9 Manfaat Infused Water Lemon untuk Diet dan Kesehatan

Kalau Anda termasuk orang yang aktif beraktifitas di luar maupun di dalam rumah, pasti sering merasa lelah dan membutuhkan asupan bergizi untuk mengimbangi rutinitas Anda yang padat. Agar tubuh fit dan pekerjaan tetap lancar harus dibarengi dengan makanan dan minuman yang tidak hanya enak tapi mendatangkan manfaat untuk kesehatan. Sekarang, ada alternatif pilihan minuman sehat, yaitu infused water, apa itu infused water? apa saja manfaat infused water lemon?

Apa itu Infused Water?

Infused water sedang menjadi tren saat ini hampir diseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Tapi tidak seperti tren lainnya, infused water termasuk dalam tren kesehatan, yang artinya tren ini positif mengingat manfaat nya yang sangat banyak. Baca: Manfaat Infused Water

manfaat infused water lemon

Infused water adalah air putih biasa yang sudah dicelupkan atau direndam didalamnya beberapa potongan buah atau herbal. Buah apa saja terserah Anda sesuai selera masing-masing. Tapi jangan memilih buah yang tekstur dagingnya mudah hancur ketika direndam dalam air seperti, semangka, pisang, mangga, alpukat, pepaya dll. Kami merekomendasikan beberapa buah berikut ini: jeruk, pir, stroberi, kiwi, apel, anggur, melon, bluberry, mentimun, dan terkhusus lemon yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Baiklah langsung saja kita bahas, kandungan dan beberapa manfaat infused water lemon bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Buah Lemon 

Manfaat infused water lemon tidak terlepas dari kandungan buah lemon itu sendiri. Berikut ini tabel nutrisi kandungan lemon segar, mentah, tanpa kulit.

 Nilai Nutrisi Lemon per 100 g
PrinsipNilai GiziPersentase RDA
Energi29 Kcal1,5%
Karbohidrat9,32 g7%
Protein1,10 g2%
Lemak total0,30 g1%
Kolesterol0 mg0%
Serat makanan2,80 g7%
Vitamin
Folat11 mcg3%
Niasin0.100 mg1%
Asam pantotenat0.190 mg4%
Piridoksin0,080 mg6%
Riboflavin0,020 mg1,5%
Thiamin0,040 mg3,5%
Vitamin C53 mg88%
Vitamin A22 IU1%
Vitamin E0,15 mg1%
Vitamin K0 mcg0%
Elektrolit
Sodium2 mg0%
Kalium138 mg3%
Mineral
Kalsium26 mg3%
Tembaga37 mcg4%
Besi0,60 mg7,5%
Magnesium8 mg2%
Mangan0,030 mg1%
Seng0,06 mg0,5%
Phyto-nutrisi
Carotene-ß3 mcg
Karoten-?1 mcg
Crypto-xanthin-ß20 mcg
Lutein-zeaxanthin11 mcg
Likopen0 mcg

Sumber: Basis data gizi nasional USDA (United States Department of Agriculture).

Manfaat Infused Water Lemon

Bagi Anda penggemar minuman segar tapi sedang dilema memilih antara minuman segar dan membatasi konsumsi gula dan minuman bersoda maka tak perlu bingung lagi. Anda tetap bisa mendapatkan minuman segar dengan lebih banyak manfaatnya yaitu, infused water lemon sebagai minuman segar yang siap menemani Anda kapanpun dan dimanapun.

Infused water lemon dikenal sebagai air detoks alami yang kaya manfaat, tidak hanya rasanya yang enak dan menyegarkan, infused water lemon merupakan kombinasi hebat untuk menurunkan berat badan. Infused water lemon mengandung nol kalori jadi sangat layak dijadikan sebagai minuman Anda sehari-hari.

Semakin banyak Anda menambahkan bahan ke dalam infused water lemon, maka semakin banyak pula manfaatnya. Tapi jangan pernah mencampur infused water lemon dengan gula, maka kandungan manfaatnya bisa hilang. Kami menyarankan bahan campuran infused water lemon Anda dengan stroberi, mentimun, mint, daun kemangi dan lainnya sesuai selera.

1. Membantu Proses Pencernaan

Manfaat infused water lemon yang pertama yaitu minuman ini dapat membantu melancarkan percernaan dalam tubuh. Infused water lemon membuat tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup sehingga proses pencernaan menjadi mudah dan lancar. Jika Anda mengalami masalah pencernaan tak ada salahnya memilih minuman ini sebagai alternatif pengobatan alami dibandingkan obat-obatan di apotik.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat infused water lemon yang kedua ini berhubungan dengan keinginan setiap orang untuk memiliki bentuk tubuh ideal dan lebih sehat dengan cara menurunkan berat badan berlebih. Kalau Anda minta saran dari para ahli kesehatan, mereka biasanya akan menyarankan untuk minum lebih banyak air untuk mendukung niat Anda itu. Maka infused water lemon adalah pilihan yang sempurna, tidak saja rasanya yang enak dan segar tapi tujuan menurunkan berat badan dapat tercapai.

Ketika keinginan untuk makan muncul, minumlah infused water lemon maka keinginan untuk makan lagi akan segera hilang. Waktu yang tepat meminum infused water lemon adalah di pagi hari dan ketika sebelum tidur agar proses penurunan berat badan lebih efektif.

Simak juga:

3. Membuat Kulit Lebih Sehat

Manfaat infused water lemon ketiga berhubungan dengan kulit. Dalam infused water lemon yang rajin Anda konsumsi mengandung anti oksidan alami yang membantu melawan penuaan dan mengurangi bintik-bintik di kulit. Tidak hanya bermanfaat lewat dalam, infused water lemon juga bisa di aplikasikan lewat luar tubuh yaitu dengan cara mengoleskannya langsung ke kulit atau bekas luka Anda.

4. Membantu Detoksifikasi (menghilangkan racun)

Manfaat infused water lemon keempat berkaitan dengan proses detoksifikasi atau pembuangan racun berbahaya dari dalam tubuh. Proses detoksifikasi ini akan membantu kinerja hati (liver), ginjal dan sistem pencernaan lain dalam membuang kotoran. Asam sitrat dalam lemon membantu memaksimalkan enzim yang dapat menstimulasi (merangsang) kerja hati.

5. Sumber yang Kaya Vitamin C

Manfaat infused water lemon kelima adalah minuman ini diketahui sebagai sumber vitamin C yang berlimpah, maka dari itu akan sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Plus, tidak hanya memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda namun membantu juga dalam menghasilkan collagen dalam jumlah besar (protein penting dalam tubuh manusia).

Kolagen sendiri sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tulang, gigi dan pembuluh darah. Vitamin C baik untuk orang-orang yang memiliki kadar zat besi rendah karena meningkatkan penyerapan zat besi dalam darah.

6. Mengatur Kadar pH

Manfaat infused water lemon yang keenam berhubungan dengan kadar pH (tingkat keasaman) dalam tubuh kita. Seperti diketahui, bahwa setiap sel tubuh terdiri dari air sehingga menjaga kadar ph sangatlah penting. Asam sitrat dalam lemon membantu mempertahankan pH dalam jumlah yang ideal. Oleh karena itu, akan membantu mencegah terjadinya penambahan berat badan, penyakit jantung dan penyakit yang berhubungan dengan masalah jantung lainnya.

7. Meningkatkan Energi

Manfaat infused water lemon  selanjutnya, minuman ini dapat membantu Anda memproleh energi lebih banyak. Bila Anda termasuk orang yang cepat merasa lelah atau selalu merasa lemas seharian, cobalah minum infused water lemon untuk mengambalikan energi dan memperbaiki mood Anda. Infused water stroberi juga bisa Anda jadikan pilihan kedua kalau menginginkan manfaat yang sama.

8. Membantu Menjaga Kesehatan Ginjal

Asam sitrat dalam lemon membantu menjaga kesehatan ginjal. Ginjal sangat penting untuk mengatur jumlah cairan dalam tubuh agar tetap dalam batas yang diperlukan, mengatur tekanan darah dan mengeluarkan kotoran dari tubuh. Jika Anda memiliki batu ginjal, ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik.

Batu ginjal biasanya terbentuk bila bekas kotoran dari kalsium oksalat dan asam urat yang mengkristal. Asam sitrat yang ditemukan dalam lemon mencegah kristalisasi ini, memungkinkan tubuh Anda untuk mendetoksifikasi dan mencegah terbentuknya batu ginjal.

9. Memerangi Kanker

Sebuah studi yang diterbitkan dalam “Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition” menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan lemon dapat mencegah dan mengurangi berat badan dan penambahan lemak. Penelitian difokuskan pada polifenol lemon, sejenis antioksidan yang ditemukan di lemon. Selain memperlambat penambahan berat badan, peningkatan asupan lemon akan memperbaiki pengendalian glukosa dalam darah dan fungsi insulin.

Tidak hanya dibuktikan dari satu studi, juga dari sebuah studi lain yang diterbitkan dalam “Journal of Research in Medical Sciences“, menemukan bahwa ekstrak kulit jeruk mampu menurunkan dan mencegah oksidasi LDL – atau kolesterol “jahat”. Kolesterol sendiri termasuk ke dalam radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko peradangan dan risiko kanker.

Sebenarnya manfaat infused water tidak jauh berbeda dengan manfaat yang kita dapatkan dari  mengonsumsi buahnya secara langsung (manfaat jeruk lemon). Namun dalam hal ini kita tidak mengonsumsi serat yang terkandung dalam buah tersebut, sehingga manfaat serat tidak kita dapatkan.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer