-gejala seperti pusing, pingsan, penglihatan kabur, kelelahan, dan lain-lain bisa muncul. Untuk mencegah atau mengurangi gejala darah rendah tersebut, maka penting bagi Anda untuk mengatur menu makanan. Ya, Anda harus tahu anjuran dan pantangan makanan untuk darah rendah.

Cari tahu nilai normal tensi darah disini: Tabel Tekanan Darah Normal dan Tidak

Tidak dapat dipungkiri bahwa asupan nutrisi dalam makanan sangat memengaruhi tingkat tekanan darah seseorang. Dalam hal memilih makanan untuk darah rendah, ada berbagai prinsip atau menu diet yang dapat dijadikan referensi bagi Anda. Yuk! kita simak, apa saja prinsip diet atau pola makan untuk darah rendah di bawah ini.

Prinsip Diet (Pola Makan) untuk Darah Rendah

Kami tegaskan lagi, bahwa mengatur kandungan gizi dalam makanan merupakan faktor penting agar terhindar dari darah rendah dan bahaya yang ditumbulkannya. Disamping Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat, seperti berolahraga, istirahat yang cukup, dan sebagainya. Adapun pola maka yang harus diperhatikan bagi penserita hipotensi adalah sebagai berikut:

1. Minum Lebih Banyak Air dan Kurangi Alkohol

Alkohol dapat membuat tubuh Anda dehidrasi dan dapat menurunkan tekanan darah, walaupun Anda sudah minum dengan cukup. Oleh karena itu, sebaiknya perbanyak untuk meminum air putih atau minuman lain tanpa alkohol karena khasiatnya dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh sehingga tubuh terhidrasi. Ketika cairan dalam tubuh cukup, maka volume dan tekanan darah pun menjadi normal.

2. Makan Makanan yang Sehat

Bagi sebagian orang, sekarang ini sangat sulit untuk mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi. Perlu Anda cermati, bahwa sebagian besar makanan yang dijual di pasaran mengandung pengawet dan pemanis buatan yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, Anda harus pandai dalam memilih makanan.

Konsumsilah menu makanan yang sehat dalam daftar menu harian Anda, seperti sayuran, buah-buahan, ikan, ayam, dan biji-bijian. Hindarilah mengonsumsi makanan instan atau cepat saji.

Jika dokter menyarankan Anda untuk menggunakan lebih banyak garam pada makanan, tapi Anda tidak menyukainya, maka cobalah menggunakan kecap pada setiap masakan Anda.

3. Makan dengan Porsi Sedikit dan Rendah Karbohidrat

Untuk membantu mencegah tekanan darah menurun secara drastis setelah Anda makan, maka makananlah dalam porsi kecil dan beberapa kali sehari. Prinsipnya adalah lebih baik sedikit-sedikit tapi sering, daripada sekaligus banyak. Selain itu batasi mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat, seperti nasi, kentang, dan roti.

Dokter juga biasanya menyarankan Anda untuk minum teh atau kopi berkafein untuk meningkatkan tekanan darah sementara. Pastikan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena mengonsumsi kafein yang berlebih dapat berdampak negatif bagi kesehatan Anda. Baca: Kopi dan Kafein – Jumlah Aman dan Efeknya pada Tubuh

Dengan mempertahankan prinsip tersebut dalam memilih makanan untuk darah rendah, maka diharapkan tekanan darah Anda dapat segera normal. Anda juga tak perlu bingung, karena kami akan memberikan daftar makanan yang dianjurkan bagi Anda yang memiliki darah rendah di bawah ini. Anda pun bebas memilih mana yang menjadi favorit bagi lidah Anda.

Makanan yang Dianjurkan untuk Darah Rendah 

Berikut ini berbagai jenis makanan untuk darah rendah yang sangat dianjurkan agar tekanan darah kembali normal:

  • Kismis
  • Akar manis
  • Jus buah
  • Biji bunga matahari
  • Hati
  • Susu
  • Kacang Almond
  • Jus wortel
  • Daun Kemangi
  • Jus Lemon
  • Garam
  • Bawang putih
  • Kafein
  • Teh rosmery
  • Jus buah bit
  • Ginseng

Simak dan perhatikan penjelasannya kami di bawah ini!

makanan untuk darah rendah anjuran

jus buah – contoh anjuran makanan untuk darah rendah

1. Kismis

Kismis tidak hanya membantu mengurangi hipertensi, namun juga mampu mengobati tekanan darah rendah secara efektif. Kismis dianggap sangat efektif sebagai makanan untuk darah rendah. Oleh karena itu, pastikan kismis menjadi bagian dari menu makanan Anda.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, rendamlah kurang lebih sepuluh kismis dalam air dan diamkan semalaman. Nah, besok paginya baru Anda makan satu per satu kismis tersebut dengan keadaan perut kosong. Kunyahlah kismis secara perlahan sebelum benar-benar masuk ke dalam perut Anda. Alternatif cara lainnya, yaitu dengan meminum air rendaman kismis. Sebaiknya Anda rutin mengonsumsi makanan untuk darah rendah tersebut minimal selama 1 bulan.

Kismis juga masuk dalam daftar Obat Darah Rendah Alami Paling Ampuh dan Aman

2. Akar Licorice

Akar licorice menjadi makanan untuk darah rendah berikutnya yang sangat dianjurkan. Selain dapat baik untuk tekanan darah rendah, makanan ini juga baik untuk penderita sindrom kelelahan kronis. Akar licorice juga membantu menurunkan massa lemak tubuh, namun cenderung menyebabkan retensi cairan.

Oleh karena itu, untuk mengatasi tekanan darah rendah, sebaiknya cukup gunakan sekitar 400 sampai 500 mg akar licorice. Anda juga dapat mengonsumsinya teh licorice dengan cara menambahkan akar licorice bubuk atau kering ke dalam segelas air mendidih. Kemudian Anda saring, lalu minum teh ini setiap hari selama beberapa hari, maka tekanan darah Anda akan kembali normal.

3. Jus buah

Minum air secukupnya dan minum jus buah sepanjang hari sangat bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Hal tersebut dikarenakan, dengan mengonsumsi makanan untuk darah rendah tersebut akan menghindari dehidrasi tubuh yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

Selain itu, mengonsumsi jus buah segar juga baik untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan dengan yogurt atau es krim. Waw, nikmat kan? Selain itu, hindari atau berhenti merokok karena dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi.

4. Biji Bunga Matahari dan Labu Asin

Makanan untuk darah rendah lainnya yaitu, biji bunga matahari dan segenggam labu asin. Anda dapat mengonsumsi makanan tersebut untuk meningkatkan asupan garam serta menstabilkan tekanan darah Anda. Hal tersebut dikarenakan banyaknya kandungan vitamin E yang terdapat di dalamnya.

5. Hati

Hipotensi sering dikaitkan dengan kekurangan folat dan vitamin B12. Jadi, penting sekali untuk menambahkan menu makanan yang tinggi nutrisi dalam menu harian Anda. Kekurangan Vitamin B12 dapat dilihat dari munculnya bercak putih pada kuku. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B12 tinggi, seperti hati ayam atau sapi, ikan salmon, dan lain sebagainya.

6. Susu dan Kacang Almond

Kombinasi susu dan kacang almond dapat membantu mengendalikan tekanan darah rendah dengan bekerja pada kelenjar adrenal dalam tubuh Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda perlu merendam kurang lebih 4-5 kacang almond dan diamkan semalamam. Keesokan paginya, Anda kupas kulitnya dan tumbuk hingga halus. Kemudian, tambahkan bubuk almond pada secangkir susu hangat dan nikmati setiap pagi selama beberapa minggu untuk meningkatkan tekanan darah Anda.

7. Jus Wortel

Wortel adalah salah satu pilihan makanan untuk darah rendah. Jus wortel ternyata dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengendalikan kadar tekanan darah Anda. Untuk hasil terbaik, Anda hanya perlu menambahkan 2 sendok makan madu ke dalam segelas jus wortel. Kemudian Anda minum dengan keadaan perut kosong. Agar tekanan darah dapat stabil dengan cepat, minumlah jus tersebut dua kali sehari pagi dan sore hari.

8. Daun Kemangi

Daun kemangi  juga dianggap sebagai makanan untuk darah rendah. Mengapa demikian? karena daun tersebut mengandung banyak magnesium, potasium, vitamin B5 dan vitamin C yang efektif untuk mengatur tekanan darah. Anda dapat meminum ekstrak daun kemangi yang dicampur madu setiap hari dengan keadaan perut kosong atau cara lainnya, dengan mengunyah 4 – 5 helai daun kemangi pada pagi hari setiap hari.

9. Jus Lemon

Jus lemon ternyata sangat efektif untuk mengobati tekanan darah rendah akibat dehidrasi. Hal tersebut diakrenakan kandungan antioksidan dalam lemon yang mampu mengendalikan sirkulasi darah dan menjaga kestabilan tekanan darah. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa meminum segelas jus lemon yang dicampur dengan sedikit garam dan gula. Kombinasi tersebut sangat efektif untuk mengatasi tekanan darah rendah.

10. Garam

Garam juga merupakan salah satu makanan untuk darah rendah. Hal tersebut dikarenakan kandungan natrium yang ada di dalamnya yang mampu meningkatkan tekanan darah. Namun, penting bagi Anda untuk membatasi penggunaan garam karena kelebihan garam dapat  mengakibatkan beberapa kondisi medis berbahaya.

11. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa yang juga mampu menstabilkan tekanan darah serta bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk hasil yang maksimal,  Anda cukup memakan 2 siung bawang putih mentah pada malam hari atau 1 jam sebelum tidur. Cara lain mengonsumsi makanan untuk darah rendah tersebut adalah dengan menambahkannya beberapa siung bawang putih pada masakan Anda.

12. Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti kopi, teh, minuman bersoda, dan coklat panas mampu meningkatkan tekanan darah untuk sementara. hal tersebut dikarenakan, minuman berkafein mampu merangsang pelepasan hormon adrenalin atau menghalangi reaksi hormon yang dapat melebarkan arteri. jadi, jika Anda sering mengalami tekanan darah rendah, maka sebaiknya meminum secangkir kopi hitam di pagi hari.

13. Teh Rosemary

Teh rosemary juga termasuk dalam makanan untuk darah rendah. Tanaman ini dikenal mungkin merupakan mampu mengatasi tekanan darah rendah. Untuk hasil yang maksimal, minumlah teh rosemary secara rutin.

14. Jus Buah Bit

Buah bit adalah sejenis umbi berwarna merah yang berkhasiat untuk meningkatkan tekanan darah. Buah ini memang belum terkenal di Indonesia, namun sebagian orang sudah menggunakannya untuk mengatasi tekanan darah rendah. Anda cukup meminum segelas jus buah bit setiap hari, maka dapat mencegah  gejala yang disebabkan oleh tekanan darah rendah.

15. Ginseng

Tumbuhan khas Korea yang satu ini juga termasuk salah satu makanan untuk darah rendah yang dianjurkan. Sejak dulu ginseng sudah sering digunakan untuk mengatasi tekanan darah yang tidak stabil, termasuk mengatasi tekanan darah rendah.

Nah, setelah Anda mengetahui berbagai makanan untuk darah rendah yang sangat dianjurkan. Kami juga akan memberikan informasi mengenai makanan yang menjadi pantangan bagi penderita tekanan darah rendah. Perhatikan penjelasannya berikut ini.

Makanan Pantangan untuk Darah Rendah 

pantangan makanan untuk darah rendah

contoh pantangan makanan untuk darah rendah

Selain makanan yang dianjurkan untuk penderita tekanan darah rendah, ternyata ada juga beberapa makanan yang menjadi pantangan atau sebaiknya dihindari selama mengalami tekanan darah rendah. Adapun makanan pantangan darah rendah tersebut, diantaranya:

1. Makanan yang digoreng atau berminyak

Mengonsumsi makanan yang digoreng atau mengandung kadar minyak yang tinggi dapat memengaruhi tekanan darah dan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut dikarenakan makanan-makanan tersebut mengandung lemak trans dan dapat menghambat aliran darah Anda. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan tersebut dan cobalah untuk mengonsumsi makanan yang dikukus atau direbus.

2. Makanan Cepat Saji

Banyaknya restoran cepat saji tentu membuat Anda terkadang menjatuhkan pilihan untuk mengonsumsinya. Namun, jika Anda memiliki tekanan darah rendah, sebaiknya untuk menghindari terlebih dahulu jenis makanan tersebut. Hal itu dikarenakan makanan cepat saji mengandung lemak jenuh dan kolesterol jahat yang dapat menyumbat dan membuat aliran darah menjadi tidak lancar.

3. Makanan Pedas

Makanan pantangan darah rendah selanjutnya adalah makanan pedas. Makanan tersebut dapat menggerus dan melukai lambung dan menyebabkan kurangnya nafsu makan (baca juga : Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mencegahnya). Apabila nafsu makan menurun, maka tubuh akan kekurangan nutrisi, termasuk mineral penting seperti natrium, zat besi, dan lain-lain. Hingga pada menurunkan tekanan darah dan memperparah kondisi Anda.

4. Makanan Tinggi Karbohidrat

Pernahkah Anda berpikir bahwa makan nasi menyebabkan Anda lebih cepat kenyang? Nah, itulah sebabnya mengapa makanan yang tinggi karbohidrat tidak baik untuk tekanan darah rendah. Makanan berkarbohidrat tinggi, seperti nasi, kentang, dan roti bersifat menekan rasa lapar, sehingga menyebabkan tekanan darah menurun.

5. Hindari Mengonsumsi Alkohol

Alkohol bersifat panas di lambung, sehingga dapat membuat lambung Anda iritasi bahkan merusak sel darah merah. Kaitannya dengan darah rendah, Alkohol memiliki efek diuretik yaitu yang menyebabkan konsumennya menjadi sering buang air kecil. Jika dibiarkan, maka tubuh akan kekurangan cairan dan tekanan darah menjadi semakin rendah.

Berbagai menu makanan tersebut hanya sebagai referensi makanan yang dianjurkan dan yang menjadi pantangan bagi penderita tekanan darah rendah.  Anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan informasi yang akurat mengenai cara mengobati tekanan darah rendah. Dokter juga akan menyarankan makanan apa saja yang baik untuk Anda konsumsi.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer