Manfaat Biji Semangka, Kandungan Gizi, dan Cara Mengolahnya

Selagi menikmati segarnya buah semangka, kebanyakan orang seringkali membuang bijinya begitu saja. Malahan tak sedikit orang yang justru lebih menyukai semangka tanpa biji karena tidak perlu repot menyortir dan membuang bijinya. Ah, andai saja orang-orang ini tahu betapa banyaknya manfaat biji semangka pasti tidak bersikap demikian.

Kebanyakan orang sudah tahu ada begitu banyak manfaat buah semangka, namun untuk bijinya, seringkali tidak memiliki manfaat apa-apa. Bahkan sebagian takut jangan-jangan akan menimbulkan masalah kesehatan apabila menelan biji semangka. Tidak hanya aman ketika ditelan, tetapi biji semangka kaya akan nutrisi dan juga khasiat bagi kesehatan.

Nutrisi apa yang terkandung dalam biji semangka?

manfaat biji semangka

Biji semangka tak hanya kaya nutrisi, tapi juga rendah kalori. Seberapa banyak nutrisi yang diperoleh, tergantung dari seberapa banyak yang dikonsumsi. Porsi 28 gr biji semangka diperkirakan mengandung 158 kalori, lebih rendah dari kripik kentang (berat sama) yang mengandung 160 kalori.

Takaran 28 gr ini diperkirakan dapat memuat 400 biji semangka atau 15 keping keripik kentang. Mungkin bukan hal sulit untuk menghabiskan 15 keping keripik kentang dalam waktu beberapa menit, namun butuh waktu lama kalau ingin melahap habis 400 biji semangka pada sekali waktu. Karenanya, biasanya seseorang hanya sanggup makan segenggam atau 4 gr biji semangka saja pada sekali waktu, dan ini memuat sekitar 56 biji atau 22 kalori saja.

Walau ukurannya mungil, namun kandungan nutrisi biji semangka jauh lebih unggul ketimbang cemilan pada umumnya. Berikut ini daftar nutrisi penting yang terdapat dalam biji semangka:

Magnesium

FDA menyarankan orang dewasa memperoleh asupan 400mg magnesium setiap harinya. Sedangkan saat mengonsumsi 4 gr biji semangka, Anda sudah mendapatkan 21mg magnesium. Peran mineral ini tak hanya penting bagi fungsi metabolisme tubuh, namun juga otot, saraf, sistem imun, jantung, dan kesehatan tulang.

Zat besi

Segenggam biji semangka memuat sekitar 0,29mg zat besi. Walau kadarnya hanya sedikit, namun anga kecukupan gizi (AKG) orang dewasa terhadap nutrisi ini hanyalah 18mg saja per harinya. Seperti kita ketahui bersama, zat besi sangat penting untuk mencegah anemia karena merupakan komponen penting dari hemoglobin. Di samping itu, zat besi juga dapat membantu tubuh mengubah kalori menjadi energi.

Folat

Terdapat lebih kurang 2 mcg folat dalam setiap porsi biji semangka (AKG harian adalah 400mcg). Asam folat atau vitamin B9 ini tak cuma penting untuk fungsi otak, tapi juga dapat mengontrol kadar homosistein. Perempuan usia subur umumnya butuh asupan folat lebih banyak karena defisiensi nutrisi ini dapat menyebabkan bayi cacat lahir.

Potasium

Mineral ini penting untuk menangkal penyakit jantung sehingga kesehatannya tetap terjaga.

Lemak baik

Biji semangka juga diperkaya lemak baik, yakni 0,3gr lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) dan 1,1gr lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat). Menurut American Hearth Association, lemak ini penting untuk melindungi seseorang dari serangan jantung dan stroke karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Di samping mineral dan vitamin di atas, biji semangka juga kaya akan protein (asam amino), fosfor, tembaga, zinc, dan mangan.

Apa manfaat biji semangka?

Berikut ini adalah beberapa manfaat biji semangka yang tak banyak orang tahu:

1. Mencegah komplikasi diabetes

Biji semangka mengandung asam amino yang dapat merilekskan sekaligus melebarkan pembuluh darah sehingga stres oksidatif berkurang. Di samping itu, magnesiumnya juga dapat meregulasi metabolisme karbohidrat. Hasil studi tahun 2014 yang dimuat dalam Journal of Applied Sciences and Environmental Management mendapati kalau ekstrak biji semangka dapat dipakai untuk mencegah komplikasi pada penderita diabetes.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, Anda dapat mendidihkan biji semangka sehingga menjadi teh. Cukup masukkan segenggam biji semangka ke dalam 4 cangkir air, didihkan selama 45 menit (tutup pancinya). Biarkan hingga dingin, lalu minum seperti teh.

2. Mengatasi kelelahan

Anda yang mudah lelah bisa mendongkrak kadar energinya dengan mengonsumsi segenggam biji semangka. Semua ini berkat kandungan zat besinya seperti yang sudah dijabarkan tadi. Di samping itu, biji semangka juga mengandung asam amino L-citrulline, yang dapat meredakan sensasi lelah.

3. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi biji semangka dapat mempertahankan kesehatan jantung. Alasannya karena biji semangka kaya lemak sehat dan potasium. Di samping itu, asam amino citrulline dan arginine-nya dapat melancarkan peredaran darah di arteri serta fungsi kardiovaskular secara keseluruhan.

4. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Walau tubuh sudah memproduksi arginine sendiri, namun mendapatkan tambahan asam amimo ini lewat makanan dapat meregulasi tekanan darah serta merawat penyakit jantung koroner. Selain arginine, nutrisi lain dari biji semangka yang ikut andil dalam tujuan ini adalah magnesium.

Tubuh tak boleh sampai kekurangan magnesium karena itu dapat menyebabkan turunnya potasium, nutrisi penting untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

5. Menyehatkan otot

Kandungan L-citrulline dari biji semangka juga dapat meningkatkan kesehatan otot dan mencegahnya sakit setelah olahraga. Caranya dengan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan memelihara massa otot.  L-citrulline dapat merilekskan otot halus dan meredakan nyeri otot.

6. Mengurangi lemak tubuh

Lagi-lagi arginine dalam biji semangka yang terbukti dapat mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Selain itu, seperti disebutkan di awal bahwa biji semangka rendah kalori sehingga ramah untuk mereka yang diet.

7. Meningkatkan fungsi otak

Untuk manfaat biji semangka satu ini, nutrisi asam folat atau vitamin B9-nyalah yang paling berjasa. Selain itu, kandungan asam lemak sehatnya dapat mendongkrak fungsi neurotransmiter dengan cara meningkatkan kemampuan kognitif dan memori. Dan kalau potasiumnya dapat meningkatkan kemampuan serta kapasitas berpikir, antioksidan dalam biji mungil ini bisa melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

8. Mencegah gangguan mata

Manfaat biji semangka lain yang tak terduga adalah meningkatkan daya lihat dan memperlambat degenerasi makula. Semua ini berkat kandungan vitamin A dan C, antioksidan yang mampu melindungi mata dari berbagai gangguan seperti mata kering, glaukoma, dll.

9. Menyehatkan rambut

Karena bagian utama rambut adalah protein, maka semua bahan yang kaya nutrisi ini tentu baik untuk rambut. Tak hanya itu saja, kandungan zat besi dalam biji semangka bisa menguatkan dan merangsang pertumbuhan rambut. Lebih dari itu, biji semangka panggang mengandung tembaga yang dapat membantu produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada rambut.

Selain dikonsumsi, Anda juga dapat menggunakan minyak biji semangka untuk menyehatkan rambut.

10. Membuat kulit bersinar

Biji semangka juga bisa menjaga kulit tetap glowing dan menawan dari tahun ke tahun. Adalah nutrisi vitamin C yang berperan dalam hal ini. Tak hanya melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, vitamin C juga merangsang produksi kolagen.

Lebih dari itu, biji ini memuat asam oleat dan linoleat yang membantu melembabkan kulit. Anda bisa memperoleh manfaat satu ini dengan cara mengonsumsinya, atau memijatkan minyaknya ke kulit setiap hari sebelum mandi.

Bagaimana cara mengonsumsi biji semangka?

mengolah manfaat biji semangka

Biji semangka memang bisa dimakan langsung saat Anda mengigit daging buahnya yang segar. Menelan secara langsung memang aman, namun apabila ingin mendapatkan khasiat biji semangka secara optimal, maka salah satu cara penyajiannya adalah dengan memanggangnya.

Bila dipanggang, biji semangka yang renyah dapat menjadi salah satu pilihan cemilan sehat pengganti keripik. Pertama kita bisa memanggangnya dan menyulapnya menjadi cemilan sehat. Caranya:

  • Setelah dicuci dan keringkan, rendam biji dalam air semalaman. Tunggu beberapa hari hingga keluar tunasnya.
  • Buang kulit luarnya, kemudian keringkan bijinya dengan cara memanggangnya atau menjemurnya di bawah terik matahari langsung.
  • Tebarkan biji semangka di atas loyang. Untuk menambah rasa, tambahkan sedikit minyak zaitun dan garam, atau taburkan kayu manis dan sedikit gula bubuk. Anda juga dapat menggunakan perasan jeruk nipis  dan bubuk cabai.
  • Panggang dalam oven bersuhu 162°C selama 15-20 menit.
  • Makan sebagai cemilan setelah dingin.

Jadi, mulai sekarang jangan membuangnya, karena ada begitu banyak manfaat biji semangka bagi kesehatan tubuh kita. Selamat mencoba!

Lihat sumber

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer