Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Sebagian besar masyarakat belum tahu mengenai manfaat buah kesemek dan kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan. Buah berwarna orange kecoklatan ini memiliki nama ilmiah Diospyros kaki.  Buah ini populer dan banyak dibudidayakan di daerah jepang.

Buah kesemek dapat dinikmati dalam keadaan segar, kering, atau dimasak. Untuk mendapatkan rasa yang manis dan lembut, Anda harus membiarkan buah kesemek benar-benar matang sebelum dikonsumsi.

manfaat buah kesemek

Buah ini kaya akan mineral penting, seperti fosfor dan kalsium, juga mengandung banyak vitamin, termasuk vitamin A dan C. Agar lebih jelas tentang kandungan di dalam buah kesemek, perhatikan di bawah ini.

Bagaimana Nilai Gizi dan Kandungan Buah Kesemek?

Manfaat buah kesemek yang baik untuk kesehatan, tentunya tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Dalam 100 gram buah kesemek mengandung beberapa gizi serta nutrisi yang disajikan dalam tabel berikut:

PrinsipNilai GiziPersentase RDA
Energi70 Kkal3,5%
Karbohidrat18,59 g14%
Protein0,58 g1%
Lemak total0.19g1%
Kolesterol0 g0%
Serat makanan3,6 g9,5%
Vitamin
Kolin7,6 mg1,5%
Folat8 mcg2%
Niasin0.100 mg1%
Piridoksin0.100 mg7,5%
Riboflavin0,020 mg1,5%
Thiamin0,030 mg2,5%
Vitamin C7,5 mg12,5%
Vitamin A81 IU3%
Vitamin E0,73 mg5%
Vitamin K2,6 mcg2%
Elektrolit
Sodium1 mg0%
Kalium161 mg2,5%
Mineral
Kalsium8 mg0,8%
Tembaga0.113 mg12,5%
Besi0,15 mg2%
Magnesium9 mg2%
Mangan0,355 mg15%
Fosfor17 mg4,5%
Seng0,11 mg1%
Nutrisi Nabati
Karoten-a0 mcg
Carotene-ß253 mcg
Crypto-xanthin-ß1447 mcg
Lutein-zeaxanthin834 mcg
Likopen159 mcg

(Sumber: USDA National Nutrient data base)

Apa Saja Manfaat Buah Kesemek?

seperti yang telah disinggung sebelumnya, bawa banyak sekali manfaat buah kesemek yang belum diketahui oleh masyarakat. Adapun manfaat tersebut sebagai berikut:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah kesemek ternyata hanya memiliki lemak total sebesar 0,19 gram, itu berarti bahwa buah ini hampir tidak megandung lemak di dalamnya. itulah sebabnya mengapa buah ini dapet bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, buah ini juga dapat dijadikan sebagai cemilan sehat yang tidak membuat gemuk.

2. Sumber Phytochemicals

Manfaat buah kesemek selanjutnya adalah mampu mencegah inflamasi dan infeksi berbahaya. Hal tersebut dikarenakan buah ini banyak mengandung Phytochemicals yang berfungsi sebagai agen anti-inflamasi dan anti-infektif yang baik.

3. Anti-Haemorrhoid Alami

Buah kesemek diketahui memiliki sifat anti-hemoragik yang mampu mengatasi penyakit ambeien atau wasir, Tidak heran jika telah digunakan dalam mengendalikan pendarahan yang berlebihan dari luka sejak dahulu kala.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Seperti telah kita ketahui bahwa makanan yang mengandung serat tingg sangat baik bagi sistem pencernaan. Begitu juga dengan buah kesemek yang memiliki serat sebesar 3,6 gram, maka dengan mengonsumsi buah ini secara teratur dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Selain itu, kesemek juga mengandung tanin yang mampu mengatasi diare. Oleh karena itu, buah ini sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah dengan sistem pencernaan.

5. Baik Untuk Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, pasti sering merasa cepat lapar, sehingga buah ini dapat dijadikan sebagai alternatif kudapan untuk menunda lapar. Hal tersebut dikarenakan kesemek mengandung banyak serat dan juga dipercaya mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Baca juga: 25 Buah untuk Diabetes yang Disarankan Para Ahli

6. Bagus Untuk Hipertensi

Kandungan sodium yang tinggi dalam makanan dapat memicu timbulnya hipertensi atau darah tinggi. Buah kesemek memiliki 1 mg atau 0% sodium di dalamnya. Itulah sebabnya mengapa buah kesemek baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Baca juga: 11 Buah Penurun Darah Tinggi (Hipertensi)

7. Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Buah kesemek memiliki kandungan vitamin C yang banyak baik, yaitu sekitar 7,5 mg. Apabila dikonsumsi secara teratur, makan manfaat buah kesemek dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, buah ini bertindak sebagai perisai terhadap flu, infeksi paru-paru, dan asma.

8. Membantu Melawan Kanker

Dengan mengandung antioksidan yang tinggi, maka buah ini dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel dan memicu penyakit kanker. Tidak hanya itu, buah ini juga mampu melawan penyakit kanker karena memiliki banyak kandungan vitamin A.

9. Meningkatkan dan Memperbaiki Penglihatan

Manfaat buah kesemek lainnya yaitu meningkatkan dan memperbaiki penglihatan. Hal tersebut dikarenakan, buah kesemek banyak mengandung vitamin A atau sekitar 81 IU per 100 gram. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah gangguan penglihatan, segera mengonsumsi buah kesemek agar terhindar dari masalah tersebut.

10. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Manfaat buah kesemek juga dapat dirasakan bagi penderita anemia. Hal tersebut dikarenakan dalam buah kesemek terdapat kandungan tembaga yang berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi yang tepat, sehingga pada gilirannya dapat membantu dalam produksi sel darah merah.

11. Obat Alami Masalah Cegukan

Cegukan adalah kontraksi yang tidak sengaja terjadi pada diafragma dan biasanya muncul secara tiba-tiba dan berulang. Pasti Anda pernah mengalami cegukan, kan? Praktisi medis China meyakini bahwa buah kesemek dapat mengatasi masalah cegukan.

12. Menjaga Fungsi Hati

Kesemek kaya akan antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita. Antioksidan juga mampu mengurangi efek bahan beracun dan mencegah kerusakan sel. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah kesemek dapat membantu menjaga dan menyehatkan hati Anda.

13. Mengurangi Retensi Air

Kesemek memiliki efek diuretik, sehingga bermanfaat untuk menghentikan retensi air sekaligus meningkatkan jumlah urin yang keluar melalui ginjal. Selain itu kandungan kalium di dalamnya mampu memastikan tidak ada mineral penting yang hilang saat buang air kecil.

14. Meningkatkan Stamina dan Energi

Mengonsumsi segelas jus kesemek dapat meningkatkan stamina dan energi untuk melakukan aktivitas keseharian Anda. hal tersebut merupakan pilihan yang tepat agar terhindar dari stress dan kelelahan.

15. Mencegah Penyakit Menular

Buah kesemek adalah sumber fitokimia, antioksidan, polifenol, dan katekin. Zat-zat tersebut memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mencegah serangan penyakit menular.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menikmati buah ini, yaitu dengan memakannya secara langsung atau menjadikannya jus. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat jus kesemek yang baik untuk kesehatan.

Bagaimana Cara Membuat Jus Kesemek?

Cara membuat jus kesemek sangat mudah dan sederhana, yuk! kita simak caranya berikut ini:

  1. Ambil 2-3 buah kesemek yang segar. Cuci buah tersebut hingga bersih di bawah air yang mengalir. Ambil handuk bersih atau kertas tisu, lalu keringkan dengan menepuknya secara perlahan.
  1. Kemudian, potong buah kesemek menjadi dua bagian dengan bantuan pisau. Setelah itu, buang bijinya dengan menggunakan sendok kecil. Jika Anda mau, Anda juga bisa mengupas kulitnya sebelum memotong dan membuat jus.
  1. Sekarang, letakkan potongan kesemek dalam blender. Tambahkan setengah gelas air ke dalamnya. Kemudian diblender hingga jus mengental.
  2. Jus kesemek segar dan bergizi Anda sudah siap.

Anda sudah tau kan? manfaat buah kesemek yang baik bagi tubuh Anda. Sekarang, saatnya Anda memasukkan buah kesemek ke dalam daftar belanjaan Anda dan mengonsumsinya secara rutin agar efeknya dapat segera dirasakan oleh tubuh.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer