14 Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata

Kita semua tahu bahwa apa yang kita makan memiliki dampak besar pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Makanan juga memainkan peran besar dalam menjaga kesehatan mata. Makanan yang baik untuk mata termasuk mineral dan antioksidan yang tidak hanya menurunkan risiko terkena katarak dan degenerasi makula tetapi juga meningkatkan indera penglihatan.

Bisa jadi makanan yang biasa Anda konsumsi merupakan jenis makanan yang baik untuk mata, atau mungkin sebaliknya. Melalui artikel ini, maka kami berharap Anda menjadi lebih bijak dalam memilih makanan. Mari kita cari tahu lebih banyak tentang makanan yang dapat mencegah kerusakan mata dan menyelamatkan Anda dari gangguan penglihatan serius.

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan tertentu baik untuk mata karena mengandung antioksidan yang terdiri dari berbagai vitamin, seperti vitamin A, C, dan E. Buah-buahan dan sayuran yang sarat dengan mineral yang juga membantu meningkatkan kesehatan mata.

Berikut adalah beberapa makanan pilihan yang bisa kita konsumsi agar mata kita terjaga kesehatannya:

1. Wortel

Wortel memiliki kandungan beta-karoten yang tinggi sehingga baik untuk mata. Tubuh kita mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, yang tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga meningkatkan kesehatan mata, fungsi penglihatan dan kesehatan kulit. Dengan makan satu buah wortel berukuran sedang, kita sudah memberikan tubuh sekitar 5.000 IU vitamin A, yang pada gilirannya akan membantu menjaga mata tetap sehat.

2. Brokoli, Kubis, Paprika

Kubis, paprika, dan brokoli, ketiganya harus ada dalam menu makanan kita jika ingin mencegah masalah penglihatan. Makanan ini kaya akan vitamin C, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh serta indera penglihatan. Antioksidan ini bekerja dengan cara menakjubkan untuk mencegah kerusakan sel-sel di mata. Mengonsumsi makanan tersebut secara teratur juga dapat menurunkan risiko penyakit mata akibat usia, seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak.

3. Kale, bayam, dan Sayuran Hijau Tua

Sayuran berdaun hijau tua sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Di dalamnya terkandung zeaxanthin dan lutein, fungsinya untuk meningkatkan fungsi penglihatan mata. Sayuran ini juga mengandung antioksidan yang melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya. Jadi, pastikan untuk memasukkan sayuran hijau ini dalam menu makanan sehari-hari.

4. Makanan Laut

Makanan laut terkenal sebagai sumber asam lemak omega-3 yang baik. Disamping membantu menurunkan kolesterol, omega-3 juga bisa meningkatkan fungsi penglihatan dan mencegah AMD (degenerasi makula akibat usia). Omega-3 juga cukup efektif melawan sindrom mata kering.

Untuk mendapatkan menjaga kesehatan mata, maka kita harus menyertakan ikan tuna, salmon, dan sarden dalam menu makanan. Tidak perlu banyak-banyk, cukup 1-2 porsi tuna dalam seminggu sudah cukup.

5. Jagung

Jagung juga termasuk jagung makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Alasannya, jagung adalah salah satu sumber makanan yang mengandung zeaxanthin dan lutein yang baik untuk mata. Jagung juga mengandung antioksidan lain yang bermanfaat bagi mata. Menariknya, kita dapat meningkatkan jumlah lutein dalam jagung jika kondisinya sudah dimasak.

6. Telur

Telur baik untuk mata karena mengandung protein, vitamin E, lutein, dan omega-3. Kita pun sangat mudah mendapatkan makanan rakyat yang satu ini. Jika bosan dengan telur, mungkin Anda bosan dengan jenis masakanannya. Oleh sebab itu, diperlukan kreatifitas dalam menyajikan telur.

7. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu sumber terbaik dari vitamin C dan kita membutuhkan vitamin C untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh. Berkat vitamin C, jeruk juga bekerja bagus untuk mencegah AMD.

8. Blueberry

Blueberry harus ada dalam menu makanan kita karena dapat memberikan antioksidan yang bisa meningkatkan kesehatan mata dan kesehatan secara keseluruhan. Tidak hanya menurunkan risiko glaukoma dan katarak, blueberry juga melindungi kita dari kanker, penyakit jantung, dan kondisi lainnya. Konsumsi blueberry secara teratur juga dapat meningkatkan memori dan kemampuan belajar.

9. Kentang

Siapa sangka kentang masuk dalam daftar makanan yang baik untuk mata. Hal ini ditengarai, kentang mengandung beta-karoten dan vitamin lainnya. Warna terang-oranye jenis sayuran yang satu ini menandakan adanya segala macam vitamin. Cukup potong menjadi strip tipis, panggang dalam oven dengan menggunakan sedikit minyak zaitun, dan nikmatilah kentang yang sehat.

10. Biji-bijian

Konsumsilah sumber karbohidrat yang berasal dari beras merah, quinoa, roti gandum, dan gandum utuh. Dengan demikian kita akan mendapatkan zinc, vitamin E, niasin, dan nutrisi lain yang meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan.

11. Kacang

Kita dapat menyertakan kacang dalam menu makanan kita untuk mendapatkan nutrisi penting bagi mata dan penglihatan. Almond, walnut, pistachio, dll, akan bekerja dengan baik karena semuanya mengandung vitamin E dan asam lemak omega-3.

12. Kacang-kacangan

Kacang polong, kacang merah, juga dapat membantu menjaga kesehatan mata karena mengandung seng dan bioflavonoid. Tugasnya dalah melindungi retina dan mencegah degenerasi makula.

13. Biji Bunga Matahari

Ngemil biji bunga matahari (kwaci) ternyata kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Biji bunga matahari mengandung seng dan vitamin E yang baik untuk mata.

14. Daging

Termasuk daging sapi tanpa lemak bermanfaat meningkatkan asupan zinc, yang pada gilirannya meningkatkan penyerapan vitamin A dan membuat mata selalu sehat.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer