Manfaat Buah Kersen (Buah Seri) Bagi Kesehatan

Tahukah Anda apa itu buah kersen? Yaa  sebagian orang mungkin bingung dan asing dengan nama tersebut. Namun sebenarnya buah kersen merupakan nama lain dari buah seri. Buah kecil berwarna merah (jika matang) ini sering menarik perhatian anak-anak, dan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

Manfaat buah kersen memang belum banyak diketahui oleh orang banyak, sehingga kami disini akan membahasnya lebih dalam, mulai dari kandungan nutrisi hingga manfaatnya bagi kesehatan.

manfaat buah kersen

buah kersen yang kaya manfaat

Tidak hanya buahnya, daun kersen juga kaya manfaat, simak selengkapnya: Manfaat Daun Kersen dan Cara Mengolahnya

Apa Kandungan Nutrisi dalam Buah Karsen?

Banyaknya manfaat buah kersen yang baik untuk kesehatan, pasti tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Dalam 100 gram buah kersen setidaknya mengandung beberapa gizi serta nutrisi yang tertera dalam tabel berikut :

KandunganNilai Gizi
Energi380 KJ
Air76,3 g
Karotein0,19 g
Tianin0, 065 g
Ribofalin0, 037 g
Niacin0, 554 g
Vitamin C80,5 mg

Apa Manfaat Buah Karsen bagi Kesehatan?

1. Bersifat Antibakteri

Manfaat buah kersen adalah memiliki sifat antibakteri, yaitu membuat tubuh kita menjadi lebih kuat terhadap serangan berbagai bakteri penyebab penyakit. Para peneliti juga menemukan bahwa buah kersen memiliki senyawa antibakteri yang kuat. Senyawa antibakteri dalam buah tersebut mampu melawan bakteri penyebab penyakit  sepsis, staph, difteri, dan infeksi usus.

2. Mengandung Banyak Vitamin C

Dalam 100 gram buah kersen  sama dengan mengandung 150 mg vitamin C. Anda pasti sudah tahu, kan? bahwa vitamin C berfungsi sebagai antioksidan,  mencegah flu dan pilek, serta mengatasi berbagai jenis penyakit kardiovaskular.

3. Mengobati Asam urat

Asam urat adalah salah satu penyakit artritis yang menyakitkan. Penyebab penyakit tersebut adalah tingginya kadar asam urat dalam darah. Asam urat biasanya terjadi pada sendi lutut, jari tangan, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Bagi penderita asam urat, sebaiknya mengonsumsi 9-12 buah kersen sebanyak 3 kali dalam sehari. Hal tersebut dapat mengurangi rasa nyeri dan memungkinkan untuk sembuh lebih cepat.

4. Meredakan Sakit Kepala

Buah kerson juga bermanfaat untuk membantu meredakan sakit kepala parah yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah. Dengan mengonsumsi buah tersebut, maka pembuluh darah akan mengendur dan darah kembali mengalir dengan normal.

5. Bermanfaat bagi Penderita Diabetes

Manfaat buah kersen juga dapat dirasakan bagi penderita diabetes. Hal tersebut dikarenakan kandungan nutrisi dalam buah kersen mampu membantu menurunkan gula darah. Dengan mengonsumsi buah tersebut secara rutin, maka konsumsi obat atau dosis injeksi lebih berkurang. Buah kersen juga baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit diabetes. mencegah lebih baik daripada mengobati.

6. Kaya Antioksidan

Oksidasi adalah proses kimiawi dalam tubuh yang berfungsi untuk melepaskan radikal bebas. Radikal bebas tersebut dapat menyebabkan kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Antioksidan dalam buah kersen mampu menangkal radikal bebas. Hal tersebut dikarenakan buah seri ini memiliki 24 senyawa flavonoid dan fenolik yang baik untuk tubuh.

7. Mengandung Banyak Nutrisi

Buah kersen terdiri atas berbagai nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh, seperti Vitamin C, karotein, tianin, ribofalin, dan nutrisi lainnya. Dengan berbagai jenis manfaat nutrisi yang sangat baik tersebut, tidak mengherankan jika buah kersen dijadikan sebagai makanan pokok di belahan dunia lain. Tidak buahnya yang bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga daunnya dapat dijadikan teh herbal.

8. Menghambat Rasa Sakit

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya, bahwa daun kersen dapat dijadikan sebagai teh herbal. Nahh! teh daun kersen berfungsi untuk menghambat rasa sakit.

Mekanisme kerja teh daun kersen, yaitu menghambat atau menghalangi rangsangan rasa sakit yang diterima sumsum tulang belakang dan otak ketika Anda mengalami luka. Selain itu, teh ini sangat berkhasiat untuk  meredakan sakit kepala, asam urat, rematik, dan nyeri sendi lainnya .

9. Pencegah Penyakit Kanker

Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa daun kersen memiliki kandungan zat yang mampu mengurangi dan mencegah pertumbuhan kanker. Namun, memang kebenaran penelitian itu harus ditinjau kembali pada era modern ini.

Hal tersebut dikarenakan orang pada zaman dahulu tidak berisiko tinggi terkena penyakit kanker layaknya orang-orang di zaman modern ini. Tetapi, di daerah yang beriklim tropis, banyak orang menggunakan daun kersen secara teratur.

10. Memiliki Sifat Antiinflamasi yang Tinggi

Peradangan yang paling sering terjadi adalah radang sendi, jaringan, dan mengakibatkan demam. Dengan minum teh daun kersen secara rutin, maka dapat mengurangi masalah peradangan tersebut. Hal tersebut sudah sering dijadikan sebagai obat alami peradangan bagi orang-orang yang di daerahnya banyak tumbuh pohon kersen

11. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi disebabkan oleh berbagai kebiasaan tidak sehat, seperti merokok, makanan asin, makanan berlemak, dan keturunan. Ketika pembuluh darah menyempit, maka darah tidak akan berjalan lancar ke seluruh tubuh dan memberi tekanan pada pembuluh darah.

Itulah sebabnya, tekanan darah tinggi dapat berisiko menyebabkan serangan jantung dan stroke. Teh Kerson mengandung oksida nitrat dalam tinggi yang berfungsi melonggarkan pembuluh darah yang sempit sehingga darah dapat mengalir dengan lancar, sehingga mampu mengatasi tekanan darah tinggi.

12. Bermanfaat Mengatasi Penyakit Kardiovaskular

Teh daun kersen memiliki antioksidan secara spesifik mampu mencegah berbagai jenis peradangan dan penyebab serangan jantung. Jantung dapat mengalami kerusakan permanen karena kekurangan aliran darah ke jantung. Oleh karena itu lakukan pencegahannya dengan mengonsumsi teh daun kersen.

13. Mengatasi Masalah Pencernaan

Tak hanya buah dan daun kersen, ternyata bunganya juga dapat dijadikan sebagai minuman, dengan cara merebus bunganya sampai dua kali. Pengobatan alami tersebut digunakan untuk ,mengatasi sakit perut dan gangguan pencernaan.

14. Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat buah kersen selanjutnya terdapat pada daunnya. Hal tersebut dikarenakan daunnya dapat bermanfaat untuk mengatur sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Jika sirkulasi darah lancar, maka semua organ dalam tubuh dapat bekerja dengan baik dan maksismal.

15. Mengatasi Kram Perut

Jika Anda memiliki hobi berolahraga, maka Anda pasti pernah merasakan kram perut karena kelebihan mengangkat beban atau seorang wanita yang mengalami kram perut saat menstruasi. Nah, untuk mengatasinya kita bisa mengambil manfaat buah kersen serta daunnya yang dapat dijadikan untuk obat sakit perut.

16. Menguatkan Tulang

Manfaat buah kersen yang lain adalah mampu menguatkan tulang Anda. Hal tersebut dikarenakan buah ini memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang merupakan nutrisi penting bagi tulang.

17. Mengatasi Anemia

Anamia adalah berkurangnya jumlah sel dara merah dalam tubuh kita. Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi mampu, sehingga membantu mengatasi masalah anemia tersebut. Selain itu, buah kersen juga berguna untuk meningkatkan vitalitas dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda.

Waw!! Ternyata si kecil ini memiliki banyak manfaat dan khasiatnya bagi tubuh kita. Jadi, mulai sekarang, Anda tidak perlu ragu memakan buah yang terkesan murahan ini agar Anda dapat merasakan 17 manfaat buah kersen yang telah dijelaskan di atas.

Ingat! informasi manfaat buah kersen di atas masih didasarkan pada pengalaman penggunanya serta khasiat umum dari kandungan zat nutrisi di dalamnya. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut, terutama apabila hendak menggunakannya sebagai obat atau mengobati kondisi medis tertentu.

Langkah terbaik sebelum menggunakan bahan alami ini adalah dengan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau ahli gizi. Jika memungkinkan mereka akan memberikan saran dan dosis penggunaan buah kersen yang terbaik bagi Anda.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer