Manfaat Kacang Mete, Cara Penggunaan, Efek Samping

Berkat kelezatan rasanya, kacang mete begitu disukai dan populer di seluruh dunia. Namun, disamping kelezatan rasanya, ternyata kacang mete juga mampu menyuguhkan segudang manfaat bagi kesehatan. Apakah manfaat kacang mete bagi kesehatan selezat rasanya? Mari kita kupas lebih dalam!

manfaat kacang mete

Apa Kandungan Gizi dalam Kacang Mete?

Jambu monyet atau jambu mete (Anacardium occidentale) merupakan tanaman buah yang berasal dari Brasil Tenggara. Dari buah jambu monyet inilah kemudian didapati buah sejati yang dikenal dengan nama kacang mete.

Meskipun dinamakan jambu, sebenarnya secara botani jambu monyet bukanlah termasuk famili Myrtaceae atau suku jambu-jambuan maupun kacang-kacangan (Fabaceae). Melainkan lebih dekat dengan famili Anacardiaceae atau suku mangga.

Kacang mete sendiri dibekali dengan kandungan mineral yang melimpah, seperti mangan, potasium, tembaga, besi, magnesium, seng, dan selenium. Di tambah lagi dengan kehadiran berbagai nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, lemak, folat, niasin dan asam pantotenat yang semakin melengkapi manfaat kacang mete bagi kesehatan.

Dalam 100 gram kacang mete, terkandung  zat-zat gizi sebagai berikut (Sumber: USDA National Nutrient data base):

KandunganNilai GiziPersentase RDA
Energi553 Kcal28%
Karbohidrat30,19 g23%
Protein18,22 g32,5%
Lemak total43,85 g146%
Kolesterol0 mg0%
Serat makanan3,3 g8,5%
Vitamin
Folat25 mcg6%
Niasin1,062 mg6,5%
Asam pantotenat0,864 mg17%
Piridoksin0,417 mg32%
Riboflavin0,058 mg4,5%
Thiamin0,423 mg35%
Vitamin A0 IU0%
Vitamin C0,5 mg1%
Vitamin E5,31 mg35%
Vitamin K34,1 mcg28%
Elektrolit
Sodium12 mg1%
Kalium660 mg14%
Mineral
Kalsium37 mg4%
Tembaga2.195 mg244%
Besi6,68 mg83,5%
Magnesium292 mg73%
Mangan1,655 mg72%
Fosfor593 mg85%
Selenium19,9 mcg36%
Seng5,78 mg52,5%
Fitokimia
Carotene-ß0 mcg
Crypto-xanthin-ß0 mcg
Lutein-zeaxanthin22 mcg

*RDA = recommended daily allowance, jumlah nutrisi harian yang direkomendasikan untuk kesehatan tubuh optimal.

Apa Manfaat Kacang Mete bagi Kesehatan?

Begitu banyak manfaat kacang mete bagi kesehatan, diantaranya sebagai penurun kadar kolesterol jahat dalam darah, mampu melawan pertumbuhan sel kanker dan tumor, menjaga kesehatan jantung, tulang hingga dapat membantu mencegah terjadinya degenerasi makula.

Berikut manfaat kacang mete selengkapnya:

1. Ampuh Menurunkan Kolesterol Jahat

Kacang mete kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) seperti asam oleat dan palmitoleat. Asam lemak esensial ini terbukti ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam darah.

2. Mampu Melawan Pertumbuhan Sel Kanker

Mungkin tak ada yang pernah menduga sebelumnya, bahwa kacang mete ternyata memiliki khasiat yang mampu melawan pertumbuhan sel kanker dan tumor agar tidak berkembang lebih jauh lagi.

Para peneliti mengambil kesimpulan, di mana manfaat kacang mete ini tercipta berkat kandungan senyawa antioksidan di dalamnya seperti proanthocyanidins, asam anakardat, kardol dan kardanol yang telah teruji dalam melawan pertumbuhan sel kanker juga tumor.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Kacang mete merupakan sumber lemak baik yang sangat penting bagi perkembangan otak dan proses pembekuan darah. Konsumsi kacang mete diperlukan untuk membantu tubuh menyerap vitamin A, D, E dan vitamin K yang larut dalam lemak.

Asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) dan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) dalam kacang mete, disamping dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam darah, juga dapat diandalkan untuk menjaga kesehatan jantung. Tentunya selama dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

4. Baik untuk Penderita Hipertensi

Manfaat kacang mete juga dapat dirasakan oleh para penderita hipertensi. Sebab, kacang mete mengandung mineral magnesium yang dapat melancarkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

5. Membantu Pertumbuhan Rambut Sehat

Ingin memiliki rambut sehat hitam berkilau? Cobalah konsumsi kacang mete setiap harinya. Kacang mete mengandung mineral tembaga yang dapat membantu terwujudnya rambut sehat, lebat dan hitam berkilau.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Tentunya siapa pun mendambakan tulang yang sehat dan kuat sampai di usia senja bukan. Nah, jalan yang dapat ditempuh untuk mewujudkan keinginan ini salah satunya dengan rutin mengonsumsi kacang mete setiap hari.

Kacang mete kaya akan berbagai mineral penting yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang. Diantaranya seperti kalsium, magnesium, fosfor, zinc dan tembaga yang kesemuanya sudah terbukti dapat mencegah berbagai gangguan kesehatan tulang, salah satunya seperti osteoporosis .

7. Mencegah Terbentuknya Batu Empedu

Batu empedu merupakan endapan keras yang terbentuk dari kolesterol dan menumpuk di kantung empedu. Konsumsi kacang-kacangan seperti kacang mete secara rutin diketahui dapat menurunkan risiko terbentuknya batu empedu hingga 25%.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Lemak yang terdapat pada kacang mete, tergolong lemak baik. Berdasarkan hasil penelitian pada para pelaku diet, ditemukan hasil bahwa seseorang yang mengonsumsi kacang mete setidaknya 2 kali seminggu, akan mengalami penurunan berat badan yang lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

9. Kaya akan Antioksidan

Kacang mete tinggi akan kandungan antioksidan yang bertindak sebagai co-factor bagi banyak enzim, membantu tubuh memanfaatkan zat besi dengan benar dan menangkal efek buruk dari radikal bebas. Selain itu, manfaat kacang mete ini juga dapat dirasakan oleh ibu hamil agar terhindar dari kondisi pre-eklampsia dan eklampsia yang dapat membahayakan ibu juga janin yang dikandungnya.

10. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kacang mete mengandung seng, yang memainkan peranan penting dalam sintesis protein, penyembuhan luka dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi virus atau bakteri. Untuk bayi yang masih berada di dalam kandungan, seng sangat dibutuhkan dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan otak bayi.

11. Baik untuk Pencernaan

Kacang mete juga memiliki kandungan serat yang dapat membantu pergerakan usus guna mempermudah proses pembuangan sehingga mencegah terjadinya gangguan pencernaan seperti sembelit atau konstipasi.

11. Mencegah Terjadinya Anemia

Kandungan zat besi dalam kacang mete bersama dengan sejumlah vitamin seperti riboflavin, asam pantotenat, thiamin dan niasin berperan dalam membantu mencegah terjadinya anemia dan menurunkan tingkat kerentanan tubuh terhadap berbagai infeksi.

12. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Magnesium tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tulang. Mineral ini juga sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi. Oleh karena itu, konsumsi kacang mete yang kaya akan magnesium dapat dijadikan kebiasaan baik guna menciptakan gigi dan gusi yang senantiasa sehat.

13. Membantu Mencegah Degenerasi Makula

Kacang mete memiliki kemampuan dalam menyaring radiasi sinar ultraviolet sekaligus melindungi penglihatan dari degenerasi makula yang dapat menyebabkan terjadinya kebutaan.

Bagaimana Cara Penggunaan Kacang Mete?

cara penggunaan dan efek samping kacang mete

Mengolah kacang mete mentah dapat dilakukan dengan cara di goreng. Adapun langkah-langkah yang dapat diikuti yakni sebagai berikut:

  1. Siapkan wadah berisi air hangat. Banyaknya air disesuaikan dengan jumlah kacang yang akan di olah.
  2. Masukkan garam sebanyak 2-3 sendok makan dan aduk perlahan hingga garam larut.
  3. Kemudian masukkan kacang mete, lalu diamkan selama 5 menit.
  4. Setelah itu, aduk-aduk perlahan hingga air berubah menjadi keruh atau kehitaman.
  5. Tiriskan kacang mete. Buang air bekas rendamannya, lalu ulangi langkah 1-3 sekali lagi.
  6. Setelah itu, bilas kacang mete dengan air keran lalu keringkan.
  7. Goreng kacang mete di atas minyak panas hingga berwarna kuning keemasan.
  8. Tiriskan dan letakkan di atas tisu atau kertas agar minyak terserap.
  9. Kacang mete goreng pun siap dinikmati.

Adakah Efek Samping Kacang Mete?

Konsumsi kacang mete dalam jumlah tepat, sesunggunhnya berdampak baik pada kesehatan tubuh. Meski begitu, dalam beberapa kasus, kacang mete juga dapat menyebabkan beberapa efek samping, khususnya bagi mereka yang memiliki alergi terhadap kacang mete.

Beberapa efek samping yang mungkin timbul akibat konsumsi kacang mete diantaranya seperti :

  • Batu ginjal. Kandungan asam oksalat dalam kacang mete dicurigai dapat mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh sehingga memicu terjadinya penumpukan dan pembentukan butiran kristal di saluran kemih maupun ginjal.
  • Reaksi alergi. Seseorang yang memiliki alergi terhadap kacang seperti kacang mete dapat mengalami reaksi alergi yang ringan hingga berat. Reaksi alergi yang timbul dapat berupa gatal dan kemerahan pada kulit, pembengkakan di sekitar mulut atau wajah, mual, muntah, diare, kram perut, kesulitan bernapas hingga reaksi anafilaksis yang dapat mengancam nyawa.

Dengan kelezatan rasanya dan manfaatnya yang begitu besar bagi kesehatan, menyertakan kacang mete dalam menu makanan sehari-hari menjadi pilihan tepat. Bagi seorang vegetarian yang menghindari daging, kacang mete dan jenis kacang lainnya juga dapat dijadikan alternatif untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Jadi, apakah kita semua sependapat bahwa manfaat kacang mete selezat rasanya?

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer