Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan yang Terbukti Ilmiah

Kecil-kecil cabe rawit adalah kalimat yang tepat disandingkan untuk buah kecil nan lezat ini, ya dia adalah kelengkeng. Bentuknya memang kecil, tapi dibalik itu ternyata mengandung manfaat yang sangat banyak. Tahukah anda apa saja manfaat buah kelengkeng? jika belum, maka simak artikel dibawah ini sampai selesai.

Sering disebut sebagai saudara kecil buah leci, kelengkeng yang istilah ilmiahnya adalah Dimocarpus longan, berasal dari China dan kemudian menyebar ke seluruh dunia hingga saat ini banyak dibudidayakan di Thailand, India dan di beberapa negara Asia lainnya termasuk Indonesia.

manfaat buah kelengkeng

Buah kelengkeng yang mudah dijumpai di toko-toko buah ini, biasanya menjadi hidangan wajib berbuka puasa bagi umat islam yang sedang menjalankan ibadah puasa. Dalam penyajiannya buah ini, biasa dicampur dengan sirup dan es maka jadilah suatu sajian sederhana namun penuh manfaat.

Kandungan Buah Kelengkeng yang Bermanfaat

Di dalam bentuknya yang kecil, buah kelengkeng ternyata mengandung banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh kita  seperti vitamin A, vitamin B, B1, B2, B3, vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, seng, magnesium, potassium dan juga asam tanik. Selain itu terdapat senyawa lainnya berupa fitokimia dan sejenisnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Apa sajakah kandungan yang terdapat dalam buah kelengkeng, bisa anda lihat dalam tabel dibawah ini:

Lebih lanjut mengenai kandungan buah kelengkeng, dijadikan dalam tabel di bawah ini: (kandungan per 100 gram)

KandunganSatuanJumlah
Airg82,75
EnergiKcal60
Proteing1,31
Total lipid (lemak)g0.1
Karbohidratg15.14
Serat, total makanang1.1
Mineral
Kalsium, Camg1
Besi, Femg0,13
Magnesium, Mgmg10
Fosfor, Pmg21
Kalium, Kmg266
Sodium, Namg0
Seng, Znmg0,05
Vitamin
Vitamin C, total asam askorbatmg84
Thiaminmg0,031
Riboflavinmg0.14
Niasinmg0,300
Vitamin B-12mcg0
Lemak
Kolesterolmg0

10 Manfaat buah Kelengkeng bagi Kesehatan

1. Sebagai Anti Depresan

Bagi kamu yang lelah sehabis pulang kerja, ditambah pula dengan beban tugas kerja yang menumpuk maka kondisi tubuh akan menjadi rentan terhadap penyakit dan stress. Untuk mencegah itu, anda dapat mengambil manfaat buah kelengkeng. Kelengkeng memberikan efek menenangkan, meningkatkan fungsi syaraf, mengatasi iritasi dan mengurangi rasa lelah. Kelengkeng juga dapat mengobati insomnia dan  penyakit kelainan tidur lainnya.

2.  Menangkal Serangan Radikal Bebas

Di dalam kelengkeng terkandung polifenol (antioksidan) yang ampuh menangkal serangan radikal bebas di dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel-sel. Itulah mengapa, orang yang rajin mengonsumsi buah ini akan terhindar dari penyakit anemia, kanker dan penyakit kronis lainnya.

3. Mencegah Anemia

Manfaat buah kelengkeng selanjutnya yaitu mencegah anemia. Hal ini diperantarai oleh kandungan zat besi yang tinggi sehingga dapat menunjang produksi sel-sel darah merah dalam tubuh, sampai akhirnya akan mencegah kita dari penyakit kekurangan darah atau yang lebih kita kenal dengan anemia.

4. Penambah Energi

Rasanya yang manis menandakan bahwa buah ini mengandung gula yang banyak. Gula merupakan sumber energi yang mudah diserap oleh tubuh. Jadi, ketika Anda lapar atau lelah setelah berolahraga, maka dengan mengonsumsi buah ini energi Anda akan cepat kembali.

5. Diet Alami

Buah kelengkeng sangat rendah lemak dan kalori, bagi mereka yang ingin mengurangi lemak dari tubuh mereka mengonsumsi kelengkeng adalah solusi yang tepat. Kelengkeng juga mengandung karbohidrat kompleks yang meningkatkan energi,  stamina dan mengurangi nafsu makan. Setengah cangkir lengkeng mengandung hanya 35 kalori sehingga merupakan tambahan yang sehat untuk diet rendah kalori.

6. Sumber Vitamin C yang Berlimpah

Bagi anda yang sangat mudah terserang flu kemungkinan besar tubuh anda kekurangan Vitamin C. Sedangkan manfaaat buah kelengkeng yang paling terkenal adalah karna buah ini mengandung sejumlah besar Vitamin C yang berguna dalam melindungi tubuh dari flu, juga akan memperbaiki mekanisme pertahanan dalam tubuh kita dalam menghadapi virus-virus yang berpotensi mendatangkan penyakit.

Tahukah Anda sumber vitamin C yang tinggi? Baca: Buah Pilihan yang Mengandung Vitamin C Terbanyak

7. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Kinerja jantung sangatlah penting dalam proses sirkulasi darah keseluruh tubuh kita. Dengan mengonsumsi buah kelengkeng kemungkinan untuk terkena penyakit jantung akan semakin menipis ditambah lagi dapat mengurangi stress. Mengonsumsi buah kelengkeng akan merangsang fungsi limpa dan hati, sehingga dapat memberikan efek tenang pada sistem saraf dan mencegah stroke.

8. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan seolah menjadi momok bagi siapa saja yang ingin tetap terlihat cantik dan menawan, akan tetapi penuaan juga adalah sebuah keniscayaan. Jadi yang dapat kita lakukan adalah mencegah penuaan itu terjadi lebih cepat dan salah satu solusinya adalah dengan memaksimalkan manfaat buah kelengkeng. Buah yang satu ini ternyata mengandung zar anti-aging. Salah satu menfaatnya yaitu meminimalkan pengelupasan dan retak pada kulit dan memperbaiki warna kulit.

9. Mencegah Osteoporosis

Salah satu manfaat buah kelengkeng yang tergolong penting yaitu menyehatkan sekaligus menguatkan tulang. Hal ini karena kelengkeng mengandung kalsium, sehingga orang-orang yang rajin mengonsumsinya dapat terhindar dari osteoporosis (penyakit tulang keropos), tentunya harus ditunjang melalui pola hidup sehat seperti olahraga.

10. Menetralkan Racun

Buah kelengkeng juga dipercaya berkhasiat untuk menetralkan racun dalam tubuh. Ketika racun berhasil dikeluarkan, maka beban ginjal tidak terlalu berat sehingga fungsi ginjal akan terjaga kesehatannya.

Setidaknya, itulah 10 manfaat buah kelengkeng yang sangat berguna untuk tubuh kita. Tidak menutup kemungkinan, masih ada banyak manfaat lainnya sesuai dengan zat nutrisi yang terdapat didalamnya.

Buah apapun itu adalah jenis makanan paling sehat yang dapat dikonsumsi makhluk hidup terutama kita sebagai manusia, dalam setiap satu biji buah mengandung puluhan manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh bagi mereka yang mengonsumsinya. Jadi jangan malas mengonsumsi buah karena manfaat yang akan didapat akan sangat tak terhitung jumlahnya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita rasakan apabila sering mengonsumsi buah, dan kelengkeng adalah satu dari sekian banyak buah yang dapat kita jumpai dimanapun. Tidak hanya rasanya yang manis dan enak kita mengonsumsinya, melainkan juga mempertimbangkan manfaatnya yang sangat baik.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer