Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan yang Terbukti Ilmiah

Sebagian besar orang kebanyakan hanya memahami buah manggis sebagai buah yang hanya dapat dikonsumsi pada bagian daging buahnya saja. Tanpa mengetahui terdapat bagian lain dari buah ini yang memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Bagian lain yang memiliki khasiat serta manfaat bagi kesehatan tubuh tersebut adalah pada bagian kulitnya. Manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh sangatlah beragam. Secara lebih detailnya akan dibahas pada penjelasan di bawah ini.

Manggis termasuk jenis tumbuhan pada kelas Magnoliopsida yang memiliki ukuran kulit dengan ketebalan mencapai 6 – 8 cm. Tanaman ini termasuk dalam kelompok pohon tropis yang mampu tumbuh dengan suhu hangat dan stabil sekitar 32 oF. Buah ini memiliki warna kulit berwarna merah keunguan dengan rasa manis yang khas.

manfaat kulit manggis

Apa saja kandungan zat dalam kulit manggis?

Dalam kulit manggis terdapat berbagai nutrisi dan senyawa kimia yang mampu mempertahankan kestabilan sistem imun pada tubuh, sehingga dapat digunakan sebagai ramuan untuk menjaga kesehatan. Kulit manggis mengandung kadar air 62,05%; abu 1,01%; lemak 0,63%; protein 0,71%; gula 1,17%; dan karbohidrat 35,61%, 10 sedangkan yang sudah diolah menjadi tepung memiliki nilai nutrisi air 9%, abu 2,58%, gula total 6,92%, protein 2,69%, serat kasar 30,05% dan tanin, lemak, dan komponen penyusun lainnya sebanyak 48,76%.

Kandungan spesial dalam kulit manggis yang berkhasiat obat adalah senyawa xanthone, yaitu zat yang terbentuk dari kulit terisolasi dari buah manggis. Xanthone mempunyai aktivitas anti-inflamasi, antioksidan, dan antikanker. Senyawa xanthone bermanfaat dalam menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel yang menghambat proses degenerasi sel.

Akhir-akhir ini, para ilmuwan juga sedang melakukan uji coba manfaat kulit manggis sebagai obat HIV potensial. Xanthone juga terdapat dalam buah manggis lho, baca juga:

Manfaat Kulit Manggis untuk Menjaga Kesehatan

Berdasarkan rincian kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat pada kulit buah manggis, ditambah lagi dengan adanya beberapa bukti ilmiah serta pengalaman secara konsumtif, maka selanjutnya dapat dirumuskan berbagai manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh sebagaimana pada bahasan berikut ini:

Manfaat Xanthone dalam kulit Manggis yang sudah terbukti ilmiah:

  • Mencegah Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi xanthones dapat menawarkan perlindungan terhadap berbagai bentuk kanker. Sebuah studi yang dilakukan di Gifu International Institute of Biotechnology di Jepang mengungkapkan bahwa xanthones yang terkandung dalam buah dan kulit manggis dapat menghambat pertumbuhan dan proliferasi terhadap sel leukemia manusia.

Penelitian tambahan oleh para peneliti di Khon Kaen University di Thailand mengungkapkan bahwa xanthones memberikan efek penghambatan yang signifikan terhadap pertumbuhan dan proliferasi sel-sel ganas yang berkaitan dengan cholangiocarcinoma. Cholangiocarcinoma adalah tumor ganas di salah satu saluran yang membawa empedu dari hati ke usus kecil.

  • Melindungi jantung

Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi xanthone secara rutin memberikan perlindungan bagi otot jantung. Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Farmakologi Central South University di Cina mengungkapkan bahwa mengonsumsi xanthones dapat menghambat kerusakan otot jantung akibat infark miokard atau serangan jantung.

  • Anti Peradangan

Konsumsi xanthone juga dapat mengurangi peradangan, khususnya bagi yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Sebuah studi yang dilakukan di Departemen Gizi di Mahidol University di Thailand mengungkapkan bahwa konsumsi xanthones berhasil menghambat peradangan. Studi lain yang dipublikasikan dalam “Indian Journal of Pharmacology” mengungkapkan bahwa xanthones memiliki sifat anti-inflamasi dengan baik pada penggunaan oral dan intravena pada hewan coba di laboratorium.

Manfaat-manfaat lain dari kulit manggis:

  • Membantu Mengatasi Gejala Penyakit Disentri

Gejala penyakit ini dapat diatasi dengan kandungan zat yang terdapat dalam kulit manggis. Cara memanfaatkan kulit manggis tersebut dengan merebusnya bersama 4 gelas air. Rebuslah  sampai mendidih sampai kira-kira air hanya tersisa 2 gelas saja! Setelah itu saring dan biarkan sampai suhu normal! Selanjutnya minumlah ramuan kulit manggis tersebut secara rutin sampai penyakit yang diderita mereda.

  • Membantu Mengatasi Penyakit pada Penderita HIV/AIDS

Kulit manggis memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat dijadikan salah satu upaya pengobatan untuk mengatasi penyakit pada penderita HIV/AIDS. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, konsumsilah kulit manggis dengan berbagai cara pengolahan, secara rutin untuk mendapatkan efek yang maksimal!

  • Membantu Menjaga Tubuh dari Serangan Mikroba

Ketika daya tahan tubuh atau sistem imun menurun kerap sekali dengan mudah seseorang terserang suatu penyakit. Untuk menghindari hal seperti itu ada baiknya kita lebih rutin menikmati sari-sari yang terdapat dalam kulit buah manggis. Dengan cara seperti ini dapat memcegah bakteri-bakteri jahat yang ingin menyerang kekebalan tubuh.

  • Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan dalam kulit manggis sangat bermanfaat sekali dalam menjaga kulit dari penuaan dini. Antioksidan dapat membantu merawat dan membangun kerusakan sel, sehingga regenesasi sel terus terjadi dengan sangat baik. Dengan demikian dapat mencegah penuaan dini dan kelembutan kulit terus selalu tetap  terjaga.

  • Membantu Mengatasi Keluhan pada Penderita Panas Dalam atau Sariawan

Ekstra kulit manggis dapat mengatasi sariawan dengan kandungan nutrisi yang mampu meminimalisasi penyebab panas dalam. Siapkan kulit manggis secukupnya yang telah dibersihan, kemudian tambahkan 4 gelas air! Rebus hingga mendidih sampai air hanya tersisa sekitar 2 gelas saja! Setelah air sudah dingin gunakanlah untuk berkumur dan lakukanlah ini dengan sesering mungkin!

  • Membantu Mengatasi Diare

Bagi anda yang sedang mengalami diare, obat tradisional kulit manggis ini bisa digunakan untuk mengatasinya. Cukup rebus kulit manggis tersebut hingga air hanya tersisa sedikit kemudian tambahkan madu secukupnya! Setelah matang, diamkan hingga suhu normal! Selanjutnya tuangkan ke dalam wadah gelas atau cangkir! Ramuan kulit manggis untuk mengatasi diare siap untuk dihidangkan.

  • Mencegah Rusaknya Kulit di Wajah Akibat Jerawat

Kulit buah manggis memiliki efek anti  inflamansi dan anti peradangan yang diyakini dapat membantu mengobati jerawat dan mencegahnya untuk timbul kembali. Dengan demikian obat tradisional kulit buah manggis ini dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan pada kulit wajah anda.

  • Mampu Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Pada kulit manggis mengandung mineral vitamin C yang cukup tinggi dalam membantu sistem imun tubuh. Vitamin C ini secara aktif mampu menjaga sistem imun pada tubuh, sehingga apa bila terserang bakteri dan virus tubuh dapat menolaknya.

  • Membantu dalam Menjalankan Program Penurunan Berat Badan

Menjalani diet dapat berlangsung dengan aman jika dalam prosesnya tidak menghalangi proses kerja sistem organ dalam tubuh. Obat tradisional kulit manggis ini dapat dijadikan solusi untuk membantu proses diet tersebut. Pada kulit manggis tersimpan kalori yang rendah, sehingga dapat menunjang program penurunan berat badan secara efektif.

  • Membantu Mencegah Serangan Stroke

Antioksidan yang terdapat dalam buah manggis ini dapat mempertahankan dinding pembuluh darah untuk tetap elastis, sehingga dapat mengurangi risiko stroke yang diakibatkan kekakuan pada pembuluh darah. Sebaiknya konsumsilah air buah manggis ini sehari dua kali untuk memperlancar sistem pembuluh darah dalam tubuh.

  • Menghilangkan Racun yang Tersimpan dalam Tubuh

Saat mengonsumsi sebuah makanan terkadang banyak sekali zat ataupun senyawa kimia yang tertelan dalam tubuh, sehingga ketika dibiarkan hal ini dapat memicu timbulnya suatu penyakit. Dengan menikmati rebusan kulit manggis segelas terdapat antioksidan mampu meminimalisir racun yang masuk ke dalam tubuh.

  • Membantu Memelihara Kesehatan pada Mata

Kulit buah manggis mengandung beberapa mineral dan salah satunya terdapat vitamin A yang baik untuk memelihara kesehatan mata. Hal ini juga dapat memicu risiko gangguan mata datang secara tiba-tiba yang disebabkan oleh kerusakan titik tangkap cahaya pada mata.

  • Membantu dalam Pembentukan Tulang

Kandungan kalsium dalam kulit buah manggis dapat membantu dalam pembentuhan tulang dan menjaga kepadatannya, sehingga hal ini juga dapat menghindari dari risiko osteoporosis atau pengroposan tulang.

  • Membantu Meningkatkan Stamina dalam Tubuh

Kulit manggis memiliki mineral vitamin B yang berfungsi untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Vitamin B sangat diperlukan pada proses metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat, sehingga dalam proses ini menghasilkan tenaga yang kuat untuk menunjang berbagai aktivitas kita.

( ! ) Perlu diperhatikan bahwa beberapa manfaat kulit manggis sebagai pengobatan masih memerlukan pembuktian ilmiah lebih lanjut. Untuk penanganan masalah kesehatan Anda konsultasikan selalu dengan dokter. Namun tidak ada salahnya apabila digunakan sebagai pemeliharaan kesehatan.

Manfaat kulit manggis sangatlah banyak sekali, sehingga dapat membantu dan menjaga dalam kebugaran tubuh. Berbagai kandungan senyawa dan antioksidan yang terdapat di dalam kulit manggis tersebut mampu menjaga tubuh dari serangan virus dan bakteri. Sangat dianjurkan untuk selalu menggunakan zat pada kulit manggis dalam menjaga kesehatan.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer