Fakta Nutrisi dan Manfaat Buah Kundur (Bligo)

Namanya mungkin terdengar asing bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Jika melihat rupanya pun pastilah banyak yang menyebutnya labu. Wajar memang, karena buah kundur atau bligo ini masih satu kerabat dengan labu-labuan.

Meski tidak begitu dikenal, buah kundur ternyata memiliki manfaat yang mengesankan bagi kesehatan lho. Seberapa mengesankan? Mari, cari tahu berbagai nutrisi penting dan manfaat buah kundur berikut ini.

Nilai Gizi dan Kandungan Buah Kundur 

Buah kundur atau bligo mengandung berbagai nutrisi penting. Diantaranya seperti vitamin C, B1 dan B2, kalsium, sodium, seng, besi, fosfor, mangan, tembaga, magnesium, selenium dan potasium.

fakta nutrisi dan manfaat buah kundur

Berbagai nutrisi penting inilah yang menjadikan buah berbentuk lonjong dan bulat ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Mulai dari mencegah efek buruk akibat radikal bebas, mencegah flu, obat migrain dan bagi yang ingin menurunkan berat badan, buah ini dapat diandalkan sebagai makanan untuk diet.

Dalam 1 cangkir (128 gram) buah kundur terkandung  zat-zat gizi sebagai berikut (Sumber: www.healthbenefitstimes.com):

NutrisiJumlahPersentase DV
Energi71 kJN / D
Protein0,53 g1,06%
Lemak total0,26 g0,74%
Abu0,4 gN / D
Karbohidrat3,96 g3,05%
Serat makanan3,8 g10.00%
VitaminJumlahPersentase DV
Vitamin C17,2 mg19.11%
Vitamin B20.145 mg11,15%
Vitamin B10,053 mg4,42%
Vitamin B60,046 mg3,54%
Vitamin B50.176 mg3,52%
Vitamin B30,528 mg3,30%
MineralJumlahPersentase DV
Sodium147 mg9,80%
Seng0,81 mg7,36%
Besi0,53 mg6,63%
Fosfor25 mg3,57%
Mangan0,077 mg3,35%
Tembaga0,03 mg3,33%
LainnyaJumlahPersentase DV
Tryptophan0.003 g0,68%
Lisin0,012 g0,36%
Metionin0.0047 g0,28%
Asam palmitat0,015 gN / D
Asam stearat0.007 gN / D
Asam oleat0,049 gN / D
Asam linoleat0.115 gN / D

*DV = daily values, jumlah nutrisi harian berdasarkan pada asupan makanan 2.000 kalori.

Apa Saja Manfaat Buah Kundur?

1. Mampu Melawan Radikal Bebas

Buah yang awalnya dibudidayakan di Asia Tenggara ini kaya akan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Kemampuannya inilah yang dapat dimanfaatkan untuk melawan atau melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang berkontribusi terhadap berbagai penyakit kronis dan degeneratif seperti serangan jantung, stroke, alzheimer dan kanker.

Radikal bebas sendiri dapat bersumber dari dalam tubuh (endogen) dan dari luar tubuh (eksogen). Endogen atau radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh bersumber dari proses autooksidasi, respiratory burst atau dari proses oksidasi enzimatik. Sedangkan radikal bebas yang berasal dari luar tubuh atau endogen bersumber dari polusi udara, asap rokok, pestisida atau dari radiasi sinar UV.

Mengingat saat ini kadar polusi di kota-kota besar semakin meningkat saja, maka cobalah untuk mengambil manfaat buah kundur ini sebagai senjata dalam melawan radikal bebas.

2. Membantu Mencegah Flu

Manfaat buah kundur selanjutnya dikemas berkat kandungan vitamin C dan zinc (seng) yang terkandung didalamnya. Kombinasi Vitamin C dan seng dalam buah kundur terbukti mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dalam mencegah virus flu.

Bukan hanya itu, kombinasi vitamin C dan seng dalam buah kundur juga ternyata mampu mengurangi kemungkinan akan terserang radang paru-paru dan stroke. Sampai disini saja, sudah luar biasa bukan manfaatnya?

3. Obat Migrain Alami

Bagi yang kerap dilanda migrain atau sakit kepala sebelah, jangan buru-buru mengambil obat. Cobalah atasi dengan mengonsumsi buah kundur.

Tak banyak yang tahu, bahwa kandungan vitamin B2 yang terkandung dalam tanaman yang tumbuh merambat ini tergolong cukup tinggi. Mampu mencukupi lebih dari 11% kebutuhan harian akan vitamin B2. Nah, kandungan vitamin B2 dalam  buah kundur inilah yang dapat membantu menangani atau meringankan sakit kepala akibat migrain.

Tak cukup sampai disitu, kombinasi vitamin B2 atau riboflavin bersamaan dengan antioksidan didalamnya terbukti mampu menjaga kesehatan mata dan mencegah gangguan penglihatan yang terkait dengan defisiensi riboflavin. Antioksidannya berperan dalam membantu mengurangi stres oksidatif pada retina dan degenerasi makula.

Selain mampu mengatasi migrain, buah ini pun amat sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Patut dicoba!

Baca juga penjelasan lengkap cara mengobati migrain berikut: Penyebab Migrain dan Cara Mengobatinya.

4. Berperan dalam Metabolisme Energi

Seperti yang sudah kita ketahui diatas, bahwa buah kundur mengandung vitamin B2 yang cukup tinggi. Kehadiran vitamin B2 dalam tubuh ini berfungsi untuk memastikan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi agar dapat diubah menjadi energi.

Dengan mengonsumsi buah kundur secukupnya, maka secara langsung kita telah membantu tubuh dalam menghasilkan energi yang berguna untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Tanpa kehadiran vitamin B2 dalam tubuh, maka metabolisme pencernaan protein, lemak dan karbohidrat dalam tubuh menjadi terganggu.

Jadi, mulai sekarang penuhi asupan vitamin B2 Anda, salah satunya dengan cara mengonsumsi buah kundur secukupnya secara rutin.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah kundur kaya akan serat makanan. Kandungan serat yang cukup tinggi ini dapat membantu mengoptimalkan fungsi pencernaan sekaligus mencegah datangnya berbagai gangguan pencernaan seperti konstipasi, perut kembung bahkan penyakit berat seperti kanker usus besar dan divertikulitis.

Serat makanan juga dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi usus, sekaligus mengurangi kadar kolesterol dalam sistem kardiovaskular.

Untuk itu, bila ingin terhindar dari berbagai masalah pencernaan, maka jangan sampai melewatkan asupan makanan yang mengandung serat tinggi setiap harinya.

6. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat buah kundur semakin terasa lengkap berkat kehadiran potasium didalamnya. Potasium pada buah kundur berfungsi sebagai vasodilator yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan melepaskan ketegangan pada pembuluh darah arteri sehingga darah dapat mengalir dengan lancar.

Ditambah lagi, dengan kehadiran berbagai serat larut didalamnya yang terbukti mampu mengurangi penyerapan kolesterol dan lemak jahat dalam tubuh, semakin membuat buah ini dapat diandalkan untuk melindungi kesehatan jantung. Terutama dari penyakit jantung koroner yang menjadi pemicu utama dari serangan jantung.

Baca juga : 25 Makanan Sehat untuk Jantung Anda.

7. Menjaga Fungsi Kognitif

Kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam buah kundur dapat dijadikan solusi ideal untuk meningkatkan produksi sel darah merah terutama bagi penderita anemia. Seperti yang kita ketahui, zat besi menjadi komponen penting dalam pembentukan sel darah merah.

Dengan mencukupi kebutuhan zat besi, maka sirkulasi darah dan oksigen menuju seluruh organ tubuh pun dapat berjalan secara optimal termasuk ke otak. Otak sendiri menggunakan 20% dari keseluruhan oksigen yang ada di dalam tubuh. Kehadiran zat besi inilah yang membantu mengangkut oksigen ke otak untuk menjalankan fungsi sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, kekurangan zat besi selain dapat menyebabkan anemia, juga dapat berimbas pada kesehatan mental, penurunan daya ingat serta konsentrasi. Pada bayi atau anak-anak, kekurangan zat besi dapat menyebabkan mereka kesulitan dalam belajar serta mengalami penurunan pada fungsi linguistik.

8. Merangsang Pembentukan Kolagen

Sepertinya kandungan vitamin C dalam buah kundur benar-benar memainkan peran penting bagi kesehatan tubuh. Selain dapat meningkatkan imunitas tubuh, vitamin C juga dibutuhkan dalam pembentukan kolagen.

Kolagen sendiri memegang peranan penting dalam tubuh manusia. Diantaranya untuk membantu penyembuhan luka, meningkatkan elastisitas dan kelembaban kulit, membantu terciptanya sel baru untuk menggantikan sel-sel lama yang telah rusak atau mati serta mendukung kesehatan sendi, otot, tulang dan berbagai organ-organ diseluruh tubuh.

Bagaimana, cukup mengesankan bukan manfaat buah kundur ini?

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ada yang berniat menurunkan berat badan? Sepertinya buah ini wajib masuk dalam menu diet sehat Anda. Kandungan seratnya yang tinggi dan relatif rendah kalori membuatnya sangat pas disajikan sebagai makanan diet. Ketika mengonsumsinya perut akan terasa kenyang, keinginan untuk ngemil atau makan berlebih pun dapat dihindari.

Belum lagi kombinasi berbagai mineral dan nutrisi dalam buah kundur yang mampu mendorong pertumbuhan otot dan memaksimalkan metabolisme tubuh sehingga program penurunan berat badan pun akan berjalan sesuai rencana.

10. Detoksifikasi Tubuh

Buah kundur bersifat diuretik, karena itu buah ini dapat digunakan untuk membantu meringankan kerja tubuh dalam melakukan detosifikasi dari berbagai zat beracun atau yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Zat-zat beracun, lemak jahat, garam dan air yang berlebih dalam tubuh akan dibuang melalui urine. Walhasil, organ-organ tubuh seperti ginjal dan hati pun dapat bekerja secara optimal berkat proses detosifikasi tersebut.

Melihat begitu banyak manfaat buah kundur ini bagi kesehatan, sepertinya amat sayang bila kita tidak segera mengonsumsi buah yang satu ini. Jadi, cobalah untuk segera menikmati kesegaran buahnya kemudian rasakan berbagai manfaatnya!

Lihat sumber

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer