Manfaat Apel Hijau dan Kandungannya, Terbukti Ilmiah!

Siapa yang belum mengetahui manfaat apel hijau? Jika itu adalah Anda, maka simak terus artikel dibawah ini. Dalam sesi ini akan kami paparkan apa saja kandungan nutrisi apel hijau dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia, tentu yang telah terbukti secara ilmiah.

Saat ini keberadaan buah apel hijau cukuplah mudah untuk ditemukan, Anda tinggal pergi ke pasar atau toko buah. Kita tahu bahwa buah apel memiliki jenis varian warna, yaitu merah, hijau, dan kekuningan. Memang semuanya menyehatkan dan menarik untuk dibahas, namun pada penulisan kali ini hanya terfokus pada pembahasan manfaat buah apel hijau bagi kesehatan beserta kandungan gizi di dalamnya.

manfaat apel hijau

apel hijau yang penuh manfaat

Apel hijau merupakan salah satu jenis tumbuhan yang termasuk dalam kelas Magnoliopsida. Tumbuhan apel ini pertama kali ditanamkan di Asia Tengah. Namun sekarang tumbuhan apel dapat kita jumpai di berbagai daerah yang memiliki suhu udara yang lebih dingin.

Tumbuhan apel saat itu merupakan tanaman awal dalam bidang pertanian. Buah apel hijau memiliki nama ilmiah atau dalam bahasa latinnya adalah Malus domestica. Pohon apel ini juga memiliki karakteristik berdaun gugur dan batang yang kecil serta dengan ukuran tinggi pohon mencapai 3 meter sampai 12 meter. Bunga buah apel biasanya mekar pada saat musim semi tiba dan buahnya akan masak pada saat musim gugur.

Buah apel merupakan salah satu buah yang bersifat penting untuk dikonsumsi oleh orang-orang Eropa dan Asia pada waktu itu. Karena buah apel diyakini mengandung nutrisi untuk menjaga sistem imun dalam tubuh manusia.

Kandungan Buah Apel Hijau

Di Kalangan masyarakat saat ini masih banyak yang belum mengetahui kandungan vitamin atau nutrisi dalam apel hijau. Kandungan kadar air yang lumayan banyak dan daging buah yang segar mengandung vitamin dan zat-zat yang diperlukan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak. Lebih lanjut, berbagai macam manfaat dan khasiat buah apel hijau mampu memberikan kesehatan tersendiri di dalam tubuh.

Buah yang memiliki tampilan kulit hijau mulus dan rasa manis pada daging buahnya ini membuat orang yang memakannya merasakan kesegaran tersendiri. Biasanya buah ini dimanfaatkan sebagai minuman yang disajikan dalam bentuk jus dan dibuat salad.

Sebelum jauh untuk membahas manfaat buah apel hijau, berikut akan kami papakarkan kandungan gizi dalam 100 gram buah apel pada tabel berikut:

KandunganJumlahSatuan
Air86.67g
Energi48kkal
Protein0,27g
Total lipid (lemak)0.13g
Karbohidrat12,76g
Serat makanan1.3g
Gula, Total10.1g
Kalsium, Ca5mg
Besi, Fe0.07mg
Magnesium, Mg4mg
Fosfor, P11mg
Kalium, K90mg
Sodium, Na0mg
Seng, Zn0.05mg
Vitamin C, asam askorbat4mg
thiamin0.019mg
riboflavin0,028mg
niacin0,091mg
Vitamin B-60,037mg
Vitamin A, RAE2pg
Vitamin A, IU38IU
Vitamin E (alfa-tokoferol)0.05mg
Vitamin K (phylloquinone)0.6pg
Asam lemak jenuh total0,021g
Asam lemak, monounsaturated0,005g
Asam lemak, polyunsaturated0,037g


Manfaat Apel Hijau Bagi Kesehatan

Buah apel hijau mengandung banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh manusia yang mengonsumsinya. Hal ini dapat membantu kesehatan seseorang karena nutrisi maupun vitamin yang berada dalam kandungan buahnya mampu memberikan berbagai asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai berbagai manfaat buah apel hijau bagi kesehatan :

1. Memperlancar Pencernaan

Apel hijau ini merupakan salah satu jenis buah yang memiliki serat lumayan tinggi. Sehingga mampu memperlancar pencernaan dengan baik karena kandungan zat yang berada pada daging buahnya. Apel hijau ini sangat cocok dikonsumsi untuk anda yang sedang mengalami gangguan sistem pencernaan atau sering disebut sembelit. Atasilah dengan mengomsumsi apel hijau secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

2. Memperbaiki Jaringan Tubuh

Salah satu vitamin yang terkandung dalam buah apel hijau ini adalah vitamin C. Vitamin tersebut dapat berguna untuk memperbaiki beberapajaringan tubuh yang telah rusak. Salah satu kegunaannya adalah untuk membantu kembali pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak dapat berfungsi lagi dengan baik. Karena sel-sel kulit ini sangat renta rusak jika keadaan lingkungan dan pola hidup yang tidak sehat dan tak terawat.

3. Menyehatkan Mata

Buah apel hijau selain mengandung vitamin C juga mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata. Vitamin A dalam buah ini cukup banyak, sehingga mampu merangsang pada kesehatan mata dengan baik.Tidak disarankan juga dalam mengonsumsi buah yang terlalu banyak kandungan vitamin A secara berlebihan. Karena hal itu dapat merusak sel-sel tulang, sehingga dapat mengganggu keutuhan vitamin D yang sangat diperlukan juga oleh tubuh kita.

4. Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes sangat popular dikalangan masyarakat kita dan penyakit ini dapat bersifat turun-temurun. Diabetes sendiri merupakan suatu gangguan atau penyakit yang disebabkan oleh kadar gula yang berlebihan dalam tubuh. Tidak perlu khawatir akan penangan diabetes atau kelebihan kadar gula ini. Kita cukup menggunakan buah apel hijau yang mengandung vitamin B1 ini untuk mengatasi penyakit tersebut.

Selain buahnya, cukanya juga bermanfaat: Manfaat Cuka Apel dan Cara Menggunakannya

5. Makanan Pengganti Saat Diet

Buah apel hijau dapat digunakan sebagai makanan alternatif untuk menghindari makanan yang memiliki banyak lemak pada saat diet berlangsung.Buah ini sangat menunjang sekali untuk proses penurunan berat badan. Karena buah apel hijau dapat menimbulkan efek kenyang tersendiri setelah dikonsumsi. Sehingga dapat dilakukan dengan cara mudah ketika kita menginginkan berat badan yang ideal tanpa harus khawatir dengan efek samping lainnya saat memakan buah apel tersebut.

manfaat apel hijau bagi kesehatan

6. Menyehatkan Gigi

Kandungan vitamin K dalam daging buah apel hijau mampu menyehatkan perkembangan gigi. Menguyah buah apel dapat menguatkan akar-akar gigi dan di saat yang bersamaan itu juga dimana vitamin K pada buah apel hijau menjadi zat-zat penguat dan gigi menjadi lebih sehat.

7. Memperbaiki Gangguan Hati

Buah ini memiliki sedikit rasa asam yang cukup mampu untuk membantu menghancurkan sebuah kristal-kristal yang berada dalam empedu. Banyak dikalangan masyarakat saat ini menderita akan mengenai gangguan pada hati atau batu empedu. Jika hal itu terjadi sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi buah apel hijau yang segar ini.

8. Buah Apel Hijau untuk Menangani Pendarahan

Diantara berbagai manfaat buah apel hijau sendiri salah satunya adalah dapat digunakan untuk mencegah suatu pendarahan yang sedang dialami. Pendarahan merupakan suatu permasalahan penyakit yang cukup serius dan harus secepat mungkin untuk ditangani. Kandungan vitamin K pada buah ini yang dapat mencegah pendarahan secara berlebihan. Penyakit ini juga apa bila tidak segera diatasi dapat berakibat tubuh tidak berdayakarena darah keluar secara berlebihan.

9. Apel Hijau untuk Menyehatkan Rambut

Manfaat apel hijau yang satu ini diperantarai oleh berbagai kandungan mineral dan vitamin, maka buah ini mampu memberikan kesehatan sendiri untuk rambut. Sehingga rambut akan terasa lebih lembut dan terhindar dari ketombe. Buah apel hijau ini memiliki banyak mineral serta vitamin C dan vitamin E untuk kesehatan rambut.

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis dan Kandungannya, Terbukti Ilmiah!

Asupan nutrisi sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Salah satunya dapat dipenuhi dengan cara mengonsumsi buah-buahan segar yang diyakini nilai gizinya sangat diperlukan untukregenerasi sel-sel dalam tubuh. Sangat disarankan untuk lebih rutin memanfaatkan kandungan gizi buah apel hijau sebagai penunjang kesehatan kita.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai manfaat buah apel hijau untuk menjaga kesehatan dan semoga memberikan manfaat juga untuk Anda.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer