Manfaat Kopi Hitam Bagi Pria dan Wanita

Ketika mendengar kata kopi hitam, sudah pasti terbayang aromanya yang harum dan khas. Ternyata, kopi tidak hanya ampuh untuk membuat mata tetap melek, tetapi ada banyak manfaat kopi hitam lainnya yang baik untuk kesehatan kita. So, bagi Anda pecinta kopi simak baik-baik artikel ini, sambil sesekali “menyeruput” kopi hitam Anda.

Kabar baik bagi Anda pecinta kopi, karena kopi merupakan minuman yang menyehatkan. Hal tersebut dikarenakan kopi kaya akan antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit yang serius.

manfaat kopi hitam

Apa Saja Manfaat Kopi Hitam?

Kopi juga merupakan minuman yang tidak hanya digemari oleh pria, namun juga wanita. Berikut ini adalah beberapa manfaat kopi hitam untuk meningkatkan kesehatan Anda, yaitu:

1. Meningkatkan Energi dan Membuat Lebih Cerdas

Manfaat kopi hitam yang paling utama adalah mampu meningkatkan energi dan kecerdasan seseorang. Hal tersebut dikarenakan kopi mengandung kafein yang berfungsi membantu seseorang lebih bersemangat dan terhindar dari rasa lelah.  Setelah Anda meminum kopi, maka kafein akan diserap ke dalam aliran darah, lalu naik ke otak.

Di otak, kafein menghambat neurotransmiter penghambat yang disebut Adenosin, sehingga  jumlah neurotransmitter lain seperti norepinephrine dan dopamine meningkat dan menyebabkan peningkatan kinerja neuron atau sel-sel saraf.

Berbagai percobaan telah dilakukan untuk mengetahui bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk memori, mood, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi dan fungsi kognitif umum.

2. Membantu Membakar Lemak

Tahukah Anda? bahwa manfaat kopi hitam dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan kafein dalam kopi hitam merupakan salah satu dari sedikit zat alami yang sebenarnya telah terbukti membantu pembakaran lemak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 3-11%. Penelitian lainnya juga  menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak, sebanyak 10% pada individu obesitas dan 29% pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan efek ini bisa saja berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

3. Memperbaiki Performa Fisik

Kafein merangsang sistem saraf dan mengirim sinyal ke sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Tapi kafein juga meningkatkan kadar Epinefrin (Adrenalin) dalam darah. Epinefrin adalah hormon “fight or flight”, yang dirancang untuk membuat tubuh kita siap untuk melakukan aktivitas fisik yang berat.

Kafein membuat sel-sel lemak memecah lemak tubuh, melepaskannya ke dalam darah sebagai asam lemak bebas dan membuatnya tersedia sebagai bahan bakar.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika manfaat kopi hitam juga dapat memperbaiki kinerja fisik hingga 11-12%, rata-rata. Jadi, minum kopi sekitar setengah jam sebelum ke gym merupakan pilihan tepat untuk membuat fisik Anda lebih ideal.

4. Banyak Nutrisi Penting dalam Kopi

Kopi hitam bukan sekedar minuman biasa, ternyata ada banyak nutrisi penting yang terdapat dalam dalam biji kopi. Secangkir kopi mengandung:

  • Riboflavin (Vitamin B2) sebanyak 11% dari RDA.
  • Asam Pantotenat (Vitamin B5) sebanyak 6% dari RDA.
  • Mangan dan Kalium sebanyak 3% dari RDA.
  • Magnesium dan Niacin (B3) sebanyak 2% dari RDA.

Walaupun kandungan nutrisi-nutrisi tersebut tidak berjumlah besar, namun kebanyakan orang minum lebih dari satu cangkir kopi per hari. Jadi, semakin banyak Anda minum kopi, maka semakin banyak manfaat kopi hitam yang Anda dapatkan.

5. Menurunkan Resiko Diabetes Tipe II

Diabetes tipe 2 merupakan salah satu penyakit berbahaya yang telah menelan sekitar 300 juta orang di seluruh dunia. Penyakit ini dapat terjadi karena pankreas tidak mampu memproduksi insulin yang cukup. Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya peningkatan gula darah.

Ternyata, peminum kopi memiliki risiko penurunan diabetes tipe 2 secara signifikan. Hal tersebut sejalan dengan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko 23-50% lebih rendah terkena penyakit diabetes tipe 2.

Merujuk dari 18 penelitian dengan total 457.922 individu, dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap cangkir kopi per harinya mampu menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 sebesar 7%.

6. Melindungi Anda dari Penyakit Alzheimer dan Demensia

Penyakit Alzheimer adalah kondisi seseorang mengalami penurunan kemampuan berpikir, daya ingat, dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak. Penyakit tersebut biasanya disebabkan oleh demensia, yaitu kondisi otak mengalami penurunan dan sering lupa.

Penyakit ini biasanya menyerang orang yang berusia lebih dari 65 tahun dan belum ada obat yang mampu mengatasi penyakit tersebut. Namun, Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit tersebut, yaitu dengan makan makanan sehat, berolahraga, dan minum kopi.

Waw! Ternyata, manfaat kopi hitam juga efektif untuk mencegah penyakit tersebut. Hal tersebut sesuai dengan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki resiko 65% lebih rendah terkena penyakit Alzheimer.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson adalah kerusakan otak yang memengaruhi sistem gerak. Hal tersebut dapat terjadi karena otak kehilangan sel-sel yang memproduksi dopamin. Penyakit ini berkembang secara bertahap dan biasanya ditandai dengan rasa gemetar pada salah satu tangan. Sama seperti penyakit Alzheimer, penyakit ini pun belum ada obatnya.

Sebuah studi menunjukkan bahwa peminum kopi mengalami penurunan risiko terkena penyakit Parkinson sebesar 32-60%. Hal tersebut dapat terjadi, karena adanya kandungan kafein dalam kopi. Orang yang minum kopi tanpa kafein tidak memiliki penurunan risiko terhadap penyakit Parkinson.

8. Memiliki Efek Pelindung pada Hati

Hati adalah organ tubuh yang memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh. Namun, beberapa penyakit, seperti hepatitis dan penyakit hati berlemak dapat memengaruhi kerusakan hati. Hal tersebut dapat menyebabkan kondisi yang disebut sirosis , yaitu kondisi di mana hati sebagian besar jaringan normal telah digantikan oleh jaringan parut.

Ternyata kopi bisa melindungi hati Anda dari sirosis. Seseorang yang minum lebih dari 4 cangkir kopi  per hari memiliki resiko 80% lebih rendah terkena sirosis hati.

9. Melawan Depresi dan Membuat Lebih Bahagia

Depresi adalah gangguan mental serius yang memengaruhi pikiran, perasaan, dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Dalam sebuah penelitian di “Harvard University” yang diterbitkan pada tahun 2011, menunjukkan bahwa wanita yang meminum lebih dari 4 cangkir kopi sehari memiliki risiko 20% lebih rendah mengalami depresi.

Penelitian lain dengan 208.424 individu, menemukan bahwa seseorang yang minum lebih dari 4 cangkir per hari memiliki kemungkinan 53% lebih kecil untuk melakukan bunuh diri.

10. Memiliki Resiko Rendah Terhadap Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit penyebab kematian di dunia dan ditandai oleh pertumbuhan sel yang tidak terkontrol di dalam tubuh. Tahukah Anda? bahwa manfaat kopi hitam dapat melindungi tubuh dari dua jenis kanker, yaitu kanker hati dan kanker kolorektal.

Kanker hati merupakan penyebab kematian ketiga di dunia, sedangkan kanker kolorektal menempati urutan keempat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah 40%  terkena kanker hati. Penelitian lain dengan 489.706 individu, menemukan bahwa orang yang minum 4 sampai 5 cangkir kopi sehari memiliki risiko 15% lebih rendah terhadap kanker kolorektal.

11. Tidak Menyebabkan Penyakit Jantung dan Stroke

Kafein seringkali dihubungkan dengan meningkatkan risiko tekanan darah. Namun, pengaruh tersebut semakin kecil bahkan hilang apabila meminum kopi secara teratur.

Memang efeknya mungkin dapat bertahan pada beberapa orang saja, bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang minum kopi memiliki penurunan risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa manfaat kopi hitam dapat menurunkan risiko sebesar 20% terhadap penyakit stroke.

12. Membantu Hidup Lebih Lama

Manfaat kopi hitam selanjutnya adalah dapat membantu Anda hidup lebih lama. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan peminum kopi cenderung tidak mendapatkan banyak penyakit, masuk akal jika kopi dikatakan bisa membantu Anda hidup lebih lama .

Sebenarnya ada beberapa penelitian observasional yang menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kematian yang lebih rendah. Dalam dua penelitian yang sangat besar, menyatakan bahwa dalam periode 18 sampai 24 tahun, seorang pria yang meminum kopi memiliki risiko 20% lebih rendah terhadap kematian.

Efek tersebut sepertinya sangat berpengaruh pada penderita diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian, penderita diabetes yang meminum kopi memiliki risiko kematian 30% lebih rendah selama masa studi 20 tahun,

13. Sumber Antioksidan 

Manfaat kopi hitam yang terakhir, yaitu sebagai sumber antioksidan. Kopi sebenarnya bisa dikatakan sebagai minuman yang menyehatkan. Hal tersebut dikarenakan kopi mengandung banyak antioksidan. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa seseorang bisa mendapatkan antioksidan lebih banyak dari kopi bila dibandingkan dengan antioksidan yang didapat dari buah dan sayuran.

Sekarang, Anda sudah tau kan banyaknya manfaat kopi hitam, Anda juga harus tahu bahayanya, baca: Efek Bahaya Minum Kopi. Sekian, semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer