Manfaat Daun Kersen dan Cara Mengolahnya

Daun kersen atau kita lebih mengenalnya sebagai daun talok atau tanaman seri, merupakan daun yang kaya manfaatnya untuk kesehatan. Kalau selama ini kita lebih sering mengonsumsi buah dari tanaman kersen yaitu seri, sekarang saatnya mengenal lebih dekat manfaat daun kersen bagi kesehatan tubuh. Karena daun kersen dikenal memiliki kandungan alami yang dapat menyehatkan tubuh dan mencegah timbulnya penyakit.

Daun atau pohon kersen relatif mudah ditemui, bahkan seperti rumput liar, tanaman ini dapat tumbuh hampir di semua tempat, seperti di pekarangan rumah, di tepi jalan, bahkan di hutan. Kebanyakan tanaman ini tidak sengaja ditanam dan kehadirannya pun seringkali tak dihiraukan karena belum benyak yang mengetahui manfaat daun kersen ataupun buahnya.

manfaat daun kersen seri

Daun kersen berbentuk lonjong dan panjang serta bergerigi di pagian pinggirnya. Permukaan daun ini kasar dengan warna hijau dikedua sisi atas dan bawahnya. Tangkai daun kersen ini memiliki warna serupa daunnya namun sedikit kekuningan. Jika selama ini kita mengenal banyaknya manfaat buah kersen atau seri, maka sekarang Anda tahu kalau daun kersen pun ternyata juga memiliki manfaat kesehatan.

Inilah beberapa kandungan yang ada di dalam daun kersen, diantaranya flavonoid (termasuk zat biflavan, flavan, flavanone dan falavone), karbohidrat, alkaloid, tanin, saponin, protein, kalsium, zat besi, lemak tak jenuh ganda, vitamin C, fosfor, zat antioksidan, antiinflamasi, antikanker dan tumor serta zat anti septik yang kuat dalam melindungi luka dan peradangan.

Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan

Didasarkan pada zat-zat yang terkandung dalam daun kersen, maka berikut ini manfaat yang dapat kita peroleh setelah mengonsumsinya.

1. Membantu Mengobati Diabetes

Tidak hanya buah nya saja yang dikenal dapat membantu mengobati diabetes, ternyata daun kersen juga merupakan obat yang bagus untuk penderita diabetes. Sudah sejak lama daun kersen dikenal sebagai ramuan alami untuk mengatasi gula darah yang tinggi. Karena merujuk pada kandungan saponin dan flavonoidnya yang cukup banyak, daun kersen mampu merangsang tubuh untuk menyekresi hormon insulin yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mengontrol kadar gula. Daun ini akan mencegah naiknya kadar gula dalam darah sehingga mencegah diabetes Anda kambuh.

2. Mencegah Perkembangan Tumor dan Kanker

Manfaat daun kersen selanjutnya yaitu mampu mencegah perkembangan tumor. Jangan tunggu sampai Anda terkena tumor atau ketika gejala dari tumor ini sudah muncul, namun konsumsilah daun kersen untuk mencegah datangnya penyakit tumor. Di dalam daun kersen terdapat kandungan flavonoid, saponin dan tannin. Ditambah lagi, air rebusan daun kersen bisa menjadi antiseptik yang sangat bagus untuk mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi.

3. Menyehatkan Jantung

Manfaat daun kersen yang ketiga ini berhubungan dengan salah satu penyakit mematikan yang banyak ditakuti orang, yaitu penyakit jantung. Bagi Anda yang masih bingung mencari pengobatan yang pas dan murah untuk kesehatan jantung dan agar terhindar dari penyakit jantung kronis, maka daun kersen ini sangat baik untuk Anda konsumsi. Diketahui manfaat daun kersen salah satunya adalah dapat menjaga fungsi otot jantung.

4. Mencegah Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi apabila tidak segera ditangani akan berdampak pada timbulnya penyakit jantung. Untuk mengatasi hal ini Anda tidak perlu bingung, cukup gunakan daun kersen untuk mencegah hipertensi kambuh, dan untuk mengontrol tekanan darah agar tidak naik terlalu tinggi.

Namun demikian, Anda tidak boleh hanya mengandalkan daun ini ketika darah tinggi sudah parah, maka dari itu berkonsultasilah dengan dokter.

5. Anti Inflamasi

Manfaat daun kersen selanjutnya yaitu  sebagai anti inflamasi atau anti peradangan. Daun kersen akan memberikan perlindungan pada tubuh dengan mengobati beberapa peradangan yang Anda alami. Seperti contohnya, radang tenggorokan maupun peradangan lainnya yang bisa diobati dengan daun ini.

6. Mengatasi Bakteri

Manfaat daun kersen bagi kesehatan tubuh selanjutnya yaitu mampu membunuh bakteri penyebab penyakit. Bakteri, kuman atau virus adalah contoh mikroorganisme yang sering mendatangkan penyakit baik ringan maupun berat pada manusia. Apabila Anda khawatir dengan kondisi tubuh Anda, tidak ada salahnya mengonsumsi daun kersen ini untuk membunuh berbagai bakteri penyebab penyakit.

Flavonoid, tannin dan juga saponin yang terkandung dalam daun kersen dapat menjadi antiseptik alami yang mampu membunuh berbagai mikroba serta bakteri  yang bisa mendatangkan penyakit bagi tubuh.

7. Membantu Menurunkan Kolesterol

Apabila tingkat kolesterol dalam darah melebihi normal akibatnya bisa gawat, kondisi kolesterol yang tinggi akan meningkatkan kemungkinan Anda menderita penyakit serius seperti stroke dan serangan jantung. Menurunkan kolesterol jahat dapat dengan cara yang lebih alami, yaitu menggunakan daun kersen. Daun kersen bermanfaat sebagai penurun kolesterol alami agar tubuh terhindar dari penyakit berbahaya.

Baca juga: Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi Tanpa Efek Samping

8. Baik untuk Diet

Diet tidak saja mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi, tetapi lebih kepada mengganti subjek makanannya. Bagi Anda yang sedang ingin memulai diet, daun kersen sangat patut di coba. Manfaat daun kersen diantaranya untuk menjaga berat badan tetap ideal atau tidak melebihi batas normal. Selain mengonsumsi makanan sehat tidak ada salahnya menggunakan khasiat daun kersen untuk mendapatkan berat dan bentuk tubuh ideal.

9. Melancarkan Aliran Darah

Salah satu manfaat daun kersen yang tak kalah pentingnya adalah mampu melancarkan aliran darah. Daun kersen akan membuat peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar dan juga terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh darah yang tersumbat.

10. Meredakan Nyeri

Nyeri pada tubuh sedikit atau banyak pasti menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderitanya apalagi bila rasa nyeri itu tak kunjung hilang. Perlu Anda ketahui bahwa, daun kersen bisa mengobati nyeri yang ada di tubuh. Daun ini memiliki kandungan alami yang fungsinya untuk meredakan rasa nyeri yang menyerang tubuh tanpa efek samping sama sekali.

Selain 10 manfaat daun kersen untuk kesehatan, ada lagi manfaat lainnya, yaitu:

  • Antioksidan yang tinggi.
  • Meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh.
  • Mencegah kanker.
  • Mencegah penyakit jantung.
  • Menetralkan toksin atau racun.

Cara Mengolah Daun Kersen

Untuk mendapatkan manfaat daun kersen secara optimal, maka Anda harus tahu bagaimana menyajikannya.

  • Kebanyakan orang mengolah daun kersen untuk mengobati penyakit dengan cara merebus daun nya tanpa di campur dengan bahan lain. Caranya, ambil 10 helai daun kersen lalu bersihkan sampai benar-benar bersih menggunakan air, kemudian rebus dengan dicampur 2 gelas air dan tunggu sampai air nya susut menjadi tinggal satu gelas saja. Minumlah 2-3 gelas perharinya, selama 2-4 hari.
  • Cara lainnya yang dapat Anda praktekkan yaitu dengan menggunakan seduhan serbuk daun kersen yang sebelumnya telah di keringkan. Sama seperti sebelumnya, Anda dapat mengonsumsinya 2-3 kali dalam sehari satu gelas setiap kalinya.
  • Daun kersen dapat juga dibuat jus lalu diminum tanpa ditambah gula, madu atau yang lain, tujuannya agar khasiat daun kersen dapat bekerja dengan maksimal didalam tubuh.
  • Untuk luka baru, borok menahun, eksim, pendarahan diluar tubuh atau bekas luka yang ingin dipudarkan. Caranya bisa dengan diremas dengan tangan, ditumbuk, atau di blender lalu dioleskan pada kulit yang sakit. Lakukan 3 kali sehari agar mempercepat penyembuhan luka dan peradangan.
  • Daun kersen yang sudah tua lebih baik karena mengandung nutrisi dan zat anti inflamasi yang lebih kuat, sehingga prose penyembuhan luka dan pencegahan peningkatan asam urat relatif cepat.

Referensi:

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer