Manfaat Buah Rambutan dan Kandungan Gizinya

Buah rambutan mudah dikenali karena bentuk buahnya yang persis sama seperti namanya, ya buah rambutan memiliki bulu-bulu halus yang terdapat di kulit buahnya dan apabila sudah matang biasanya berwarna merah atau kuning. Selain enak untuk dijadikan santapan di kala sedang santai, manfaat buah rambutan juga ternyata sangat banyak dan berguna untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat buah rambutan itu, mari simak artikel ini sampai tuntas.

Memiliki nama ilmiah Nephelium laapaceum, rambutan diyakini berasal dari Indonesia dan sekarang banyak ditemukan di Filipina, Malaysia, Kamboja, Thailand, Sri Lanka, India, Ekuador, Australia dan Amerika. Di India sendiri, buah rambutan mudah kita jumpai di beberapa negara bagian selatan seperti Tamil Nadu, Kerala dan Karnataka. Nama rambutan berasal dari nama Indonesia “rambut” yang berarti rambut.

manfaat buah rambutan

Kandungan Gizi Buah Rambutan

Manfaat buah rambutan tidak hanya kita dapatkan dari sari buahnya saja, akan tetap juga bisa kita temukan dari kulitnya, kulit kayu dan daunnya. Apa saja nilai gizi yang terkandung dalam buah rambutan, mari perhatikan tabel dibawah ini.

GIZISATUANPER 100.0G1 CANGKIR, DIKERINGKAN 150G1 CANGKIR 214G1 BUAH 9G
Proximates
airG78.04117,06167.017.02
EnergiKcal821231757
ProteinG0,650,981,390,06
Total lipid (lemak)G0,210,320,450,02
Karbohidrat, selisihnya (gemuk)G20.8731.3044.661,88
Serat, total makananG0,91.41.90,1
MINERAL
Kalsium, CaMg2233472
Besi, FeMg0,350,520,750,03
Magnesium, MgMg710151
Fosfor, PMg914191
Kalium, KMg4263904
Sodium, NaMg1116241
Seng, ZnMg0,080,120,170,01
VITAMIN
Vitamin C, total asam askorbatMg4.97.410.50.4
ThiaminMg0,0130,0200,0280,001
NiasinMg1,3522.0282.8930.122
Vitamin B-6Mg0,0200,0300,0430.002
Folat, DFEmcg812171
Vitamin B-12mcg0.000.000.000.00
Vitamin A, RAEmcg0000
Vitamin A, IUIU3460
LEMAK
KolesterolMg0000

Jika diperhatikan, kandungannya mirip dengan buah kelengkeng, baca juga: Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan yang Terbukti Ilmiah

Apa Saja Manfaat Dari Buah Rambutan?

Melihat dari banyaknya kandungan gizi dari buah rambutan diatas, sudah bisa dipastikan bahwa buah ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Siapa sih yang tidak ingin sehat hanya karena dari mengonsumsi buah rambutan yang tidak hanya nikmat, murah-meriah tapi juga mendatangkan manfaat. Mari kita bahas satu-persatu manfaat buah rambutan berikut ini:

1. Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Di Indonesia dan Malaysia buah rambutan digunakan untuk perawatan penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan berbagai penyakit lainnya. Hal ini diketahui sudah berlangsung selama beratus-ratus tahun lamanya. Namun demikian masih memerlukan bukti-bukti ilmiah akan manfaat buah rambutan tersebut.

2. Penambah Energi Alami

Kandungan karbohidrat dan protein pada buah rambutan dapat membantu meningkatkan energi dan mencegah kembung. Rambutan juga kaya akan air, yang membantu mendapatkan kembali energi yang hilang dan memuaskan dahaga.

3. Menangkal Bahaya Radikal Bebas

Tubuh yang tidak terlindung dari paparan radikal bebas akan mudah terserang penyakit dari yang ringan sampai yang berat seperti kanker. Nah, salah satu manfaat buah rambutan yaitu terdapat yang namanya senyawa asam gallic yang diyakini mampu memerangi radikal bebas. Radikal bebas sendiri sering dituding sebagai pemicu kanker.

4. Regenerasi Sel Darah Merah dan Putih

Dalam buah rambutan terkandung Zat tembaga yang memiliki peran dalam pembentukan sel-sel darah putih. Sel-sel ini nantinya akan melawan virus, bakteri, dan kuman yang berpotensi merugikan kesehatan tubuh kita. Vitamin C dari buah rambutan akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh kita menjadi kuat dan tidak mudah terserang penyakit, dimana vitamin ini berperan sebagai antioksidan alami.

5. Membantu Fungsi Ginjal

Ginjal memiliki peranan penting dalam proses pencernaan makanan dalam tubuh kita, tugas utamanya yaitu Detoksifikasi (proses penyaringan dan pembersihan racun dalam tubuh). Di dalam organ tubuh ini, racun akan disaring dan dipisahkan. Namun terkadang, ginjal tidak secara tuntas membersihkan racun-racun itu sehingga masih ada yang tertinggal. Kita bisa memetik manfaat dari buah rambutan untuk menunjang fungsi ginjal, karena buah ini mengandung zat fosfor yang berguna untuk menetralisir toksin, sehingga ginjal lebih ringan saat bekerja.

6. Membantu Mengatasi Anemia

Buah Rambutan adalah sumber zat besi yang sangat baik untuk meningkatkan jumlah oksigen di dalam tubuh yang nantinya dapat membantu mengendalikan pusing dan kelelahan karena anemia (penyakit kekurangan darah dan zat besi). Fungsi zat besi sendiri sangat dibutuhkan dalam produksi sel darah merah (eritrosit).

7. Mengandung Serat yang Tinggi

Kandungan serat dalam buah rambutan nyatanya bagus untuk mengontrol keinginan untuk makan yang berlebihan. jika buah ini kita konsumsi dalam jumlah yang cukup akan membuat kita kenyang dalam waktu yang lama karena kandungan serat dan airnya yang tinggi mengendalikan rasa lapar. Hal inilah yang menjadikan buah ini sebagai pilihan diet alami dalam proses membantu menurunkan berat badan.

8. Mencegah Peradangan

Sifat anti inflamasi yang terkandung di dalam Buah rambutan, membantu mencegah terjadinya peradangan pada organ tubuh. Peradangan yang dimaksud disini seperti yang biasa kita jumpai pada organ tubuh seperti sendi, tenggorokan, otot, dan paru-paru.

9. Sebagai Antiseptik Alami

Istilah Antiseptik memiliki definisi sebagai senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan yang hidup seperti pada permukaan kulit dan membran mukosa. namun kali ini kita membahas sifat antiseptik yang sama terdapat juga dalam buah rambutan sehingga antiseptik ini menjadi antiseptik alami. Manfaat dari antiseptik Ini membantu dalam melawan berbagai infeksi yang menyerang tubuh kita.

10. Mengobati Sariawan dan Bibir Pecah-Pecah

Penyakit yang umum diketahui banyak orang sebagai dampak dari kekurangan vitamin C adalah sariawan, walau tergolong sebagai penyakit yang biasa di pandang sebelah mata namun sariawan menyebabkan ketidaknyamanan bagi penderitanya terutama ketika ingin makan. Buah rambutan adalah jenis obat alami yang pas untuk penyakit ini. Ditambah pula dengan penyakit yang sejenis seperti bibir pecah-pecah dan sakit pada tenggorokan. (baca: Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat, Tepat, dan Efektif)

11. Meremajakan Kulit

Bagi anda yang mendambakan kulit halus dan tampak segar, mengonsumsi buah rambutan adalah salah satu solusinya. Kita bisa mendapatkan manfaat buah rambutan ini karena kandungan protein yang berguna untuk mengganti sel-sel kulit mati dan rusak, dengan sel-sel yang baru. ditambah lagi kandungan airnya yang tinggi akan menghidrasi kulit anda, sehingga membuatnya lembut, halus dan kenyal.

12. Perawatan Rambut Lebih Maksimal dan Alami

Seperti namanya buah rambutan memiliki juga kandungan yang baik untuk rambut anda. Pasta daun Rambutan memberi nutrisi pada rambut Anda dari dalam. Protein dan mineral zinc yang ada dalam buah rambutan, terbukti berkhasiat menjaga kecantikan rambut anda. Rutinlah mengonsumsi buah rambutan kalau anda berkeinginan untuk memiliki rambut lebat dan sehat seperti para model shampo di televisi.

Manfaat daun rambutan yang seperti ini juga bisa Anda peroleh dari lidah buaya, baca: Lidah Buaya untuk Rambut: Manfaat dan Cara Pemakaiannya

13. Menyembuhkan Penyakit Hipertensi

Hipertensi atau biasa kita kenal dengan penyakit darah tinggi biasanya menyerang mereka yang sangat mudah didera kepanikan. Kondisi tekanan darah tinggi apabila dibiarkan dapat berujung pada timbulnya penyakit lain seperti penyakit jantung dan stroke. Dengan mengonsumsi buah rambutan akan membantu meredakan penyakit hipertensi yang diderita. Bahkan menjadi obat alami yang enak dikonsumsi dibanding obat-obatan seperti pil dan lainnya.

Itulah beberapa manfaat yang dapat anda temukan dalam buah rambutan, buah tropis yang termasuk musiman. Menikmati buah ini pun bisa dilakukan dengan beragam cara mulai dari dimakan langsung atau mencampurnya dengan aneka buah yang lain sampai menjadi hidangan seperti sop buah, sirup buah, dan lain sebagainya.

Untuk menjadi sehat adalah sebuah pilihan bagi masing-masing orang. kita sebagai makhluk yang dibekali akal selalu dihadapkan pada pilihan-pilihan yang akan mengarahkan kita pada konsekuensi dari setiap pilihan yang kita ambil, ada baik dan buruk. Pilihan-pilihan itu pun berlaku juga pada makanan sebagai kebutuhan pokok kita sehari-hari. Semuanya berdampak pada diri kita sendiri, tergantung pada anda selanjutnya, apakah akan memilih makanan baik yang mendatangkan kesehatan atau sebaliknya.

Jika ada banyak sekali manfaat buah rambutan, masihkah anda mencari makanan lain yang tidak jelas manfaatnya atau bahkan berbahaya bagi kesehatan?

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer