Manfaat Asam Folat Bagi Wanita yang Sangat Penting

Asam folat dikenal sebagai nutrisi yang sangat berguna untuk ibu hamil. Namun tahukah Anda? Bahwa asam folat juga sangat bermanfaat jika dikonsumsi oleh wanita pada umumnya, alias yang tidak sedang hamil. Berikut ini akan kami ulas selengkapnya mengenai manfaat asam folat bagi wanita.

Asam folat merupakan vitamin B kompleks yaitu vitamin. Vitamin ini adalah vitamin yang diperlukan bagi wanita pada umumnya, terutama bagi ibu hamil. Asam folat biasanya dijumpai pada makanan umum seperti biji-bijian, jeruk, bayam, kangkung, kacang-kacangan, hati sapi, dan sebagainya.

manfaat asam folat bagi wanita

Berapakah kebutuhan asam folat bagi wanita?

  • Perempuan lebih dari 13 tahun, 400-600 mikrogram;
  • Kehamilan, 400-600 mikrogram;
  • Menyusui, 500 mikrogram.

Berikut manfaat yang akan diperoleh tubuh jika kebutuhan asam folat tercukupi.

Manfaat Penting Asam Folat Bagi Wanita

1. Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang paling berbahaya bagi wanita. Tak hanya pengaruh minum minuman beralkohol, rendahnya kadar asam folat juga dapat menyebabkan kanker payudara.

Menurut sebuah laporan American Medical Association (1999), wanita yang mengurangi konsumsi alkohol akan mengurangi resiko kanker payudara setengahnya, sementara wanita yang mengonsumsi asam folat akan menurunkan resiko penyakit ini dengan persentase yang lebih tinggi.

2. Menghindari Resiko Penyakit Jantung

Asam folat bermanfaat untuk mencegah resiko penyakit jantung. Asam folat berfungsi memproduksi sel darah merah yang berguna untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah di dalam tubuh. Apabila tubuh mengalami penggumpalan darah, maka aliran darah tidak bisa mengalir dengan sempurna begitu pula dengan darah yang menuju ke jantung.

3. Melawan Anemia

Manfaat asam folat bagi wanita bermacam-macam, termasuk melawan anemia. Asam folat memiliki fungsi memproduksi sel darah merah. Jika Anda tidak mengonsumsi cukup asam folat, maka sel tubuh akan mengalami kekurangan sel darah merah atau anemia. Selain itu, folat juga membantu Anda mengurangi gejala sesak napas, kelelahan, dan kelemahan.

Baca juga: Obat Kurang Darah (Anemia) untuk Sembuh Tanpa Kambuh

4. Mencegah Proses Penuaan Dini

Ada hubungan erat antara asam folat dengan penuaan pada manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi 800 mikrogram asam folat dalam 3 tahun dapat mengurangi gejala penurunan daya ingat, penuaan dini dan meningkatkan kemampuan menggunakan kata-kata. Khusus untuk wanita berusia di atas 50 tahun, mengonsumsi asam folat sangat penting dan perlu dilakukan untuk mencegah osteoporosis.

Tentu Anda tidak mau menyia-nyiakan manfaat asam folat yang satu ini bukan?

5. Mencegah Penyakit Ginjal

Seperti yang diuraikan di atas, asam folat untuk wanita sangat berguna dalam mencegah penyakit jantung dan penyakit terkait jantung. Selain itu, folat dapat membantu Anda mengurangi resiko penyakit ginjal yang berbahaya karena mengurangi kadar homosistein.

Homosistein merupakan asam amino yang mengandung sulfur, yang ada di dalam plasma darah. Homosistein terbentuk secara alami dalam tubuh. Zat ini dapat menyebabkan masalah pada ginjal jika kadarnya terlalu banyak dalam tubuh. Sehingga kadar homosistein perlu dikurangi dengan cara mengonsumsi asam folat yang cukup.

6. Mengurangi Efek Samping Obat

Jika Anda mengonsumsi obat-obatan seperti pil atau obat lainnya untuk mengatasi kanker, maka Anda akan terancam dengan efek samping yang ditimbulkannya. Untungnya anda bisa mengambil manfaat asam folat untuk mencegah efek samping dari obat metotreksat (kemoterapi). Beberapa efek samping yang biasa Anda alami adalah muntah dan mual.

7. Mencegah Cacat Lahir

Manfaat terbaik dari asam folat bagi ibu hamil adalah mencegah bayi yang dikandung mengalami cacat lahir . Selama masa kehamilan, ibu hamil harus mengonsumsi asam folat yang cukup melalui makanan dan suplemen untuk mengurangi cacat tabung saraf. Biasanya, dokter akan membantu Anda memutuskan apakah Anda harus menambahkan lebih banyak asam folat atau tidak.

8. Bagus untuk Mata

Belum banyak yang tahu tentang manfaat asam folat bagi organ penglihatan ini. Jika Anda memiliki masalah mata atau degenerasi makula, Anda harus mengonsumsi asam folat dengan vitamin B seperti vitamin B12 dan vitamin B6 untuk mengurangi kehilangan penglihatan yang meningkat akibat proses penuaan. Semakin tua usia, semakin banyak masalah penglihatan yang Anda alami.

9. Mencegah Masalah pada Gusi

Manfaat ini adalah salah satu keefektifan asam folat bagi wanita yaitu membantu mencegah atau mengobati penyakit gusi selama kehamilan. Masalah gusi juga disebut fenitoin dan biasanya sering menimpa pada wanita hamil.

10. Mengobati Depresi

Jika Anda mengalami stres, asam folat ini sangat berguna untuk mengatasi masalah stres. Asam folat ini sangat berguna bagi siapapun yang ingin menyingkirkan gangguan kecemasan dengan cepat. Sumber makanan yang mengandung asam folat seperti kacang lentil, buncis, telur, asparagus, alpukat, jeruk, selada, pepaya, pisang, dan lain-lain.

11. Mencegah Keguguran

Asam folat untuk ibu hamil berfungsi menguatkan sel telur, sehingga tidak akan mudah terlepas dari dinding rahim. Asam folat terbukti mampu mencegah gugurnya sel telur dari dinding rahim. Sel telur tersebut akan menjadi embrio dan berkembang menjadi janin. Embrio yang kekurangan asupan asam folat akan menjadi lemah dan tidak kuat menempel pada dinding rahim, sehingga embrio tersebut akan luruh dan terjadilah keguguran.

12. Mencegah Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit kepikunan yang telah parah. Mengonsumsi asam folat setiap hari bisa mencegah alzheimer. Karena asam folat berfungsi mencegah kerusakan otak dan cacat otak, sedangkan alzheimer sendiri merupakan penyakit yang bisa menyerang otak.

13. Mencerdaskan Anak

Ibu hamil yang senantiasa mengonsumsi asam folat sejak dinyatakan hamil pertama kali bisa mencerdaskan janin yang ada di dalam kandungannya. Sebab fungsi asam folat mampu menjaga perkembangan otak janin sehingga otak janin terbentuk dengan sempurna. Tidak hanya itu saja, sel darah merah yang diproduksi oleh asam folat bisa membuat aliran darah manusia dan oksigen berjalan lancar terutama ketika menuju ke bagian otak janin.

Kecerdasan dan kemampuan berfikir janin akan dipengaruhi oleh sel darah merah dan oksigen yang menuju otak. Banyak fakta menunjukkan bahwa orang yang mengalami anemia dia akan sulit konsentrasi sebab di otaknya kekurangan oksigen dan sel darah merah.

14. Membantu Pertumbuhan Jaringan Tubuh

Manfaat Asam folat lainnya yaitu bermanfaat untuk menumbuhkan semua jaringan yang ada di dalam tubuh. Misalnya pertumbuhan jaringan rambut. Anda yang mengonsumsi cukup asam folat, pasti akan mudah dalam menumbuhkan rambut, sehingga Anda akan memiliki rambut yang panjang dan kuat.

15. Mencegah Cacat Jantung

Jantung adalah organ bayi yang sangat penting. Jantung bayi akan berkembang dengan sempurna jika memiliki asupan asam folat yang cukup. Kekurangan asam folat bisa menyebabkan jantung mengalami berbagai macam masalah, seperti jantung bocor, kelainan katup jantung dan lain-lain.

16. Perkembangan Plasenta

Pertumbuhan dan perkembangan plasenta berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan janin. Kekurangan asupan nutrisi asam folat menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan plasenta menjadi tidak sempurna. Plasenta akan berfungsi jika dia mampu berkembang dengan sempurna.

Plasenta memiliki fungsi sebagai pertukaran ekskresi, penyalur oksigen antara ibu janin ke janin yang ada di dalam kandungan, penyuplai makanan,  dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, agar plasenta bisa menjalankan fungsinya dengan baik perkembangan plasenta juga harus bekerja dengan didukung mengonsumsi asam folat.

17. Bayi Prematur

Ibu hamil yang kurang mengonsumsi asam folat akan beresiko melahirkan bayi prematur. Bayi prematur memiliki banyak kelemahan, sebab organ-organ yang ada di dalamnya belum berkembang dengan sempurna. Angka kematian pada bayi prematur tergolong tinggi terutama jika banyak organ bayi banyak yang belum matang.

18. Berat Badan Bayi Rendah

Ibu hamil yang kekurangan asam folat akan melahirkan bayi dengan berat badan yang rendah. Bayi yang kekurangan berat badan rentan mengalami malnutrisi.

19. Menghilangkan dan Menghindari Nyeri Otot

Nyeri otot yang sering dialami mungkin suatu tanda bahwa di dalam tubuh sedang kekurangan asam folat. Asam folat merupakan vitamin B9 yang tergolong dalam vitamin neurotropik. Vitamin neurotropik adalah vitamin yang bermanfaat bagi otot diantaranya adalah penghilang dan pencegah nyeri otot.

20. Meningkatkan Kesuburan

Masalah infertilitas (tidak subur) biasanya dipengaruhi karena kurangnya konsumsi vitamin B9. Oleh karena itu, penting bagi pria maupun wanita untuk meningkatkan kesuburannya dengan mengonsumsi asam folat yang cukup.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer