12 Manfaat Edamame ‘Kedelai Jepang’ Bagi Kesehatan

Jika Anda sering berwisata kuliner ke restoran-restoran Jepang pasti sangat akrab dengan tanaman yang mirip dengan kedelai ini. Ya edamame! Kacang kedelai khas Jepang ini biasa disajikan sebagai campuran sup atau camilan yang menyehatkan. Sayuran ini juga menjadi salah satu super foods yang baik untuk kesehatan, manfaat edamame itu tidak terlepas dari kandungan vitamin A, vitamin C, serat, dan protein yang banyak serta sejumlah zat gizi lainnya.

Kabar baik untuk Anda yang doyan ngemil namun di sisi lain ingin menurunkan berat badan, edamame menawarkan solusinya. Tak perlu takut lagi kegemukan ketika ngemil, karena kedelai khas Jepang ini direkomendasikan pakar nutrisi untuk menjadi camilan menyehatkan yang bisa dinikmati setiap hari. Kandungan serat dan protein yang tinggi pada edamame akan membantu Anda merasa lebih kenyang sekaligus mengontrol nafsu makan agar tidak berlebihan.

manfaat edamame

kacang edamame yang kaya manfaat

Tak hanya sampai disitu saja manfaat edamame yang dapat Anda rasakan ketika mengonsumsinya setiap hari. Edamame juga bermanfaat bagi kesehatan otak, membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, bahkan salah satu zat antioksidan didalamnya yang disebut daidzein dipercaya dapat memperpanjang umur lho. Wow luar biasa bukan manfaatnya!

Jadi mari kita mengenal sayuran khas Jepang ini lebih jauh serta apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.

Nilai Gizi dan Kandungan Edamame

Edamame mengandung energi, protein, serat, karbohidrat, berbagai asam amino serta lemak dan gula dalam kadar rendah. Selain itu, tanaman sejenis kedelai ini juga mampu menjadi sumber yang baik dari berbagai mineral seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, dan mangan. Vitamin C, riboflavin, thiamin, niasin, asam pantotenat, vitamin B6, folat, vitamin E, dan tokoferol adalah beberapa vitamin yang terkandung dalam edamame.

Dari 100 gr edamame terdapat 110 kalori dan mampu memberikan 10,25 g atau 18% asupan protein harian yang direkomendasikan. Tahukah Anda edamame juga merupakan sumber folat yang sangat baik, dari 100 gram edamame segar mengandung 303 mcg atau 76% folat. Folat, bersama dengan vitamin B-12, adalah salah satu senyawa penting sintesis DNA dan pembelahan sel.

Kedelai jepang ini juga memiliki kadar vitamin C dalam jumlah sedang (9,7 mg atau sekitar 16% DRI). Seperti yang kita ketahui, vitamin C merupakan antioksidan alami yang mampu membantu mencegah efek radikal bebas, menjaga kekebalan tubuh, dan agen anti-inflamasi.

Dalam 100 gram edamame, terkandung  zat-zat gizi sebagai berikut (Sumber: USDA National Nutrient data base):

KandunganNilai GiziPersentase RDA
Energi109 Kcal5,5%
Karbohidrat7,61 g6%
Protein11.22 g20%
Lemak total4,73 g23,5%
Kolesterol0 mg0%
Serat makanan4,8 g13%
Vitamin
Folat303 mcg76%
Niasin0,925 mg6%
Asam pantotenat0,535 mg11%
Piridoksin0.135 mg10%
Riboflavin0,265 mg20%
Thiamin0.150 mg12,5%
Vitamin A0 IU0%
Vitamin C9,7 mg16%
Vitamin E0,72 mg5%
Vitamin K31,4 mcg26%
Elektrolit
Sodium6 mg<1%
Kalium482 mg10%
Mineral
Kalsium60 mg6%
Tembaga0,324 mcg36%
Besi2,11 mg26%
Magnesium224 mg56%
Mangan1,672 mg73%
Fosfor161 mg23%
Seng1,32 mcg12%

*RDA = recommended daily allowance, jumlah nutrisi harian yang direkomendasikan untuk kesehatan tubuh optimal.

Inilah Beberapa Manfaat Edamame untuk Kesehatan

1. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang rentan terhadap kerusakan akibat kondisi luar, seperti polusi, cuaca, obat-obatan, dan lainnya, sehingga perlu perawatan yang tepat. Kandungan antioksidan pada edamame dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan sekaligus memperbaiki kerusakan pada kulit. Selain itu, edamame juga mengandung isoflavon yang bermanfaat dalam mengelola perubahan kulit terkait usia pada wanita pascamenopause.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat edamame sebagai ‘super food’ tidak diragukan lagi, hal ini berkat kandungan nutrisi, vitamin, dan antioksidan dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Seperti yang kita ketahui sistem kekebalan yang baik sangat penting bagi tubuh untuk melindungi diri terhadap berbagai jenis mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat edamame dalam menjaga kesehatan tulang tidak terlepas dari kandungan kalsium, fosfor, zat besi, vitamin E, dan nutrisi lainnya. Dengan demikian, mengonsumsi edamame dan produk kedelai lainnya dapat memberikan nutrisi dan bantuan penting dalam memperkuat tulang sekaligus menjaga kepadatannya.

Ada suatu penelitian yang menyatakan bahwa edamame dapat mengurangi risiko patah tulang, terutama pada wanita pascamenopause. Osteoporosis contohnya, penyakit yang sangat akrab dengan wanita yang berada di usia senja. Edamame mampu membantu mencegah datangnya penyakit ini, karena kandungan isoflavon dan berbagai nutrisi lain yang terkandung didalamnya.

Konsumsilah edamame secara teratur dan jalani gaya hidup sehat, maka akan membantu Anda terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan tulang.

4. Membantu Memperbaiki Fungsi Paru

Studi penelitian menunjukkan bahwa asupan genistein diketahui dapat memperbaiki fungsi paru pada penderita asma. Kabar baiknya edamame mengandung genistein, dengan demikian sayuran ini bermanfaat dalam membantu memperbaiki fungsi paru.

5. Mengatur Berat Badan

Kabar gembira untuk Anda yang hobi makan atau ngemil! Ternyata mengonsumsi edamame bermanfaat dalam mengatur berat badan. Anda pasti menyadari, bahwa asupan makanan yang tepat memainkan peran yang sangat penting dalam memanajemen berat badan. Itulah mengapa Anda harus mengonsumsi edamame. Kandungan protein yang tinggi dan kalorinya yang rendah menjadikan edamame sebagai cemilan yang menyehatkan tanpa perlu mengkhawatirkan berat badan akan bertambah.

6. Baik untuk Sistem Pencernaan

Manfaat edamame selanjutnya yang harus kita ketahui adalah kemampuannya menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat. Edamame merupakan sumber serat yang baik, yang membantu memudahkan pencernaan. Sembelit dan kembung yang Anda alami juga dapat dicegah atau dikurangi dengan mengonsumsi edamame.

Terlepas dari manfaatnya untuk sistem pencernaan, serat juga memegang peranan penting untuk memastikan agar kolesterol terjaga pada kadar yang tepat, sehingga akan mengurangi risiko terkena stroke atau serangan jantung.

7. Membantu Mengurangi Pertumbuhan Tumor

Tanaman kedelai seperti edamame, semakin hari menjadi semakin penting karena memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Studi penelitian juga telah dilakukan untuk memastikan potensi manfaat kesehatannya, seperti sifat anti kanker. Salah satu studi membuktikan bahwa ekstrak kedelai mampu secara signifikan mengurangi pertumbuhan tumor dan memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhannya.

8. Membantu Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Produk-produk kedelai seperti contohnya edamame, diketahui bermanfaat dalam membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini dibuktikan pada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006, dimana hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi makanan kedelai dapat meningkatkan kontrol kadar insulin dan glukosa darah.

9. Membantu Mencegah Gangguan Mental

Berdasarkan temuan dalam studi epidemiologi, dibuktikan bahwa individu-individu yang mengonsumsi kedelai dalam jumlah lebih banyak, secara umum memiliki resiko lebih rendah terkena gangguan mental yang terkait usia.

10. Meningkatkan Kesuburan

Menurut Harvard Medical School’s Harvard Health Publications, bagi wanita yang ingin meningkatkan kesuburannya dapat mengonsumsi lebih banyak zat besi dari sumber tanaman seperti edamame, bayam, kacang dan labu. Dengan manfaat edamame yang satu ini, maka kacang jepang ini sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalani program hamil. Baca juga: 10 Makanan Tebaik untuk Kesuburan

11. Membantu Mengatasi Depresi

Anda sedang stress atau merasa depresi? Cobalah untuk menjadikan edamame sebagai asupan makanan. Folat yang terkandung dalam edamame diketahui dapat membantu mengatasi depresi dengan mencegah tubuh menghasilkan homosistein yang berlebihan. Kelebihan homosistein dapat mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinephrine yang berfungsi mengatur suasana hati, nafsu makan dan tidur agar lebih baik.

So, ucapkan selamat tinggal untuk depresi dan sambutlah hari-hari bahagia Anda ketika mengonsumsi edamame.

12. Membantu Menurunkan Resiko Kanker Payudara dan Prostat

Penyakit kanker payudara begitu menakutkan bagi kaum hawa, pun begitu juga dengan kanker prostat yang banyak menyerang kaum Adam. Namun Anda tak perlu lagi merasa cemas, karena kita bisa mengambil manfaat edamame yang ternyata bisa mencegah sel kanker bersarang di tubuh kita.

Kandungan genistein dan isoflavon yang dominan dalam tanaman kedelai termasuk edamame, mengandung sifat antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Dengan mengonsumsi setidaknya 10mg edamame per hari dapat membantu menurunkan resiko kanker payudara sebesar 25% dan kanker prostat 20%. Ya, meskipun Anda juga harus tetap menjaga gaya hidup sehat pastinya.

Jadi bagaimana, setelah mengenal edamame lebih jauh dan mengetahui berbagai manfaatnya tertarik kah Anda untuk mengonsumsinya setiap hari? Tapi ingat ya, konsumsilah dalam batas wajar.

Perhatikan juga, sebaiknya edamame harus dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan. Hal ini dikarenakan edamame dalam kondisi yang mentah mengandung banyak zat anti-nutrisi, fitoestrogen, dan toksin yang dapat merugikan kesehatan. Konsumsi kacang edamame mentah dapat menyebabkan sakit perut, diare dan muntah. Jadi, olahlah edamame dengan benar dan nikmatilah berbagai manfaatnya.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer