Manfaat Air Lemon yang Menyehatkan dan Mencegah Penyakit

Siapa coba yang tidak suka dengan minuman lemon? Penulis rasa semua orang pasti suka. Selain rasanya yang enak (manis dan asam) bebas anda pilih yang mana, disamping itu ternyata manfaat air lemon juga sangat banyak dan berguna sekali bagi kesehatan tubuh kita.

Memang kalau sudah menyangkut buah-buahan, akan banyak sekali manfaat yang bisa kita petik dari makanan alam ini. Buah tidak saja terkenal karena bentuk, warna, dan rasa nya yang beraneka ragam, tapi juga manfaat nya yang sangat banyak bagi Anda yang rutin mengonsumsinya. Salah satunya manfaat air lemon berikut yang menjadi tema bahasan artikel ini.

manfaat air lemon

Tak perlu diragukan lagi kalau air sangat baik untuk kesehatan karena dengan asupan air yang cukup akan menghindarkan terjadinya dehidrasi pada tubuh, dan air juga dapat membantu membuang racun berbahaya.

Sedangkan untuk Lemon sendiri, buah ini adalah sumber nutrisi yang baik. Di dalamnya terkandung, kalsium, potasium, magnesium, zat besi, vitamin A, C dan B kompleks, serat pektin, protein dan karbohidrat. Asam sitrat, zat antibakteri, dan zat anti-virusnya, membantu lemon mampu meningkatkan kekebalan tubuh dalam membantu menjaga kesehatan Anda. Lebih lanjut, simak artikel ini: Manfaat Jeruk Lemon dan Kandungannya

Untuk memperoleh manfaat air lemon, maka buatlah ramuannya dengan benar. Cukup iris-iris buah lemon (15-20 irisan per buah), lalu masukkan ke dalam segelas air hangat. Jika mau, Anda bisa menambahkan sedikit madu juga. Minumlah setiap pagi hari pada waktu perut masih kosong, dan tunggu 30 menit sebelum anda memulai sarapan.

Apa saja manfaat air lemon atau lemon water?

Agar lebih lengkap dan jelas, Berikut adalah 10 manfaat air lemon untuk kesehatan.

1. Membantu proses Pencernaan

Cara kerja buah lemon dalam membantu proses pencernaan dalam tubuh adalah seperti ini. Beberapa zat yang terdapat dalam lemon akan merangsang hati Anda untuk menghasilkan lebih banyak empedu yang dibutuhkan untuk pencernaan yang lebih sehat. Selain itu, lemon membantu sistem pencernaan dalam mengeluarkan toksin atau racun berbahya dari dalam tubuh.

Segelas air lemon hangat setiap hari membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan, seperti mulas, bersendawa dan kembung.

Manfaat air lemon pada pencernaan juga dapat mencegah sembelit dan diare dengan cara memperlancar fungsi usus halus. American Cancer Society merekomendasikan minuman sehat ini kepada pasien kanker untuk membantu merangsang pergerakan usus.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Apakah anda masih merasa kesulitan menurunkan berat badan? Atau Anda masih bingung juga, buah apa yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat?. Lemon adalah jawabannya.

Minum segelas air lemon hangat ditambah madu akan membantu mencapai tujuan Anda memiliki tubuh ideal. Lemon mengandung serat pektin yang tinggi, yang membantu melawan rasa lapar dan membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Selain itu, kombinasi air hangat, madu dan lemon membuat perut Anda lebih nyaman dan rileks dan membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Simak juga: manfaat jeruk nipis untuk diet menurunkan berat badan.

3. Membuat Kulit Tampak Lebih Muda

Apabila air lemon hangat Anda jadikan sebagai konsumsi harian, khasiat dari buah ini dapat membuat perbedaan besar dalam penampilan kulit Anda. Manfaat air lemon akan membantu memurnikan darah Anda dan mendorong pertumbuhan sel darah baru.

Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi serta antioksidan lain dalam buah lemon membantu menjaga kulit tetap bebas dari keriput dan membantu memerangi kerusakan pada kulit akibat radikal bebas.

Air dan madu menambahkan sifat restoratif (perbaikan), sedangkan zat antibakteri dan kolagen untuk meningkatkan kesehatan kulit Anda.

4. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Air lemon hangat yang kaya akan vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantunya melawan penyakit seperti demam dan flu. Jadi kalau Anda sering mengonsumsi air lemon, kemungkinan Anda sakit demam dan flu akan semakin kecil.

Manfaat air lemon selanjutnya, buah ini membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi, nutrisi penting yang dibutuhkan agar sistem kekebalan tubuh tetap sehat. Lemon juga mengandung saponin, yang memiliki sifat antimikroba yang membantu menjaga dari infeksi.

5. Mengobati Bau Mulut

Siapa sih yang tidak terganggu dengan bau mulut? Semenarik apapun orang, kalau dia memiliki bau mulut yang tidak enak pasti Anda tidak mau mendekatinya kan.

Rasa asam dalam lemon, apabila dikombinasikan dengan khasiat madu dan air, bisa membantu menghilangkan bau mulut. Selain mulut dibersihkan, juga akan menambah produksi air liur yang fungsinya untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Siapa sangka, manfaat air lemon juga dapat membantu menyingkirkan noda/plak putih di lidah Anda yang biasanya berkembang ketika sedang tidur. Noda putih ini sendiri dapat terbentuk dari proses pembusukan makanan dan bakteri yang kemudian menjadi sebab utama timbulnya bau mulut.

6. Menyeimbangkan Kadar pH

Lemon adalah salah satu makanan terbaik untuk tubuh karena mengandung asam sitrat dan asam askorbat yang membantu menjaga tingkat pH (derajat/tingkat keasaman). Tingkat pH yang baik sangat penting karena terlalu banyak keasaman dalam tubuh bisa menyebabkan inflamasi (peradangan).

Minum air lemon secara teratur pada waktu perut kosong di pagi hari dapat membantu menghilangkan keseluruhan keasaman dalam tubuh, termasuk asam urat pada persendian yang merupakan salah satu penyebab utama rasa sakit dan pembengkakan.

7. Meningkatkan Energi

Unsur gizi seperti vitamin B dan C, fosfor, protein dan karbohidrat yang ada dalam lemon menjadikannya sebagai penghasil energi alami. Buah lemon akan menghidrasi (menambah cairan) dan mengoksidasi (menambah kadar oksigen) tubuh dan membuat Anda merasa seperti direvitalisasi, karena diberi energi baru dan lebih segar.

Selain itu juga, lemon mengandung lebih banyak ion bermuatan negatif, maka dari itu, lemon dapat secara instan menghasilkan energi saat memasuki saluran pencernaan. Plus, aroma lemon memiliki sifat yang dapat meningkatkan mood dan memberi energi.

8. Menyembuhkan Infeksi Tenggorokan

Sifat antibakteri dalam lemon dapat membantu dalam memerangi masalah yang berkaitan dengan infeksi tenggorokan, sakit tenggorokan dan amandel.

Sebenarnya, orang yang meminum segelas air lemon hangat setiap pagi berisiko lebih rendah terkena infeksi tenggorokan. Minuman sehat ini bahkan membantu mencegah masalah pernafasan seperti asma.

Jika Anda mengalami sakit tenggorokan, minumlah air lemon ini dan dapat juga Anda gunakan untuk berkumur sesering mungkin untuk mempercepat proses penyembuhan.

9. Kontrol Tekanan Darah Tinggi

Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi, meminum air lemon dapat menjadi pilihan yang tepat karena kandungan potasiumnya mampu menyetabilkan pembuluh darah dan jantung. Air lemon juga bermanfaat dalam membantu membersihkan sistem limfatik dan membuatnya tetap terhidrasi.

Kandungan potasium yang tinggi dalam lemon juga membantu Anda tidur lebih nyenyak, mengurangi stres dan memperbaiki fungsi mental Anda, yang pada gilirannya membantu menjaga tekanan darah Anda dalam kisaran normal.

10. Membersihkan Saluran Kemih

Air lemon hangat dapat bertindak sebagai diuretik (obat yang mempercepat pembentukan urin dan melancarkan BAK). Karenanya air lemon memiliki khasiat membantu membersihkan saluran kemih dan mendorong produksi urin. Minuman sehat ini bisa mengubah tingkat pH saluran kemih, yang pada gilirannya mengecilkan proliferasi (bertambah/berkembang biak) nya bakteri jahat.

Asam sitrat dalam lemon juga membantu detoksifikasi (membersihkan racun) agar saluran kencing terbebas dari infeksi. Bagi wanita yang menderita ISK (infeksi saluran kencing), minuman sehat ini akan sangat membantu untuk mencegah infeksi berulang. Tak heran, buah ini masuk dalam daftar Obat Infeksi Saluran Kemih Alami

Singkatnya, segelas air lemon segar terlebih dulu di pagi hari bisa sangat membantu meningkatkan kesehatan Anda. Untuk mendapatkan manfaat air lemon secara optimal, tidak ada salahnya bukan menjadikan segelas air lemon sebagai menu rutin harian Anda.

Inilah beberapa manfaat air lemon yang bisa Anda dapatkan bila sering mengonsumsinya. Semoga pengetahuan yang anda dapat dari artikel ini semakin meyakinkan Anda untuk mengonsumsi minuman sehat ini sehari-hari. Semoga hidup Anda lebih sehat dan bahagia.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer