Manfaat Anggur Merah dan Kandungannya, Terbukti Ilmiah!

Sebagian besar masyarakat belum banyak mengetahui akan manfaat anggur merah serta beragam khasiat yang terkandung di dalamnya. Buah berwarna merah kehitaman dengan rasa manis dan segar ini membuat siapa saja dengan mudah jatuh hati padanya. Akan tetapi seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa ternyata tidak semua orang memahami kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah ini, sehingga hanya dianggap sekedar buah biasa sebagai makanan penutup atau cuci mulut.

Buah anggur merah termasuk ke dalam keluarga Vitaceae yang memiliki ciri fisik dengan tipe batang yang kuat, tumbuh dengan cara merambat, dan pada daunnya berbentuk belahan-belahan. Anggur merah termasuk ke dalam jenis tumbuhan yang mampu bertahan hidup di daerah dataran rendah dan hanya membutuhkan curahan air hujan sekitar 800 mm per tahunnya.

manfaat anggur merah

Kandungan Gizi Buah Anggur Merah

Buah anggur merah memang sangat baik jika digunakan dalam bidang kesehatan untuk menunjang sistem kekebalan tubuh. Berbicara mengenai manfaat anggur merah tentu tidak terlepas dari kandungan gizi serta nutrisi yang terdapat di dalamnya. Berikut kandungan buah anggur merah per 100 gram (3,5 oz):

No.Energi288 kJ (69 kcal)
1Karbohidrat18.1 g
2Gula15.48 g
3Serat pangan0.9 g
4Lemak0.16 g
5Protein0.72 g
6Tiamina (Vit. B1)0.069 mg (5%)
7Riboflavin (Vit. B2)0.07 mg (5%)
8Niasin (Vit. B3)0.188 mg (1%)
9Asam Pantotenat (B5)0.05 mg (1%)
10Vitamin B60.086 mg (7%)
11Folat (Vit. B9)2 mcg (1%)
12Vitamin B120 mcg (0%)
13Vitamin C10.8 mg (18%)
14Vitamin K22 mcg (21%)
15Kalsium10 mg (1%)
16Besi0.36 mg (3%)
17Magnesium7 mg (2%)
18Mangan0.071 mg (4%)
19Fosfor20 mg (3%)
20Kalium191 mg (4%)
21Natrium3.02 mg (0%)
22Zink0.07 mg (1%)


Manfaat Anggur Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Setelah mengetahui kandungannya, maka sekarang saatnya untuk mengupas satu per satu manfaat anggur merah. Berikut manfaat buah anggur merah dalam menjaga kesehatan tubuh yang telah terbukti secara ilmiah:

  1. Membantu Mengatasi Kanker

Buah anggur merah ini dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit kanker. Kandungan senyawa yang terdapat dalam buah ini seperti, antioksidan, asam elagik, acutimissin, restavarol, dan petrostilbene dapat melemahkan fungsi kerja sel-sel abnormal. Seperti kita ketahui bahwa sel-sel kanker adlah sel abnormal yang tumbuh tak terkendali.

Namun hal ini masih dalam tahap penelitian, artinya belum diketahui secara pasti mengenai dosis dan cara penggunaannya yang tepat.

  1. Membantu Mengatasi Masalah Susah Tidur (insomnia)

Manfaat anggur merah yang satu ini ditengarai oleh kandungan senyawa yang bernama melatonin. Zat ini dapat menjaga kestabilan waktu tidur seseorang. Melatonin mampu merangsang saraf otak untuk menentukan jam tidur yang diperlukan oleh tubuh untuk beristirahat dengan cukup, sehingga dengan mengonsumsi buah ini dapat mengatasi gangguan susah tidur atau dikenal dengan istilah insomnia.

Baca: Yuk, Temukan Penyebab Susah Tidur Malam Beserta Solusinya

  1. Mensuplai Energi untuk Tubuh

Berbagai jenis gizi yang terkandung dalam buah anggur merah dapat mensuplai energi tubuh. Rasa manis yang terdapat dalam daging buah tersebut mengandung zat gula alami yang mampu memberikan cadangan energi dengan baik. Bagi penderita diabetes tidak perlu khawatir, karena gula dalam anggur tergolong sumber karbohidrat kompleks yang tidak serta merta menaikkan kadar gula dalam darah.

  1. Membantu Mengatasi Gejala Osteoporosis

Manfaat anggur dalam mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis ditengarai oleh kandungan boron yang mampu menjadikan tulang lebih kuat. Konsumsilah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Namun demikian, kita juga harus aktif bergerak agar tulang-tulang dan otot menjadi kuat secara alami.

  1. Membantu Mengatasi Sakit Kepala

Khasiat dari kandungan buah anggur merah ini dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala. Sangat mudah untuk membuat ramuan buah ini kita cukup menyajikan dalam bentuk minuman berupa jus, tetapi tanpa tambahan gula. Minumlah secara rutin jus segar buah anggur merah ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Membantu Mencegah Serangan Jantung

Rasa manis yang selalu memberikan sensasi sendiri dalam buah anggur merah ini ternyata mampu menjadi alternatif pencegah serangan jantung. Manfaat anggur merah ini ditengarai oleh kandungan antioksidan berupa fenol yang terdapat dalam daging buahnya. Selain itu, kandungan gizi pada buah ini juga dapat membantu mengatasi penyumbatan pembuluh darah didaerah sekitaran jantung.

  1. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat anggur merah yang satu ini tidak terlepad dari berbagai antioksidan maupun senyawa yang terkandung di dalamnya. Sistem imun atau kekebalan tubuh yang kuat akan mencegah segala serangan bakteri serta virus penyebab penyakit.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Pada buah anggur ini juga terdapat kandungan gizi berupa zat metolin dan kalium yang mampu berperan untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Serat pada buah ini juga dapat berfungsi sebagai pembersih pembuluh darah dari tumpukan lemak dan kolesterol yang berlebihan, sehingga peredaran darah akan semakin lancar.

  1. Mengatasi Keluhan Penyakit Diabetes

Buah anggur merah mengandung senyawa mangan yang dapat menstabilkan kadar gula darah pada penderita penyakit diabetes. Dengan kandungan dan manfaat anggur merah tersebut, maka buah ini dapat dinikmati secara rutin. Anda pun dapat menikmatinya secara langsung atau diolah ke dalam berbagai jenis makanan terlebih dahulu untuk meningkatkan selera mengonsumsinya.

  1. Memberikan Warna Putih Pada Gigi

Perlu diketahui dalam buah anggur merah ini terdapat zat asam malat yang dapat memberikan atau memulihkan warna gigi menjadi lebih putih dan sehat. Cara alami ini dapat diterapkan secara rutin untuk memberikan hasil yang memuaskan.

Baca juga: Cara Memutihkan Gigi Alami, Mudah dan Murah

  1. Menjaga Kesehatan Sel-sel di Wajah

Dalam merawat kulit wajah agar tetap sehat dapat memanfaatkan kandungan gizi yang terdapat pada buah anggur merah. Caranya adalah dengan menghaluskan beberapa buah anggur dan tambahkan 2 sendok madu, ramuan kecantikan ini dapat langsung digunakan untuk masker wajah! Biarkan hingga beberapa menit sampai mengering dengan sendirinya!

  1. Membantu Mencegah Penuaan Dini

Buah anggur merah sangat kaya akan antioksidan yang sangat berperan dalam membangun kebugaran tubuh seseorang, sehingga mampu memberikan keutuhan sel-sel terawat dan mencegah penuaan dini. Konsumsilah jus segar buah anggur merah dengan takaran yang cukup agar selalu memberikan efek baik terhadap tubuh.

  1. Mengatasi Keluhan Sembelit

Seperti halnya buah-buahan lain, anggur merah juga mengandung serat yang lumayan banyak. Kandungan inilah yang buat anggur merah bermanfaat dalam mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Buah tersebut dapat disajikan dalam bentuk olahan makanan atau minuman segar sesuai selera agar tetap nikmat dalam mengonsumsinya.

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Kuku

Anggur merah dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk menjaga kebersihan pada kuku. Caranya cukup dengan menyiapkan 8 butir anggur dihaluskan dan tambahkan 2 sendok makan madu. Setelah racikan buah anggur merah lembut, oleskan pada sekitaran kuku dan pijat perlahan. Biarkan sejenak sampai 10 menit, kemudian bilaslah dengan menggunakan air bersih.

Demikianlah beberapa penjelasan seputar manfaat anggur merah bagi kesehatan dengan beberapa fakta ilmiahnya. Anggur merah dapat dikonsumsi secara rutin guna mengatasi beberapa keluhan penyakit yang mengganggu sistem kerja pada tubuh kita. Semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer