Manfaat Susu Kedelai dan Kandungannya, Terbukti Ilmiah!

Siapa yang tidak kenal dengan jenis minuman yang satu ini? Minuman hasil olahan kacang kedelai dengan rasa manis yang menyegarkan tentu sangat digemari oleh sebagian orang. Namun tahukah Anda apa saja manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh kita?

Pada perkembangannya, susu kedelai juga telah memiliki banyak varian rasa berdasarkan selera. Karenanya, minuman ini menjadi semakin populer di kalangan masyarakat. Mungkin sebagian besar masyarakat telah banyak mengetahui manfaat yang terkandung pada kacang kedelai dalam hal ini adalah kedelai telah diolah menjadi susu. Akan tetapi pengetahuan tersebut kebanyakan hanya yang bersifat kulit luarnya saja. Padahal sejatinya terdapat manfaat yang cukup banyak pada kandungan susu kedelai yang biasa anda konsumsi sehari-hari.

manfaat susu kedelai

Susu kedelai telah ada pertama kali di Tiongkok sejak tahun 1900 Masehi. Kala itu Raja Huainan, Liu An dari dinasti Han mengolah kacang kedelai yang sebelumnya telah direndam selama beberapa waktu dan kemudian menggilingnya. Bahan kedelai tersebut lalu ia olah menjadi sebuah minuman yang disajikan kepada ibunya sang kala itu sedang sakit. Oleh masyarakat Tiongkok, susu kedelai dikenal dengan sebuatan Hanzi.

Minuman ini disebut sebagai susu karena warnanya yang putih kekuningan menyerupai susu. Akan tetapi sebagian ahli kesehatan berpendapat bahwa susu kedelai bukanlah tergolong ke dalam jenis susu melainkan hanya sebagai minuman olahan dari bahan makanan tertentu. Susu sejatinya merupakan cairan hasil produksi dari kelenjar susu yang ada pada mamalia. Namun rasanya fakta tersebut tak begitu menjadi soal karena penggunaan nama “susu kedelai” pada minuman ini telah menjadi hal yang konvensional di tengah-tengah masyarakat.

Kandungan Susu Kedelai yang Bermanfaat

Susu kedelai sangat dikenal sebagai minuman olahan dari kacang kedelai yang di dalamnya terdapat berbagai nutrisi penting bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah jumlah komposisi kandungan nutrisi susu kedelai per 1 gelas (243 gram) :

KandunganJumlahSatuan
Air213,96g
Energi131kkal
Protein7.95g
Total lipid (lemak)4.25g
Karbohidrat15,26g
Serat makanan1.5g
Gula, Total9.7g
Kalsium, Ca61mg
Besi, Fe1.56mg
Magnesium, Mg61mg
Fosfor, P126mg
Kalium, K287mg
Sodium, Na124mg
Seng, Zn0.29mg
Vitamin C, asam askorbat Total0mg
Thiamin (Vitamin B1)0,146mg
Riboflavin (Vitamin B2)0,168mg
Niacin (Vitamin B3)1,247mg
Vitamin B-60.187mg
Asam Folat, DFE44pg
Vitamin B-120pg
Vitamin A, RAE0pg
Vitamin A, IU7IU
Vitamin E (alfa-tokoferol)0,27mg
Vitamin D (D2 + D3)0pg
Vitamin D0IU
Vitamin K (phylloquinone)7.3pg
Asam lemak total jenuh0,498g
Asam lemak tak jenuh tunggal, monounsaturated0,974g
Asam lemak tak jenuh jamak, polyunsaturated2,335g
Asam lemak, trans0g
Kolesterol0mg

Sumber: USDA

Kandungan zat-zat aktif dalam susu kedelai:

  • Isoflavon (fitoestrogen) –  bermanfaat untuk mencegah tulang keropos, menurunkan kolesterol jahat, meringankan gejala menopause dan mencegah kanker.
  • Lesitin – merupakan salah satu keluarga lemak yang memiliki gugus fosfat. Zat ini berperan penting dalam pembentukan jaringan saraf dan nutrisi penting bagi sel-sel saraf.

Lebih lanjut baca: Kandungan susu kedelai dan manfaatnya.

Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagaimana yang telah dijabarkan di atas, bahwa susu kedelai memiliki ragam manfaat yang cukup banyak. Ragam tersebut akan dijelaskan secara rinci pada point-point sebagai berikut :

manfaat susu kedelai bagi kesehatan

gambar manfaat susu kedelai, sumber gambar: blenderbabes

# Memelihara Kesehatan Jantung

Mengonsumsi susu kedelai terbukti mampu membantu memelihara kesehatan jantung. Penyakit jantung adalah salah satu masalah yang cukup serius yang dialami oleh sebagian besar masyarakat terutama pada pria.

Para ahli kesehatan banyak merekomendasikan agar setiap orang melakukan diet sodium dan rendah lemak jenuh serta tinggi protein dalam rangka mencegah masalah kardiovaskular. Susu kedelai sangatlah baik dalam rangka memenuhi rekomendasi para ahli kesehatan tersebut, karena di dalam satu gelas susu kedelai terkandung di dalamnya sebanyak 7,95 gram protein, 4,2 gram lemak yang sebagian besarnya asam lemak tak jenuh, dan 131 kalori.

# Membantu Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Mengonsumsi susu kedelai dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Manfaat susu kedelai ini tak terlepas juga dari kandunganasam lemak tak jenuhnya.

Susu kedelai juga mampu meminimalisasi tekanan darah tinggi dengan kandungan magnesium di dalamnya. Selain daripada itu terdapat pula kandungan asam folat, B6, dan vitamin E, yang secara aktif mampu melakukan pencegahan terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah.

# Membantu Mengurangi Kolesterol dalam Darah

Di dalam susu kedelai terdapat kandungan antioksidan di dalam isoflavon sebagaimana halnya yang terdapat pada kacang-kacangan lainnya. Kandungan tersebut mampu menaikkan kadar HDL yang sangat baik bagi kesehatan jantung manusia. Terdapat pula lesitin di dalam susu kedelai yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

# Mengurangi Resiko Diabetes

Manfaat susu kedelai yang satu ini diperantarai oleh adanya kandungan protein nabati yang sangat mudah diolah oleh ginjal manusia sehingga sangat aman untuk penderita diabetes. Hal tersebut tentu berbeda halnya dengan susu sapi yang di dalamnya terdapat kandungan protein hewani.

Susu kedelai juga mengandung sebanyak dua zat gizi mikro yang mampu memberikan kontribusi aktif terhadap perkembangan diabetes pada tipe 2 yakni vitamin D dan magnesium. Dua zat tersebut memang tidaklah digunakan sebagai pengobatan penyakit diabetes, akan tetapi kekurangan terhadap zat tersebut dapat beresiko lebih besar terkena penyakit diabetes tipe 2 ini.

# Membantu Mencegah Osteoporosis

Susu kedelai sangat kaya akan nutrisi kalsium tambahan dan vitamin D yang dapat membantu mencegah penyakit osteoporosis. Osteoporosis ialah salah satu penyakit yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya ialah faktor kekurangan hormon dan bertambahnya usia.

Manfaat susu kedelai untuk kepadatan tulang juga ditunjang oleh fitoestrogen. Zat ini mampu mempercepat penyerapan kalsium pada tubuh serta membantu mencegah kehilangan massa tulang yang memicu terjadinya penyakit osteoporosis.

# Membantu Menjaga Kesehatan Mental

Dampak kesehatan mental merupakan salah satu manfaat tak terduga yang dihasilkan dari mengonsumsi susu kedelai. Susu kedelai dapat membantu menjaga kesehatan mental karena beberapa kandungan zat gizi mikro di dalamnya, terdapat segala potensi yang diperlukan untuk kesehatan mental manusia.

Di alam satu gelas susu kedelai terkandung sebanyak 5,8 % vitamin B-6 yang secara aktif mampu menjadikan serotonin neurokimia untuk meningkatkan suasana hati (mood). Kandungan magnesium di dalam satu gelas susu kedelai juga mampu membantu meningkatkan jumlah serotonin. Hal tersebut sama halnya dengan efek yang ditimbulkan dari mengonsumsi obat antidepresan.

Kandungan vitamin D dalam segelas susu kedelai tak hanya berfungsi untuk tulang. Lebih dari itu kandungan nutrisi tersebut dapat membantu mencegah serta mengobati seseorang yang sedang dalam kondisi depresi dan dalam tekanan tinggi.

# Membantu Mencegah Kanker

Isoflavon di dalam kandungan segelas susu kedelai berfungsi sebagai zat antikanker yang secara teknis melawan sel-sel kanker di dalam tubuh manusia. Zat tersebut juga mampu memproteksi tubuh dari sejumlah kanker hormon semisal kanker payudara, prostat, dan rahim.

manfaat susu kedelai

# Mencegah Kanker Prostat

Sungguh mengagumkan, mencegah kanker prostat juga merupakan salah satu manfaat susu kedelai. Hal ini diperantarai oleh kadnungan phytoestrogen yang tinggi, salah satu hormon tanaman yang unik yang dapat mencegah produksi testosteron pada laki-laki.

Dengan demikian kadar testosteron berkurang secara signifikan dapat menghentikan risiko kanker prostat. Penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi setiidaknya satu gelas susu kedelai setiap hari, kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker prostat atau hipertrofi prostat.

( ! ) Khusus pria: meskipun manfaat susu kedelai ini penting, tetap diperlukan konsultasi dengan dokter sebelum Anda memutuskan untuk rutin mengonsumsinya.

# Membalikkan Efek Endometriosis

Susu kedelai mampu menunda terjadinya aksi estrogen alami dalam tubuh yang andil terhadap pengurangan atau pencegahan rasa sakit pada masa menstruasi serta gejala lain pada wanita.

# Mengatasi Gejala Meopause

Isoflavon pada susu kedelai dapat membantu mengurangi perasaan panas (hot flushes) pada tubuh wanita yang telah memasuki masa menopause.

Baca juga: Kontroversi Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

# Menjaga Berat Bedan

Kandungan serat yang cukup tinggi di dalam segelas susu kedelai sangat membantu dalam proses pengaturan berat badan. Susu kedelai tergolong ke dalam jenis makanan dengan indeks glisemik rendah (GI), sehingga lebih dapat mengontrol rasa lapar. Mengonsumsi sus kedelai tentu sangat cocok bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Demikian beberapa penjabaran mengenai ragam manfaat susu kedelai. Mengonsumsi secara rutin susu kedelai ini sangatlah baik untuk kesehatan tubuh, semoga Andapun mendapatkan manfaatnya.

# Mencegah dan Mengurangi Jerawat

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara jerawat dan susu. Mengonsumsi produk susu dapat menyebabkan jerawat. Produk susu dapat memperburuk jerawat dan kulit berminyak. Dengan demikian, disarankan untuk mengganti produk susu sapi yang dikonsumsi dengan susu kedelai.

Peringatan dan Perhatian

Meskipun susu kedelai memiliki beberapa manfaat yang lebih daripada susu sapi, namun juga penting untuk menyadari bahwa susu kedelai juga memiliki beberapa kelemahan dibanding susu sapi.

Jika hendak berpindah dari menggunakan susu sapi ke susu kedelai (misalnya karena alergi susu sapi), maka Anda harus menyadari bahwa susu kedelai tidak mengandung kalsium yang lebih banyak dari susu sapi. Oleh sebab itu diperlukan sumber makanan lain yang kaya kalsium. Makanan lain yang kaya kalsium termasuk sayuran berdaun hijau seperti Kale, sarden dan almond.

Susu kedelai juga tidak menyediakan asam lemak omega-3 EPA atau DHA. Meskipun begitu, manfaat susu kedelai tentu sayang untuk dilewatkan, bukan?

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer