Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil : Mencegah Cacat Lahir, dll

Salah satu alasan terkuat seorang wanita diimbau makan alpukat ketika hamil adalah karena buah ini mengandung asam folat yang penting untuk perkembangan organ buah hati. Namun apakah hanya itu saja manfaat alpukat untuk ibu hamil?

Tentu saja manfaat alpukat tidak hanya itu saja. Hasil studi yang dipublikasikan di Nutrients, mendapati bahwa muatan asam lemak dan beragam nutrisi dalam alpukat dapat mengubah komposisi ASI. Tentu manfaat ini akan sangat diperlukan terutama untuk ibu hamil yang sebentar lagi melahirkan.

manfaat alpukat untuk ibu hamil

Ketika komposisi berubah, maka itu akan memengaruhi rasa ASI juga sehingga membuat bayi lebih bersedia untuk mencoba makanan baru suatu hari nanti. Langkah ini jelas sangat membantu orang tua karena tak perlu berusaha keras membujuk buah hatinya agar bersedia makan beraneka macam sayur atau buah-buahan lain.

Apa lagi Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil?

Tak hanya itu, buah yang teksturnya lembut seperti mentega ini masih mengandung nutrisi lain yang sangat diperlukan ibu hamil. Setidaknya ada 10 manfaat alpukat untuk ibu hamil sebagai berikut:

1 | Asam folat

Asam folat dalam buah alpukat tak hanya penting untuk pembentukan organ tubuh buah hati. Namun nutrisi ini juga dapat mencegah komplikasi saat hamil seperti depresi, lesu, anemia, insomnia, mood labil, serta preklampsia (tekanan darah dan protein tinggi ketika mengandung).

2 | Kalsium

Selama kehamilan, tubuh perlu kalsium untuk berbagai macam hal. Salah satu yang terutama adalah kalsium membantu pembentukan tulang dan gigi anak serta sang ibu.

3 | Beragam vitamin

Alpukat merupakan gudangnya vitamin C, E, K, B1, B2, dan B6 yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Kalau vitamin C penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maka vitamin K bisa mencegah terjadinya pendarahan. Di samping itu, beberapa ibu hamil bahkan mendapati mualnya mereda usai makan alpukat berkat kandungan vitamin B6-nya.

4 | Zat besi

Untungnya beberapa potong alpukat setiap hari sudah bisa menjauhkan anemia karena buah ini juga dipadati dengan zat besi. Lebih dari itu, mineral ini juga berperan aktif dalam menguatkan sistem imun ibu serta bayinya.

5 | Lemak sehat

Tak semua lemak itu buruk, salah satunya adalah jenis lemak yang terdapat dalam alpukat. Ketika hamil, seorang ibu perlu menaikkan berat badannya dengan cara yang sehat. Dan alpukat merupakan sumber kalori serta lemak tak jenuh yang sempurna.

Lemak dibutuhkan janin untuk membentuk struktur sel tubuhnya. Seiring berkembangnya janin dalam kandungan, maka kian banyak pula sel-sel tubuhnya yang rata-rata terbentuk dari lemak.

6 | Nutrisi penting lain

Selain berkat deretan nutrisi di atas, manfaat alpukat untuk ibu hamil lainnya juga diperantarai oleh kandungan fosfor, magnesium, dan niasin yang penting selama kehamilan. Seperti kita ketahui, magnesium diperlukan tubuh untuk menjaga tekanan darah dan gula darah agar tetap stabil, sekaligus membantu pembentukan tulang maupun gigi.

Tak hanya itu saja, alpukat juga mengandung kolin serta omega 3 yang membantu perkembangan otak dan saraf janin.

Selain alpukat, ada banyak buah lain yang juga bermanfaat untuk ibu hamil, silahkan simak:

Jika daftar di atas, meninjau dari segi kandungannya, maka berikut ini manfaat alpukat untuk ibu hamil lainnya:

7 | Membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan lain juga

Penelitian menunjukkan mengonsumsi alpukat dapat meningkatkan penyerapan karoten dalam tubuh.

8 | Meredakan kram kaki

Kram kaki merupakan gangguan yang sering terjadi pada ibu hamil. Namun itu semua dapat diredakan dengan potasium yang terkandung dalam alpukat.

Potasium juga merupakan mineral yang berperan besar dalam mempertahankan keseimbangan jumlah air dalam tubuh selama kehamilan. Mineral yang juga dapat diperoleh dari kurma atau pisang ini pun penting untuk kesehatan jantung maupun sistem pencernaan ibu hamil.

9 | Menyeimbangkan kolesterol dan kadar gula

Mengonsumsi alpukat secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah yang tinggi. Gula yang tinggi saat hamil bisa memicu terjadinya diabetes gestasional (kencing manis selama kehamilan).

10 | Mengurangi resiko bayi lahir cacat

Banyak penelitian menunjukkan manfaat antioksidan dalam alpukat dapat menurunkan resiko bayi lahir cacat atau abnormal. Dan dibanding buah lain, alpukat ternyata memiliki kadar antioksidan jenis lipophilic paling tinggi di antara semua buah dan sayur.

Jadi, selama ibu tidak memiliki alergi terhadap getah, maka jangan segan memetik sebanyak-banyaknya manfaat alpukat untuk ibu hamil di atas. Mulailah rajin memakan alpukat sejak dari sekarang. Toh, kalau janin dan ibunya sehat, maka seluruh keluarga pun akan senang bukan?!

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer